Photo by Ekaterina Shevchenko on Unsplash

Menghadiahkan kado ultah untuk suami di hari ulang tahun atau hari jadi pernikahan, tentu akan menjadi moment istimewa dan dapat menimbulkan dampak yang besar.

Selain sebagai simbol kasih sayang terhadap apa yang sudah suami lakukan selama ini, memberikan kado juga berfungsi sebagai ikatan emosional positif antar keduanya.

Terlepas dari manfaat kado yang diberikan, memberikan kado untuk suami itu tidak ada salahnya. Apalagi jika ia termasuk orang yang jarang membeli barang.

Baca Juga : 20 Ide Kado Harga 20 Ribu Unisex Terbaik 2024

Memang, pria tidak seekspresif wanita saat menerima kejutan, tapi tentu saja ia akan senang.

Terlebih jika kado tersebut merupakan benda istimewa yang diidam-idamkan sejak lama, atau sudah coba menabung tapi belum juga kebeli.

Tips memilih kado untuk suami yang berkesan dan bermanfaat

Sebelum membahas ide kado untuk suami, pastikan kalian tau tipsnya terlebih dulu agar hadiah yang diberikan benar-benar bermanfaat dan sang suami senang menerimanya.

1. Pilih kado sesuai hobinya

Mungkin kalian tahu suami kamu hobi apa? Kalau suami kalian suka futsal, kalian bisa menghadiahkan sepatu futsal.

Atau jika ia suka memancing, menghadiahkan joran pancing tentu ide bagus. Intinya jika itu kado sesuai hobi, tentunya suami akan senang menerimanya.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kado Pernikahan Murah di Bawah 50 Ribu Terbaik 2023

2. Pilih kado yang bermanfaat

Selain hobi, kalian juga bisa memilihkan kado yang bermanfaat mendukung kesehariannya. Misalnya jika ia bekerja di lapangan, maka kado berupa kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari cukup penting.

Atau helm favoritnya agar bekerja makin semangat. Atau Jika ia suka berpenampilan rapi, menghadiahkan kemeja pria seperti kemeja samase atau alisan bisa jadi pilihan.

Walaupun ini termasuk kado untuk suami yang sederhana seperti kacamata, tapi manfaatnya jauh lebih penting.

3. Sesuaikan kado dengan usia

Memperhatikan usia itu penting. Jika misal suami kamu berusia 20-30 tahun, menghadiahkan barang kekinian pasti akan senang. Semisal sepatu sneakers atau helm.

Jika misal usia suami antara 30-40 tahun, hadiah yang terkesan dewasa seperti jaket kulit bisa jadi pilihan.

Dan jika suami berusia 40 tahun ke atas, kado yang terlihat tak mencolok seperti kemeja kerja, mungkin bisa jadi pilihan.

4. Pilihlah kado untuk suami yang berkesan dan memorable

Ini mungkin seperti kado couple atau batik couple yang jika dipakai akan selalu teringat. Selain batik couple, mungkin aksesoris berbagan kulit atau perlengkapan ibadah bisa jadi pilihan. 

5. Cari tahu cara membungkus kadonya

Setelah kado didapat, berikutnya adalah cari tahu cara membungkus kadonya. Ada berbagai macam cara membungkus kado unik yang mungkin belum kalian ketahui. Karena ini untuk suami, maka bentuk baju kemeja bisa kalian coba.

20 referensi kado untuk suami yang bermanfaat

Setelah tahu tips memilih kadonya, berikut 20 referensi kado untuk suami yang bermanfaat. 

1. Dompet kulit

Banyak kaum pria menginginkan dompet kulit karena berbagai alasan, seperti kesan berwibawa, stylish, dan juga keren, selain karena dompet kulit lebih awet ketimbang bahan jenis lain. Beberapa tips memilih dompet kulit ini mungkin bermanfaat.

Bahan berkualitas

Pastikan dompet terbuat dari kulit asli untuk daya tahan dan tampilan yang elegan. Pilih kulit berkualitas tinggi untuk memastikan ketahanan terhadap keausan, seperti kulit ular atau buaya.

Desain dan fungsionalitas

Pertimbangkan desain yang sesuai dengan gaya suami Anda dan kebutuhan fungsional. Cari dompet dengan banyak saku, kompartemen kartu, dan tempat uang kertas yang panjangnya pas, sehingga uang tidak nekuk pas dimasukkan. 

Ukuran yang sesuai

Pilih ukuran yang praktis dan sesuai dengan preferensi pribadi. Dompet yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa menjadi tidak nyaman. Pilih yang pas di saku dan tidak terlihat nonjol saat sudah masuk ke saku celana.

