Moment akhir tahun seperti hari raya natal, tahun baru, atau perayaan akhir tahun kerja, kadang dijadikan moment tepat untuk bertukar kado antar sesama teman atau sahabat.

Hal ini dilakukan untuk seru-seruan aja, atau sebagai achievement bahwa mereka berhasil bertahan sampai akhir tahun di tempat kerja mereka.

Dan tukar kado bisa jadi moment tak terlupakan saat merayakan hari istimewa tersebut.

Benda yang menjadi kado tidak harus mahal ko, seperti tas susun plastik atau senter. Yang penting bermanfaat dan penerima merasa senang walaupun hanya kado harga 20 ribu an saja.

Namun terkadang orang bingung, pilih kado apa ya yang cocok untuk merayakan moment ini? Dan untuk itulah artikel ini dibuat.

Untuk tips memilih kadonya tidak saya buatkan di sini karena sudah ada di artikel rekomendasi kado untuk sahabat perempuan dan rekomendasi kado pernikahan murah di bawah 50 ribu.

Walaupun beda artikel, tapi tipsnya kurang lebih sama ko. Sedangkan untuk cara membungkus kado uniknya, juga sudah saya buatkan. Silahkan dibaca. 

Dan berikut adalah ide tukar kado 20 ribu yang bisa anda pilih :

1. Tas susun plastik

Tas susun plastik ini bisa jadi Kado harga 20 ribuan terbaik karena manfaatnya untuk menaruh barang-barang printilan kecil seperti charger, dompet, obat-obatan, casing hp, kosmetik, tongsis, dsb, yang seringkali bikin berantakan rumah.

Rumahku yang berantakan seketika rapi kembali karena barang-barang ditaruh di sini yang ditempelkan di tembok. Saya beli dua buah isi 9 kotak susun sekaligus.

Kalau gak salah dulu harganya 28 ribu per buah dan setiap wadahnya tidak terlalu besar. Yang lebih besar harganya sekitar 30 ribuan dan muat lebih banyak.

Memberikan kado ini ke teman atau sahabat pasti akan terasa senang karena manfaatnya.

2. Tong sampah kecil

Saat di ruang kerja atau kamar tidur, seringkali ada kantong kresek berisi sampah. Apalagi buat yang tak merokok karena bisanya malah ngemilnya banyak. iya enggak?

Dan bagi sebagian orang seperti saya, hal ini kurang bagus karena mengganggu pemandangan. Adanya tong sampah mini ini bisa membuat kamar terlihat bersih dan rapi dan mengurangi kantong plastik.

Sampah kecil seperti robekan kertas atau bungkus makanan bisa dimasukkan ke tempat ini tanpa harus menggunakan plastik.

tempat-sampah-kecil

3. Tumbler minum

Penggunaan tumbler saat ini sudah jadi hal umum cewe atau cowo pria untuk bekal kerja atau ke sekolah.

Memakai tumbler warna gradasi ini juga mendukung gerakan ramah lingkungan karena lebih memilih refill ketimbang membeli minumal botolan yang seringkali botolnya menjadi sampah.

Tumbler yang pada botolnya memiliki penanda waktu yang setiap 2 jam kudu minum, sehingga menjadikan kita rutin minum air putih dan terhindar dari dehidrasi.

tumbler-minum

4. Jam dinding unik

Jam dinding adalah benda wajib yang harus ada di rumah. Saat kita bertamu ke rumah orang, kita seringkali menanyakan jam berapa sekarang dan melihat jam dinding. Iya enggak sih?

Walaupun sederhana, tapi jam dinding ini krusial keberadaannya. Dan malah sebaiknya jam dinding ini tidak hanya ada di ruang tamu, tapi di kamar pun harus ada agar bisa bangun pagi tepat waktu.

Jam di hp memang ada, tapi males ah buka-buka hape cuma untuk melihat jam doang. Kalau ada jam dinding di tembok kan tinggal nengok doang.

Jam dinding jaman sekarang juga modelnya banyak banget, dari yang biasa sampai yang etnik atau modern pun banyak. Untuk model ini cukup unik dan vintage, dan cocok untuk mempercantik dekorasi ruangan.

Baca Juga : 20 Ide Kado Untuk Suami yang Sederhana Tapi Berkesan & Bermanfaat

jam-dinding-unik

5. Sarung tangan cuci piring latex

Buat kalian yang sering bekerja di dapur seperti mencuci piring, menggunakan sarung tangan membuat tangan tetap kering dan bersih.

