Memiliki banyak follower instagram memang jadi kebanggaan tersendiri. Misalnya seperti yang pernah saya alami, karena saya pernah dibayar untuk sebuah postingan instagram. Tentu itu sangat menarik, apalagi untuk saya yang masih pemula. Dan seingat saya, saya baru kali ini bikin postingan dan dibayar. Tapi yang saya sayangkan adalah karena karena follower IG saya masih sedikit. Karena semakin banyak follower, rate card-nya pun semakin naik.

Nah, untuk itu, agar follower instagram kita semakin meningkat, kita harus bisa memberikan pengaruh (engagement) ke banyak orang agar mereka tertarik dengan IG kita. Dan berikut 11 cara yang bisa dilakukan meningkatkan engagement instagram.

1. Postingan yang menarik

Yang pertama pastinya postingan yang menarik dong ya. Postingan yang menarik akan membuat orang tertarik untuk melihat konten dengan penuh antusias. Dengan begitu mereka akan follow untuk update postingan berikutnya.

Postingan yang menarik bisa berupa foto wisata yang dramatis dan penuh makna, video lucu menghibur yang membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal, wejangan-wejangan syarat makna kehidupan, ataupun kata-kata motivasi yang membuat audiens terkesima.

Oiya, jangan lupa untuk selalu update postingan secara konsisten. Dengan begitu akan menunjukkan kalau kamu emang serius dalam mengelola IG-mu, dan orang-orang akan teratrik dengan apa yang kamu bagikan.

2. Navigasi postingan yang tertata rapi

Seringkali saya melihat postingan feed istagram yang tertata rapi. Dan tentu saja itu menarik. Apalagi dulu pernah ada campaign dengan persyaratan IG yang feednya tertata rapi. Tertata rapi itu bisa dengan pengaturan postingan yang terjadwal sesuai kategori. Misal hari ini posting feed teks, besoknya gambar, kemudian teks, dan seterusnya. Atau bisa juga dengan frame warna atau layout desain grafis. Lihat deh contoh di bawah ini.

layout instagram freepik

Contoh layout di instagram yang tertata rapi.

3. Gunakan hashtag yang tepat

Saat posting di feed, selalu gunakanlah hastag yang tepat agar dapat menjangkau lebih luas. Misalkan nih ya, jika kita posting foto pantai menganti, maka hasgtagnya bisa seperti #pantaimenganti #mengantibeach, #pantai, #beach, #karangduwur, #pantaidikebumen, #pantaiselatan, #indonesianbeach, dan sebagainya. Dengan begitu saat ada orang yang mengetikkan kata pada hastag tersebut, postinganmu akan muncul. Intinya sesuaikan antara foto dan hastag. Jika perlu gunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya agar banyak orang bule menyukai foto kita. Ya soalnya saya pernah mengalaminya sih.

4. Sering bikin story dan atau sticker

Saya tuh sering banget lihat story IG temen-temen atau para seleb karena lucu-lucu dan menarik. Ya soalnya kalau story kan akan hilang dalam 24 jam. Jadi sayang kalau dilewatkan, makannya ditonton.

Kebanyakan mereka posting hal lucu dan unik atau proses dibelakang layar yang hanya sekilas. Jadi ya emang saying kalau enggak ditonton. Misal video iseng dalam keseharian, moment-moment pas lagi melakukan sesuatu, video lucu yang diambil dari tiktok, proses dibelakang layar, dan sebagainya. Apalagi buat mereka yang followernya diatas 10rb, story bisa disematkan link dalam swipe up.

Saya yakin deh kalau kamu sering bikin story, mereka akan senang membukanya dan besoknya akan kembali lagi karena penasaran.

Selain itu, instagram punya fitur sticker untuk story seperti kuis, pertanyaan, polling, tag, dan banyak lagi yang lainnya. Saya sendiri suka sekali dengan story yang isinya tentang kuis, pertanyaan dan polling. Ya seneng aja sih kalau kita bisa jawab “ya” atau “tidak”, atau disuruh menjawab pertanyaan mereka. Seperti enggak mau melewatkan gitu. Dengan begitu membuat penonton jadi sering berkunjung ke IG-nya karena penasaran.