Jahitan yang Kokoh

Pastikan jahitan dompetnya rapi dan kuat untuk memastikan kekokohan dan daya tahan. Jahitan yang rapi juga mendukung estetika.

Warna dan gaya

Pilih warna yang sesuai dengan gaya pribadi dan kebutuhan sehari-hari. Warna netral seperti hitam, coklat, atau abu-abu seringkali lebih serbaguna dan mudah dipadukan dengan outfit sehari-hari.

dompet-kulit

2. Sepatu pantofel pria 

Berangkat kerja memakai sepatu favorit akan menambah semangat kerja. Jika misal sepatu suami kamu sudah terlihat rusak atau ia sudah bosan dengan model yang dipakai, membelikan sepatu kerja merupakan ide yang bagus. Beberapa tips ini mungkin bermanfaat. 

Ukuran yang pas

Pastikan sepatu pantofel memiliki ukuran yang sesuai dengan kaki suami Anda untuk kenyamanan maksimal. Cobalah sepatu dan pastikan tidak ada tekanan atau gesekan yang tidak nyaman terutama pada jari kaki.

Bahan berkualitas

Pilih sepatu dengan bahan kulit berkualitas tinggi. Kulit yang baik tidak hanya tahan lama, tetapi juga memberikan tampilan yang elegan dan bergaya.

Desain terbaik

Pilih desain yang menarik dan serbaguna, serta dapat dipadukan dengan berbagai pakaian formal atau semi-formal.

Sol atau jahitan yang nyaman

Perhatikan sol atau jahitan sepatunya. Pastikan sol memberikan dukungan dan kenyamanan yang cukup karena ini berhubungan dengan keawetan.

Detail dan finishing

Perhatikan detail dan finishing sepatu. Detail kecil seperti jahitan yang rapi dan aksen yang halus dapat menambah kesan elegan pada sepatu pantofel pria.

Tidak bunyi tok tok tok

Pastikan alas sepatunya tak berbunyi seperti kaki kuda, karena bakal malu jadinya. Apalagi jika dibawa lari. Diketawain orang nanti wkwkwk. 

3. Powerbank

Powerbank adalah alat yang bermanfaat untuk berjaga-jaga ketika baterai habis atau kebetulan tidak membawa charger. Memberikan powerbank sebagai hadiah akan bermanfaat untuknya.  Beberapa tips ini mungkin bermanfaat.

Baca Juga : 3 keuntungan memiliki powerbank 

Kapasitas (mAh)

Pertimbangkan kapasitas daya yang mencukupi untuk kebutuhan Anda. Semakin besar mAh, semakin banyak daya yang dapat disimpan. Ukuran 10.00mAh atau 20.000 mAh mungkin bisa jadi pilihan.

Output dan input USB

Pastikan powerbank memiliki output dan input USB yang sesuai dengan perangkat Anda. Punyaku colokkannya pakai USB biasa, sedangkan hp ku pakai USC-C, gak cocok jadinya.

Berat dan ukuran

Pilih powerbank yang portabel dan ringan untuk kenyamanan dibawa. Berat dan ukuran yang moderat tetap memberikan daya yang cukup. Kadang ada powerbank mini, tapi dayanya besar. Ini bisa jadi pilihan.

Fitur keamanan

Pilih powerbank dengan fitur keamanan seperti proteksi overcharge dan overheat untuk melindungi perangkat Anda.

Indikator daya

Pilih yang dilengkapi dengan indikator daya agar Anda dapat melihat sisa daya sisa berapa bar.

Tipe sel baterai

Powerbank dengan sel baterai lithium-ion biasanya lebih ringan dan tahan lama.

Merek dan ulasan

Pilih dari merek terpercaya dan periksa ulasan pengguna untuk memastikan kualitas dan keandalan powerbank tersebut. Pilih rating bintang lima dan pembeli terbanyak untuk produk yang berkualitas.

4. Dasi

Dasi adalah aksesoris pakaian terutama jas agar penampilan terlihat lebih menarik. Memilih bahan dasi dengan bahan tebal mungkin akan terlihat lebih tegas dan kokoh. Seperti jenis sutra yang cocok dipadukan dengan bahan kemeja atau jas apapun.

Pilih juga apakah suami kamu lebih suka dasi kupu-kupu atau dasi panjang. Dasi kupu-kupu biasanya dikenakan pada acara formal seperti pesta ataupun acara non formal.

Sedangkan dasi panjang untuk acara resmi atau tak resmi juga bisa. Tinggal sesuaikan selera aja. Perhatikan juga ikatan simpulnya. Misalnya karena ikatan bentuk segitiga adalah model paling banyak dipakai.

Dan pastinya perhatikan juga panjang lebar dasi dan sesuaikan dengan tinggi badan. Lebar dasi biasanya antara 6-9cm, sedangkan panjangnya sekitar 130-150cm. Jangan sampai kependekan atau kepanjangan ya.

