Sekitar 3 bulan yang lalu saya terkejut saat cek domain authority blog di websiteseochecker.com, tiba-tiba spam score yang beberapa hari sebelumnya masih 2%, naik drastis jadi 56%.

Saya pun agak khawatir jika brand enggan bekerjasama dengan blog saya karena hal tersebut. Artinya, pemasukkan bisa berkurang. Tapi ternyata tidak juga sih karena nyatanya ada saja yang nawarin kerjasama.

Bahkan setelahnya saya masih brand luar negeri yang membayar satu artikel dengan $100 di blog saya. 2x pula. Ini artikelnya

Karena spam score ini, sehari sebelumnya ada rekan blogger yang meminta saya untuk menghapus link blognya di kolom komentar pada salah satu artikel saya. Saat itu saya belum tahu kalau spam score di blog saya cukup tinggi.

Saya pun agak heran, ko tiba-tiba ada yang meminta saya menghapus link blognya di blog saya. Tapi blogger yang yang jeli memang harus gini sih.

Blogger yang jeli, biasanya mereka memasang plugin moz bar di browser chromenya agar bisa langsung terlihat parameter sebuah blog, apakah baik performanya atau tidak? Begini tampilan jika kita pasang moz bar di chrome.

moz-bar

Penampakan moz bar. Kalian bisa lihat parameter di dibawah setiap hasil pencarian.

Untuk mendapatkannya, kalian bisa mendaftar di moz.com. Lalup pada pilihan Free Seo Tools, pilih Moz Bar.

By the way, cara paling ampuh untuk menurunkan spam score tidak lain adalah meminta pemilik website untuk mencopot backlink kita di websitenya. Seperti yang dilakukan teman tadi. Namun bagaimana jika ada yang sengaja melakukannya, tentu disavow adalah cara terbaik.

Baca Juga : Review Mediabacklink, Penyedia Backlink Berkualitas Sekaligus Tempat Blogger Cari Job Nulis

Nah, setelah mengetahui blog saya kena spam, saya pun coba cek lagi lewat moz.com untuk mencari sumber backlink spam datangnya darimana? Dan ternyata banyak sekali website spam yang menaruh link blog saya di websitenya.

cara-menurunkan-spam-score-di-blog

Bisa kalian lihat nilai spam score yang mengarah ke blog saya. Itu masih banyak sampai ke bawah. 

Website tersebut memiliki spam score sangat tinggi hampir 100%. Dan bukan hanya satu website, tapi banyak sampai mungkin ada 50 lebih.

Begitu alamat blog kita ditaruh di website spam, dengan cepat blog kita juga ikutan naik spam scorenya dan tentunya cukup beresiko untuk blog kita. Beberapa efek negatif jika blog kita memiliki spam score tinggi yaitu:

1. Trafic blog menurun

Setelah blog saya kena spam, saya lihat jumlah kunjungan terus menurun. Dari yang biasanya bisa 400 perhari visitor unik (maklum blog kecil), turun hingga setengahnya. Visitor yang turun tentu saja mengurangi minat pemberi kerja. Aliasnya berpengaruh pada penghasilan.

2. Menurunkan peringkat di mesin pencari

Jika suatu artikel blog mengalami penurunan hasil pencarian di google misalnya, spam score bisa jadi penyebabnya. Misal yang tadinya ada di halaman pertama, mundur di halaman 2,3,4 dst.

Artikel saya sendiri yang berjudul cara menang giveway saat ini baru ada dihalaman 2 pencarian. Belum pernah sampai ke halaman pertama. Mungkin karena spam score yang tinggi membuatnya enggan naik di halaman 1.

3. Kena hukum google

Ini yang saya khawatirkan. Jika blog saya terus dengan spam score tinggi, khawatirnya kena penalti dan malah artike tidak terindex google. Jika sudah begitu, nulis jadi kerasa sia-saia karena jarang atau bahkan gak ada yang baca. Dan bisa jadi mungkin masih ada efek negatif lainnya dari spam score ini.

Nah, selain itu, blog dengan spam score tinggi, nilai domain authority atau DA juga bisa turun lho. DA adalah indikator moz tentang sebarapa bagus performa blog kita di google. Semakin tinggi DA, maka semakin baik, dan juga sebaliknya. Juga, semakin tinggi DA, semakin banyak yang mau bekerjasama dengan blog kita.

By the way, spam score itu apa sih?

