Hai teman, pernahkah kalian mencoba meningkatkan rate atau standar fee blog, baik itu guest post atau job review, tapi ragu-ragu mengingat visitor blog masih memprihatinkan?

Atau malah pernah naikkan saat ada tawaran, eh malah pada kabur gak ada kabar?

Saya? Pernah…..

Pernah waktu itu coba naikkan karena ngerasa “masa udah lama ngeblog, tapi gak naik juga,” eh malah banyak yang kabur gak ada kabar karena sepertinya ketinggian.

Maka dari itu, buat yang udah lama ngeblog atau yang masih baru pun, meningkatkan pengunjung blog adalah hal penting dan wajib banget. Apa sih tujuan ngeblog sebenarnya? Kepuasan batin dan kantong, bukan?

Baca Juga : Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar $100, Mau Coba?

Kalau sedikit yang baca, pasti ngerasa lemes hati, kan? Biar ada semangat nulis lagi gitu. Kunjungan blog yang melimpah juga akan meng-afdolkan kita bahwa Anda ini blogger sejati.

By the way, blog sepi pengunjung itu karena apa aja sih?

Untuk sepengalaman saya sendiri, blogku sepi pengunjung dikarenakan beberapa hal, seperti :

1. Isinya kebanyakan artikel sponsor, bukan konten berkualitas

Saat ini saya baru menyadari kalau blog saya kebanyakan isinya artikel sponsor semua, bukan artikel organik yang lebih bermanfaat. Bahkan saya pernah scroll dari atas ke bawah, tidak ada satu pun artikel organik di blog saya, miris.

Ya bagaimana orang tertarik, coba? Disuguhin semua bacaan produk gitu. Kalaupun ada artikel organik, pembahasannya pendek karena hanya beberapa ratus kata saja. Aliasnya karena saya artikel saya kurang berkualitas. Ini tidak boleh ditiru. 

2. Template blog kurang menarik

Template blog saya kurang menarik, karena dulu tidak ada opsi related post dan tombol share sosmed. Gak heran deh kalau pengunjungnya kurang. Tapi sekarang sudah ada, setelah pasang plugin.

Bahkan tombol search untuk versi mobile pun tidak ada. Sampai sekarang pun belum ada karena sulit banget gimana cara pasangnya? Padahal udah otak-atik sana sini. Ada yang tahu? (update: udah ada).

Sekarang hampir semua orang pakai smartphone. Jadi memiliki template blog mobile friendly sangat penting. Selain itu, beberapa artikel saya juga dibuat dalam bentuk landing page, sehingga kurang friendly di layar smartphone.

Baca Juga : Yakin Mau Jadi Fulltime Blogger? Pahami Dulu 10+ Hal Ini

3. Judulnya panjang banget

Banyak artikel saya judulnya panjang banget. Bahkan kalimatnya tidak efektif dan kadang mengulang. Orang tuh baca artikel awalnya karena judul. Kalau judulnya saja sudah begitu, bagaimana orang betah baca?

4. Tidak memanfaatkan SEO

Saat awal-awal nulis, saya tidak pernah memikirkan SEO (search engine optimization). Seperti riset keyword, search intent, dan sebagainya. Alhasil pengunjung pun sedikit. Sekarang saya sudah mulai menerapkan karena pengunjung yang sedikit mengurangi semangat menulis.

Keempat hal di atas adalah penyebab blog saya pengunjungnya seadikit. Maka dari itu, kita perlu usaha agar view terus naik. Dan berikut 16 cara ampuh tingkatkan pengunjung blog agar pede naikkan fee job. Karena visitor yang tinggi, tentu berbanding lurus dengan upah yang kita terima.

1. Buat konten berkualitas, paling tidak panjangnya 1800 kata

Satu hal penting yang harus dilakukan dalam blogging adalah konten berkualitas. Sebagus apapun template blogmu, kalau konten tidak berkualitas, tentu pengunjung akan bosan karena kurang mendapatkan manfaat.

