Bagi blogger pemula yang baru bikin blog, mungkin ada yang bingung, gimana sih cara dapat penghasilan dari blog? Nah, pada kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman saya mendapatkan penghasilan dari blog, yaitu melalui situs jual beli backlink atau marketplace backlink.

Pada situs sini, advertiser atau pengiklan akan mencari publisher (blogger) untuk menanam backlink mereka. Sedangkan blogger yang bertindak sebagai publisher akan mendaftarkan blog mereka di situs tersebut. Di situlah terjadi transaksi jual beli backlink antara advertiser dan publisher. 

Baca Juga : 6 Alasan Yang Memaksaku Jadi Full Time Blogger! Berat Gak Sih?

Bagi kalian yang memang hobi nulis nih sob, marketplace backlink akan membayarmu. Maka dari itu, setelah selesai bikin blog dan mendaftarakan ke domain pribadi atau TLD (Top Level Domain), segera deh posting banyak-banyak artikel organik.

Note : advertiser lebih suka blog dengan domain pribadi (.com, .id, .my.id, .co.id) dan sebagainya, ketimbang blog gratisan dengan ekstensi .blogspot.com atau .wordpress.com.

Lanjut…

Artikel organik itu artikel yang bukan sponsor ya, dan tidak mengandung iklan. Contohnya kayak pengalaman pribadi, cerita berwisata, cara melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman pribadi, dsb. Dan umumnya blog dengan banyak artikel organic lebih disukai pembaca, termasuk advertiser, ketimbang blog dengan banyak artikel yang banyak iklan.

Kalau kamu sering posting artikel organik yang menarik, saya yakin dalam beberapa bulan, popularitas blogmu akan terus naik. Setelah itu bisa mendaftarkannya ke marketplace backlink ini. Dan mungkin saja, advertiser enggan memilih blog yang memang masih baru banget, atau blog yang banyak iklannya. Soalnya ini pengalaman pribadi sih, saat lagi banyak nulis organik, tawaran kerjasam datang. Saat blog banyak iklannya, pengiklan jadi kayak jarang gitu.

Baca Juga : Ditanya Calon Mertua Apa Kerjaanmu ? Berikut 23 Hal Enak dan Gak Enaknya Jadi Freelancer

Oiya, jangan copy paste artikel ya dari blog lain. Karena khawatirnya blogmu enggak kepilih jika terindikasi tindak kecurangan, atau bahkan diblacklist jika sampai ketahuan. Dan paling tidak sudah ada 30 artikel atau DA 15 sudah cukup. Tunjukkan juga kalau blogmu rutin update.

Atau kalau soal umur blog, umur 4 bulan mungkin cukup untuk membuat advertiser memilih blogmu. Oke langsung saja ini dia sob 5 marketplace backlink yang menggajiku selama beberapa tahun ngeblog.

1. Vira.id

Nah, vira.id ini adalah marketplace backlink yang paling sering kasih saya kerjaan nih sob. Sering banget malah. Bahkan banyak rekan-rekan saya yang bergabung di vira juga berhasil payout. Nilai job di vira memang gak banyak, paling cuma 100 ribuan sih. Kadang ada juga yang sampe 150 ribuan gitu. Pernah juga dapat 200 ribuan. Eh tapi agak lupa sih, kayaknya pernah.

Tampilan Dashboard marketplace backlink Vira.id

Sebelum nulis ini saya juga barusan payout. Minimal penarikan yaitu 300 ribu dan cairnya sekitar 14 harian. Tapi kemarin saya gak sampai 14 hari udah cair aja. Di vira ini hampir setiap hari ada list job yang bisa kalian pilih sob. Kategorinya juga banyak banget. Ada parenting, otomotif, kesehatan, finance, tekhnologi, dsb.

Cara melakukan penawaran juga mudah banget sob. Nanti di sana akan ada tombol “BID” dan kalian bisa klik untuk melakukan penawaran. Setelah itu bisa pilih kata kunci atau URL terkait kategori yang akan dibahas dan klik submit. Kalau advertiser tertarik dengan blogmu, maka kamu akan mendapat notifikasi lewat email. Segera lakukan pengerjaan seusai brief dan durasi yang diberikan. Dan ini artikel terakhir saya di vira.id 

2. Sosiago

Saya kenal sosiago.id udah cukup lama sebelum kenal vira, dan sudah beberapa kali payout. Saya jarang nge-BID di sosiago karena kebanyakan rate-nya dibawah 100 ribuan. Mungkin karena adversiter sedang ambil banyak publisher, jadinya ratenya lebih kecil. Kalau kebanyakan sih rate 82 ribuan. Buat yang baru bikin blog, boleh banget tuh dicoba, lumayan.

Tapi sering juga sih muncul BID dengan rate 100 ribuan lebih. Bahkan terakhir saya dapat yang 200k (kurang seribu). Sampai saat ini saya udah beberapa kali payout. Namun masih lebih sering di vira karena hampir setiap hari ada tawaran job di sana.