Tangan juga tidak akan terkelupas atau mengkerut biru karena kelamaan terkena air dan sabun.

Jika aktivitas mencuci hanya sebentar saja mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika sampai berjam-jam atau kalian memang bekerja di bagian dapur dan tangan selalu bersentuhan dengan air atau benda lembab lainnya?

Menggunakan sarung tangan latex ini penting agar tangan tetap kering dan bersih. Ukurannya yang cukup panjang membuat air tidak masuk ke tangan, menurut testimoni di akunnya. 

Selain mencuci piring, sarung tangan ini juga bisa dipakai untuk berkebun, saat mengepel, bekerja di peternakan, hotel, bahkan ada yang pakai buat nyupir. 

6. Hiasan dinding dengan quote syarat makna

Hiasan dinding berukuran 20×30 cm bertuliskan quote penuh makna juga bisa dijadikan hadiah tukar kado 20 ribu an.

Kalimat motivasi tersebut dapat menjadi penyemangat menjalani hidup kedepannya. Saat sedang bete, melihat ke arah dinding maka semangat akan terpompa lagi. 

Selain sebagai motivasi, hiasan dinding juga dapat memperindah ruangan. Apalagi terbuat dari kayu atau bahan ber aksen kayu.

7. Vas bunga cantik

Selain hiasan dinding, vas bunga cantik dengan bentuk estetik juga bisa jadi ide tukar kado 20 ribu an untuk diberikan ke teman atau sahabat.

Bunga indah yang cantik akan semakin menarik jika ditaruh di vas bunga yang cantik dan dapat memperindah ruangan. 

Bentuknya yang transparan membuat akar tanaman akan terlihat dan semakin estetik ketimbang vas non transparan. 

 

vas-bunga-kaca

8. Keset cendol

Walapun hanya sebuah keset, tentu saja ini bermanfaat karena membuat ruangan tetap kering dan bersih.

Keset cendol ukuran 40cm x60cm ini punya saya resap yang tinggi dan juga anti slip, yang bisa ditaruh di kamar mandi atau kamar yang dekat tempat basah supaya kamar tetap kering.

Teksturnya mbrindil-mbrindil seperti cendol yang dengan berbagai warna menarik dan hanya 20 ribuan saja. 

9. Kotak wadah kosmetik

Kosmetik yang hanya tergeletak di meja membuat meja jadi berantakan dan merusak pemandangan.

Solusinya adalah dengan kotak wadah kosmetik agar kosmetik tertata rapi dan tak berantakan.

Pelembab atau lipstik bisa ditaruh di tempat khususnya sehingga lebih aman ketimbang ditaruh seadanya. 

Terdapat tiga laci dibawahnya. Jadi bisa dipisahkan antara perawatan wajah, rambut, badan, dan sebagainya. 

 

kotak-kosmetik

10. Tempat tisu estetik

Tisu yang hanya terbungkus wadahnya saja terkadang lebih mudah tercecer terlempar kesana kemari.

Dengan wadah tisu khsusus, tisu akan lebih aman, tak mudah tercecer, dan tentu saja mudah diambilnya.

Saya sendiri juga punya di rumah yang didapat dari hasil menang lomba blog dulu. Dan barangnya cukup menarik sih, jahitannya rapi dan etnik banget. 

Yang menarik dari produk ini yaitu karena ada holder shamrtphonenya, jadi bisa buat naruh smartphone. Dan yang pasti mengambil tisu jadi lebih mudah.

wadah-tisu-kayu

11. Tas gantung wadah peralatan mandi

Kemarin pas ke Jakarta, seorang teman membawa peralatan mandi yang ditaruh di wadah khusus dan terlihat rapi.

Saat bepergian, biasanya saya hanya menaruhnya di plastik saja, sehingga kurang rapi dan kadang pada penyok sabun atau odolnya. Akhirnya tercecer deh.

Dengan wadah khusus seperti ini, peralatan mandi atau kosmetik saat bepergian jadi lebih tertata rapi dan tidak tercecer. Dan untuk produk ini, ia anti air. 

tas-sabun

12. Tempat sendok dan garpu

Sendok dan garpu yang bertumpuk dan berjejal begitu saja dapat beresiko karatan.