Konten berkualitas umumnya memiliki pembahasan yang mendalam dan detail. Contohnya seperti yang artikel di blog panduan IM, Mas Sugeng, atau blog milik niagahoster.

Mereka bertiga selalu mengutamakan konten berkualitas. Pembahasannya mendalam sehingga informasi yang kita inginkan bisa didapat pengunjung.

Apalagi untuk blog niagahoster, pembahasannya mudah sekali dimengerti padahal yang nulis beda-beda orang. Font-nya juga enak dibaca. Untuk panjang artikel sendiri, kalau menurut blog niagahoster sendiri, paling tidak 1800 kata agar banyak informasi yang disampaikan. 

Kalau saya amati, hampir semua artikel niagahoster lumayan lengkap dan berbobot. Enggak heran kalau selalu page one karena manfaatnya. 

Logikanya, artikel 1800 kata dengan 500 kata, tentu lebih lengkap yang 1800 kata dong. Apalagi jika cara penulisannya menarik disertai elemen seperti gambar atau video. Tentu lebih banyak dibaca ketimbang yang cuma 500 kata.

2. Loading web harus cepat

Google menyarankan agar loading website kita paling tidak 1-3 sudah terbuka sebuah halaman. Karena pengunjung itu tidak sabaran. Sehingga jika loading lambat, yang ada pengujung malah kabur duluan.

Agar loading web cepat, kalian bisa gunakan template SEO freindly. Saran saya sih beli yang premium saja karena dukungan fiturnya lebih banyak dan yang murah juga banyak.

Untuk mengetahui sebuah blog loadingnya cepat atau tidak, kunjungi halaman https://pagespeed.web.dev/. Disitu akan terlihat tampilan mobile dan dekstop.

Jika skornya 0-49 itu lambat. 50-89 itu sedang. Dan 90-100 itu cepat. Punyaku lambat euy. Pantesan pengunjung sedikit. Tapi pernah saya tes dulu, ada di range medium. Entah apa penyebabnya.

Test-kecepatan-loading-blog-kangamir-dot-com

Screenshoot page speed blog saya masih rendah 🙁

Untuk mempercepat loading web, kita bisa menggunakan AMP atau Accelerated Mobile Pages. Untuk platform wordpress, bisa pakai plugin. Sedangkan untuk blogspot bisa pakai template yang mendukung AMP.

Dan memang benar sih, saat saya buka blog dengan fitur AMP, loadingnya memang lebih cepat. AMP inilah yang akan membuat loading website dalam tampilan mobile dapat diakses dengan lebih cepat daripada website biasa, sehingga lebih ramah SEO.

Loading web juga berkaitan erat dengan hosting jika Anda pakai wordpress. Semakin bagus hosting, semakin ngebut loading sebuah website. Saya sendiri pakai niagahoster dan hostingnya cukup memuaskan. 

3. Buat judul yang menarik

Judul yang menarik adalah judul yang mengena, yang memberikan manfaat langsung, tidak terlalu panjang, dan memikat untuk di klik. Kalaupun panjang seperti artikel di hipwee, harus berkesan agar orang mau klik.

Saya sendiri seringkali terlalu panjang dalam menulis judul. Sehingga terlihat jadi kurang menarik karena kurang pakai strategi. Kalau menurut beberapa artikel yang saya baca, judul menarik itu tidak lebih dari 70 karakter.

Tapi jangan lupa untuk membubuhkan kata kunci dalam judul sebagai strategi SEO. Kalau saya sendiri terkadang membubuhkan unsur money (uang) untuk menarik minat pengunjung. Misal seperti 9 Cara Meningkatkan Personal Branding Guna Tingkatkan Upah Menulis.

Untuk judul yang memberikan unsur manfaat, saya pernah membuat artikel berjudul Dari Foto Bening hingga Akses Internet, Berikut 14 Strategi Maarketing Berjualan Hadapi Harbolnas di Blibli.com

Judul tersebut memang panjang, namun menambahkan elemen manfaat, sehingga menarik minat pengunjung dan memenangkan juara 1 lomba blog blibli.com.

