Cara Menang Giveaway

Hai teman, selain menjadi fulltimer blogger, saya juga seringkali ikutan giveaway. Ikutan giveaway itu lumayan banget buat kerja sampingan ketimbang scroll instagram atau youtube yang hanya ngabisin kuota. Berbagai hadiah pun berhasil saya dapatkan. Mulai dari voucher belanja, bantal leher, T-Shirt, buku, kalender, kompor, blender, dan lainnya berhasil saya dapatkan.

Kebanyakan sih saya dapat voucher belanja berupa e-money. Lumayan banget pokoknya ketimbang kuota cuma dipakai mencari kelucuan di media sosial. Yang belum pernah saya dapatkan yaitu barang elektronik seperti handphone apalagi laptop.

Saya sudah sejak lama ikutan giveaway, namun sering banget kalahnya karena pesaingnya itu banyak banget sampai puluhan ribu untuk mendapatkan satu hadiah. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips menang giveaway baik di instagram atau twitter.

1. Pilih giveaway yang kita suka

Beberapa waktu lalu saya sempat tanya ke seorang teman pejuang giveaway tentang cara menang giveaway. Beliau itu setiap bulan selalu menang dan menang terus. Saat saya tanya, jawabannya yaitu ikut giveaway yang kita suka.

Misal kita suka dengan olahraga, maka ikutan giveway tema olahraga akan semakin nyambung jawaban kita di giveway tersebut. Atau missal kita suka dengan tema keuangan, jawaban pun akan lebih nyambung karena kita paham seluk beluknya.

Yah walaupun jawaban peserta lain mungkin tak kalah menarik, tapi jika kita memang ahli di suatu bidang, jawaban kita seperti ada greget atau lebih berkesan di mata juri karena kita seorang ahli. Sehingga kesempatan menang lebih besar.

Baca Juga : 30 Blogger Terbaik Berbagi Tips Menang Lomba Blog

2. Pilih giveaway yang sedikit pesertanya

Saya beberapa kali menang giveaway yang pesertanya sedikit. Misal seperti giveway yang diadakan oleh komunitas blogger yang pernah saya ikuti, saya sudah dua kali menang. Waktu itu dapat sepatu dan masker. Lumayan banget dikasih barang gratisan.

Oiya, kemarin saya juga baru saja menang dua giveaway dari lembaga keuangan dan tentang lingkungan (bukan giveaway sih, melainkan kontes instagram dan temanya saya suka). Penilaian diambil dari pesan gambar atau foto, dan caption.

Di situ (tema keuangan) yang ikut cuma sedikit. Sepertinya enggak sampai 80 orang. Dan saya pun bersemangat mengikutinya. Apalagi durasi hanya sehari saja. Maka dengan cepat saya bikin kontennya. Dan benar, saya menang favorit dapat voucher belanja.

3. Gunakan jawaban yang kreatif

Dulu pas awal-awal ikutan giveaway di twitter, saya baru beberapa ikut sudah berkali-kali menang. Itu karena saya menjawabnya dengan jawaban kreatif. Waktu itu giveawaynya berupa game tebak jalan seperti labirin. Dan saya menjawabnya dengan video animasi after effect karena sebelumnya saya sudah belajar. Dari situ saya tersadar bahwa suatu ilmu akan bermanfaat entah kapan waktunya. Ini contoh animasinya. 

Dari beberapa giveway yang saya jawab pakai animasi, saya berhasil mendapatkan kaos, kopi satu pack, dan voucher belanja. Saya juga masih ingat waktu dapat OVO dari game teka-teki, yang jawabannya pakai animasi dan saya upload di instagram.

Kemudian jika penilaian giveway dinilai dari jawaban berkualitas, kalian bisa baca-baca dulu jawaban peserta lainnya, kemudian kalian bisa buat jawaban yang bagus lagi agar bisa mengungguli mereka.

Jawaban berbobot dan unik akan memperbesar kesempatan menang Ini sudah saya buktikan berkali-kali.

4. Patuhi semua syarat dan ketentuan. Kemudian spam like, koment, atau share postingan lainnya milik penyelenggara

Sebelum ikut giveaway, kita diwajibkan untuk follow akun penyelenggara. Dan akan lebih baik jika kita follow juga media sosial lainnya. Nah, setelah itu kita bisa spam like di postingan lainnya. Hal itu agar nama kita mudah diingat oleh penyelenggara.

Selain spam like, kita juga bisa spam komen untuk memperbesar kemungkinan menang. Kemudian kita juga bisa membagikan postingan lain atau feed lain di instagram (jika giveaway instagram) di instastory dan tag akun penyelenggara untuk memperbesar kemungkinan menang.

