Memiliki blog kemudian mendapatkan cuan darinya adalah dambaan semua blogger. Terutama bagi mereka yang memang membuat blog demi cuan. Namun sebaiknya dalam memulai ngeblog, mindset atau pola pikir kita harus diubah terlebih dahulu agar kita tidak tersesat kemudian.

Mindset ngeblog yang tujuannya hanya uang uang dan uang, berpotensi menyesatkan langkah blogger itu sendiri. Karena jika ekpektasi tidak tercapai, seorang blogger bisa dilanda  kebingungan tidak tahu harus apa selanjutnya?

Bagi blogger yang tidak gabung adsense dan memilih monetisasi dari selain itu, kerjasama dalam bentuk job review atau guest post begitu direkomendasikan. Namun tentunya untuk mendapatkan semua itu perlu usaha keras pastinya.

Baca Juga : Terbukti Menghasilkan, Ini Dia Step by Step Mendapatkan Uang dari Blog- Pengalaman Pribadi

Karena pemilik brand pastinya akan tertarik dengan blog yang terlihat menarik dan terawat. Maka dari itu, sebagai blogger, kita harus mau merawat blog kita agar terlihat menarik di mata brand. Sehingga tertarik kerjasama dengan kita.

Berdasarkan pengalaman sebagai blogger yang sering menerima job blogger dan baca-baca beberapa artikel terkait, ada 12+ Cara Agar Blog Banyak Dilirik Brand. Di antaranya :

1. Update rutin konten yang bermanfaat dan berbobot

Pemilik brand pastinya akan senang dengan blog yang rutin update. Yang menandakan blog tersebut aktif. Saya punya dua blog, satu blog ini aktif, dan yang satunya jarang aktif karena jarang update artikel (ngurus satu blog aja pusing bro).

Karena jarang/tidak aktif, maka yang ngasih kerjaan juga jarang sekali, bahkan mungkin hanya setahun sekali. Sementara blog ini yang rutin update artikel dan begitu terawat, Alhamdulillah setiap bulan selalu ada saja yang menawari kerjaan.

Baca Juga : Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

Untuk artikelnya sendiri saya sarankan harus menarik dan kalau bisa artikel pribadi (organik). Karena jika terlalu banyak artikel sponsor, pembaca juga males toh disodorin produk atau jasa? Nonton yuotube tapi banyak iklan juga pasti di skip, kan?

Artikel organik atau konten non sponsor banyak disukai pembaca karena pastinya lebih menarik, lebih unik, lebih bermanfaat, dan lebih lainnya. Kalau menurut agensi yang pernah bekerjasama dengan saya, satu konten sponsor baiknya ditutup dengan tiga artikel organik untuk menyamarkan iklan.

Kalau saya sendiri, saya termasuk tim kualitas, bukan kuantitas. Saya mending nulis 3-4 artikel dalam sebulan dengan kualitas baik ketimbang 8 artikel tapi biasa-biasa saja. Karena kualitas artikel juga termasuk branding kita.

2. Mudah dihubungi baik via email atau WA

Karena pemberi kerja ibarat raja, maka menaruh alamat kontak dengan jelas dan mudah dilihat adalah sebuah keharusan. Walaupun blog sudah bagus, tapi kalau mau cari kontaknya saja begitu njlimetnya sampai ke lubang semut, bisa-bisa mereka kabur duluan.

Saya sendiri menaruh kontak saya bagian paling atas berupa nomor WA dan email. Begitu brand membuka blog saya, di bagian atas terlihat kontak saya, sehingga mudah dihubungi. Rencana saya juga kepengin menaruh tombol whatsapp, jadi begitu diklik, langsung menuju ke whatsapp.

3. Tampilan blog yang menarik dan seo friendly

Theme-blog-seo-friendly

Contoh tampilan blog yang menarik dan cukup seo friendly dari blognya Mas Sugeng.id

Zaman sekarang hampir semua akses internet lewat hp. Jadi usahakan blog Anda memiliki tampilan mobile friendly (seo friendly) dan enak dibaca lewat hp. Tidak harus template mahal. Tapi tema gratisan atau tema premium mobile friendly dengan harga terjangkau juga banyak lho.