Selain itu, judul yang bikin penasaran misal seperti Masih Ragu Jualan di Blibli.com? 3 Fitur Ini Akan Berikan 9 Keuntungan Untuk Lonjakkan Pesananmu dan artikel tersebut juga meraih juara 1 lomba blog blibli.com.

Cara membuat judul yang menarik bisa baca di artikel panduan IM milik Darmawan. Tipsnya sangat mengena dan begitu memperbaiki kesalahan saya. Setelah baca artikel tersebut, saya yakin kalian bisa membuat judul artikel yang menarik pembaca.

4. Bagikan ke media sosial atau grup komunitas blogger

Jangan pernah malas untuk membagikan artikel ke media sosial. Apalagi jika followermu banyak. Saat ini instagram sudah memiliki fitur tautan yang bisa digunakan untuk share artikel.

Saya sendiri selalu memanfaatkan fitur ini karena lumayan banget bisa mendatangkan pengunjung. Orang tuh sepertinya lebih seneng buka IG story (IGS) ketimbang buka feed. Makanya saya manfaatkan untuk berbagi artikel.

Selain di IGS, saya juga menyematkan di link bio dengan mendaftarkannya di linktree. Di sini kita bisa menaruh artikel dalam jumlah lebih banyak, sehingga memudahkan buat yang mau berkunjung.

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial! Nomor 9 Rekomen Banget

Selain IGS, kita bisa juga share di WA atau whatsapp story. Kalau kontak kita banyak, maka yang baca juga banyak pastinya.

share-artikel-di-stori-instagram-dan-whatsapp

Membagikan artikel di story instagram dan whatsapp.

Selain di story, tentu kita bisa bagikan di medsos pribadi. Seperti facebook atau twitter, atau linkedin. Saya sendiri setelah share di medsos tersebut, seketika pengunjung langsung muncul walau hanya beberapa. Kalau artikel menarik, yang lihat pun lumayan.

Nah, kalau kita punya komunitas blogger seperti grup blogger whatsapp atau pun grup di facebook, kita bisa bagikan artikel tersebut. Bila perlu minta anggota untuk klik (grup WA), maka jumlah kunjungan akan bertambah.

Para anggota biasanya dengan senang hati melakukannya karena mereka juga sering melakukannya. Nah, untuk grup tertentu di facebook, artikel saya pernah terpilih menjadi artikel terfavorit. Yang kemudian di post ulang olehnya. Alhasil kunjungan meningkat dua kali lipat.

 Share-artikel-di-media-sosial-untuk-meningkatkan-pengunjung

Ini adalah artikel yang direpost oleh komunitas blogger facebook karena dirasa cukup bermanfaat

Jadi, manfaat bergabung dengan komunitas blogger itu berasa banget. Selain meningkatkan view, juga sering bagi-bagi ilmu dan job. Blogger pemula itu harus berkomunitas supaya tak mengalami kebuntuan karena tidak tahu harus bagaimana selanjutnya?

5. Blogwalking ke blog lain

Blogwalking adalah istilah untuk jalan-jalan ke blog lain dan memberikan komentar. Komentar yang dimaksud bukan sekedar “nice info” atau “thanks for sharing” doang.

Tapi yang sesuai dan nyambung dengan isi artikel. Bila perlu berikan masukkan atau sampai terjadi diskusi.

Komentar yang berbobot selain membuat pemilik blog akan melakukan kunjungan balik, juga dapat meningkatkan personal branding blogger itu sendiri.

Manfaat personal branding untuk blogger itu sendiri tentu ada, misal untuk meningkatkan upah atau standar fee blogger.

Nah, untuk melakukan blogwalking, saat ini bisa dilakukan lewat grup blogger whatsapp seperti yang pernah saya lakukan. Sehingga selain kunjungan didapat, komentar juga didapat. Dan komentarnya pun bukan sekedar komentar ala kadarnya.

