Photo by Nina Mercado on Unsplash

Hai guys, saat berkunjung ke tempat saudara, teman, atau tetangga yang baru saja melahirkan, seringkali kita membawa buah tangan atau kado bagi sang ibu atau bayinya.

Kalau di kampung saya, istilah mengunjungi orang yang sedang melahirkan dinamakan muyi.

Dan untuk orang terdekat seperti saudara, mereka membawa bahan makanan mentah selain angpao. Kalau di kota-kota, adakah tradisi seperti ini?

Untuk anak muda yang merupakan teman, kerabat, atau saudara, biasanya mereka memberikan kado atau bingkisan. Nah, kado untuk ibu melahirkan itu bisa berupa apa saja sih?

Sebenarnya memberikan kado amplop putih bisa saja sih karena pasti lebih lebih butuh. Namun kado dalam bentuk barang akan lebih bermanfaat karena pastinya akan terpakai.

Berikut 10 ide kado kado untuk ibu melahirkan yang bisa kalian pilih. Namun kado di bawah bisa juga untuk kado ibu hamil juga lho.

1. Perlengkapan pakaian bayi

Dulu pas istri saya kasih kado ke saudara yang baru lahiran, kadonya berupa perlengkapan pakaian bayi yang berisi tas bayi, selimut bayi, dan gendongan bayi.

Tas ini bisa dipakai untuk wadah bedak, baby oil, dsb. Untuk selimutnya cukup tebal sehingga bayi akan terasa lebih hangat.
Selain itu dulu juga pernah ngado pakaian bayi perempuan. Isinya 5 pcs baju.

2. Alat pompa asi

Alat pompa ASI bisa jadi pilihan kado untuk ibu melahirkan. Barangkali alat ini dibutuhkan karena suatu hal.

Semisal seorang ibu belum dapat menyusui dengan baik, atau karena harus berpisah dengan bayi sementara waktu.

Tips :

Pilih pompa manual atau elektrik?

Pilih alat pompa ASI manual jika frekuensi pemompaan jarang atau hanya sekali dua kali. Pompa ASI manual juga ringan dan mudah dibawa kemana-mana, dan tidak berisik layaknya pompa elektrik.

Baca Juga : 20 Ide Kado Untuk Suami yang Sederhana Tapi Berkesan & Bermanfaat

Namun jika pemompaan sering, maka bisa pakai pompa elektrik. Pompa elektrik juga lebih mudah digunakan dan tak memakan waktu, serta pengoperasian yang mudah.

Perhatikan ukuran botol ASI-nya

Botol pompa asi umumnya sama dengan ukuran botol susu bayi, berkisar antara 120-160 ml. Namun buat yang memiliki ASI banyak, memilih ukuran yang lebih besar bisa dipertimbangkan. Walaupun sekarang banyak dijual kantong wadah ASI.

Portabilitas dan Kebersihan

Pilih alat pompa ASI yang mudah dibawa, ringan, dan mudah dibersihkan. Bahkan yang tak perlu pakai air panas. Hal ini memudahkan terutama ketika berada di luar rumah.

Pilih yang berbahan lembut

Saat memilih alat pompa ASI, pilihlah material yang lembut karena corong ASI akan bersentuhan dengan kulit dan puting.

Jika kulit sensitif, maka corong dengan bahan lembut seperti silikon perlu diperhatikan karena ada beberapa produk pompa ASI menggunakan bahan plastik.

alat-pompa-asi

3. Bantal menyusui

Saat menyusui, biasanya ibu akan memegang bayi dengan tangan dan jika kelamaan maka tangan akan terasa pegal. Beda lagi jika menggunakan bantal menyusui berbentuk huruf C atau bulan sabit.

Bantal ini dikalungkan di perut ibu dan sang bayi akan diletakkan diatas bantal. Untuk senderan kepala bayi, bantal ini juga dilengkapi bantal bayi dimana bantal ini dikalungkan dilengan ibu agar lebih mudah.

Selain itu, bantal bayi ini pun dapat bisa digunakan untuk melatih bayi saat akan belajar duduk. Jadi, menghadiahkan bantal bayi ini sebagai kado pun jadi pilihan tepat.

bantal-menyusui

Tips :

Utamakan bantal berbentuk huruf “U”

Bantal bentuk huruf U dapat berfungsi menopang pinggang ibu dan menjadi alas bagi bayi saat menyusui. Saat hamil, seorang ibu disarankan untuk tidur miring ke kiri agar aliran oksigen untuk bayi berjalan dengan lancar.

Bantal huruf U ini dapat berfungsi menyangga punggung dan perut ibu dengan lebih nyaman sehingga kualitas tidur pun jadi lebih baik.

Baca Juga : Dibawah 50rb, Ini 10 Rekomendasi Kado Untuk Sahabat Perempuan, Murah tapi Berkesan

Pilih bantal bentuk huruf C jika ingin dijadikan tempat tidur bayi

Bantal huruf C memiliki lekuk di tengahnya dan desain menyesuaikan lekuk punggung bayi saat berada dalam kandungan. Lekukan ini dapat digunakan sebagai tempat tidur bayi untuk sementara waktu.