Ya soalnya kadang sendok yang dipakai cuma itu-itu saja, yang lain gak kepakai dan gak tercuci karena menatanya tidak rapi.

Dengan tempat sendok dan garpu seperti ini, sendok tertata rapi dan bisa kepakai semua, sehingga terhindar dari karat karena semua terpakai dan tercuci.

Apalagi untuk model di bawah ini cukup keren dan elegan. Dan bisa sebagai peniris air, sehingga alat makan cepat kering.

 Baca Juga : 10 Ide Kado Untuk Ibu Melahirkan Terbaik 2024

13. Wadah bumbu dapur

Wadaah bumbu dapur juga bisa jadi ide kado harga 20 ribu an karena manfaatnya.

Bumbu dapur seperti merica, kemiri, ketumbar, pala, cengkeh, kapulaga, garam, mecin, bisa ditaruh di wadah sendiri sehingga tidak tertukar. 

Wadah bumbu ini sudah kedap udara dan terdapat sendok bumbunya, sehingga tak perlu pakai sendok lain. Warnanya yang transparan juga memudahkan terlihat itu jenis bumbu apa. 

15. Gunting tanaman

Buat yang punya kebun atau pagar tanaman di rumah, menghadiahkan gunting tanaman tentu bermanfaat untuknya agar tanaman selalu rapi.

Saat pucuk tanaman sudah tumbuh tinggi, bisa dipotong dengan gunting sehingga terlihat rapi dan menarik. 

Gunting ini terbuat dari besi berkualitas yang tajam, dan bagiannya pegangannya terbuat dari karet, sehingga lebih mudah menggenggamnya. 

gunting-tanaman

16. Kotak makan

Kotak makan juga bisa jadi inspirasi kado 20 ribuan karena manfaatnya. Kotak makan ini bisa jadi tempat makan untuk bekal makan siang saat ke sekolah atau bekerja.

Saran saya, pilihlah yang bentuknya kotak karena lebih mudah tertata tidak terlalu makan tempat, ketimbang yang bulat atau bentuk rounded lainnya.

Saya punya yang bentuk love di rumah, tapi saat dimasukkan tas jadi makan tempat. Memiliki kotak makan juga sebagai bentuk peduli lingkungan karena mengurangi sampah di luar.

kotak-makan

17. Tanaman hias meja

Tanaman hias meja bisa jadi referensi kado 20 ribuan karena manfaatnya untuk menghias dan memperindah ruangan, dan juga menyerap polusi negatif untuk tanaman tertentu seperti lidah mertua misalnya.

Meja kerja atau meja belajar akan lebih menarik dengan adanya tanaman hias ini. Tidak harus yang menyerap polusi, tanaman lain seperti kaktus atau anthurium juga bisa jadi pilihan.

lidah-mertua

18. Rak dinding

Selain vas bunga atau tanaman hias, rak dinding juga bisa menambah estetika ruangan selain manfaatnya untuk menaruh barang-barang.

Rak dinding yang terdapat gantungan, bisa dipakai untuk untuk menggantung baju, dan diatasnya bisa untuk menaruh buku atau vas bunga.

rak-gantung

19. Tas slempang

Tas slempang juga bisa jadi ide kado harga 20 ribuan karena manfaatnya untuk menaruh barang-barang seperti dompet atau uang. Saat bepergian, kita bisa menaruh benda-benda tersebut di tas kecil ini. 

Untuk tas slempang di bawah ini cukup bagus dengan harga 20ribuan saja dan desainnya cukup menarik. Menghadiahkan tas ini, penerima pasti akan merasa senang. 

 

tas-slempang.

20. Vacuum cleaner keyboard laptop

Vaccum cleaner keyboard laptop bisa dijadikan pilihan kado harga 20 ribu untuk temanmu.

Dengan alat ini, kita bisa menyedot debu yang ada di keyboard laptop karena dapat menggangggu kesehatan laptop.

Karena kalau di lap atau di semprot angin, hanya kabur saja dan bisa kembali lagi. Dengan vaccum keyboard ini, debu akan terhisap sehingga tak kembali lagi.

vacuum-laptop

Menghadiahkan kado pada teman atau sahabat memang tak harus mahal baik untuk cewe dan cowo. Kado harga 20 ribuan saja sudah cocok yang penting bermanfaat.

Jadi tak perlu bingung mencari kado murah tapi bermanfaat karena banyak tersedia di pasaran.

Bagikan biar yang lain tahu