Peluang untuk cuan lebih banyak jika bergabung dengan komunitas blog. Pemula wajib coba.

Memiliki sebuah blog kemudian mendatangkan keuntungan atau penghasilan darinya, tentu adalah impian banyak blogger. Namun pastinya, masih banyak yang menderita kebingungan setelah menulis sekian lama, dan tidak tahu harus ngapain selanjutnya?

Dulu saya pun begitu saat masih ngeblog tahun 2010-2014. Karena tak ada jaringan, jadinya pusing sendiri deh.

Saya sudah menulis sekian lama dan tidak tahu apa yang selanjutnya dilakukan. Maka saya pun banyak mengikuti blog model adsense Indonesia dengan menayangkan iklan di blog kita.

Namun sudah berbulan-bulan lamanya, tapi upah yang didapat hanya beberapa ribu saja. Dan saat itu pun, saya belum tahu apa yang musti saya lakukan selanjutnya?

Baca Juga : Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar 100 Dollar, Mau Coba?

Namun beruntunglah karena setelah sekian lama ngeblog, akhirnya bisa kenal komunitas blog, sehingga tujuan ngeblog lebih terarah dan tak lagi dilanda kebingungan karena ada tempat bertanya.

Nah, buat kalian yang saat ini sedang mengembangkan blog, maka saran saya adalah bergabung dengan komunitas blog. Agar tujuan ngeblog kalian terarah dan tidak bingung harus bagaimana?

Karena pastinya ada banyak manfaat bergabung dengan komunitas blog. Oke langsung saja, apa saja manfaat gabung di komunitas blogger, ini pembahasannya.

7 Keuntungan dan Manfaat Gabung Komunitas Blogger

1. Menambah ilmu dan pengetahuan seputar blog

Inspiratif

Ilustrasi : Pixabay.com/mohamed_hassan

Keuntungan yang pertama yaitu menambah ilmu pengetahuan seputar blog. Dengan bergabung dengan komunitas blog, tujuan ngeblog akan lebih terarah. Kalian bisa bertanya dengan member lain yang sudah mastah mengenai apa saja yang musti dilakukan agar blog makin berkembang.

Buat yang belum tahu, bahwa mendapatkan penghasilan blog saat ini yang sedang populer adalah melalui content placement dan review.

Di komunitas blog, kalian bisa belajar banyak tentang dunia blogging. Seperti algoritma google, template blog, belajar SEO, cara memenangkan lomba blog, job review, cara menurunkan spam score blog, dan lain sebagainya.

Selain ilmu blog, di sini kalian juga bisa dapat banyak wawasan lain. Karena latar belakang blogger bermacam-macam. Ada yang memang fulltime blogger seperti saya ( ceritanya di sini), ibu rumah tangga, guru, dosen, karyawan, dokter, hingga doktor. Dan tentunya pengalaman mereka sendiri sangat beragam dan bisa kita jadikan inspirasi menulis.

Oiya, di masa pandemi seperti ini, aktivitas pembelajaran juga seringkali dilakukan lewat zoom untuk temu online. Tema yang dibahas juga bermacam-macam. Seperti sharing tentang SEO, personal branding, tentang lomba blog, dan lain sebagainya.

Untuk yang terakhir kemarin saya ikuti yaitu tentang lomb blog dengan narasumber Mas Ardi Handayat. Blogger asal Riau yang berhasil masuk UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang setelah apply sertifikat lomba blognya.

Kemudian jika kalian bergabung dengan grups whatssapp blogger, kalian juga akan mendapatkan ilmu blog tersendiri. Misal seperti grup blogger DCB (Diskusi Cerdas Blogger), maka akan banyak sharing tentang seo dan google adsense.

Sedangkan jika grup blogger whatsapp BWA atau Blogwalking Asik, akan banyak sharing tentang lomba blog, SEO, berbagi pengalaman pribadi, dsb. Menarik sekali sekali pokoknya.

2. Menambah jaringan pertemanan baik online dan offline

Punya komunitas blog itu mengasikkan sekali. Karena kita bisa punya banyak teman dari berbagai penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Kita bisa bertemu baik online ataupun offline.