Pilih bantal yang mudah dicuci

Biasanya terdapat resleting di bantal ini sehingga isi bantal dapat dikeluarkan dan dicuci bersih. Video berikut bisa jadi referensi.

4. Korset melahirkan

Menghadiahkan korset cukup penting untuk ibu pasca melahirkan. Pasalnya korset adalah alat untuk mengurangi rasa nyeri pada ibu pasca melahirkan dan agar perut tak terlalu menggelambir. Terutama untuk mereka yang habis operasi sesar.

korset

Tips :

Pilihlah yang dari bahan bambu elastis sehingga gak gatal dan gak gerah. Berikan kado antara 1-2 minggu setelah melahirkan.

Karena setelah 6 minggu atau atau setelah selesai nifas, rahim sudah mengecil lagi seperti sebelum melahirkan. Sehingga korset tak diperlukan lagi. Video berikut bisa jadi acuan.

5. Baju menyusui

Setelah melahirkan, tentunya seorang ibu akan menyusui bayinya kapanpun dimanapun saat bayi sedang haus dan ingin minum ASI.

Makannya, di tempat-tempat tertentu seringkali ada ruang laktasi atau ruang menyusui.

Nah, saat sedang terpojok semisal di tempat umum dan harus menyusui, membuka baju tentu malu dong.

Solusinya yaitu dengan baju menyusui yang tinggal buka saja bagian sampingnya langsung bisa menyusui, namun payudara tak terlihat.

Lubang baju ini ada di sebelah kanan dan kiri sehingga saat menyusui bisa dalam keadaan tertutup.

Baca Juga : Couple-an, Ini 7 Ide Kado Pernikahan Murah Dibawah 50 Ribu Terbaik 2024

Tips

– Pilih baju menyusui yang berbagan kain katun karena lembut dan dingin dan gak bikin gerah.

– Pilih yang lubangnya cukup tersembunyi, jadi lubangnya ada dibagian dalam dan luarnya ada kain penutupnya.

– Pilih yang couplean dengan ayah dan anak jika ingin kembaran. Dan jika ingin lebih fashioable, bisa pilih yang modelnya lebih keren. Karena sekarang udah gak zaman menyusui pakai daster doang.

korset-ibu-melahirkan

6. Popok bayi

Popok bayi adalah benda penting yang harus dimiliki saat ibu melahirkan. Popok ini berfungsi sebagai celana yang akan menahan kotoran dan urine bayi.

Saat masih bayi, belum memungkin menggunakan celana, dan popok adalah penggantinya. Jadi, menghadiahkan popok bayi ajuga direkomendasikan karena dibutuhkan.

Tips :

– Pilih popok yang ukurannya sesuai dengan berat badan bayi. Jangan kebesaran atau kekecilan karena tentu tidak nyaman dipakai. Kekecilan bisa membuat iritasi, dan kebesaran membuat cairan tidak terserap sempurna.

– Pilih jenis popok bayi. Popok bayi memiliki dua jenis yaitu popok kain dan popok sekali pakai yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Popok kain memang lebih ramah lingkungan namun karena bisa dicuci dan dipakai ulang. Sayangnya popok ini kurang efektif menyerap cairan dan kotoran sehingga ibu harus sering mengecek agar tak terjadi iritasi atau ruam pada bayi.

Sebaliknya, popok sekali pakai bisa lebih efektif menyerap pipis dan kotoran bayi sehingga kulit lebih kering dan minim terjadi iritasi atau ruam. Namun ya itu, tidak ramah lingkungan dan harganya cukup mahal dan harus membelinya berulangkali.

– Pilih popok dengan kemampuan menyerap yang baik. Biasanya terdapat indikator kebasahan sehingga moms bisa tahu waktu yang tepat untuk menggantinya. Kemampuan menyerap penting diketahui agar tak terjadi iritasi pada kulit bayi.

popok-bayi

7. Gendongan bayi

Gendongan bayi adalah barang penting yang harus dimiliki seorang ibu. Karena pastinya ibu akan menggendong bayinya nanti.

Maka menghadiahkan gendongan bayi adalah pilihan tepat. Saat ini ada banyak gendongan bayi yang bisa dipilih.

Tips :

Perhatikan usia, berat, dan milestone anak

Kita harus tahu dulu subjeknya seperti apa. Maksudnya terkait berat badan bayi, perkembangannya sudah sampai mana, dsb.

Karena kan ada gendongan yang digunakan untuk bayi baru lahir, untuk bayi prematur, tapi ada juga gendongan usia 3 bulan atau lebih, atau ada juga gendongan untuk bayi yang perkembangannya sudah sampai tahap tertentu. Misalnya karena udah bisa duduk

Pilih yang bebannya di satu bahu atau dua bahu?

Ada gendongan yang bebannya di satu bahu atau dua bahu. Yang satu bahu tentu akan terasa lebih capek tapi sederhana dan mudah cara pakainya.

sedangkan yang dua bahu akan lebih nyaman karena beban ada di dua bahu, namun agak sedikit ribet cara pakainya.

Siapa yang akan banyak menggendong nanti?

