Pentingnya punya hp dengan kamera terbaik saat lebaran bisa dijelaskan dari beberapa sudut pandang yang berbeda. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kudu punya hp atau smartphone dengan kamera terbaik, bisa memperkaya pengalaman kita saat lebaran tahun 2024 besok atau setiap momen lebaran. 

1. Merekam Momen Berharga

Hari Lebaran adalah saat-saat spesial yang penuh dengan momen berharga, mulai dari saling bermaafan, kumpul keluarga, saat kasih angpao ke anak-anak, makan ketupat bersama, hingga berfoto bersama orang terkasih.

Memiliki kamera hp kualitas tinggi memungkinkan kita untuk merekam momen-momen ini dengan detail yang jelas dan tajam, sehingga Anda dapat menyimpan kenangan indah tersebut selamanya. 

Misal dengan kamera ultra-wide 32 mp, bisa memotret sampai ke objek paling kanan dan paling kiri, sehingga banyak orang masuk dalam foto.

2. Berbagi Kebahagiaan dengan Keluarga dan Teman

Dengan hp yang dilengkapi dengan kamera terbaik, kita dapat mengambil foto-foto berkualitas tinggi selama perayaan lebaran dan berbagi kebahagiaan Anda dengan keluarga dan teman-teman Anda melalui media sosial atau pesan langsung. 

Foto-foto yang indah dan jelas akan membuat momen Anda lebih berkesan dan bisa dinikmati oleh banyak orang. 

3. Membuat Kenangan Lebih Hidup 

Foto-foto yang diambil dengan kamera hp berkualitas tinggi memiliki detail yang kaya dan warna yang hidup, sehingga dapat membuat kenangan Lebaran Anda terasa lebih hidup dan nyata. 

Kita dapat melihat kembali foto-foto tersebut di masa depan dan merasakan kembali kebahagiaan dan kehangatan momen Lebaran. 

Yang di perantauan tentu akan selalu merindukan momen lebaran di kampung halaman dengan melihat kembali foto-foto di galerinya.  

4. Memperindah Album Kenangan

Foto-foto yang diambil dengan kamera hp berkualitas tinggi dapat menjadi bagian dari album kenangan Anda selama bertahun-tahun mendatang. 

Dengan memiliki hp dengan kamera terbaik, kita dapat memastikan bahwa foto-foto tersebut akan terlihat cantik dan menarik ketika dicetak dan disimpan dalam album kenangan keluarga.

5. Ekspresi Kreativitas 

Ponsel dengan kamera terbaik juga memberi kita kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas Anda dalam fotografi. 

Kita dapat bereksperimen dengan berbagai teknik fotografi, seperti bokeh, panorama, atau slow-motion, dan menciptakan foto-foto yang unik dan menarik yang akan menjadi pusat perhatian di album kenangan Anda.

Dengan demikian, memiliki ponsel dengan kamera terbaik saat merayakan Hari Lebaran dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari merekam momen berharga hingga membuat kenangan Lebaran Anda lebih hidup dan berkesan.

Hasil video yang jernih dan stabil, bahkan saat menggunakan kamera depan pun, tentu akan lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan kreativitas. 

Dan berikut adalah rekomendasi hp untuk lebaran dengan kamera terbaik 2024 yang bisa kalian coba. 

hp-samsung-a55

Foto : tokopedia

Samsung merupakan brand smartphone yang cukup diminati banyak masyakarat karena banyak type yang dikeluarkannya memiliki kualitas kamera yang tidak diragukan lagi. Salah satunya yaitu Samsung A55. 

Dan untuk review Samsung A55 ini saya rangkum berdasarkan channel youtube JagatReview yang dibawakan oleh edwin. 

Kamera selfie / depan 

Saat lebaran, hampir setiap moment tak lupa untuk berfoto karena bertemu dengan banyak orang baru. Beruntunglah karena Samsung A55 dibekali kamera selfie 32 mp dengan apperture f/2.2 yang cukup jernih hasilnya untuk berselfie. 

Kamera depannya juga mendukung resolusi video 4K 30 FPS atau 1080p 60 fps. Dan menariknya lagi adalah karena kamera depan ini mendukung fitur penstabilan video yang ini cocok banget buat bikin vlog karena videonya tenang serta resolusinya juga tinggi hingga 4K. 

kamera-samsung-a55

Foto : tokopedia

Selain itu ketajamannya juga pas, eksposur wajah juga sangat jelas, serta tampilan warna juga terlihat natural mendekati kulit aslinya. 

Dengan resolusi tersebut, merekam momen lebaran seperti saat silaturahmi, makan ketupat bersama, sehabis sholat ied, tentu hasilnya akan terlihat jernih dan mengagumkan.

Kamera utama 

Untuk kamera utama, Samsung A55 mengusung resolusi 50 mp yang cukup jernih. Punyaku saja yang 48 mp dari samsung juga cukup jernih. 

Menariknya lagi karena kamera depannya juga sudah Samsung A55 mendukung penstabilan video berupa fitur OIS yang membuat recording video jadi minim shake atau gerakan. 

Ia juga mendukung resolusi 4K 30 FPS atau 1080 px 60 FPS dengan menggunakan sensor Sony. 1080 px saja sudah jelas apalagi 4K, tentu jernih banget. 

Menurut pengujian yang dilakukan, video kamera utama 4K 30 FPS-nya stabilnya serasa pakai gimbal. Dan di resolusi 1080 60 FPS juga masih stabil. 

Untuk kamera utama ini, detailnya juga  cukup tinggi, ketajaman juga pas, dinamic range-nya juga ok. Kalau untuk wajah bisa terlihat lebih jelas dari backgroundnya. Kemudian saturasinya ok dan autofokusnya lancar. 