5.  Jam tangan

Pagi hari adalah waktu yang sibuk karena akan berangkat kerja. Memang sih di rumah pasti ada jam dinding yang bisa langsung dilihat sekarang jam berapa?

Namun akan lebih baik jika jam tangan melekat di tangan, sehingga bisa lebih mudah melihat sekarang jam berapa? Maka memberikan kado berupa jam tangan adalah ide yang tepat. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jam tangan yaitu tentukan apakah dia termasuk orang yang suka beraktifitas di luar ruangan atau bekerja di lapangan?

Jika ia, maka jam tangan type sporty dengan bahan kuat dan anti air bisa jadi pilihan. Namun jika aktivitas seringnya di dalam ruangan, jam tangan kasual bisa jadi pilihan tepat.

Pastikan juga jika jamnya sesuai dengan ukuran pergelangan tangan, tidak kecil dan juga tidak longgar.

Lebar tali strapnya juga perhatikan. Sebaiknya lebarnya hampir sampa dengan kepala jamnya agar terlihat lebih estetis dan menarik. Karena tali jam yang kecil biasanya untuk jam tangan wanita.

Dan yang pasti, bahan tali strap jamnya nyaman dipakai ya. Pasti gak asik dong jika jam sudah terlihat bagus, eh talinya gak nyaman dipakai.

jam-tangan-pria

6.  Speaker bluetooth

Bermain musik dengan speaker bluetooth memang mengasikkan karena suara jadi lebih keras tanpa perlu speaker besar. Mendengarkan musik pun jadi lebih menyenangkan.

Jika suami kamu punya hobi mendengarkan musik, maka memberikan kado speaker bluetooth adalah ide yang bagus. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat. 

Kualitas suara

Pastikan speaker Bluetooth memiliki kualitas suara yang baik dengan bass yang kuat dan suara jernih. Sehingga terdengar lebih asyik dan menyenangkan.

Portabilitas

Pilih speaker yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana, idealnya dengan desain yang kompak dan tahan guncangan.

Daya tahan baterai

Perhatikan kapasitas baterai dan masa pakai baterai yang cukup lama untuk keperluan penggunaan sehari-hari. Sehingga bisa awet pakainya dan masa pakai baterainya juga tahan lama.

Konektivitas

Pastikan speaker mendukung Bluetooth terbaru untuk koneksi stabil dan jarak operasional yang baik. Maka dari itu, pastika versi blutoothnya perlu dipaskan dengan gadget kita.

Fitur tambahan

Pertimbangkan fitur tambahan seperti tahan air, tahan debu, atau fungsi hands-free untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaan.

Merek dan ulasan

Pilih dari merek terpercaya dan baca ulasan konsumen untuk memastikan kualitas dan keandalan produk. Karena merk terbaik biasanya memang lebih awet.

speaker-bluetooth

7. Tas backpack

Tas backpak mungkin menjadi benda wajib yang harus dibawa saat bekerja karena bisa menaruh banyak barang.

Memberikan tas backpack yang bisa muat laptop dan memiliki banyak kompartemen, bisa jadi ide yang bagus karena manfaatnya lebih terasa. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat. 

Keperluan dan Kegiatan

Tentukan keperluan penggunaan tas backpack ini. Apakah digunakan untuk sehari-hari, bepergian, atau kegiatan outdoor? Pastikan tas yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang akan Anda lakukan.

Kalau hanya untuk kerja saja ke kantor, mungkin tak terlalu besar. Kalau untuk outdoor, mungkin yang ada tempat minumnya lebih bagus dan jumlah kompartemen lebih banyak. 

Ukuran dan Kapasitas

Pilih tas yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas barang bawaan Anda. Jangan terlalu besar jika hanya untuk keperluan sehari-hari, tetapi pastikan memiliki cukup ruang untuk barang-barang penting. Misalnya tempat laptop.

Desain ergonomis

Perhatikan desain ergonomis agar tas nyaman dipakai dalam jangka waktu lama. Bahu dan punggung yang dilengkapi dengan bantalan atau ventilasi dapat mengurangi tekanan dan membuat penggunaan lebih nyaman. Apalagi jika sering membawa banyak barang agar pundak tidak pegal.

Bahan tahan lama

Pastikan tas terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Material seperti nylon, kanvas, atau poliester biasanya tahan terhadap cuaca dan abrasi. Sehingga tas backpack lebih awet hingga bertahun-tahun.

Resleting dan kaitan

Periksa juga kualitas resleting dan kaitan. Pastikan resleting berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak.