Jika semisal yang banyak menggendong orang tua yang gak suka ribet, pilih gendongan dan mudah dipakai.

Gendongan satu bahu mungkin lebih mudah digunakan ketimbang yang dua bahu. Jika itu anak muda, maka gendongan dua bahu bisa jadi pilihan. Tapi tanyakan dulu pada keduanya.

8. Stroller bayi

Mengajak bayi jalan-jalan akan lebih mudah dengan stroller bayi. Ibu tak perlu menggendong karena sudah ada kereta dorong stroller ini. Dengan stroller, tentu gak bikin capek dong.

Stroller ini bisa jadi hadiah kado ibu melahirkan karena pastinya akan bermanfaat nantinya untuk mengajak bayi jalan-jalan agar tak rewel dan bayi pun jadi lebih senang.

Baca Juga : 20 Ide Kado Harga 20 Ribu Unisex Terbaik 2024

Tips :

– Pilihlah stroller bayi yang nyaman, aman, praktis, tempat tidurnya bisa buat sandaran.

– Pilih yang bisa dilipet lagi dan bisa masuk mobil atau bagasi. Sehingga mudah dibawa kemana-mana.

– Bahannya kasurnya lembut, tidak keras, dan gak bikin gerah. Sehingga bayi tetap nyaman.

– Kerangka stroller harus kokoh, kuat, rodanya stabil, dan bisa reversible. Reversible berarti pegangannya bisa dikedepankan dan ibu bisa mendorong bayinya dari depan.

– Cek kapasitasnya. Misal untuk yang 15kg bisa untuk anak usia 2-3 tahun. Tapi ada juga yang kapasitasnya sampai 60kg.

– Cek kanopinya apakah benar-benar menutupi tubuh bayi. Kanopinya juga ada yang waterproof, water resistant, dan juga ada jaring transparan sehingga bisa melihat bayi ke dalam.

– Cek bagasinya, apakah muat banyak atau tidak. Karena kebutuhan bayi kan banyak banget.

stroller-bayi

9. Bak mandi bayi

Bak mandi bayi cukup penting keberadaannya karena usia bayi yang baru lahir daya tahan tubuhnya masih cukup lemah. Sehingga tak cocok dimandikan di tempat mandi orang dewasa.

Bak mandi bayi juga memiliki kontur dan bentuk khusus yang dirancang agar bayi nyaman duduk saat mandi. Kiranya menghadiahkan kado untuk ibu melahirkan berupa bak mandi bayi ini adalah pilihat tepat.

Tips

– Pilih bak mandi bayi yang bisa dilipat agar tak makan tempat. Ini cocok untuk mereka yang punya ruangan sempit. Tipe lipat ini bukan hanya yang dipompa atau model gembung, tapi yang gak dipompa pun ada.

– Pilih bak mandi bayi model ember. Ini cocok untuk bayi yang lehernya sudah kuat dan bisa duduk sendiri, sehingga saat mandi dia bisa bermain-main sendiri.

– Untuk bak mandi bayi model gembung, baiknya terdapat lubang sumbat di bawahnya agar setelah mandi air bisa dibuang dengan mudah tanpa perlu memiringkannya.

Apalagi jika airnya banyak, tentu sulit memiringkannya. Jika salah melakukannya, bisa rusak malahan.

bak-mandi-bayi

10. Baby bouncer

Memiliki bouncer di rumah tentu bermanfaat. Karena selain dapat menimang bayi atau untuk mengantarkannya tidur, bouncer bayi juga menjadi hiburan untuk bayi yang sedang rewel atau bosan, sementara ibunya harus melakukan pekerjaan lain. Maka menghadiahkan bouncer bayi adalah pilihan tepat.

Tips

– Ketahui dulu jenis bouncer bayi yang bisa dibedakan dari kursinya, apakah yang bisa diayunkan atau digoyangkan, atau keduanya.

– Pilih yang kursinya kokoh dan awet, sehingga dapat menahan berat badan bayi walau bagaimanapun posisinya.

– Memastikan fitur keamanan. Misalnya untuk sabuk pengaman bisa mengunci bagian tubuh bayi yaitu selangakan dan pinggang. Bahkan ada juga baby bouncer yang sabuk pengamannya ada di bagian bahu.

– Pilih yang ada kanopinya biar gak terlalu silau, misal kena lampu atau sinar matahari

– Pilih yang tempat tidurnya bisa dilepas sehingga mudah dicuci dan dibersihkan.

baby-bouncer

Setelah kado didapat, mungkin kalian berpikir untuk membungkusnya jika itu kadonya berukuran kecil.

Jika berukuran besar mungkin bisa langsung mengantarkannya. Cara membungkus kado uniknya juga bisa kalian baca di sini.

Memberikan kado untuk ibu baru melahirkan memang agak jeli sedikit agar barang yang kita pilih tidak salah dan sesuai kebutuhan.

Jangan sampai terjadi, sudah keluar biaya mahal-mahal, tapi karena kurang teliti, akhirnya barang yang dipilih gak cocok. Sayang kan jadinya?

Bagikan biar yang lain tahu