Bagi sebagian blogger mungkin adsense adalah jalan ninja dalam mencari penghasilan. Namun ternyata ada cara lain untuk monetisasi blog selain adsense. Salah satunya yaitu dengan menjual jasa kepenulisan seperti review atau content placement.

Saya mengenal rajabacklink dari seorang rekan seprofesi yang udah duluan daftar dan berhasil payout. Dan akhirnya saya ikut-ikutan gabung, eh ternyata diterima. Payout pertama kali itu sebesar 360 ribu dan itu surprise banget buatku yang baru mulai kenal jasa backlink seperti ini.

Btw, rajabacklink itu apa sih?

Rajabacklink adalah marketplace backlink atau tempat berkumpulnya blogger dan advertiser (penjual dan pembeli backlink) dimana blogger sebagai penjual dan advertiser sebagai pembeli backlink.

Ya, yang dijual di sini yaitu backlink atau link keluar dari sebuah website. Jadi ini bisa diibaratkan toko online seperti shopee atau bukalapak yang menjual berbagai macam barang. Cuma yang dijual disini backlink.

Manfaat backlink itu sendiri tentu ada banyak. Misal seperti meningkatkan personal branding atau kredibilatas suatu website, meningkatkan kunjungan website, meningkatkan kemungkinan muncul di page one google, meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), meningkatkan konversi penjualan, dan sebagainya. Jadi, backlink itu sangat penting untuk sebuah website.

Cara daftar di rajabacklink

Daftar-Rajabacklink

Cara daftar di Rajabacklink

Cara daftar di Rajabacklink cukup mudah.

1. Buka situs Rajabacklink dan isikan data-data yang diminta seperti nama, email, WA, dst.
2. Setelah itu, tunggu konifmasi pendaftaran yang dikirim ke email dan klik konformasi

3. Selesaikan sampai DONE untuk bisa login
4. Masukkan nomor hp karena pemberitahuan job juga akan terkirim lewat SMS di hp kita.
5. Masukkan blog kita (maksimal 5 blog) yang bisa dilakukan via browser dekstop.
6. Tunggu konfirmasi penerimaan dari Rajabacklink

Kalau udah terdaftar, nama blog kita akan muncul beserta ratusan blog lainnya beserta harganya. Kalau blog baru saja didaftarkan, mungkin harga belum muncul, jadi perlu nunggu beberapa waktu.

Harga awal yang tertera diberikan oleh Rajabacklink. Namun bisa kita ubah sesuai keinginan kita. Setelah terdaftar, kita bisa masukkan kategori yang ada. Misal seperti tekno, property, bisnis, fashion, kesehatan, pendidikan, dll. Semakin banyak kategorinya, semakin besar kemungkinan job muncul.

blog-rajabacklink

Deretan blog di Rajabacklink 

Untuk blog saya di kangamir.com, harga artikel awalnya cuma 167 ribu. Kemudian saya naikkan jadi 300 ribu dengan fitur premium seharga 10rb. Dan sekarang turun lagi jadi 215.300 karena masa pakai fitur premium sudah habis. Harga 215.300 adalah harga dari Rajabacklink.

Aku pikir karena harga naik, advertiser gak tertarik. Tapi enggak sih karena sampai 2x ada job masuk dengan harga segitu. Jadi sepertinya advertiser memang memilih blog berkualitas walaupun rate agak tinggian dikit.

Baca Juga : 14+ Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Agar Pede Naikkan Fee Job

Pengalaman menulis di rajabacklink

Sampai saat ini saya sudah 10 kali dapat order menulis di rajabacklink dengan 4 kali payout. Dua job saya tolak karena sepertinya saat itu saya kewalahan karena banyak kerjaan. Sayang banget ya.

Tawaran menulis ini masuk lewat SMS dan email kita. Jika kita klik konfirmasi penerimaan job, maka akan auto expired dalam 3×24 jam. Jadi semisal dapat tawaran, kerjakan secepatnya agar tak keburu hangus.

dashboard-Rajabacklink

Penjualan backlink di Rajabacklink. Ada yang diterima dan dibatalkan/ditolak karena sikond.

Saya pernah tuh ngalamin. Karena tak melihat tanggal deadline, artikel yang sedang saya garap malah sia-sia karena pas dibuka tuh websitenya, eh malah expired. Tapi bukan di Rajabacklink sih.

Beberapa artikel dari Rajabacklink seperti tentang rekomendasi parfum pria dan juga artikel tentang cara mengajukan KPR syariah. Lalu ada juga dari Rajakomen yang sepertinya masih anak perusahaannya.

4 x payout di Rajabacklink

Sekitar semingguan lalu saya baru saja payout dari rajabacklink. Minimum payoutnya sendiri juga rendah karena cuma 250 ribu. Jadi cukup meringankan.

Semisal ada saldo mengendap dan belum bisa ditarik, kita juga bisa top up sampai memenuhi minimum saldo agar bisa ditarik. Misal ada saldo 200 ribu, kita bisa tambahin 50 ribu agar bisa payout.

 payout-rajabacklink

Payout di Rajabacklink

Menurutku ini sangat membantu mengingat marketplace lain yang saya ikuti, jumlah minimum payoutnya lebih tinggi dari ini.

Untuk komisinya sendiri yaitu kita dapat 70% dan Rajabacklink 30% untuk biaya marketing. Agak gede sih menurutku, tapi ini cukup worth it mengingat fitur dan layanan yang diberikan. Ada harga ada rupa. Apalagi payoutnya juga rendah.