Kaitan yang kokoh dan tahan lama juga penting untuk memastikan keamanan barang-barang di dalam tas. Karena masalah utama pada tas yaitu pada resletingnya. Sering terjadi, tas terlihat bagus, tapi resletingnya dolll.

Keamanan

Pertimbangkan keamanan tas, terutama jika Anda akan membawa barang berharga. Beberapa tas dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti kunci atau resleting tersembunyi untuk melindungi barang berharga Anda.

Ini penting sih untuk menghindari hal tak diinginkan, misal kecopetan karena resleting gampang dibuka dan gak ada kuncinya.

Desain yang Stylish

Selain fungsionalitas, pertimbangkan juga gaya atau desain tas yang sesuai dengan selera pribadi Anda. Pilihan warna dan desain yang sesuai dengan gaya Anda dapat meningkatkan pengalaman menggunakan tas.

Kalau saya sendiri sih suka warga gelap seperti hitam atau biru dongker. Atau paling enggak abu-abu. Yang mencolok kurang menarik menurutku.

Dengan mempertimbangkan fungsionalitas, kualitas, dan fitur tambahan di atas, Anda dapat memilih tas backpack pria yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

8. Alat kopi

Sebagian besar pria suka sekali minum kopi, terutama saat nongkrong bareng rekan-rekan. Ada banyak cerita dan inspirasi dibalik kopi.

Tidak heran jika banyak sekali warung kopi bertebaran di mana-mana. Nah, ide memberikan alat kopi untuk kado suami adalah pilihan tepat agar ia bisa bereksplorasi dengan kopi sampai ia bisa memuilai bisnis kopi sendiri, mungkin. Dan beberapa tips ini mungkin bermanfaat. 

Tentukan kebutuhan

Pilih alat kopi yang sesuai dengan preferensi suami Anda, apakah itu mesin espresso, pour-over, atau french press. Pertimbangkan berapa banyak kopi yang ingin Anda seduh setiap kali dibuat.

Kualitas bahan

Pilih alat dengan bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel atau kaca borosilikat. Tujuannya untuk daya tahan dan rasa kopi yang optimal.

Fleksibilitas dan kemudahan penggunaan

Pilih alat kopi yang mudah digunakan dan sesuai dengan tingkat keterampilan Anda. Beberapa alat memiliki kontrol suhu atau waktu yang dapat diatur untuk eksperimen rasa.

Perawatan dan kebersihan

Pertimbangkan kemudahan perawatan. Pilih alat yang mudah dibersihkan dan dirawat untuk memastikan kualitas kopi yang konsisten. Kemudahan perawatan juga membuat alat akan awet dipakainya.

Anggaran

Tentukan anggaran dan cari alat kopi yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ingatlah bahwa investasi dalam alat berkualitas dapat meningkatkan pengalaman kopi dengan lebih maksimal. 

alat-kopi

9. Sabuk ikat pinggang

Ikat pinggang bisa dibilang benda wajib yang dimiliki seorang pria supaya celana lebih kencang dan gak gampang melorot. Ikat pinggang juga membuat penampilan terlihat rapi. Beberapa tips berikut ini mungkin bermanfaat.

Ukuran dan Panjang

Pastikan ikat pinggang sesuai dengan ukuran pinggang Anda, tidak kependekkan tau kepanjangan. Pilih ikat yang memiliki panjang yang cukup untuk melewati lubang terakhir dan menyisakan sedikit panjang ekstra

Bahan Berkualitas

Pilih ikat pinggang yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti kulit asli atau nilon yang tahan lama. Bahan yang baik tidak hanya memberikan tampilan yang baik tetapi juga keawetannya.

Desain yang Sesuai dengan Gaya Pribadi

Pilih desain ikat pinggang yang sesuai dengan gaya pribadi Anda. Apakah Anda suka yang klasik, kasual, atau modern?

Kalau saya sih suka yang model kekinian karena memang bagus. Desain yang sesuai akan menambahkan sentuhan gaya pada penampilan Anda.

Kualitas Gesper

Perhatikan kualitas gesper ikat pinggang. Gesper itu kepala ikat pinggang ya. Gesper yang dibuat dari logam berkualitas tinggi biasanya tahan karat.

Fungsionalitas Sehari-hari

Pertimbangkan fungsionalitas sehari-hari. Jika Anda menggunakannya untuk bekerja, pastikan ikat pinggang dapat menopang berat celana dengan baik dan desain yang formal.

Jika untuk keperluan kasual atau non formal, pertimbangkan ikat pinggang yang lebih ringan dan fleksibel.

Pemilihan ikat pinggang yang tepat tidak hanya terkait penampilan, tetapi juga kenyamanan dan daya tahan dalam penggunaan sehari-hari.

ikat-pinggang

10. Hem pria

Pria identik dengan pakaian hem untuk kerja. Terutama mereka yang bekerja kantoran. Mengenakkan hem yang disetrika rapi, akan menunjang penampilannya.