Tampilan dashboard marketplace backlink sosiago.id

Kelebihan dari sosiago adalah karena disini sering diadakan kontes menulis, baik kontes blog atau kontes seo. Kemudian di sini juga ada rangking buat para influencer. Akan ada reward tersendiri untuk member dengan peringkat tertinggi. Kalau gak salah sih hadiahnya Nintendo switch atau smartphone gitu.

Untuk system payoutnya sendiri, dia akan mencairkannya di hari kamis minggu ke dua setiap bulannya dan sepengelaman saya tidak ada minimum payout sih. Di sosiago yang sebelumnya bernama iBlogmarket, kalian bisa daftar lebih dari satu blog juga lho sob. Channelnya juga bukan hanya blog saja untuk cari cuan, tapi ada IG, twitter, dan juga youtube. Artikel terakhir di sosiago saya berjudul Review LingoAce Indonesia: Kursus Mandarin untuk Anak.

3. Rajabacklink

Rajabacklink adalah marketplace backlink yang berlokasi di Cirebon Jawa Barat. Saya kenal rajabacklink ini beberapa tahun yang lalu dan berhasil payout beberapa kali. Di rajabacklink ini kita bisa mendaftarkan blog kita agar dapat dilihat para advertiser. Hal berkesan dari rajabacklink bagi saya adalah karena navigasi dashboardnya yang sangat mudah dipahami.

Di sini para blogger bisa pilih berbagai macam kategori. Seperti tekhnolgi, kesehatan, pendidikan, fashion, gadget, dl. Kemudian cantumkan juga DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog, karena di jalur blogger review, DA PA ini cukup berpengaruh untuk menjaring pengiklan.

Tampilan dashboard marketplace backlink rajabacklink

Skor DA minimal 15 sudah cukup lumayan untuk membuat advertiser tertarik dengan blog kita. Cantumkan juga berapa rate blogmu. Misal 200k atau 300k. Kalau blogmu bagus, saran saya sih jangan segan untuk taruh rate yang menurutmu layak. Tapi jangan terlalu tinggi, tapi jangan terlalu rendah juga.

Kalau terlalu tinggi, kebanyakan mereka pada kabur atau paling cuma tanya doang habis itu sepi. Itu pengalaman saya sih, tapi di luar situs marketplace. Kalau terlalu rendah, pikirkan juga usaha yang sudah kita lakukan sob. Apalagi kalau blogmu cukup bagus dan bayar hosting pertahunnya.

Di rajabacklink ini, nanti akan ada potongan 30% untuk biaya marketing. Agak lumayan sih potongannya. Misal rate kalian 300 ribu, maka akan kena potongan 90 ribu. Hmmm lumayan ya. Namun misal kalian ingin mengubah rate blog, ada juga fitur premiumnya. Saya pernah pakai yang harga 10 ribu/bln untuk mengganti rate. Setelah diganti dengan rate yang layak menurutku, ternyata ada juga advertiser yang mau beriklan di blogku. Tak kira enggak. Untuk minimal payout sendiri yaitu setelah ada saldo 300k.

4. MediaBacklink

Mediabacklink juga hampir sama dengan rajabacklink, karena dashboardnya kalau saya lihat juga hampir sama. Sepertinya memang partnernya atau anak perusahaanya. Yang membedakan, jika di rajabacklink dipotong 30%, maka di mediabacklink ada biaya marketing 20%.

marketplace-backlink-mediabacklink

Tampilan dashboard marketplace backlink mediabacklink

Saya sudah mendaftar dan beberapa bulan setelahnya dapat tawaran job juga. Tapi cuma sekali dan beberapa teman juga baru dapat sekali. Ini artikelnya. Mungkin ini masih tahap pengembangan, jadi progressnya belum terlalu jauh.

5. Hiip

Hiip adalah platfor influencer yang menghubungkan antara pengiklan dan advertiser. Bagi kamu seorang blogger, kamu bisa mendaftarkannya untuk mendapatkan penghasilan. Di sini ada lebih dari 10.000 infuencer yang telah bergabung. Biasanya saya mendapatkan tawaran job nulis dari hiip via email yang kemudian diarahkan ke halaman form untuk pendaftaran. Jika blogmu dirasa cocok, maka hiip akan menghubungimu. Daftarkan dirimu menjadi platform influencer 4 negara ini di https://hiip.asia.

Tampilan halaman home situs influencer hiip 

Sebenarnya ada banyak situs marketplace backlink lain yang bisa kasih pendapatan bagi para blogger. Kalau yang pernah saya bahas yaitu digimart. Namun kurang popular dan saya pun belum pernah mendapatkan tawaran pekerjaan di sana. Lalu ada projects.id, sociabuzz, dll. Kalau dari sociabuzz dulu saya pernah dapat bantal dan receh juga. Tapi sekarang saya sudah enggak aktif lagi di sana.

Kalau yang lain luar negeri ada fiver yang ratenya sangat lumayan. Apalagi kalau kalian bisa bahasa Inggris. Saya sendiri pun berencana untuk beralih ke ranah internasional karena cuannya lebih gede. Itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.