Oiya, jangan private akun IG-mu ya, karena biasanya tidak akan menang. Ya bagaimana mau menang kalau akunmu gak bisa dilihat juri.

5. Ikutan giveaway banyak-banyak

Di instagram ada banyak sekali giveaway bertebaran. Kalau kalian suka ikutan giveaway, nanti akan muncul banyak iklan giveaway. Kata seorang teman pejuang giveaway, ada pejuang giveaway yang kuat seharian main giveaway. Kalau saya sih paling banyak mungkin hanya belasan giveway dan itu jarang.

Kalau saya lihat di postingan mereka, mereka banyak sekali ikut giveaway agar kesempatan menang semakin besar. Ya soalnya cara menangnya biasanya dengan cara diundi atau dikocok. Kalau giveaway seperti ini, kita bisa bisa menjawab pertanyaan berkali-kali agar kesempatan menang lebih besar.

6. Ikut terus di akun yang sama

Teman yang tadi saya tanyakan juga kasih tahu kalau baiknya kita ikut terus di suatu akun walaupun kalah terus. Pokoknya ikut terus, nanti kan lama-lama “dia” apal nama kita dan akhirnya menang. Dari situ saya dapat benang merahnys. Ternyata itu rahasianya.

7. Kasih jawaban terbaik

Giveaway itu umumnya jawabanya mudah. Kita bisa mencontek jawaban peserta lainnya. Namun agar kesempatan menang lebih besar, baiknya kita pahami dulu pertanyaannya biar gak sekedar nyontek, tapi kita bisa menuliskan jawaban yang benar dan paling tepat.

Jawaban dari hasil pemikiran sendiri itu seperti ada greget atau nyawanya gitu pastinya. Jika dibarengi usaha dan doa, saya yakin kesempatan menang akan lebih besar.

8. Buat akun organik agar tidak terlihat seperti iklan

Seringkali saat saya mengikuti giveway, ada persyaratan yang mengharuskan peserta tidak menggunakan akun khusus giveway. Kalau saya lihat, akun khusus giveaway itu mungkin berisi postingan giveway yang pastinya kurang menarik. Tidak heran jika ada giveaway yang mempersyaratkan bahwa akun jenis tersebut tidak diizinkan ikutan. Pun juga dengan akun jualan.

Suatu waktu saya pernah lihat seorang pemenang giveaway yang ternyata postingannya organik semua. Organik itu berupa postingan bukan iklan atau sponsor melainkan postingan biasa saja. Misal foto tentang kegiatan kita sehari-hari, foto pas liburan, dan sebagainya. Dan saya piker follower banyak juga memperbear kemungkinan kita menang giveaway. Ini contoh akun saya yang saya pakai buat giveaway.

9. Kenalan dengan banyak pejuang giveaway

Saat ikutan giveway, kita seringkali diharuskan untuk tag teman untuk diajak ikutan. Nah, buat yang baru pertama ikutan, kalian bisa tag teman terdekat, dan semakin kedepan kalian bisa menyapa dengan sesama pejuang giveaway agar bisa tag mereka saat ikut giveaway. Semakin banyak teman yang kita kenal, semakin banyak giveaway yang bisa kita ikuti. Artinya, semakin banyak giveaway yang bisa kita ikuti karena banyak teman yang bisa di tag.

10. Komen yang banyak

Kalau saya lihat, banyak pejuang giveaway yang kalau komentar bukan hanya sekali dua kali, bahkan ada yang sampai 20 (duapuluh kali). Hal itu agar kesempatan menang semakin besar. Terutama jika pemenang diambil dengan cara acak.

11. Berdoa dan bersedekah

Teman yang saya tanyai juga bilang. Kalau kita punya rezeki lebih, baiknya bersedekahlah. Karena seperti kita ketahui, matematika sedekah itu luar biasa. Jika 1+1=2, maka di matematika sedekah, 10+10 = 100 bahkan 1000. Percayalah dengan hal ini. Dan jangan lupa berdoa agar juri mengarahkan nama kita jadi pemenangnya, atau jarum random picker berhenti di nama kita.

12. Jangan menyerah

Menang giveaway mungkin sulit saat masih pemula. Maka dari itu kita harus terus belajar agar terbiasa dan tahu sela-nya dimana. Saat kita sudah paham cara melakukannya, semua akan mudah. Apalagi saat kemenangan pertama didapat, selanjutnya kita akan semakin semangat mengikutinya.

Akhirnya itulah 11 cara menang giveaway ala saya yang pernah saya coba. Silahkan dipraktekkan satu persatu dan jangan patah semangat. Karena beberapa dari teman saya pernah saya ajak, hanya semangat di awal dan akhirnya putus asa karena karena gak menang-menang. Di dunia ini gak ada mudah bro. Jadi, ayo tetap semangat.