Menghadiahkan hem kerja untuknya, tentu dia akan senang. Terlebih jika warnanya sesuai warna favoritnya. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat. 

Ukuran yang Pas

Pastikan kemeja memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Perhatikan lebar bahu, panjang lengan, dan panjang badan agar kemeja terlihat rapi dan nyaman.

Kalau saya lebih suka beli offline karena kalau beli online tidak bisa ngepasin di badan dan seringnya gak cocok.

Bahan Berkualitas

Pilih bahan kemeja dengan kualitas terbaik untuk kenyamanan dan tampilan yang baik. Katun adalah pilihan umum karena ringan dan bernapas, sementara flanel cocok untuk suasana yang lebih dingin.

Model dan Gaya

Sesuaikan model kemeja dengan acara atau situasi tertentu. Kemeja lengan panjang cocok untuk acara formal, sedangkan kemeja lengan pendek lebih santai untuk suasana kasual. Kalau saya sih lebih suka lengan panjang karena lebih anget aja dan lebih menutupi badan.

Warna yang serbaguna

Pilih warna yang mudah dipadu-padan dengan pakaian lain yang Anda miliki. Warna netral seperti putih, biru, atau abu-abu seringkali lebih serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Kalau saya lebih suka warna biru muda, abu-abu, atau motif kotak-kotak.

Detail Desain

Perhatikan detail desain seperti kerah, manset, dan kancing. Desain yang bersih dan sederhana dapat memberikan tampilan yang lebih elegan, sementara detail yang menarik dapat menambah gaya pada penampilan Anda.

Perawatan yang Mudah

Pertimbangkan kemudahan perawatan kemeja. Kemeja yang mudah disetrika dan dicuci akan membuat hidup Anda lebih nyaman dan kemeja tetap terlihat baik.

Kalau saya punya kemeja yang bahannya gak perlu disetrika udah alus sendiri, dan anyes banget dipakainya dan bisa dilipet sampai kecil. 

Konsistensi dengan Gaya Pribadi

Pilih kemeja yang sesuai dengan gaya pribadi Anda. Apakah Anda lebih suka gaya formal, kasual, atau santai, pilihlah kemeja yang mencerminkan kepribadian Anda. Ini penting sih agar terasa PD memakainya.

11. Kacamata hitam

Kacamata hitam saat ini termasuk benda penting karena manfaatnya melindungi sinar matahari yang beresiko ke mata, selain menunjang fashion.

Enggak heran jika saat ini banyak pengendara sepeda motor mengenakan kacamata agar mata tetap sehat terlindungi dari sinar UV yang berbahaya di mata. Beberapa tips ini mungkin bermanfaat. 

Perlindungan sinar UV

Pastikan kacamata hitam memiliki perlindungan UV (ultraviolet) yang memadai (UV 400) untuk melindungi mata dari sinar UV berbahaya. Karena ini memang tujuan utamanya yaitu melindungi mata.

Jenis Lensa

Pilih lensa dengan kualitas tinggi dan teknologi anti-refleksi untuk mengurangi silau di mata dan meningkatkan kenyamanan penglihatan terutama saat berkendara.

Bingkai yang Nyaman

Pilih bingkai yang ringan dan nyaman saat dipakai untuk penggunaan jangka panjang. Bahan seperti titanium atau acetate dapat menjadi pilihan yang baik.

Desain yang Sesuai Wajah

Sesuaikan desain kacamata hitam dengan bentuk wajah. Wajah bulat cocok dengan bingkai yang lebih tegas, sementara wajah kotak lebih baik dengan bingkai yang melengkung. Sedangkan untuk hidung pesek pun beda lagi.

Gaya Sesuai Kepribadian

Pilih kacamata hitam yang mencerminkan gaya pribadi. Apakah itu gaya aviator klasik atau desain modern, pilihlah yang sesuai dengan kepribadian dan gaya suami Anda supaya pede pas makainya.

kacamata-hitam

12. Hoodie 

Hoodie atau jaket hangat kaos ini identik dengan kaum laki-laki. Baik itu untuk fashion atau dipakai saat berkendara agar tak kedinginan. Beberapa tips berikut ini mungkin bermanfaat. 

Pilih bahan berkualitas

Pastikan hoodie terbuat dari bahan yang nyaman dan tahan lama, seperti katun atau campuran katun dan poliester.

Perhatikan desain dan gaya

Sesuaikan dengan gaya pribadi Anda. Pilih hoodie dengan desain yang mencerminkan selera fashion Anda, apakah itu model kasual, olahraga, atau streetwear.

