Saya tuh heran banget, kenapa setiap kali update artikel info lomba blog walaupun telat, tapi artikelnya selalu nangkring di page one google, mengalahkan blog lain yang sudah duluan posting.

Hai teman-teman, sebagai seorang pejuang lomba blog yang hampir setiap bulan selalu ikutan, lama-lama saya kepikiran untuk membuat info lomba blog setiap bulannya agar bermanfaat buat para pejuang lomba blog.

Awal-awal menulis, saya tak mempedulikan posisi artikel di search engine, namun lama-lama kelamaan ko sering muncul di page one google ya?

Hmmmm…ko bisa gitu?

Ya udah deh karena cukup mendatangkan view, akhirnya jadi keterusan bikin. Lagian kalau view blog makin naik, peluang mendapatkan job blogger juga makin besar.

Untuk membuat artikel yang bisa nangkring di page one google itu termasuk sulit. Kita harus membuat artikel yang ekstra keren dan menarik, dan beda dari yang lainnya.

how-to-rank-1-in-google

Kalau artikelnya biasa-biasa dan datar-datar saja, bisa dipastikan akan kalah dengan blog-blog lain yang usahanya lebih keras.

Nah, di artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana sih cara membuat artikel seo hingga bisa page one google? Diabntu tips dari Undercover.co.id sebagai seo agency Indonesia.

Kenalan dulu yuk dengan undercover.co.id

jasa-seo-Jakarta-terpercaya

Sekelumit Tentang Undercover.co.id SEO Agency.

Untuk para pemilik bisnis, menggunakan jasa seo untuk mengembangkan bisnis adalah hal yang teramat penting.

Hal itu dikarenakan persaingan bisnis zaman sekarang sudah beralih ke digital marketing, seperti website contohnya.

Dan agar supaya website atau blog Anda makin moncer di hasil pencarian, memanfaatkan jasa seo adalah pilihan tepat karena memang spesialiasinya.

Buat kamu yang pengin usaha dan bisnisnya makin berkembang, jasa seo Jakarta dari undercover.co.id adalah pilihan tepat.

jasa-seo-jakarta-UNDERCOVER.CO.ID

Undercover.co.id adalah perusahaan jasa SEO yang sudah berpengalaman selama 19 tahun dan sudah melayani ratusan klien baik lokal maupun internasional.

Dengan jumlah klien yang sangat banyak tersebut, menjadi bukti bahwa undercover.co.id begitu terpercaya. Dengan jasa seo ini, kamu bisa :

1. Menarik lalu lintas potensial di google dan mudah dikonversi karena berasal dari pengunjung organik. Jadi, pengunjung Anda berasal dari mereka yang sedang mencari produk atau jasa Anda di google.

2. Meningkatkan prospek dan penjualan tanpa harus terbebani biaya iklan. Tekhnik SEO bekerja dari dalam dan luar website, baik itu SEO on page atau SEO off page. Sehingga tak perlu mengeluarkan biaya iklan.

3. Promosi 24/7 hari tiada henti. Itu karena SEO bekerja dari dalam dan luar website selama 24 jam 7 hari secara terus menerus.

4. Meningkatkan branding, kredibilitas, dan kepercayaan pelanggan karena website Anda bisa nangkring di halaman pertama pencarian. Orang akan lebih respect terhadap website yang nangkring page one google.

5. Strategi promosi jangka panjang. Melakukan tekhnik SEO itu butuh waktu, namun untuk hasilnya pun dapat bertahan lama, dan itu merupakan promosi jangka panjang yang akan mendatangkan keuntungan melimpah.

6. SEO menerima 90% lebih banyak menyumbang klik ketimbang iklan berbayar. Alasannya karena banyak orang justru melewatkan iklan ketimbang SEO, karena pelanggan lebih percaya dengan algoritma google.

Ya, saya pun lebih suka mengabaikan iklan dan mengklik hasil pencarian teratas namun bukan iklan.

7. SEO mendukung penjualan offline. Banyak orang melakukan riset online sebelum beli offline. Dengan SEO, potensi penjualan toko offline Anda akan meningkat.