6. Pasang Internal Link

Dulu saya selalu melupakan internal link. Begitu selesai nulis langsung publish aja. Padahal manfaat internal link blog itu banyak dan akan membuat pengunjung bolak-balik berkunjung ke blog kita.

Internal link juga akan menurunkan bounce rate kita di google analytics. Bounce rate atau rasio pentalan (rasio mental) adalah istilah untuk seberapa lamanya pengunjung bertahan di blog kita sampai ia keluar.

Untuk blog saya sendiri berada di angka 82%. Hmmm… skor tersebut bagus atau gimana ya? Namun menurut info yang saya baca, skor kurang dari 70% itu wajar, sedangkan 30-50% itu excellent.

Dengan memasang internal link dalam sebuah artikel, maka pengunjung bisa betah berlama-lama di blog kita. Alhasil kunjungan pun bertambah. Untuk penggunaanya bisa ditaruh langsung dalam anchor text, atau bisa dengan opsi “baca juga,” atau “artikel terkait lainnya”.

Kalau kalian baca blognya panduanim.com atau  blog niagahoster, ada banyak internal link yang isinya bermanfaat. Tentu bikin pengunjung mampir ke artikel lain. Sehingga pengunjung pun meningkat.

FYI : selalu pasang internal link ke tab baru (open in new tab) agar artikel yang sedang dibaca tidak tertutup. Sehingga artikel lebih banyak dikunjungi. 

7. Update artikel lama

Saat ini saya punya tugas memperbaiki banyak artikel blogku yang berantakan karena kesalahan di masa lalu. Banyak artikel dengan penulisan yang tidak menerapkan kaidah SEO atau EYD (ejaan yang disempurnakan).

Misal karena banyak halaman landing dan sedang saya ubah ke reguler, tidak ada internal link, pemasangan gambar header tidak pada tempatnya, judul alay dan kepanjangan bahkan typo, tidak menempatkan kata kunci pada judul, animasi yang memusingkan, dan sebagainya.

Semuanya sedang saya perbaiki agar lebih ramah SEO dan ramah mata. Kalimat-kalimat yang sekiranya kurang menarik juga saya perbaiki agar lebih nyaman dibaca. Dan setelah diperbaiki, ternyata ada peningkatan kunjungan, padahal baru beberapa minggu. 

8. Template yang seo friendly

Saya pikir, pengunjung lebih senang dengan tampilan blog yang biasa saja, yang ramah di mata karena tidak mencolok warnanya, yang penting artikelnya menarik. Iya enggak?

Namun selain itu, elemen lain juga penting agar pengunjung blog meningkat. Seperti font yang enak dibaca, adanya tombol share whatsapp karena sekarang hampir semua orang pakai whatsapp. Kemudian opsi related post atau artikel serupa di bawah artikel, dan sebagainya.

Template seo friendly juga mudah dibuka di smartphone dengan tampilan yang pas. Warna background-nya juga ramah di mata, umumnya putih sih. Adanya tombol search juga penting saat pengunjung ingin mencari artikel lain di blog tersebut.

Contoh template seo freindly. Link magz milik Mas Sugeng. Dan tag div dari envatomarket. Geser gambar. 

Ada banyak template seo friendly yang dijual di internet. Saran saya pakai yang premium saja, bukan yang gratisan, karena fiturnya lebih bermanfaat dan harganya juga lumayan terjangkau. Dan pastinya lebih aman.

Kalian juga bisa pakai template model news atau magazine karena memberikan banyak petak untuk peletakkan artikel. Sehingga judul artikel terlihat lebih banyak saat terbuka. Dengan begitu potensi view jadi lebih besar.

Salah satu tema rekomendasi saya yaitu dari Mas Sugeng. Untuk versi news, kalian bisa pilih template tag div envatomarket seperti gambar di atas.