Yang penting jangan sampai warna tulisan sakit di mata karena membuat pengunjung tidak betah. Buat yang biasa-biasa saja, font hitam ukuran ideal dengan background putih.

4. Tingkatkan trafik

Visitor-Blog

Blog dengan kunjungan tinggi berpotensi dilirik brand, pastinya. Karena jumlah kunjungan yang tinggi berpotensi pada closing suatu produk atau jasa. Atau paling tidak akan meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk.

Cara agar pengunjung blog meningkat tentu saja banyak. Misal dengan melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) baik on page atau off page, riset keyword (bisa pakai ubbersuggest, google trend, dsb), membagikan artike ke media sosial, saling blogwalking seperti grup blogger Bloglwalking Asik, dsb.

Baca Juga : Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar 100 Dollar, Mau Coba?

5. Bangun personal branding

Personal-branding

Ilustrasi : pixabay.com

Personal branding adalah cara pandang seseorang terhadap diri kita, atau bagaimana perpektif seseorang terhadap kita tentang suatu kepribadian, keahlian, konsistensi, prestasi, ciri khas, atau nilai-nilai yang dibangun diri kita sendiri baik itu disengaja atau tidak.

Cara melakukannya pun ada bermacam cara. Misalkan melalui sebuah blog dengan niche tertentu. Kemudian personal branding juga tentang cara kita menghadapi orang lain dalam sikap atau attitude. Atau bisa juga lewat desain blog yang unik dan menarik, juga merupakan personal branding.

6. Jujur dalam menulis review

Dalam menulis sebuah review produk atau jasa, menurut saya sih sebaiknya kita memang menuliskan apa adanya. Jika memang bagus ya ditulis bagus. Jangan melebih-lebihkan. Tuliskan apa adanya sesuai fakta yang ada.

Tulisan endors yang terlihat melebih-lebihkan akan terkesan tidak natural, sehingga nantinya pembaca menjadi kurang yakin akan suatu produk. Selain itu, tulisan yang kita buat juga akan dimintai pertanggung jawaban pastinya baik di dunia atau akhirat.

7. Disiplin dalam mengerjakan tugas

Pemilik brand pasti akan senang jika seorang blogger yang didaulat bisa mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat waktu. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya brand malah akan memberikan feedback positif. Misal dengan repeat order jasa kita, atau yang lainnya.

Saya pun pernah. Karena saya pernah menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan artikel (tidak asal tulis pastinya) saya dapat bonus voucher belanja. Kan asik tuh.

Baca Juga : Gimana Sih Cara Meningkatkan Rate (Upah) Blogger? Ini 6 Tipsnya

8. Buat gaya tulisan dengan karakter yang kuat

Suatu blog akan terlihat unik jika karakter tulisannya kuat. Misal seorang mom blogger bisa menulis dengan gaya keibuannya. Atau seorang anak muda gaul dengan bahasa gaulnya yang santai dan mengalir. Namun tentunya masih dalam koridor aturan EYD yang baik dan sopan. Bukan “elu gue”.

Karena karakter tulisan merupakan ciri khas yang membedakan antara blogger satu dengan yang lain. Jangan berusaha menjadi orang lain dengan meniru gaya menulisnya. Karena bisa jadi malah branding kita turun dan terkesan garing karena tidak bisa jadi diri sendiri.

9. Tingkatkan jumlah follower IG dan Twitter

Saat ini jumlah follower media sosial begitu mempengaruhi seorang blogger dalam mendapatkan job. Karena seringkali saat broadcast job disebar di grup komunitas, mempersyaratkan jumlah follower baik IG atau twitter. Misal follower IG minimal 2000, atau twitter minimal 3000, baru bisa masuk job.

Karena seringkali ada job yang postingan medsos ada harga tersendiri. Seperti yang baru saja kemarin saya alami. Follower teman-teman dengan angka 10.000 ke atas, fee-nya lebih besar ketimbang saya yang cuma 2000. Duh jadi pengen deh naikkin follower juga.

Untuk meningkatkan follower media sosial, caranya bisa dengan membuat konten yang menarik, atau bisa juga saling follow di komunitas blogger yang kita miliki. Kalau sih bergabung di komunitas blogger Blogwalking Asik untuk menjalin relasi. 

