Memulai bisnis pengiriman barang di pedesaan dapat menjadi peluang yang menguntungkan. Pasalnya karena saat ini trend belanja online sudah semakin marak dan terus meningkat tiap tahunnya. Tak terkecuali di pedesaan sekalipun. 

Ditambah jumlah website dagang atau e-commerce yang semakin banyak, membuat jasa kirim barang ini semakin dibutuhkan.

Dan pastinya ada banyak juga seller online di desa yang juga jualan online. Misalnya seperti teman sekaligus tetangga saya yang jualan makanan, hampir setiap hari ke ekspedisi untuk kirim barang. Ya, kami tinggal di desa dan cukup menikmati perkembangan teknologi.

Dan saat artikel ini ditulis, saya pun akan membuat paketan karena saya juga jualan online. Saat musimnya tiba, akan ada banyak pesanan tiap harinya dan setiap hari saya pergi ke ekspedisi untuk kirim barang.

Buat kalian yang berencana membuka usaha atau bisnis pengiriman kirim barang, berikut adalah 10+ langkah yang dapat Anda ambil untuk memulai bisnis pengiriman barang di pedesaan:

1. Lakukan Riset Pasar Lokal

Kalau di desamu ada banyak seller online, maka bisnis pengiriman barang ini cocok ditekuni karena peluangnya besar. Bahkan tak akan pernah mati karena belanja online memang sangat membantu mencari barang yang kadang tidak ada di sekitar kita, tapi di online ada.

Dan saya yakin sih kalau sekarang ini trend jual beli online ini akan terus meningkat dan tak ada matinya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak seller online yang tinggal di pedesaan.

2. Siapkan modal

Dalam bisnis apapun tentu dibutuhkan modal, termasuk jasa pengirimanan barang. Modal yang diperlukan misalnya seperti kendaraan untuk mengirim barang, sewa ruko, mobil box, truk, sepeda motor, dan sebagainya. Mungkin ini berkisar antara 100 jutaan dan ini bukan angka yang kecil.

Terkait hal ini, lakukan semua dengan cermat untuk menghindari kerugian yang mungkin timbul. Saat akan membeli mobil atau kendaraan untuk pengiriman misalnya, pastikan ditemani orang yang paham mesin agar kendaraan yang dipilih masih bagus atau layak pakai.

3. Buat surat izin usaha

Jika kamu telah mantap dengan bisnismu, kamu bisa membuat surat izin usaha atau SIUP agar bisnismu bisa beroperasi.

Dengan surat izin usaha, bisnis akan dianggap legal dan sah oleh pemerintah dan terhindar dari resiko dendan atau penutupan paksa.

SIUP ini juga menjadi bukti pada pelanggan dan juga mitra bisnis bahwa sebuah bisnis terbukti sah dan legal karena sudah melewati proses verifikasi oleh pemerintah.

Manfaat surat izin usaha lainnya misal sebagai bentuk perlindungan konsumen agar sebuah bisnis tidak menjual produk yang tidak memenuhi standar akan kualitas.

Kemudian menjaga persaingan tetap sehat dengan usaha lain, menghindari pencemaran lingkungan, dan sebagai bentuk kepatuhan terhadap pemerintah.

Jenis usaha ini berbeda-beda, seperti SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Dan kalau bisnis keuangan maka ada izin usaha dari OJK atau otoritas jasa keuangan.

4. Siapkan modal

Dalam bisnis apapun tentu dibutuhkan modal, termasuk jasa pengirimanan barang. Modal yang diperlukan misalnya seperti kendaraan untuk mengirim barang, sewa ruko, mobil box, truk, sepeda motor, dan sebagainya. Mungkin ini berkisar antara 100 jutaan dan ini bukan angka yang kecil.

Maka dari itu, lakukan semua dengan cermat agar bisnis bisa untung. Saat akan membeli mobil atau kendaraan untuk pengiriman, pastikan ditemani orang yang paham mesin agar kendaraan yang dipilih masih bagus atau layak pakai.

5. Rekrut karyawan

Dalam bisnis pengiriman, tentu kita tak bisa melakukannya sendirian. Maka merekrut karyawan perlu dilakukan untuk melaksaksanan tugas masing-masing.

Misal kurir yang bertugas mengantar paket, kasir untuk melayani pelanggan yang akan kirim barang di konter, ataupun supir truk dengan membuka lowongan sopir truk untuk pengiriman antar kota atau antar propinsi.

Pastikan gaji mereka sesuai dengan profit bisnis yang didapat agar bisnis berjalan lancar.

6. Tentukan Layanan yang di tawarkan

Tentukan jenis layanan pengiriman barang yang ingin Anda tawarkan, apakah itu reguler, hemat, atau super cepat.

Bisa juga yang satu hari sampai atau satu malam sampai. Biasanya kalau yang pembelinya masih satu daerah, durasi pengiriman cuma satu harian, atau bahkan hitungan jam.

Untuk pengiriman lokal, bisa juga kolaborasi dengan ojek online yang bisa kirim dalam hitungan jam.

 

7. Lokasi yang strategis agar banyak dilihat orang

Bisnis pengiriman ini harusnya banyak terlihat di pinggir jalan agar banyak orang lihat untuk menarik pelanggan. Kalau lokasinya di gang sempit yang sepi, tentu orang gak banyak yang mengetahuinya.

8. Tarif yang bersaing

Saat ini tarif jasa kirim barang cukup bervariatif untuk berbagai ekspedisi. Ada yang bedanya cukup besar, ada juga yang paling beda seribu saja.

Menentukkan tarif yang kompetitif namun masih dapat untung walaupun belum besar, tentu tak masalah karena masih pemula. Barulah kalau sudah cukup berpengalaman, tarif bisa disesuaikan lagi.

9. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Gunakan berbagai saluran pemasaran, seperti media sosial, situs web, iklan online, atau google maps karena kadang orang searching lewat google.

Identifikasi cara-cara pemasaran yang paling efektif untuk menjangkau target pasar Anda dan tingkatkan kesadaran merek Anda.

Kalau tinggal di pedesaan, bisa pasang banner di perempatan jalan atau setiap sudut jalan. Atau bisa juga masuk ke grup desa agar banyak orang tahu keberadaannya.

10. Bergabung dengan mitra yang sudah mandiri

Bisnis ekspedisi akan lebih mudah jika kita menjadi mitra jasa kirim barang yang sudah duluan populer. Sehingga kita tak perlu repot mengenalkan brand baru karena brand mitra tersebut sudah cukup terkenal dan banyak digunakan masyarakat.

11. Memperhatikan layanan barang yang sedang dikirim

Kadang saat menerima paketan, barangnya lecet atau bahkan rusak. Atau kadang sampainya melebihi durasi waktu yang ditentukan. Terkait hal ini perlu diperhatikan agar konsumen puas dan mau menggunakan jasa kita lagi.

12. Berikan pelayanan terbaik

Dalam segala bisnis, pelayanan terbaik adalah prioritas. Dengan begitu pelanggan akan puas dan kembali lagi menggunakan jasanya.

Pelayanan terbaik ini bisa seperti pengirimana tepat waktu, paket dalam keadaan baik saat tiba, layanan pelanggan yang menjawab keluhan, kantor yang bersih, dsb.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas dan membangun bisnis Anda dengan hati-hati, Anda dapat memanfaatkan peluang yang tercipta oleh tren belanja online yang berkembang di pedesaan.

Selamat berbisnis.

Bagikan biar yang lain tahu