9. Blog niche khusus lebih menarik minat pengunjung

Kalau kamu mau bikin blog tapi kepengin lebih cepat dapat job, baiknya blog gado-gado saja yang membahas banyak tema.

Karena banyak teman blogger yang malah sering nolak job karena blognya satu niche. Bahkan ada beberapa yang malah pindah ke blog gado-gado karena jobnya lebih banyak.

Tapi pastinya tidak bisa dipungkiri, kalau blog dengan tema khusus lebih menarik karena banyak tema serupa yang bikin pengunjung penasaran. Kalau kita berkunjung ke blog panduan IM dot com, isinya hanya tentang tips blogging saja.

niche-blog-spesifik

Ilustrasi : pixabay.com

Tidak ada artikel properti, otomotif, apalagi kuliner. Makannya, pengunjungnya pun membludak karena konsisten dengan satu tema. Walaupun jarang update. Saya sendiri pun senang berkunjung ke blognya karena artikelnya memang bermanfaat sekali buat saya yang sedang belajar SEO.

Kemudian didalam artikelnya juga terdapat internal link yang berisi artikel serupa, yang bermanfaat dan memang saya butuhkan. Dan pasti saya klik.

Saya yakin jika kalian pun suka berkunjung ke blog yang membahas tema khusus. Iya kan? Misal Anda seorang blogger yang sedang belajar SEO.

Tentu akan tertarik dengan blog yang membahas SEO dan akan bolak-balik berkunjung kayak blog panduan IM atau blog Mas Sugeng. Iya enggak?

Kalaupun ada artikel lain yang sama bagusnya tapi blognya random alias gado-gado, pastinya lebih suka blog yang konsisten. Blog dengan niche khusus menandakan kalau empunya seorang yang expert.

Ada yang bilang kalau blog niche khusus cocok sekali untuk adsense. Sedangkan blog gado-gado cocok untuk job atau guest post. Bener gak sih?

10. Panjang paragraf maksimal 3 baris

Kalau kalian berkunjung ke blog panduan IM, paragrafnya hanya berisi maksimal 3 baris. Bahkan kebanyakan satu baris, itu pun tidak pol sampai kanan.

Blog niagahoster, vatih, mas sugeng, pun demikian. Itu karena membaca di layar bikin pusing bro. Makanya paragraf pendek akan mempermudah pembaca memahami isi artikel.

Kalau kalian pernah pakai plugin wordpress yoast seo, di situ kalau enggak salah juga direkomendasikan maksimal 3 paragraf. Blog saya pun saat ini mulai menerapkan cara tersebut.

Kadang ada artikel yang dalam satu paragraf isinya hingga 10 baris. Tentu memusingkan, apalagi jika font-nya kecil.

11. Riset kata kunci dan perhatikan search intent

Sebelum menulis artikel, riset kata kunci penting dilakukan agar dapat memenangkan persaingan. Kita bisa melakukannya di ubbersuggest atau tools SEO lainnya seperti keywordtool.io, ahrefs, google keyword planner, google trend, dsb.

Dengan riset kata kunci, kita bisa menemukan kata kunci terbaik yang akan dipertarungkan di page one google. Biasanya saya pakai ubbersuggest karena paling mudah.

Saran saya pakailah kata kunci yang pencariannya banyak dalam sebulan, namun sedikit pesaingnya. Dengan begitu potensi artikel akan muncul di page one lebih besar.

 riset-kata-kunci-dengan-ubbersuggest

Screenshoot riset kata kunci dengan ubbersuggest. Usahakan agar search volume tinggi, paling tidak 1000 perbulan, namun seo difficulty rendah. 30 sudah termasuk rendah. 

Namun sayangnya ubbersuggest ini hanya bisa dipakai 3 kali sehari. Dan itu pun kalau kita coba esok harinya, belum tentu bisa karena sepertinya perhitungannya 24 jam. Jika ingin menggunakan versi lebih, bisa langganan premiumnya.