Grup-Blogwalking-Asik

10. Tingkatkan DA PA blog

Metrik-Blog-Kangamir

Meningkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog adalah hal wajib untuk blogger agar banyak brand tertarik mengajak bekerjasa ma. DA adalah indicator MOZ mengenai sebarapa bagus sebuah blog di mata google dengan skor 1-100.

Sedangkan PA adalah tolok ukur untuk sebuah halaman blog dan skor juga dari 1-100. Semakin tinggi skornya, dapat membuat suatu blog sering muncul di halaman pencarian. Cara meningkatkan DA PA blog bisa dengan rutin menulis artikel, menurunkan spam score.

Terkait soal ini, dulu saya berhasil menurunkan spam score dari 56% jadi 3% dengan cara disavow. Selain itu bisa juga dengan buang link rusak atau broken link artikelmu. Selebihnya bisa kalian cari sendiri di google

11. Pilih bidang atau niche tertentu

Menurut travel blogger yang sudah keliling puluhan negara dari Asia hingga Eropa, Kak Kadek Arini. Beliau mengatakan kalau memilih pasar terbatas itu penting agar mendapat perhatian dari Brand. Misalnya karena ia seorang real traveller.

Menurutnya, influencer bidang travel memang banyak, tapi yang memang real traveller seperti dirinya gak banyak. Jadi semisal ada brand sedang butuh influencer, saingannya juga sedikit.

12. Update konten yang sedang trend saat itu

Kak Kadek Arini juga mengatakan bahwa untuk menarik minat brand, seorang influencer harus mengkikuti trend yang ada. Banyak influencer yang mulai bareng dengannya, tapi sekarang namanya sudah tidak populer lagi.

Kak Kadek sendiri sangat update dengan trend yang sedang naik daun untuk meningkatkan engagement. Tidak heran jika namanya namanya terus hits sampai sekarang.

13. Menjalin hubungan baik dengan brand

Masih menurut Kak Kadek Arini, bahwa menjalin hubungan baik dengan brand itu penting. Menurutnya, yang penting bisa selalu menemukan jalan tengah antara pemilik merek, influencer, ataupun audience itu sendiri.

Ia juga berpendapat bahwa setiap influencer seharusnya punya sikap yang seimbang antara idealis dan gampang diajak bekerjasama. Tidak selamanya idealis itu bagus, tapi juga tidak selamanya diatur sama pemilik brand atau agensi juga bagus. Jadi kudu seimbang, menurutnya.

Wah, ternyata ada banyak cara agar blog dilirik brand. Untuk saat ini saya sendiri baru menerapkan beberapa di antaranya. Menurut saya, tips tentang personal branding terlihat sangat menarik, namun perlu usaha sedikit demi sedikit agar tercipta personal branding yang kuat.

Untuk blogger pemula, jangan patah semangat jika misal belum ada brand yang mengajakmu bekerjasama. Atau adsense blogmu belum juga terlihat hilalnya.

Lakukan 12+ cara di atas dan tetaplah menulis berkualitas dan produktif agar blogmu semakin berkembang, karena jika terus diusahakan, maka jika sudah tiba waktunya, saat itulah usahamu membuahkan hasil.

Sumber referensi artikel

1]https://www.ernawatililys.com/2016/09/10-cara-mendapatkan-job-review.html

2]https://www.alaikaabdullah.com/2016/04/tiga-langkah-agar-dilrik-agency.html

3]https://partipost.com/id/2020/06/12/tips-membuat-konten-endorse-jadi-lebih-menarik-dilihat/

4]https://praxis.co.id/stories/read/183/Tiga-Tips-Agar-Dilirik-Brand-ala-Travel-Blogger-Kadek-Arini

5]http://www.imusyrifah.com/2017/04/4-tips-supaya-dilirik-brand-di.html

6]https://tehokti.com/tips-blog-dilirik-brand.html

7]https://www.kompasiana.com/blogmint/5631aad3f47a61bc0679a829/tips-agar-dilirik-brand-di-blogmint

8]https://www.connectingmama.com/2021/08/cara-agar-blog-dilirik-brand.html

9]https://www.masahmad.com/2017/08/7-cara-agar-blog-dilirik-oleh-pemilik-Brand.html

10]https://www.anisae.com/5-tips-agar-dilirik-agency-blogger/

Bagikan biar yang lain tahu