Dan untuk beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan jasa seo Jakarta dari undercover.co.id adalah sbb :

alasan-memilih-jasa-seo-jakarta-undercover

Untuk pemilik bisnis atau usaha mikro kecil hingga menengah, memanfaatkan SEO untuk meroketkan bisnis menjadi hal penting karena saat ini

Karena para pemenang adalah mereka yang mau belajar digital marketing dan tekhnologi informasi. Jadi, yuk lonjakkan bisnismu dengan tekhnik SEO yang tepat dan proffesional

Kemudian untuk tips menulis artikel supaya masuk page one google berdasarkan pengalaman pribadi yaitu:

1. Branding yang kuat, contohnya tentang artikel lomba blog kangamir

jenis-personal-branding-blogger

Saya pikir, banyak orang yang mengenal saya sebagai blogger yang sering ikut lomba blog.

Mungkin itu karena saya sering ikut lomba blog sejak lama, hingga bisa menuliskan 22 tips menang lomba blog setelah 200x lebih ikutan.

Ngomong-ngomong, saya sudah ngelomba sejak 2012, namun vakum cukup lama, hingga akhirnya fokus ngelomba lagi pada 2016 dan berhasil mengantarkan saya jadi full time blogger hingga sekarang ini.

Ya, saya full time blogger yang penah bisa hidup dari lomba. Kalau udah lihat hadiahnya, mata tuh berbinar-binar.

Karena ngelomba itu semakin lama semakin asik, akhirnya banyak orang mengenal saya sebagai blogger lomba. Bahkan pernah beberapa kali saat kopdar blogger dulu, ada blogger yang menyapa

“Hei, kamu mas Amir yang sering menang lomba blog itu ya?”

“Hei, kamu mas Amir yang kemarin juara 1 itu ya?”

Karena hal itulah, saya termotivasi untuk selalu update informasi artikel lomba blog tiap bulannya. Dari situ saya mendapatkan branding saya, bahwasanya saya adalah blogger yang suka lomba.

Saat mengetikkan kata kunci “lomba blog April 2022” misalnya, maka blog saya akan muncul di halaman satu google, di urutan pertama, kedua, atau ketiga. Lihat gambar di bawah.

halaman-1-google

Sepertinya saya belum pernah melihat artikel info lomba saya berada di halaman dua apalagi tiga. Selalu halaman satu teratas.

Ya, itu semua karena saya sudah dapat brandingnya. Jadi, ternyata branding blogger itu penting terhadap SEO, ya!

Mengenai branding ini, kamu juga bisa mempelajari 9 Cara Meningkatkan Personal Branding Blogger Guna Tingkatkan Upah Menulis di blog saya ini.

2. Tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan jelaskan pada judul

Selain lewat branding, beberapa artikel saya berhasil menempati urutan pertama pencarian karena bersumber dari pengalaman pribadi.

Karena kalau saya lihat, banyak artikel yang gaya bahasanya seperti opini dan datar-datar saja.

Berbeda dengan gaya tulisan blogger yang lebih fleksibel dan personal, dan seringkali berdasarkan pengalaman sendiri.

Misalnya nih ya kalau kita mencari informasi tentang cara menurunkan spam score blog dari 56% jadi 3%, maka karena saya pernah mengalami dan menuliskannya di blog, artikel saya jadi lebih menarik dan sukses masuk page one google. Lihat gambar di bawah.

page-one-google

Nah, agar tampilan judul terlihat lebih menarik, tuliskan juga point pengalamannya pada judul. Sehingga orang yang melihat akan tertarik untuk mengklik karena berdasarkan pengalaman pribadi.

Kemudian yang membedakan artikel ini dengan yang lainnya adalah karena saya menyertakan poin yang cukup bikin “shock“.

Yaitu penurunan spam score dari 54% jadi 3%.

Dimana angka tersebut mengandung “progress yang luar biasa” yang membuat orang tertarik untuk mengklik.

3. Tulis pengalaman yang belum pernah dialami orang

Kalau kalian punya pengalaman yang belum pernah dialami orang, dan kemudian diceritakan di blog, saya pikir ini akan menang di pencarian.

Contohnya seperti artikel saya tentang penyalahgunaan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). 

