Hingga saat ini saya sudah dua kali mendapatkan job nulis luar negeri dimana satu artikelnya dibayar $100 (baca : seratus dollar) atau sekitar 1,4 juta rupiah. Dan yang paling mengasikkan itu karena syaratnya mudah banget.

Kalau kalian pengin juga, daftar di website www.intelinfluence.com segera.

Hai teman, selama 6 tahun menekuni dunia blog, ini adalah pengalaman pertama saya mendapatkan upah menulis yang sangat fantastis. Bayangkan coba, hanya dari satu artikel saja, saya dan banyak teman-teman lain bisa mendapatkan segitu banyaknya. 

Dari sini saya mulai berpikir bahwa belajar bahasa Inggris ataupun belajar bahasa asing lain seperti belajar bahasa Mandarin misalnya, sangat penting untuk mengembangkan karir. Walaupun hanya seorang freelancer.

Awalnya seorang rekan blogger membagikan pengalamannya di facebook mengenai job ini. Namun saya masih penasaran dan belum mendaftar sampai ada yang benar-benar payout ke paypalnya.

Sekian waktu berjalan, ternyata beberapa blogger berhasil mendapatkan job di sini. Dan saya pun langsung buru-buru daftar khawatir enggak kebagian. Dan benar saja, setelah pendaftaran dan profil saya isi, saya mendapatkan job pertama saya tentang game.

Artikel pertama saya berjudul 16 game edukasi anak lengkap. Artikel ini saya buat semaksimal mungkin dan menggunakan tekhnik seo sebisa saya. Dan tentunya sebelum saya menulis, saya juga mencoba produknya dengan memainkan game tersebut.

16 game saya mainkan karena di hasil pencarian google sesuai kata kunci, paling banyak hanya 15. Dan semoga saja artikel saya menempati halaman pertama walaupun kenyataannya beda.

Artikel yang saya tulis menggunakan bahasa Indonesia ya. Jadi dari sananya memperbolehkan sang blogger bebas menggunakan bahasa masing-masing. Kurang sedap gimana coba? Dapat job dari luar, tapi nulisnya pakai Bahasa Indonesia. 

Yang paling bikin saya tertarik adalah karena syaratnya mudah pake banget. Pihak advertiser hanya menginginkan tulisan yang soft selling yang kesannya seperti tulisan organik, kemudian memberikan backlink yang sudah ditujukan. Tentunya setelah mencoba produknya. Mudah banget pokoknya.

Hingga saat ini, saya sudah mendapat job yang kedua. Artikel kedua berjudul 5 Game asah otak yang juga saya buat secara maksimal. Headernya saya buatkan banner grafis juga agar tulisan terlihat lebih menarik. Nada artikelnya juga soft selling karena tidak menginginkan hard selling.

Nah, untuk proses diterimanya juga sangat cepat. Sehari setelah artikel publish, mereka langsung terima artikel saya. Dan payout sebesar $100 dollar pun langsung diproses.

Untuk pembayarannya seperti diatas saya tuliskan, kita harus punya paypal aktif. Kalau saya sendiri sih pakai bank BCA dengan proses pencairan yang di akunnya tertulis 2-4 hari, ternyata kemarin saya cuma sehari doang sih kayaknya.  

Penghasilan-menulis-di-intelifluence

Pembayaran di intelifluence

Cepet banget pokoknya. Tapi kena potongan 16 ribu dan itu gak apa-apa banget. Saya rekomendasikan pakai BCA sih karena direkomendasikan oleh paypal. Lagian buka rekening BCA 50 ribu juga bisa ko.

Kalau kalian ngeblog, rekening BCA paling banyak ditanyakan. Pernah waktu itu hampir gagal dapat dapat job karena gak ada rekening BCA.

Baca Juga : Buka Tabungan Xpresi BCA Cuma 50 Ribu, Blogger Wajib Punya

Nah, selanjutnya, nantinya saldo di akun kita akan ditransfer ke paypal setelah 15 hari baru masuk. Wah, seneng banget pokoknya karena bisa nulis dengan fee sebesar itu. Rencananya saya pengin aktif di blog yang satunya lagi yaitu www.amir-silangit.com agar bisa dapet job dari sini juga.