Hal yang paling saya suka itu kalau lagi ikutan polling menjawab sebuah pertanyaan di akun kuliner atau wisata. Atau menjawab pertanyaan A B C D. Kalau benar akan muncul pita bertebaran, kalau salah akan bunyi tetoooottt.

cara menaikkan engagement instagram

Fitur story dan sticker di instagram begitu menarik perhatian orang untuk berkunjung. 

5. Posting konten yang menarik pada jam sibuk

Saya kalau lagi dapet job posting IG, seringkali suruh postingnya pas jam dimana orang-orang buka IG. Biasanya pagi dari jam 6-8. Atau siang setelah makan siang jam 12.00. Atau jam 4 sampai 6 sorean gitu saat orang udah selesai kerja dan pada buka IG. Kalian kalau buka IG pasti jam segitu kan ya hehehe. Dan itulah waktu yang tepat buat posting.

6. Lengkapi dengan caption menarik

Selain foto yang menarik, caption yang menarik juga penting agar informasi semakin lengkap. Kalau aku sih biasanya menulis captionnya di laptop agar lebih leluasa mengungkapkan kata-kata karena layarnya lebih luas dan keyboard yang nyaman. Secara kalau lewat hp agak ribet gitu kepencet sana sini. Dengan caption yang menarik, maka postingan pun akan lebih lengkap dan klimaks.

7. Konten video lebih disukai ketimbang cuma gambar

Saya sangat suka dengan konten dari dokter gigi Tri Putra di instagram. Alasannya karena beliau sering banget posting video saat scalling atau pembersihan karang gigi. Saya yang ngelihat jadi penasaran dan gemes sendiri namun puas. Enggak heran deh jika followernya hampir 500 ribu. Setiap kali buka IG-nya, biasanya saya selalu buka postingan video-video lainnya yang bikin penasaran. Coba buka IG-nya di bawah ini. 

8. Memanfaatkan jasa dari rajakomen.com

Rajakomen.com adalah sebuah platform dimana kita bisa meningkatkan engagement rate media sosial kita seperti instagram, youtube, gmaps, atau sebuah aplikasi di playstore, dengan mencari siapapun orang yang mau berkomentar. Dan komentar yang didapat yaitu komentar positif.

Jika kebanyakan jasa komentar menggunakan robot, namun rajakomen.com sendiri justru memanfaatkan komunitas komentator yang berasal dari seluruh Indonesia. Hingga saat ini ada ribuan komentator yang telah terdaftar. Dan setiap harinya ratusan komentar berhasil diorder.

Melalui rajakomen, media sosial Anda akan memiliki engagement rate yang luas dan menjangkau banyak orang. Jika sebuah media sosial memiliki engagement rate tinggi, maka akan mudah ditemukan dalam pencarian.

9. Sering adain giveaway

Giveaway akan sangat bermanfaat untuk menjaring audiens. Saya aja termasuk pejuang giveaway. Dan di luar sana ada ribuang pejuang giveaway seperti saya. Nah, dengan adanya giveaway, kita bisa mencari follower real manusia dengan mudah. Hanya dengan hadiah emoney ratusan ribu saja, follower akan bertambah dengan mudahnya. Trik ini juga banyak sekali dipakai oleh para pemilik brand atau jasa untuk meningkatkan follower mereka. 

Selain cara diatas, cara lain yang bisa diterapkan yaitu seperti memposting sesuatu yang lagi trend, menambahkan lokasi, dan menyapa audiens dengan menjawab komentar mereka.

Untuk point lokasi, dengan men-tag lokasi pada sebuah postingan foto atau video, maka otomatis psotingamu akan masuk dalam sebuah feed atau grid pada sebuah lokasi yang kamu tag. Dan secara tak langsung, cara ini akan memperbesar kemungkinan postinganmu akan ditemukan orang lain.

Memiliki follower instagram yang melimpah memang mengasikkan karena dapat meningkatkan usaha dan bisnis kita, atau karir kita jika kita seorang selebgram. Beberapa cara diatas bisa kalian terapkan agar engagement rate kalian meningkat dan bisnis pun meningkat.

Sumber referensi artikel
https://glints.com/id/lowongan/meningkatkan-engagement-instagram/#.YQjyCddR3IU
https://redcomm.co.id/knowledges/meningkatkan-engagement-di-instagram-ini-cara-terbaik-sesuai-algoritma-instagram
https://koinworks.com/blog/meningkatkan-engagement-audiens-di-instagram/