Jadi, dulu NPWP-ku pernah disalahgunakan orang untuk impor barang senilai 3 milyar dari Cina. Dan saya pikir ini jarang dialami orang.

Kalaupun dialami, namun saya lihat masih jarang atau bahkan tidak ada yang menceritakannya di blog. Lihat gambar di bawah. 

halaman-satu-google

Oleh karena itulah, artikel saya ini selalu masuk halaman awal pencarian dengan kunjungan yang lumayan. Jadi, kamu bisa melakukan hal yang sama ya.

4. Riset pesaing di google

Sebelum menulis artikel, biasanya saya melakukan riset persaingan di google. Saya lihat dulu seperti apa artikel mereka, kemudian saya buat yang lebih lengkap dan lebih bagus lagi.

Jika perlu saya tambahkan pengalaman pribadi supaya lebih menarik dan unggul. Misalnya artikel tentang cara memenangkan giveway instagram dan twitter.

Jika artikel sejenis hanya memberikan 5-9 tips, maka saya memberikan 12 tips, beserta pengalaman pribadinya agar lebih menarik. Lihat gambar di bawah.

halaman-top-google

Pengalaman pribadi ini akan membuat orang tertarik membaca, apalagi jika kesemua tips tersebut berisi pengalaman pribadi.

Ya soalnya kalau saya lihat, banyak artikel tentang tips ini, hanya menulis berdasarkan opini atau sekedar informasi saja, tanpa adanya pengalaman pribadi.

Yah, walaupun kenyataanya artikel giveaway ini hanya menempati page dua google, tapi lumayan mendapatkan kunjungan.

Kalau dibooster lagi, semisal dengan backlink, atau ditambah pointnya, mungkin bisa page one.

5. Buat permalink URL sesuai kata kunci, tag title, dan meta deskripsi

Permalink atau permanen link adalah link URL blog. Agar permalink ini mendukung SEO, sebaiknya dibuat mengikuti kata kunci.

Misal untuk artikel cara menurunkan spam score blog, maka bisa dibuat seperti ini https://www.kangamir.com/2021/12/02/cara-menurunkan-spam-score-blog/

Dengan permalink yang menarget kata kunci, maka kita sudah menang satu poin di URL-nya.

Selain permalink, kita juga bisa menambahkan title tag dan meta deskripsi. Tag title atau judul berperan penting dalam SEO. Oleh karenanya, kita bisa menambahkan kata kuncinya.

Misal pada artikel cara menurunkan spam score, judul terbaik adalah dengan menyertakan kata kunci tersebut.

Selain itu ada juga meta deskripsi. Meta deskripsi adalah dekrispi yang ada di bawah judul pada hasil pencarian google. Lihat gambar di bawah dimana kalian bisa melakukannya di plugin wordpress yoast SEO.

meta-deskrispi-dan-meta-tag-blog

Meta deskripsi ini kalau untuk pengguna platform blog wordrpess dot org, bisa ditemukan pada plugin yoast SEO.

Di situ terdapat kolom meta deskripsi yang bisa diisi kata kunci, atau kalimat yang memikat.

6. Riset keyword di tools SEO

Sebelum membuat artikel, biasanya saya lakukan riset dulu dengan tools SEO. Misalnya ubbersuggest karena ini yang paling mudah menurutku.

Kita tidak perlu mendaftar untuk hal ini, karena tinggal ketikkan kata kunci, maka hasil pencarian akan muncul. Sayangnya untuk pengguna gratis, hanya bisa riset 3x sehari saja.

Caranya mudah.

Pertama, buka website ubbersuggest di PC Anda, dan ketikkan kata kunci incaran, lalu pilih negara.

Misal saya mengetikkan kata kunci “cara membuat blog” dan pilihan negara yaitu Indonesia dan lokasi Indonesia, maka akan muncul angka seperti di bawah ini.

tool-seo-ubbersuggest

Pada gambar di atas, SEARCH VOLUME adalah hasil pencarian selama sebulan (18,100).

Sedangakan SEO DIFFICULTY adalah tingkat kesulitan SEO (28 masih terbilang mudah).