Saat kopdar offline, saya pernah ketemu teman-teman di Jakarta saat acara BI NET Festival yang diselenggarakan di Hotel Mercure. Di sana saya bertemu dengan blogger segudang prestasi yaitu Mas Adhi Nugroho. Saya juga bertemu Mas Rusdiana, dan banyak lagi yang lainnya.

Saat di Pekalongan, saya bertemu dengan Mas Rudi, Mas Eko, Mas Faisol, Mas Khairulleon, dan banyak lagi yang lainnya. Saat di Kebumen alias di kota saya, saya bertemu dengan Mas Joe Chandra di alun-alun kota. Mengasikkan sekali pokoknya.

Selain kopdar offline, kami para blogger juga sering bertemu saat meeting zoom saat acara webinar. Yang secara tidak langsung hal itu menambah keakraban, rasa kebersamaan, dan solidaritas. Untuk diketahui nih ya, rasa kebersamaan para blogger itu kuat.

Semenjak ngeblog, saya bisa bertemu dengan banyak blogger-blogger dari berbagai penjuru nusantara.

3. Peluang mendapatkan job menulis lebih mudah

Kalau kita berkomunitas, kita lebih berpeluang mendapatkan job blogger. Baik itu content placement atau review. Iya betul, ini karena di grup komunitas seperti grup whatssapp atau grup facebook, seringkali para anggota bagi-bagi kerjaan dan member bisa join. Mereka yang terpilih akan mendapatkan job nulis.

Kalau untuk grup WA, kadang malah job yang dibagikan hanya untuk enggota saja, tidak untuk orang luar. Tentu saja ini peluang tersendiri bagi blogger yang berkomunitas.

Buat yang masih awam dan pemula, mereka akan terbimbing dan mendapat banyak masukkan dalam aktivitas ngeblog. Sehingga tujuan ngeblog lebih terarah. Karena dalam grup komunitas, para anggota selalu berbagi info atau ilmu blog yang bermanfaat untuk perkembangan blog.

Kamu yang masih pemula, tentu tidak akan bingung karena banyak teman-teman yang bersedia membantumu. Dan ini adalah manfaat komunitas blog yang sangat penting bagi pemula.

4. Promosi blog jadi lebih terbantu, misal dengan blogwalking

Kalau kita gabung komunitas blog, promosi blog jadi sedikit lebih mudah. Saat kita sudah selesai menulis artikel, kita bisa drop link dan para member yang berkenan bisa klik artikel kita untuk mendapatkan tayangan.

Selain itu kita bisa juga meminta anggota untuk klik link kita saat sedang cari view, guna untuk setoran view pada sebuah klien. Anggota grup komunitas itu ratusan bahkan ribuan, pastinya ada salah satu yang klik dong. Apalagi kalau artikelnya bagus.

Oiya, untuk grup-grup komunitas blog tertentu seperti grup blogger BWA atau Blogwalking Asik, kita juga bisa saling tukar komentar atau istilahnya blogwalking. Jadi, nantinya para blogger akan membuat list artikel dengan jumlah tertentu. Setelah terkumpul semua, mereka yang ngelist akan saling berkomentar.

Grup-Blogwalking-Asik

Saling blogwalking di grup blogger whatsapp

Cara seperti ini tentu bermanfaat sekali karena blog kita dikunjungi dan dikasih komentar. Terlebih bagi mereka yang sedang ikut lomba blog. Karena komentar yang ada merupakan salah satu cara menang lomba blog.

5. Meningkatkan follower dan engagement media sosial lebih mudah

Saat ini orang bisa berbangga dengan follower IG-nya. Di komunitas blog pun, kita bisa saling follow agar jumlah follower makin meningkat. Jumlah mereka yang ratusan bahkan ribuan, tentu bermanfaat sekali untuk meningkatkan engagement media sosial kita. Baik itu IG, facebook, atau twitter.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram! Nomor 9 Rekomen Banget

Saat awal-awal blogger masuk grup, biasanya mereka saling follow. Atau kadang membuat list IG dan mereka saling follow.

Oiya, dalam sebuah job blogger, seringkali dimintai insight atau engagement postingan instagram. Berapa yang like, koment, saved, atau share. Nah, di grup komunitas saya sendiri sering diadakan saling jejak IG dengan saling berkomentar antar postingan sesama akun IG anggota.

insight-instagram

Dan ini membantu sekali dalam meningkatkan inshigt IG. Karena kalau insightnya bagus, feedback positif dari brand yang kasih kita kerjaan pun bisa didapat. Misal dengan repeat order job nulis lagi.