Ukuran yang pas

Pilih ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda untuk memastikan kenyamanan dan penampilan yang baik. Kalau beli online baiknya beli pas live aja supaya jelas terlihat dan bisa tanya ke penjualnya. 

Pertimbangkan warna yang cocok

Pilih warna yang mudah dipadu-padankan dengan pakaian lain dalam koleksi Anda. Warna netral atau monokromatik seringkali menjadi pilihan aman. Kalau saya sebagai pria lebih suka warna hitam atau abu-abu. karena gak mencocolok dan kalau gak begitu terlihat orang wkwkwk.

Perhatikan detail tambahan

Periksa kualitas resleting, kupluk atau penutup kepala supaya tak kedinginan, serta detail lainnya. Hoodie dengan fitur seperti saku kantong atau desain logo yang halus dapat menambah nilai estetika.

Pertimbangkan Musim

Sesuaikan ketebalan hoodie dengan musim. Pilih hoodie tebal untuk musim dingin dan hoodie ringan untuk musim semi atau musim gugur. Kalau saya sih suka yang tebal karena sering berkendara.

hoodie

13. Kursi kerja

Buat suami kamu yang sering bekerja dari rumah atau mungkin seorang konten kreator yang memang kerjanya dari rumah, maka menghadiahkan kursi kerja adalah ide yang tepat.

Kursi yang nyaman digunakan sehari-hari akan membuatnya nyaman bekerja. Berikut tips yang mungkin bermanfaat. 

Kenyamanan Ergonomis

Pilih kursi kerja yang mendukung postur tubuh alami. Bantalan empuk dan dapat diatur tinggi serta sandaran yang ergonomis. Sehingga pundak gak gampang pegal.

Bahan Berkualitas

Pilih kursi dengan bahan berkualitas tinggi yang tahan lama. Kain bernap, kulit, atau mesh yang berkualitas dapat meningkatkan kenyamanan dan daya tahan.

Penyesuaian tinggi kursi

Pastikan kursi dapat disesuaikan dengan tinggi meja dan ukuran tubuh Anda. Penyesuaian termasuk ketinggian kursi, sandaran, dan dukungan lumbar. Penyesuaian tinggi kursi berpengaruh ke tangan saat memegang keyboard laptop.

Roda yang Berfungsi Baik

Kursi dengan roda yang bergerak lancar memudahkan mobilitas di sekitar meja kerja. Pastikan roda sesuai untuk lantai tempat bekerja. Kursi dengan roda bulat di bawah bisa meluncur kesana kemari dan bisa buat goyang-goyang kalau lagi santai.

Desain Estetis

Selain fungsi, pertimbangkan juga desain estetis yang sesuai dengan selera dan gaya ruangan suami anda. Kalau kursinya bagus kan jadi lebih semangat kerja.

Ulasan dan Rekomendasi

Membaca ulasan dari pengguna lain dapat memberikan wawasan tambahan. Pilih kursi yang telah mendapatkan rating terbaik dan penjualan terbanyak.

kursi-kerja

14. Tumbler minum

Saat ini tumbler minum banyak sekali digunakan untuk membawa bekal minum dari rumah. Tumbler minum membuatnya tak perlu membeli air minum di jalan, yang sekaligus ramah lingkungan karena tak menimbulkan plastik. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat.

Bahan Berkualitas

Pilih tumbler yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti stainless steel atau plastik BPA free untuk menjaga keamanan dan keawetan. BPA free berarti tidak memiliki efek samping bahaya bagi kesehatan.

Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Pertimbangkan seberapa banyak air minum yang ingin Anda bawa. Tumbler dengan jumlah liter yang pas memastikan Anda tetap terhidrasi tanpa perlu terlalu sering mengisi ulang. Pastikan juga ada penanda setiap jamnya harus habis berapa?

Desain yang Praktis

Pilih desain tumbler yang mudah dibawa, muat di dalam tas, dan mudah dipegang. Tutup yang dapat disegel dengan baik juga mencegah tumpahan. Kalau untuk pria mungkin gak terlalu besar karena seringnya gak mau rempong.

Isolasi Termal

Tumbler dengan isolasi termal dapat menjaga suhu minuman lebih lama. Ini berguna untuk minuman panas atau dingin, sesuai dengan preferensi Anda. Apalagi buat yang suka ngopi.

Mudah Dibersihkan

Pilih tumbler yang gampang dibersihkan. Jadi bagian-bagiannya gampang dilepas untuk dibersihkan.

Estetika dan Gaya

Pilih tumbler dengan desain yang mencerminkan gaya pribadi Anda. Estetika yang menarik dapat membuat pengalaman minum lebih menyenangkan. Kalau saya suka yang desainnya tegas, gak mencolok, dan minimalis aja biar gak nyesekkin di tas.

tumbler-minum

15. Tas slempang

Tas slempang kecil ini merupakan benda idaman para pria saat bepergian kemanapun karena manfaatnya untuk menaruh benda-benda seperti dompet atau hanphone.

