Cara mengajukan KPR syariah.

Bagi masyarakat muslim, riba atau selisih harga adalah salah satu hal yang dihindari karena dianggap menimbulkan dosa dan dapat mengurangi keberkahan rezeki.

Riba adalah ketentuan untuk nilai tambah dari jumlah pinjaman yang dibebankan pada seseorang. Secara kasarnya, riba adalah jumlah bayar yang dilebihkan dari pinjaman saat pelunasan. Besarnya riba sendiri tergantung dari kesepakatan salah satu pihak.

Untuk menghindari riba, dalam berbagai institusi, konsep syariah pun banyak diterapkan. Misalnya di dunia perbankan ada bank syariah, atau asuransi dalam asuransi syariah.

Dalam dunia properti pun demikian. KPR atau kredit pemilikan rumah pun sudah menerapkan prinsip syariah atau konsep keislaman. Masyarakat muslim yang menyadari akan hal ini, transaks besar seperti kepemilikian rumah penting diperhatikan agar tidak ada unsur riba didalamnya.

Maka dari itu, adanya KPR syariah pun merupakan cara terbaik untuk mendapatkan rumah impian namun tanpa riba. Tapi sebelum lanjut, kalian perlu tahu dulu seperti apa sih kelebihan KPR syariah?

Baca Juga : Belajar dari Penyesalan dan Pengalaman, Ini 9 Tips Sebelum Bangun Rumah

Jumlah cicilan tetap

KPR adalah produk pembiayaan yang dikeluarkan sebuah bank untuk pembelian rumah baik itu rumah, baru atau rumah bekas (second).

Yang membedakan antara KPR syariah dengan KPR konvensional yaitu jika di KPR syariah semua biaya transaparan dengan menggunakan prinsip Murahabah. Dimana antara calon pemilik rumah dengan bank sama-sama tahu dan jelas harga belinya dan cicilannya berapa setiap bulan.

Dengan begitu akan menghindarkan seseorang terhindar dari biaya tak terduga yang bisa bikin kamu semaput dan pingsan.

Tidak ada DP ataupun denda

Yang menguntungkan dari KPR syariah adalah karena tidak adanya DP (down payment) dan denda. Keuntungan tersebut bisa kamu dapatkan di KPR syariah yang memang berdasarkan prinsip keisalaman dengan tidak boleh merugikan salah satu pihak.

Selain itu DP 0% dalam KPR syariah pun bisa kamu dapatkan dimana mungkin tidak kamu dapatkan dalam KPR konvensional. Dengan prinsip tersebut, bukannya itu sebuah keuntungan, bukan?

Syarat Pengajuan KPR Bank Syariah Indonesia secara Umum

Sebelum memutuskan membeli rumah secara kredit syariah, sebaiknya cari tahu dulu beberapa persyaratan cara mengajukan kpr syariah seperti berikut :

1. Warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia
2. Usian minimal 21 tahun
3. Pegawai dengan penghasian tetap
Setelah kamu tahu beberapa cara mengajukan KPR syariah, beberapa poin berikut ini perlu kamu pahami terlebih dahulu.

Pilihlah rumah sesuai budget dan kemampuan

Agar semua proses berjalan lancar, pilihlah jenis rumah sesuai kemampuanmu. Jika semisal bank melihat jumlah cicilan melebihi kemampuanmu, bank berhak untuk menolak KPR mu. Idealnya, nilai cicilan tidak boleh melebihi dari sepertiga total penghasilan perbulanmu.

Baca Juga : Pilihan Desain Terkini Meja Kantor

Lunasi kredit jika masih ada tunggakan

Agar pengajuan KPR mu berjalan lancar, pastikan kalau kamu tidak memiliki tunggakan kredit sebelumnya. Pasalnya, pihak BI (Bank Indonesia) checking dapat mengetahui jika sebelumnya kamu pernah mengalami kredit macet yang mengakibatkan penolakan pada pengajuanmu.

Masa kerja minimum terpenuhi

Selain karyawan tetap, syarat yang wajib kamu penuhi dan mendapatkan pembiayaan dari BI yaitu soal masa kerja.

Paling tidak kamu sudah menjadi karyawan tetap minimal 1 tahun di perusahaan kamu, yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja dan verifikasi dari bagian HRD atau personalia di kantormu.

Jika semua syarat di atas terpenuhi, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengajukan KPR syariah karena Bank Syariah Indonesia lagi ada promo Spesial Milad dengan margin mulai setara 1,11%.

Promo ini sendiri dapat digunakan selama periode berlangsung yaitu dari 1 Februari s/d 31 Maret 2022. Selama periode ini, nasabah yang lolos KPR bisa mendapatkan hadiah langsung tabungan E-mas yang setara 1 gram.

Promo ini sendiri bisa kamu dapatkan di rumahimpian.id yang merupakan platform buat kamu yang ingin aplly pengajuan KPR syariah.

Contoh program yang sedang berlangsung yaitu seperti BSI Griya Simuda yang merupakan layanan pembiayaan rumah untuk kaum millenial muda dalam mewujudkan rumah impian dengan plafond pembiayaan yang ringan dan cicilan ringan. Kunjungi websitenya di di rumahimpian.id untuk informasi selengkapnya.

 

Bagikan biar yang lain tahu