Kemudian kita juga perlu melakukan search intent. Search intent yaitu alasan atau tujuan mengapa orang melakukan browsing atau pencarian di internet.

Jika kita mengetikkan kata kunci “cara berbisnis ikan lele” di google maka akan muncul berbagai macam kata kunci dan pembahasan yang beragam.

Kemudian di bawah halamannya juga terdapat berbagai macam rekomendasi kata kunci yang sering dipakai orang. Nah, dari hasil tersebut, kita bisa rangkum apa saja sih yang sebenarnya dicari pengunjung?

 search-intent-untuk-mendukung-SEO

Contoh search intent

Selanjutnya kita catat kata kunci utama atau kata kunci rekomendasi,  hal-hal yang dibahas di artikel yang muncul, lalu buat artikel serupa yang lebih menarik dan kombinasikan dengan riset keyword hingga jadilah artikel yang menarik. Nah, itu yang saya lakukan sekarang.

Kalau dalam lomba blog, ini seperti kita sedang baca artikel kontestan, kemudian kita bisa buat yang lebih bagus lagi.

Oiya, kalau hasil pencariannya banyak, berarti yang mencari banyak dan kalian bisa buat artikelnya. Kalau hasilnya sedikit, kalian bisa cari yang lain.

12. Terapkan SEO on page dan off page

SEO on page adalah optimasi dari dalam artikel itu sendiri. Misalnya dengan memasang keyword pada judul, pada permalink (link URL artikel), dan gambar. Untuk gambar, usahakan sizenya tidak lebih dari 100kb agar lebih cepat terbuka saat diload.

Untuk permalink atau URL artikel, misal artikel Anda tentang cara membuat seblak ceker pedas. Maka UR-nya seperti ini www.namablog.com/cara-membuat-seblak-ceker-pedas dan usahakan jangan terlalu panjang biar lebih efektif.

Untuk penempatan keyword pada gambar, gunakan strip. Contoh, semisal gambar kucing oren lucu. Maka penulisannya kucing-oren-lucu. Kata teman-teman sih gitu. Dan saya juga melakukannya hingga sekarang.

Kemudian jika gambar terlampau besar, bisa kompres menggunakan compresspng atau ubah dari PNG ke JPG atau sebaliknya. Di internet ada banyak website compress gambar gratis.

Berikutnya jangan lupa pasang keyword pada judul artikel karena ini salah satu faktor utama mengapa sebuah artikel nangkring di halaman awal pencarian.

Nah, kalau kalian pakai plugin yoast seo, kalian bisa memasang kata kunci frasa pada kolom yang disediakan. Kalian juga bisa ubah permalink atau permanen link dengan bebas walaupun artikel sudah dipublish. Kemudian memasang meta deskrispi.

 fitur-yoast-seo

Fitur yoast SEO di blog wordpress. Blogspot jangan iri ya ^^

Meta deskripsi adalah deskrispi singkat di bawah judul yang terlihat saat muncul di pencarian, atau saat dibagikan di media sosial. Pasang keyword di meta deskripsi ini untuk mendukung persaingan kata kunci.

Jika di blogspot, meta deskrispi diambil dari kalimat pembuka artikel. Makannya, platform wordpress memang powerfull banget. Apalagi kalau kita udah pasang yoast seo premium atau jetpack premium, hmmmmm….. mau coba?

Untuk seo off page sendiri yaitu optimasi di luar artikel. Seperti share ke media sosial, pasang backlink berkualitas, personal branding, atau bahkan membuat kaos yang belakangnya ditulis nama blog kita.

Saya sudah pernah melakukannya, tapi illfeel dan agak malu pakainya.  Dan gak dipakai lagi. Dulu pernah pakai, pas naik motor boncengan, aku di belakang, eh ada orang ngetawain, cewek-cewek, kalian pernah?

kaos-blogger

Kaos blogger bertuliskan nama blog. Sudah pernah bikin?