Sementara PAID DIFFICULTY adalah tingkat kesulitan SEO untuk versi berbayar (32 masih tergolong mudah).

Dan COST PER CLICK (CPC) adalah nilai iklan untuk pemburu google adsense.

Lalu untuk kata kunci terbaik yang bagaimana?

Pilihlah kata kunci yang pencariannya banyak (saran saya sih pilih yang minimal 1.000) tapi persaingannya rendah pada menu SD (SEO DIFFICULTY).

Semakin kecil nilai SD-nya semakin rendah persaingan. Begitu juga sebaliknya, semakin tinggi semakin ketat persaingan.

Nah, kalau kalian scroll ke bawah, ada menu hasil pencarian dari berbagai frasa kata kunci.

SD atau SEO DIFFICULTY pada kata kunci “cara membuat blog pribadi di IG” berada di angka 40 yang menurut saya masih mudah persaingannya. Lihat gambar di bawah. 

tools-seo-ubbersuggest

7. Gunakan header menarik

Kebetulan saya bisa menggunakan software grafis yaitu inkscape. Ini saya pelajari karena tuntutan lomba blog yang persaingannya semakin ketat.

Nah, saya pikir, adanya header grafis yang menarik juga meningkatkan branding tersendiri karena menimbulkan kesan proffesional.

Header yang menarik menunjukkan kalau konten yang dibuat penuh effort kerja keras. Sehingga hasilnya bisa lebih menarik dan berkesan.

Saat dibagikan ke media sosial, orang juga lebih percaya dan lebih ingin mengkliknya karena lebih keren dan menarik.

Misalnya seperti header pada artikel lomba blog saya, tampilan headernya menuruktku cukup menarik. Sehingga orang juga lebih tertarik untuk mengklik. Berikut contoh bannernya. 

lomba-blog-mei-2022

8. Manfaatkan internal link

Saat menulis, saya selalu menyematkan internal link. Internal link ini sangat penting karena dapat merekomendasikan artikel terkait yang bermanfaat bagi pembaca.

Misal saat pengunjung sedang membaca 14+ Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Agar Pede Naikkan Fee Job

Maka internal link dari artikel Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar $100 kemungkinan besar akan di klik. Ya, itu karena manfaat internal link itu sendiri juga mendukung performa SEO.

manfaat-internal-link

Dalam satu artikel, kita bisa menambahkan paling tidak 3 internal link. Namun menurutku tidak masalah berapapun jumlahnya, asalkan tidak mengganggu pembaca, tapi tetap relevan dengan isi artikel.

Itu karena saya seringkali membaca artikel panjang, dan internal linknya juga banyak, tapi nyaman aja dibaca karena memang bermanfaat.

Dan saya juga mengklik internal link pada artikel tersebut.

9. Tambahkan gambar pendukung atau video

Dalam menulis artikel, saya selalu sematkan gambar pendukung. Tujuannya agar artikel lebih menarik karena gambar mewakili seribu kata.

Penggunaan gambar walaupun hanya ilustrasi, apalagi infografis, akan memudahkan pengunjung memahami artikel.

Gambar pendukung sebaiknya pakai yang buatan sendiri. Jika mau yang gratis, bisa cari di situs penyedia gambar gratis seperti pixabay atau unsplash.

Untuk saya sendiri, biasanya saya pakai pixabay, namun tetap menyematkan hak ciptanya untuk menghargai kreatornya. Tapi lebih suka pakai yang buatan sendiri sih biar lebih afdhol.

Untuk video sendiri juga terbukti mendukung SEO. Karena seringkali saya baca artikel yang nangkring di page one google, dan ternyata ada videonya.

10. Gunakan heading dengan tepat

Heading yang tepat akan berpengaruh ke SEO. Kalau untuk judul, blog saya sudah otomatis H1. Kemudian untuk subjudul, saya memakai H2. Ke bawahnya lagi saya pakai H3. Cukup sampai H3 saja sih biar gak ribet.