6. Bisa kenal dengan orang-orang ispiratif dengan segudang ilmu, prestasi, dan latarbelakang unik

 Teman-teman-konten-kreator

Teman-teman-konten-kreator saat kopdar BI Net Festival 2019 di Hotel Mercure, Jakarta. Dokpri

Ngeblog itu identik dengan membaca. Sebagian besar atau mungkin semua blogger pasti harus selalu membaca dan membaca agar tulisan makin berbobot. Nah, karena bisa dibilang basic blog itu membaca, maka banyak sekali latarbelakang blogger yang unik dan dari profesi yang cerdas.

Seperti Uda Fadli yang merupakan doktor muda asal Padang, Sumatera Barat. Atau Mas Muhammad Nur Ardi Handayat yang sudah ngeblog sejak SD, dan bisa masuk Undip (Universitas Dipenogoro) Semarang, berkat prestasi lomba blog tadi.

Kemudian ada banyak profesi lain, seperti karyawan, guru, dosen, dokter, dsb. Lalu ada juga mereka yang tinggal di luar negeri dan sering berbagi pengalaman uniknya di negaranya. Pengalaman mereka yang unik dan kaya ilmu, tentu menjadi inpirasi tersendiri bagi kita.

7. Menambah motivasi menulis dari cerita teman-teman yang sudah jatuh bangun di dunia blog

Seringkali saat menulis mengalami kebuntuan. Misal karena kehabisan ide mau nulis apa? Atau mood sedang drop karena suatu hal. Di sini kalian bisa bertanya atau meminta saran dari teman-teman tentang hal tersebut, bagaimana agar tetap semangat menulis.

Banyak sekali blogger yang sudah berpengalaman puluhan tahun dan paham seluk beluk blog. Berbagai suka duka telah mereka alami, sehingga bisa jadi motivasi kalian agar tetap esksis ngeblog.

8. Bisa jadi tempat berbagi jika ada masalah pribadi

Di komunitas blog, kita bukan hanya berbagi dalam hal blog. Tapi kadang tentang masalah yang perlu kita utarakan dan perlu saran orang lain agar dapat teratasi. Misal dulu saya pernah cerita tentang sakit asam lambung yang pernah saya alami.

Di situ dapat saran dari rekan blogger yang seorang apoteker yaitu Mbak Nova, bahwasanya cara penyembuhannya hanya dengan jamu kunyit saja. Kata Beliau, sudah banyak obat yang dikonsumsi, tapi akhirnya sembuhnya pakai kunyit juga.

Kata Mbak Nova, ternyata obat herbal pun beresiko ke ginjal. Dan itu membuka wawasan kita semua.

Dari curhatan saya, akhirnya terjadi diskusi dan banyak peserta lain yang ikut nimbrung. Dan kemudian saya pun mencoba resep kunyit ini dan akhirnya saya sembuh dari sakit asam lambung dalam 8 bulan pengobatan.

Jadi, adanya grups ini sangat bermanfaat baik untuk perkembangan blog atau untuk hal lainnya.

Dari pembahasan di atas, kita bisa tahu betapa bermanfaatnya gabung komunitas blog. Terutama buat para pemula yang masih bingung apa tujuan ngeblog dan tidak tahu harus bagaimana mengelolanya?

Dengan memiliki komunitas, ada kebanggaan tersendiri yang bisa dirasakan, iya enggak? Kalau ada yang bertanya “kamu kerjanya apa?” “Blogger dong” hehe. Manfaat yang paling saya rasakan adalah karena bisa kenal banyak orang inpiratif yang bersedia membantu kita saat sedang kesulitas.

Iya betul. Karena dulu saya juga pernah ditolong oleh seorang teman saat tersesat di jalan pantura Pekalongan, dengan kondisi saya sudah sangat kelelahan karena hanya tidur 1 jam.

Jadi, ayo berkomunitas. Karena berjalan bergandengan akan lebih kuat menghadapi berbagai rintangan.

Bagikan biar yang lain tahu