Spam score adalah indikator sebuah blog dianggap spam oleh google. Semakin tinggi skornya (dari 1%-100%) maka kualitas sebuah blog akan menurun. Untuk pengkategoriannya sendiri dibedakan menjadi :

Zona hijau : 1-10%, 11-20%, 21-30%
Zona oranye : 31-40%, 41 , 51-60%
Zona merah : 61-70%, 71-80%, 81-90%, 91-100%

Spam score itu ibarat kita berteman dengan orang yang perilakunya buruk. Semakin buruk perilaku orang tersebut, semakin kita tertular dengan sifat buruknya. Sehingga dengan keburukan tersebut, orang-orang enggan untuk mendekat.

Maka dari itu, jika blog kita ditaruh backlink spam tinggi, blog kita juga akan tertular.

Untuk menerima job blogger sendiri, sepengalaman saya sih maksimal nilai spam score 11%. Namun kemarin saat spam score blog ini di angkat 56%, Alhamdulillah masih ada yang mau menerima job blogger saya. 

Baca Juga : Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

Kemudian, bagaimana sih cara menurunkan spam score blogku yang 56% itu?

Oke, di sini saya ada dua cara yang kemarin saya lakukan. Pertama yaitu dengan menolak backlink spam dengan disavow. Dan kedua yaitu menghapus broken link (link rusak atau link eror). Oke, berikut langkah-langkahnya :

1. Menurunkan spam score dengan disavow

Disavow adalah tools dari google console dimana kita bisa menolak backlink yang memberi spam ke kita. Dari namanya saja, “disavow” berarti menolak backlik.

Tapi Kang, bukannya backlink itu bagus ya?

Tidak semua backlink itu bagus. Backlink sampah seperti ini justru berbahaya bagi sebuah blog. Artikel yang sedang diikutkan kontes seo, bisa tiba-tiba terlempar dari page one jauh jika ditanami backlink sampah ini.

Nah, karena tools ini berasal dari google console, maka kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Kalian bisa kunjungi alamatnya di https://search.google.com/search-console/disavow-links

Setelah itu pilih blog yang ada ditolak backlinya. Jangan sampai salah memilih blog jika misal ada lebih satu blog, karena khawatirnya terjadi sesuatu dengan blog kita.

Perhatikan alamat blognya. Protokol http atau https – nya jangan sampai keliru. Untuk masalah ini kita memang harus jeli dan teliti sekali. Baca juga semua instruksinya. Begini tampilannya.

Cara-menurunkan-angka-spam-score-blog-dengan-disavow

Tampilan halaman untuk disavow link.

Berikutnya siapkan domain yang akan ditolak backlinknya. Simpan file tersebut dalam notepad dengan ekstensi .txt. Klik tombol “Upload daftar yang ditolak”. Lihat gambar di atas. Lakukan sampai berhasil terupload. Saya beberapa kali gagal, namun saat dicoba terus dan memperbaiki kesalahan, akhirnya berhasil. 

Cara-menurunkan-angka-spam-score-di-blog

Simpan file dengan extensi .txt di notepad. Nama file bisa seperti disavow.txt agar lebih relevan. 

2. Menurunkan spam score dengan hapus broken link eror

Cara kedua untuk menurunkan spam score yaitu dengan menghapus broken link atau link eror di blog kita. Caranya bisa menggunakan tools website seo checker di https://www.brokenlinkcheck.com dan masukkan blog Anda.

Tunggu beberapa saat sampai muncul artikel kita yang menjadi sumber broken link. Kalian bisa perbaiki link erornya sampai selesai. Kalau bisa, lakukan ini paling tidak sebulan sekali agar blog kalian bersih dari broken link.

Cara-menurunkan-angka-spam-score-dengan-hapus-broken-link

Broken link juga menjadi salah satu penyebab spam score naik. 

Da setelah blog dibersihkan dengan cara-cara di atas, alhamdulillah turun walaupun baru di angka 3%. Semoga nanti bisa sampai 1% bahkan 0. Ini penampakannya. 

Cara-menurunkan-spam-score-blog

Selain cara di atas, teman yang tadi meminta saya untuk menurunkan backlinknya juga kasih saran bahwa untuk menurunkan spam score, juga bisa dilakukan dengan update artikel organik yang menarik. Bukan artikel sponsor yang mengandung backlink. Nantinya lama-kelamaan spam score akan turun jika kita terus melakukannya.

Oiya, agar kita selalu terhubung dengan blog berkualitas baik, kita juga bisa menggunakan moz bar yang merupakan tools bantuan dari moz.com untuk melihat performa sebuah blog. Saat tools ini dipasang, akan terlihat nilai score spam, domain authority, page authority, dsb.

Nah, itu dia pengalaman dan cara menurunkan spam score blog dari 56% jadi 3%. Cara ini cukup mudah, namun perlu kehati-hatian dan jeli karena ini opsi advance untuk blogger. Sekian.

Bagikan biar yang lain tahu