Penggunaan heading yang terstruktur ini penting untuk google saat melakukan perayapan, hingga menemukan konten Anda, untuk kemudian dimunculkan di mesin pencari. Lihat ilustrasinya pada gambar di bawah. 

strukrur-heading-pada-pada-artikel-blog

Jika heading kurang sesuai atau berantakan, maka google akan kesulitan melakukan perayapan saat menemukan artikel Anda.

Dan pada plugin yoast seo, penggunaan urutan heading pun disrankan agar skor SEO-nya bagus.

11. Paragraf pendek dengan font enak dibaca dan agak besar

Semakin kesini, saya lihat semakin banyak blog yang menggunakan paragraf pendek antara 2 – 3 paragraf. Bahkan ada yang cuma satu paragraf.

Ya memang sih kalau dibaca jadi lebih nyaman. Apalagi karena jenis font-nya mudah dibaca dan agak besar.

Ini penting mengingat orang kalau baca artikel suka bluncat-bluncat karena mungkin diambil point pentingnya saja. Enggak semua dibaca tuntas. Ya saya sendiri juga begitu sih.

Dan saya pun menerapkan hal ini – menggunakan font agak besar, enak dibaca dan paragraf pendek.

Baca Juga : 12+ Cara Agar Blog Dilirik Banyak Brand [Untuk Orang Awam]

12. Menyebar kata kunci, namun tidak berlebihan

Beberapa kali baca artikel seputar SEO, bahwa terlalu sering mengulang kata kunci, justru akan dianggap spam oleh google.

Biasanya saya hanya menyebar kata kunci di bagian judul, paragraf pertama, paragraf inti, dan penutupan. Aliasnya secara wajar saja.

Google itu seperti manusia walaupun hanya robot. Jadi bisa tahu mana artikel yang seperti spam, dan mana artikel yang enak dibaca manusia.

Dan google lebih suka artikel yang nyaman dibaca manusia. Dan memasukkannya dalam prioritas SEO.

13. Pastikan tak ada typo atau kesalahan penulisan

Dalam menulis artikel, saya selalu revisi berkali-kali, apakah ada typo atau tidak? Dan menurutku, penggunaan EYD (ejaan yang disempurnakan) yang baik dan benar akan mempengaruhi kualitas SEO.

Misal karena kata kunci utama salah atau typo, tentu google tidak bisa merayapi dong. Untuk mengkoreksi, kalian bisa ketikkan “CTRL +F” untuk mencari kata kunci mana yang sekiranya sudah benar atau belum.

Baca Juga : Gimana Sih Cara Meningkatkan Rate (Upah) Blogger? Ini 6 Tipsnya

Atau bisa juga minta bantuan teman, karena biasanya teman lebih peka tentang kesalahan ketimbang kita yang sudah membacanya berulangkali.

14. Optimalkan SEO gambar

Saat membuat artikel yang dilengkapi gambar, biasanya saya memasukkan tag alt pada gambar dengan format strip (-).

Misal pada artikel cara membuat blog, maka untuk gambarnya saya masukkan tag alt cara-membuat-blog dengan strip.

Kenapa pakai strip? Banyak teman yang bilang kalau pakai strip itu lebih baik sih SEO-nya. Jadi saya ikuti saja lah. Lihat gambar di bawah. 

penamaan-judul-gambar

Selain itu, ukuran gambar juga selalu saya kompress tidak lebih dari 100kb. Biasanya saya gunakan compresspng dot com atau png 2 jpg dot com.

Oiya, nama file mentahnya juga saya kasih nama sesuai kata kunci ya. Tujuannya agar skor SEO-nya maksimal.

Akhirnya, itulah caraku membuat artikel SEO hingga masuk page one ooogle. Sebenarnya ada banyak sekali tips SEO yang bisa kita lakukan, baik itu on page atau off page.

Ke-14 point di atas baru sekelumit saja karena saya masih cukup amatiran dalam hal ini.

Untuk pemilik bisnis atau usaha mikro kecil hingga menengah, memanfaatkan SEO untuk meroketkan bisnis menjadi hal penting karena saat ini

Karena para pemenang adalah mereka yang mau belajar digital marketing dan tekhnologi informasi. Jadi, yuk lonjakkan bisnismu dengan tekhnik SEO yang tepat dan proffesional.

Bagikan biar yang lain tahu