Kamera ultrawide 

Untuk kamera ultrawide atau kamera yang kalau buat motret bisa sampai ke pinggir-pinggir, resolusinya 12 mp dengan bukaan f/2.2 fixed focus dan mendukung perekaman videonya sampai 4K 30 FPS juga. 

Berdasarkan pengujian, kamera ultrawidenya juga stabil di 4K 30 FPS. Gokil sih kalau kamera ultrawide saja bisa stabil gini. 

Kualitas gambarnya juga termasuk yang oke banget. Detailnya juga tinggi, dinamic rangenya juga ok, sisi gelap terang dapat diseimbangkan dengan baik. 

Sedangkan untuk kamera makro, dia punya 5 MP kamera macro dengan bukaan f/2.4. Kamera makro itu biasanya yang buat motret objek-objek kecil kayak lebah atau pucuk bunga. 

Dan untuk foto malam hari, hasilnya juga terlihat sangat terang. Rekomended banget dijadikan hp buat lebaran besok. Atau konten kreator juga cocok banget pakai ini. 


Infinix-Note-40-Pro

Foto : tokopedia

Selain Samsung A55, rekomendasi hp untuk lebaran berikutnya yaitu Infinix Note 40 Pro. Hp ini sudah mendukung wireless charging atau cas tanpa kabel yang ditempelkan di casing belakang. 

Tentu fitur ini menarik karena saat lebaran, seringnya kita di luar dan mungkin tidak membawa charger kabel. Dengan wireless charging ini tentu memudahkan dan gak bikin rempong. 

Dan tentunya hp ini mendukung dengan dukungan kamera terbaik untuk mengabadikan moment lebaran. 

Kamera utama 

Berdasarkan review di channel youtube PriceBook, kamera belakang atau kamera utama Infinix Note 40 Pro memiliki resolusi 108 mp OIS dengan detail yang cukup tajam dan memiliki fitur flash untuk berfoto saat malam, yang juga ada di kamera depan untuk fitur flash ini. 

Untuk resolusi kameranya mendukung sampai sampai 2k dan minimal 720p. 

Kamera utama ini juga bisa merekam dengan stabil berkat fitur OISnya dengan maksimal resolusi 1080 px. Sementara untuk foto, mendukung  zoom sampai dengan 10 x. 

Ada juga fitur slow motion untuk mode video lambat, kemudian fitur dual video dimana kita bisa merekam dengan dua kamera secara langsung yaitu depan dan belakang (ini cocok untuk ngevlog). Selain itu ada juga fitur foto panorama. 

Fitur panorama adalah fitur foto yang memotret dengan landscape yang jauh lebih luas sampai ke pinggir-pinggir melebihi kamera ultrawide. Sehingga objek di paling kanan atau paling kiri bisa masuk foto. 

Untuk foto malam, ada juga fitur super night untuk memotret saat malam hari sehingga akan terlihat lebih terang. 

Untuk kamera selfienya ia mendukung 32 mp yang tentu saja cukup jernih untuk memotret atau merekam video.  

Dengan kamera tersebut, memotret moment lebaran pun jadi lebih seru dan berkesan. 

techno-spark-20-pro

Berdasarkan review TeknoloGue di channel youtube, Techno Spark 20 Pro memiliki kamera belakang 108 mega piksel dengan apperture f1.89 dan Kamera 2 mp macro serta kamera AI. 

Kamera depannya sendiri beresolusi 32 mp dengan f/2.2 dengan dual LED Flash. Sehingga saat foto  selfie malam hari bisa tetap terang. 

Dan untuk kamera selfienya juga sudah diatur dengan 3 level cahaya, yaitu rendah, sedang, dan full. Detail yang ditangkap cukup baik dan warnanya juga cukup natural. 

Kalau untuk foto membelakangi cahaya, fitur dinamic rangenya juga bekerja dengan baik. Untuk foto protrait hasilnya juga cukup rapi dan jarang ada blur. 

Untuk kamera utama atau belakangnya detailnya cukup tajam dan warnanya juga berasa cukup natural. 

Untuk foto malam hari, hasilnya udah berasa cukup bagus berkat fitur night modenya. 

Sedangkan untuk perekamannya, kamera belakang mendukung full HD 30 FPS dan kamera selfie mendukung FullHD 30 Fps. 

Nah, itu dia 3 rekomendasi hp untuk lebaran dengan kamera terbaik yang bisa kalian coba. Dan pastinya ada harga ada rupa ya. 

Kesimpulan 

Moment lebaran adalah moment istimewa yang ditunggu semua umat muslim di seluruh dunia. Maka dari itu, penting untuk mengabadikan moment ini dalam sebuah foto agar bisa dikenang sepanjang waktu. 

Namun dengan dukungan smartphone dengan kamera terbaik, hasilnya akan lebih berkesan dan lebih hidup. Berbagai fitur menariknya seperti fitur ultrawide atau penstabilan videonya, membuat hasil jepretan terlihat lebih berkesan dan lebih memuaskan. 

Jadi, mau pilih yang mana? 

Sumber referensi artikel : 1] Samsung A55 Youtube jagat review : https://www.youtube.com/watch?v=hFZXd0wc4Nc&ab_channel=JagatReview 2] Infinix Note 40 Pro Youtube Price book https://www.youtube.com/watch?v=pF152yIC9-0&ab_channel=Pricebook 3] Techno Spark 20 Pro Youtube DHIARCOM https://www.youtube.com/watch?v=6sfjpZ8NkH8&ab_channel=DHIARCOM
Bagikan biar yang lain tahu