Baca Juga : 12+ Cara Agar Blog Dilirik Banyak Brand [Untuk Orang Awam]

Untuk rate 300 ribu, saya dapat 210 ribu alias kepotong 90 ribu. Itu lumayan banget dan cukup besar nilainya ketimbang ecommerce lain yang saya ikuti masih jauh lebih rendah, bahkan separuhnya. Rajabacklink termasuk besar.

Untuk waktu transfer sendiri, sepengalaman sih tidak lama. Hanya 3-4 harian sudah masuk. Tapi pernah waktu itu kalau enggak salah cuma 2 harian sudah masuk. Aliasnya enggak sampai seminggu. Jadi lumayan cepet.

Hal lain yang perlu diketahui blogger tentang rajabacklink

Tidak ada bid di Rajabacklink

Kalau di marketplace backlink lain, mungkin kita perlu mengklik bid atau penawaran mengenai sebuah job yang kita inginkan. Di rajabacklink tidak. Jadi job yang kita kerjakan adalah murni dari advertiser yang langsung memilih blog kita saat mereka akan membeli backlink.

Aliasnya job ini bersifat tertutup. Jadi pastikan kategori yang kalian masukkan sudah sesuai agar artikel yang masuk juga relevan dengan isi blog kalian.

Bisa revisi

Kalau artikel masih kurang sesuai, advertiser bisa meminta blogger untuk melakukan revisi. Misal kalimat kurang sesuai, atau backlink eror, dsb.

Lebih terpercaya karena sampai di iklankan

Menurut saya rajabacklink adalah marketplace backlink terpercaya. Alasannya karena ia sering ngiklan muncul sebagai iklan di gmail saya. Aliasnya ia terlihat niat dan serius dalam menjalankan bisnisnya. Dengan kata lain ia berani modal untuk bisnisnya.

Ada system affliasinya

Buat blogger atau siapa saja yang ingin dapat penghasilan dari rajabacklink, bisa juga bergabung dengan affiliasinya. Kita bisa ambil kode affiliasi dalam bentuk link atau banner yang ditaruh di blog kita. Kalau ada transaksi lewat link kita, maka kita dapat komisi.

Affiliasi-Rajabacklink

Affiliasi di Rajabacklink

Harga sesuai performa blog

Menurutku harga rate blog itu sesuai performa blog kita. Kalau blog kita bagus, Domain Authority (DA) atau Page Authorit (PA)-nya bagus, kunjungan melimpah, maka harganya pun akan naik. Ini bisa terlihat dari perbedaan harga yang tertera.

Harga sebuah blog juga mungkin ditentukan dari niche blognya. Jika blog hanya satu topik saja, misal tentang keuangan, maka ratenya pun lebih tinggi.

Tips biar dapat job di rajabacklink

Saya sendiri dari 2019 baru 10 kali dapat job dengan 4x payout. Artinya hanya jarang-jarang saja. Untuk tips supaya dapat job, beberapa hal ini mungkin bisa diterapkan.

1. Sering posting organik

Pengiklan pastinya lebih senang dengan blog yang banyak mengandung konten organik. Bukan konten sponsor yang isinya iklan seperti etalase toko. Konten organik yaitu artikel yang bukan sponsor atau mengandung merk.

Aliasnya artikel murni yang sifatnya lebih ke manfaat, inspirasi, atau story telling. Karena artikel tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk dibaca.

Baca Juga : Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar 100 Dollar, Mau Coba?

Jika banyak artikel organik, maka kemungkinan besar advertiser akan lebih tertarik membeli backlink dari blog kalian. Karena kemungkinan pengunjung untuk mengklik artikel dari advertiser juga lebih besar.

2. Tingkatkan performa blog

Kalian juga bisa meningkatkan performa blog kalian. Misal dengan menerapkan kaidah SEO agar kunjungan meningkat. Caranya bisa dengan membuat artikel yang SEO friendly atau meningkatkan DA PA blog.

Baca Juga : Pengalaman dan Cara Menurunkan Spam Score Blog dari 56% Jadi 3%

Kemudian tampilan layar smartphone juga harus baik alias mobile friendly. Soal loading blog juga penting karena menurut banyak sumber, 3 detik blog tidak terbuka, maka pengunjung akan kabur. Semakin baik performa, terutama kunjungan blog, maka kemungkinan dapat job lebih besar.

seo

3. Pikirkan tentang rate / harga review

Harga yang terlalu tinggi bisa membuat advertiser enggan beriklan di blog kalian. Kalau blognya memang bagus sih enggak masalah. Karena itu tadi, ada harga ada rupa. Memasang harga sewajarnya juga merupakan cara yang umum digunakan.

Menurunkan harga juga menjadi cara jitu menggaet pengiklan. Jangan terlalu rendah karena bisa tekor. Tapi jangan terlalu tinggi karena bisa bikin pelanggan kabur.

Baca Juga : Gimana Sih Cara Meningkatkan Rate (Upah) Blogger? Ini 6 Tipsnya

Misal standar harga rata-rata blog 250 ribu. Memasang harga 245 ribu akan lebih menarik pelanggan karena kesannya lebih murah walaupun hanya sedikit saja. Aliasnya ini terkait tentang psikologi marketing.

4. Posting kategori yang sedang ramai

Misal saat sedang musim ramadahan dimana banyak orang akan belanja pakaian, maka memposting konten tema fashion dapat menarik minat advertiser untuk beriklan. Atau bisa juga tentang makanan atau kuliner karena ramadan identic tentang kuliner.

Akhirnya, itulah pengalaman saya menulis di rajabacklink. Saya merekomendasikan rajabacklink karena cukup kredibel dan terpercaya setelah sering melihat iklannya. Bayarannya juga cukup layak dan minimum payoutnya rendah. Yuk coba sekarang.

Bagikan biar yang lain tahu