Bentuknya yang kecil dan ringan ini membuatnya praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Beberapa tips ini mungkin bermanfaat.

Ukuran dan kapasitas

Pilih tas slempang yang agak besar dikit mungkin lebih baik karena bisa menampung barang-barang esensial Anda seperti dompet, kunci, dan ponsel. Ukuran kecil memang ringan, tapi kadang suka nggak muat kalau mau naruh barang lainnya.

Material berkualitas

Pastikan tas terbuat dari bahan tahan lama dan mudah dirawat seperti kulit, kanvas, atau nilon untuk memastikan daya tahan dan penampilan yang baik. Namun harga pasti menyesuaikan kualitas.

Desain yang ergonomis

Pilih tas dengan desain tali slempang yang dapat diatur panjang pendeknya. Tali bahu yang empuk dan dapat disesuaikan membantu mengurangi tekanan pada bahu.

Keamanan dan aksesibilitas

Perhatikan fitur keamanan seperti resleting tersembunyi atau kaitan yang kuat. Pastikan juga tas memberikan akses mudah ke barang-barang di dalamnya.

Tas yang resletingnya tertutup dengan penutup tas, pastinya lebih aman dari kecipratan air. Ini penting pas kita naruh hp di dalamnya.

Jumlah kompartemen

Saya suka tas slempang dengan banyak kompartemen karena bisa naruh barang sesuai jenisnya. Karena kalau dicampur bisa rusak

tas-slempang

16. Jaket kulit

Jaket kulit cukup identik dengan kaum pria dan merupakan salah satu fashion item penting yang banyak diidamkan pria.

Memakai jaket kulit akan memberikan kesan maskulin, terlihat berkelas, dan bergaya trendi.

Jaket kulit juga lebih awet dan tahan lama karena bahan yang digunakan, ketimbang jaket kain yang dibuat dari helaian benang. Beberapa tips berikut ini mungkin bermanfaat :

Bahan berkualitas

Pilih jaket kulit pria dari bahan kulit asli yang berkualitas tinggi, seperti kulit domba atau sapi, untuk daya tahan dan tampilan yang elegan. Kalau baru mau beli, ajak teman atau orang yang paham kulit asli.

Model dan desain

Pilih desain yang sesuai dengan gaya pribadi Anda. Jaket kulit hadir dalam berbagai model, seperti bomber atau biker, jadi pilih yang mencerminkan kepribadian dan kebutuhan Anda. Model biker cocok untuk orang yang suka motoran atau punya moge.

Ukuran yang pas

Pastikan jaket memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Jaket kulit walaupun kesannya gak fleksibel, tetapi tetap bisa memberikan kenyamanan dan fleksibilitas pas gerak.

Detail dan aksen

Perhatikan detail dan aksen pada jaket, seperti resleting, kancing, atau jahitan. Hal ini dapat menambah sentuhan gaya dan membuat jaket lebih menarik. Biasanya ada jaket kulit yang polos ada juga yang motif jahitan.

Warna yang sesuai

Pilih warna yang mudah dipadankan dengan pakaian lain yang suami Anda miliki. Warna klasik seperti hitam atau coklat seringkali menjadi pilihan yang aman dan serbaguna.

jaket-kulit

17. Sepatu olahraga

Jika suami kamu hobi olahraga seperti jogging misalnya, maka memberikan alat olahraga seperti sepatu olahraga adalah hal istimewa untuknya. Pastikan juga warnanya cocok, jika ia suka warna biru, maka pilihlah warna biru. Beberapa tips berikut ini mungkin bermanfaat.

Ketahui jenis olahraga

Tentukan jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Setiap olahraga memiliki kebutuhan sepatu yang berbeda. Apakah itu seperti sepatu lari, sepatu sepak bola atau futsal, atau sepatu gym, punya jenis sepatu tersendiri.

Ukuran harus pas

Pastikan sepatu memiliki ukuran yang pas dengan kaki Anda. Ukuran yang pas dan gak sesak memastikan kenyamanan dan mencegah cedera.

Perhatikan tapak sepatunya

Untuk sepatu olahraga baiknya gak bunyi pas dipakai. Kemarin beli sepatu, eh tapaknya bunyi tok tok kayak kuda, akhirnya gak dipake deh.

Kualitas bahan

Pilih sepatu dengan bahan berkualitas tinggi untuk daya tahan dan ventilasi yang baik. Bahan yang terbuat dari mesh atau kulit seringkali memberikan kenyamanan dan ketahanan.