13. Buat email marketing

Sejak lama sekali saya mengenal email marketing. Sejak tenarnya blog Joko Susilo dengan pengunjung yang luar biasa banyak.

Kalau kalian pernah lihat atau mengisikan form email pada sebuah blog dan kemudian mendapatkan update terbarunya di email, itulah email marketing.

email-marketing-untuk-menjaring-prospek-menjadi-target-market

Contoh email marketing untuk menjaring prospek menjadi target market. Gambar : divi elegantthemes.

Email ini berguna untuk menangkap prospek atau pengunjung potensial. Sehingga mereka tidak hanya berkunjung dan pergi begitu saja, tapi akan mendapatkan update terbarunya. Konsepnya mirip subscribers youtube.

Kalian bisa menirunya lewat email marketing ini. Banyak layanan email marketing seperti mailchimp, get response, dan sebagainya.

14. Pasang backlink berkualitas dari luar yang, bisa dengan guest post atau beli di situs marketplace backlink

Performa suatu blog juga didukung oleh backlink dari luar. Semakin banyak backlink yang masuk ke suatu blog, maka semakin bagus rating blog di mata google.

Sehingga potensi muncul di hasil pencarian lebih besar karena banyak mendapat rekomendasi dari website lain.

Namun dengan catatan backlink tersebut haruslah berkualitas. Bukan backlink buruk yang berasal dari website spam.

Backlink-mendukung-SEO

Seperti yang pernah saya alami kemarin, saya mendapatkan banyak backlink buruk dari website spam dengan skor spam hingga 96%, akibatnya performa blog saya turun karena spam score saya naik drastis.

Tapi kemudian saya berhasil menurunkan spam score dari 56% jadi 3% dengan disavow. Backlink berkualitas adalah backlink dari website yang relevan dengan blog kita, dan kalau bisa dengan DA (Domain Authority) tinggi.

Misal website kita tentang otomotif, kemudian kita dapat backlink dari website otomotif juga dengan DA 90. Maka performa blog kita akan naik.

Cara mendapatkan backlink gampang-gampang susah. Bisa dengan guest post atau titip artikel ke blog lain. Atau sekarang juga banyak situs marketplace backlink seperti vira, sosiago, rajabacklink, dll.

Kemudian kita bisa menulis di platform UGC atau User Generated Content. Seperti kompasiana, medium, viva, dsb.

Beberapa teman ada yang melakukannya karena platform tersebut memiliki DA yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa blog kita.

15. Tambahkan video youtube

Kalau kalian sempat, membuat video youtube untuk melengkapi artikel blog, dapat meningkatkan hasil pencarian. Kalau saya lihat artikel blog niagahoster, hampir selalu muncul di urutan pertama pencarian dan paling atas.

Dan setelah saya amati, selain kontennya cukup menarik dan berbobot, banyak artikelnya menyertakan video youtube. Tidak heran jika selalu masuk page one.

Lagian dengan membuat youtube, kalian juga bisa mendapatkan adsense atau jualan, atau affiliasi. Kemudian di deskripsi video juga bisa ditambahkan link artikel, sehingga pengunjung pun dapat bertambah.

Sekiranya itulah 15 cara dari sekian banyak cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa kalian coba. Lakukan yang termudah dulu, misal membuat artikel berkualitas, membagikannya di media sosial, atau gabung komunitas blogger.

Kemudian bisa diikuti dengan tekhnik membuat judul meningkat, dan tips SEO lanjutan.

Sebenarnya ada banyak sekali caranya. Intinya teruslah update cara terbaru, termasuk memantau google analitik atau google console, karena di situ kita bisa tahu sebagus apa performa blog kita?

Karena semakin tinggi view blog kita, kita bisa lebih percaya diri naikkan standar fee. Iya enggak? Enggak mau dong, udah ngeblog lamaaaaa banget, tapi “kunjungan gitu-gitu aja”, tahu kan maksud saya? 

Semoga tips ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan biar yang lain tahu