Oiya, dari job ini, ada beberapa rekan blogger yang sudah payout hampir $1000. Wah, bikin ngiler gak sih? Saat saya tanya, ternyata mereka pakai blog lebih dari satu. Auto kayak mendadak pokoknya.

Saya sendiri baru kuat satu blog. Ngurusin satu aja udah pusing apalagi lebih dari satu. Dan mungkin mereka punya strategi tersendiri sehingga bisa payout sebanyak itu. Kalau saya sih enggak kuat. Oke, kalau begitu, berikut cara daftar di inteliflunce.

Cara-daftar-intellifluence

Pada gambar di atas, silahkan masukkan nama awal dan nama akhirmu dan masukkan email aktif di kolom bawahnya. Lalu checklist pada bagian I accept the Terms of Service and Privacy Policy. Daftar seperti biasa hingga selesai karena saya yakin ini mudah dilakukan. Kemudian pada bagian profilnya, silahkan isi seperti pada gambar di bawah ini. 

 Cara-daftar-intellifluence

Setelah profil terisi, kalian juga bisa menambahkan blog lebih dari satu. Kalian akan sangat beruntung jika blog kalian yang lain terpilih untuk menulis. Seperti yang beberapa teman blogger lakukan, mereka menggunakan blog lebih dari satu.

Saya juga menyarankan agar score profil setinggi mungkin. Tujuannya tidak lain agar kemungkinan dapat jobnya lebih besar. Untuk punya saya sendiri 93%. Belum bisa 100% karena kalau mau 100%, sisa stepnya yaitu dengan menjadi advertiser dan saya belum bisa.

Score profile intellifluence

Nah, setelah semua data terisi, selanjutnya yang wajib dilakukan yaitu dengan mendaftar job atau mengajukan penawaran di halaman marketplace. Pilih salah satu yang cocok untuk kalian klik kemudian apply campaign.

List-job-di-intellifluence

Pilih salah satu list job di intelifluence. Di atas sedang ada campaign $225 atau $10.000 yang setara dengan 140 juta. Mau coba? 

Saat ini di intelifluence sedang ada campaign blogger dengan fee $225 atau sekitar 3,15 juta untuk 1 tulisan. Nilai yang sangat besar sekali. Buruan deh daftar. Untuk job ini, ada seorang teman yang dapat bid-nya. Saya sendiri sudah mengajukan penawaran namun belum beruntung.

Untuk campaign lain yaitu mengulas tentang sebuah game, di intelfluence lagi ada campaign dengan fee $10.000 atau senilai 140 juta. Wah gila banget tuh. Buat kamu yang punya channel youtube boleh banget tuh dicoba. 2 tahun gak kerja pun bisa tuh pake duit sebanyak itu.

Nah, setelah job diterima, baca baik-baik persyaratannya dan tulislah sebaik dan semaksimal mungkin karena upahnya sangat layak. Jangan tulis apa adanya. Kalau English kalian tidak sempurna, bisa manfaatkan google translate untuk menerjemahkan. Kemudian untuk penghasilan, kalian bisa melihatnya di halaman “earning summary“. Lihat keterangan penghasilan dan baca gambar baik-baik agar tidak gagal paham.

Rincian-penghasilan-di-intelifluence

Oiya, di sini jika kita berhasil mengajak orang bergabung, kita juga akan dapat komisi $0.25 lho. Semakin banyak yang diajak, semakin banyak penghasilanmu. Saya sendiri sudah mendapatkan beberapa dollar dari link yang saya sebarkan.

Cara ambil linknya yaitu dengan masuk ke bagian profil, lalu pilih icon link. Link tersebut bisa kalian bagikan ke teman-teman blogger atau siapa saja yang tertarik bergabung.

Saya yakin banyak dari mereka yang daftar karena job ini luar biasa. Selain itu, kalian juga bisa memasang banner promosi yang menunjukan bahwa kalian influencer terpercaya di situs ini. Letaknya di bagian bawah profil. 

Kedepan saya berencana aktif menulis di blog saya yang lainnya agar bisa dapat kerjaan darinya. Btw sampai di sini dulu ya cuap-cuapnya. Terima kasih 