Bobot yang ringan

Pilih sepatu yang ringan untuk meningkatkan kelincahan dan kenyamanan selama berolahraga. Untuk olahraga seperti lari atau sepakbola, bobot sepatu penting diperhatikan.

Gaya dan estetika

Terakhir, pertimbangkan estetika dan gaya sepatu yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda, tetapi pastikan juga memprioritaskan kinerja dan kesehatan kaki.

Kalau saya suka yang desain kekinian, atau yang lebih pendek seperti sepatu kets namun tetap estetik.

sepatu-olahraga

18. Minyak rambut pomade 

Jika misal suami kamu adalah tipe orang yang selalu rapih dan sering memakai minyak rambut, maka memberikan minyak rambut adalah pilihan tepat. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat. 

Jenis rambut

Pertimbangkan jenis rambut suami Anda. Pomade bisa cocok untuk berbagai jenis rambut, tetapi beberapa jenisnya lebih baik untuk rambut lurus dan yang lainnya cocok untuk rambut keriting atau tebal.

Tingkat kilauan dan tebalnya

Pilih pomade dengan tingkat kilau dan hold sesuai preferensi Anda. Pomade dapat memberikan hasil mulai dari kilau alami hingga tampilan matte, dan dari hold ringan hingga kuat.

Saya sendiri pilih yang hold ringan karena mudah dicuci. Hold itu seberapa kuat pomade nempel di rambut.

Bahan dasar

Pilih bahan dasarnya, apakah water based, oil based, atau wax. Dulu pernah pakai yang wax atau lilin, dan di rambut nempel sampai ngiilanginnya susah banget. Mungkin karena holdnya kuat.

Sedangkan yang water based atau bahan dasar air lebih mudah dicuci. Kalai yang oil belum pernah pakai sih.

Wanginya

Pertimbangkan wangi pomade. Beberapa pomade memiliki wangi yang khas, jadi pilih yang sesuai selera untuk memberikan pengalaman pemakaian yang menyenangkan.

pomade

19. Parfum

Parfum adalah hadiah emosional karena wangi yang dikeluarkan. Memberikan seorang suami sebuah parfum kesukaan akan menimbulkan kesan tersendiri untuknya.

Wangi yang dikeluarkan secara tak langsung sebagai simbol kasih sayang. Walaupun mungkin tak mahal, namun ini akan menjadi hadiah sederhana tapi berkesan.

Untuk itu kalian bisa memilih tips memilih parfum pria agar tak menyesal belakangan.

Baca Juga : Rekomendasi Parfum HMNS Pria Terbaik dengan Wangi Tahan Lama

parfum-kahf

20. Helm

Helm termasuk aksesoris pria favorit yang dipakai saat berkendara. Seorang suami pasti akan senang dihadiahi helm kesukaannya. Terlebih jika ia bekerja di lapangan. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat. 

Ukuran yang Tepat

Pastikan helm sesuai dengan ukuran kepala agar tak sesak dan nyaman dipakai. Ukur lingkar kepala dengan benar dan jangan hanya mengira-ira, dan pilih helm yang sesuai dengan ukuran tersebut. Saya pernah beli dan sesak di kepala, dan itu sangat gak nyaman.

Sertifikasi keselamatan

Pilih helm yang sudah memenuhi standar keselamatan, seperti sertifikasi DOT, ECE, atau Snell. Sertifikasi ini menjamin perlindungan yang maksimal.

Jenis helm

Sesuaikan jenis helm dengan kebutuhan berkendara Anda.

Helm full-face atau cakil memberikan perlindungan penuh sampai ke mulut, sementara helm half-face atau setengah wajah lebih mudah dipakainya.

Atau sekarang helm full face yang diubah ke hal face juga ada.

Ventilasi yang Baik

Pastikan helm dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik agar kepala tak gerah.

Material dan bobot

Pilih helm dengan material ringan dan tahan lama, seperti fiberglass atau polikarbonat. Helm ringan lebih mudah dipakai, namun kalau kaca dibuka jadinya mau kabur tuh helm.

Sedangkan helm yang agak berat, lebih anteb dan memberikan kenyamanan ekstra dan kabur saat dipakai.

Ingatlah untuk selalu mencoba helm sebelum membeli dan memperhatikan detail-detail tersebut untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan optimal.

helm-pria

Nah, setelah dapat salah satunya, selanjutnya tinggal cara membungkus kadonya. Entah itu bentuk baju kemeja, kotak, atau mungkin bentuk permen.

Memilih kado untuk suami yang bermanfaat memang agak jeli sedikit agar hadiah yang diberikan bermanfaat dan suami senang menerimanya.

Maka pastikan untuk membaca tips memilih kadonya agar hadiah yang diberikan benar-benar bermanfaat untuknya.

Bagikan biar yang lain tahu