Menjadi blogger adalah pekerjaan yang menyenangkan. Bagaimana tidak, karena menulis adalah hobi saya dan saya mendapatkan imbal balik dari kesenangan ini. Banyak orang bilang bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar dan itu memang benar.

Ibaratnya kita dibayar untuk bersenang-senang. Kendala sudah pasti ada, namanya juga hidup, tapi itu bukanlah masalah karena saya sangat menikmati prosesnya.

Semenjak menekuni blog, lama kelamaan saya berkenalan dengan seroang teman dan bergabung dengan komunitas blog di whatsapp. Bergabung di komunitas lewat media chatting ini, rasanya beda dengan komunitas di media sosial. Karena lebih personal dan lebih update.

Baca Juga : 6 Alasan Yang Memaksaku Jadi Full Time Blogger! Berat Gak Sih?

Salah satu grup whatssapp yang memberikan banyak manfaat bagi saya adalah BWA atau Blogwalking Asik. Grup yang fokus utamanya untuk saling berkomentar antar artikel dengan member lebih dari 200 orang ini, diketuai oleh Mbak Rini Novitasari dan Mbak Hani Handayani. Dari grup ini, ada banyak hal yang bisa saya dapat. Di antaranya :

1. Tentunya bisa saling blogwalking atau berkomentar sesama artikel blog

Dulu saya bingung saat melihat komentar artikel blog dari rekan-rekan blogger yang bisa segitu banyaknya, bahkan sampai ratusan. Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Saat itu usaha saya mencari komentar yaitu dengan berkomentar di artikel blog lain dan berharap kesadaran mereka untuk balik komentar. Tapi itu sulit dilakukan karena tiap orang kan beda-beda.

Dan ternyata banyak dari mereka yang bergabung dengan grup yang fokus utamanya saling berkomentar atau blogwalking. Dan akhirnya saya nemu BWA atau Blog Walking Asik.

Komentar blog itu penting bagi sebuah artikel. Terutama artikel lomba atau artikel job. Biasanya para member BWA pada ngelist untuk artikel lomba blog mereka atau artikel jobnya.

Saya sendiri pun seringkali join list BWA yang dilakukan setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu ini. Setiap jadwalnya, batas maksimal artikel yaitu 30 artikel hingga jam 8 malam. Eh bener gak sih?

Sementara batas saling berkomentarnya yaitu 1 bulan. Jika sampai 1 bulan tidak memenuhi tanggung jawabnya, maka akan dikeluarkan dari grup. Cara berkomentarnya pun tidak boleh asal-asalan. Paling tidak 10 kata dan harus nyambung dengan isi artikel. Tidak hanya sekedar “nice info” atau “thanks for sharing”.

2. Banyak teman baru dan ilmu baru

Di grup BWA ini kita bukan hanya bisa saling berkomentar, tapi ada banyak teman baru dari berbagai kota di Indonesia dengan berbagai latar belakang. Ilmu ngeblog mereka pun berbeda-beda.

Di sini kita bisa sharing pengalaman dan pengetahuan akan dunia blog. Seperti tentang SEO, lomba blog, adsense, tips meningkatkan DA PA blog, dan banyak lagi yang lainnya. Karena kita satu server, jadi udah kayak akrab saja. Saat bertemu di luar, kita sudah seperti akrab dan kenal saja.

Dari Bang Doel, Mbak Rini, Uda Fadli, kita bisa belajar SEO. Bahkan kemarin baru saja mengadakan webinar tentang SEO dengan pembicara Bang Doel. Acara seperti ini bermanfaat bagi sesama blogger untuk menambah pengetahuan tentang blog.

3. Tempatnya berbagi job nulis

Salah satu manfaat paling terasa dari grup ini yaitu karena bisa berbagi pekerjaan atau job nulis. Saya sendiri seringkali dapat pekerjaan yang dibagikan di sini. Makannya saya pertahankan grup ini karena mendatangkan rezeki tersendiri. Dan terkadang ada job yang hanya khusus untuk member grup. Kayaknya di sini juga pernah, agak lupa sih.

Baca Juga :

Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar 100 Dollar, Mau Coba?

Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

4. Berkumpulnya jawara lomba blog

Kalau ada notifikasi WA dari grup ini dan muncul kalimat “selamat” biasanya ada yang menang lomba blog. Dan itu sering banget. Karena di sini memang berkumpulnya jago-jago lomba blog.

Ada Mbak Jihan Mawaddah yang sering banget menang. Kemudian Pak Guru Padil atau Pak Supadillah, Uda Fadli, Mbak Mutiara, Mas Ardi Handayat yang berhasil masuk kampus negeri berkat lomba blog, dan banyak lagi yang lainnya. Di sini sering juga membahas tips menang lomba blog yang dapat menambah wawasan kita.

Saat paling menyenangkan adalah saat kita menang lomba kemudian dimention dan dikasih ucapan selamat. Rasanya berbunga-bunga. Karena saya jarang menang lomba blog, jadi jarang dikasih ucapan selamat 😀

Baca Juga : 28 Blogger Terbaik Berbagi Tips Menang Lomba Blog

5. Lingkaran pertemanan yang positif dan saling mendukung

Di grup ini kebanyakan anggotanya adalah orang-orang dewasa. Sehingga tutur sapanya lebih dijaga. Adapun kalau lagi ribut dikit, itu bukan ribut, melainkan lagi bercanda.

Dalam aktivitas ngeblog, mereka saling mendukung dan mensupport satu sama lain. Saat ada yang sedang terkendala, mereka dengan senang hati membantu. Pokoknya suka deh gabung sama BWA ini.

6. Saling membantu saat ada anggota yang sedang kesulitan

Walaupun ini komunitas online, kita juga melakukan aksi nyata dalam dunia nyata. Misalnya saat ada seorang teman yang sedang terkena musibah. Seringkali grup ini melakukan penggalangan dana untuk membantu agar terringankan bebannya. Hal ini tentunya begitu menyentuh hati walaupun mereka hanya teman maya yang belum pernah bertemu langsung.

Nah, itulah 6 manfaat grup BWA ini yang saya rasakan. Saya masih betah bergabung di grup ini dan tulisan ini pun saya buat untuk grup ini sebagai kenang-kenangan. Berharap nanti bisa kopdar dan ketemu dengan mereka semua :D.