Meskipun sudah memiliki ponsel dengan kapasitas baterai super besar, kadang baterai ponsel tidak cukup untuk kita pakai seharian saat harus aktif memakai ponsel. Apalagi saat semua serba daring, baterai ponsel menjadi lebih cepat habis untuk dipakai meeting, belajar, atau untuk bermain game dan menonton video. Karena itu, memiliki powerbank saat ini sudah pasti memiliki banyak keuntungan. Perangkat berukuran mini yang dapat mengisi daya baterai ponsel ini juga biasanya hadir dengan harga terjangkau. Sebelum menentukan apakah Anda perlu memiliki powerbank atau tidak, coba simak dulu 3 keuntungan memiliki powerbank berikut ini.

1. Dapat Mengisi Daya Ponsel Di manapun

Powerbank akan sangat berguna saat Anda sedang bepergian. Saat harus seharian di perjalanan atau saat lupa mengisi daya baterai ponsel juga tidak masalah jika Anda memiliki powerbank. Anda dapat memakai powerbank di mana pun. Saat sedang naik kereta atau bus umum, saat sedang jalan-jalan di mall, atau saat sedang mengendarai motor seharian.

Tidak hanya saat berada di luar rumah, memakai powerbank saat berada di dalam rumah pun membuat Anda dapat lebih leluasa mengisi daya baterai ponsel tanpa harus repot dengan kabel. Anda pun dapat selalu terhubung dengan ponsel saat sedang memasak di dapur atau sedang berkebun, tanpa harus memikirkan kabel untuk mengisi daya.

Dengan memakai powerbank, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai ponsel, karena mengisi daya ponsel dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Anda akan dapat selalu terhubung dengan keluarga dan kantor. Pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, dan semua urusan yang memerlukan komunikasi pun menjadi lebih lancar.

Powerbank juga memiliki bermacam-macam pilihan dan ukuran. Jadi Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saat memerlukan powerbank yang praktis untuk dibawa bepergian, Anda dapat memilih model yang lebih ringan dan dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Sangat Membantu Saat Kondisi Darurat

Kita tidak pernah tahu situasi darurat apa yang dapat kita alami. Misalnya saat listrik mengalami pemadaman sehingga kita tidak dapat menngisi daya ponsel. Memiliki powerbank tentunya akan sangat membantu pada kondisi seperti ini. Atau saat Anda berada dalam situasi yang tidak diinginkan, misalnya saat terjadi kecelakaan dan Anda memerlukan pertolongan segera dengan menghubungi seseorang lewat telepon.

Atau saat Anda tersesat saat bepergian dan perlu mengakses peta lewat ponsel atau menghubungi teman atau saudara Anda. Jangan sampai pada kondisi darurat seperti ini Anda mengalami kesulitan karena baterai smartphone Anda habis. Powerbank akan dapat menyelamatkan Anda pada situasi darurat sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel.

3. Multifungsi, Dapat Digunakan Pada Perangkat Lain

Powerbank tidak hanya dapat digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel saja, tetapi juga dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang baterai atau sebagai sumber daya untuk perangkat lainnya. Jika Anda perhatikan, biasanya saat membeli powerbank Anda akan mendapat beberapa model sambungan kabel, diantaranya adalah sambungan kabel USB. Jadi, Anda dapat memakai powerbank untuk mengisi daya perangkat lain yang memiliki sambungan kabel USB, misalnya laptop. Pada kondisi darurat, Anda dapat memakai powerbank untuk mengisi daya baterai laptop Anda.

Berbagai alat elektronik yang memakai sumber daya listrik dengan sambungan USB juga dapat dinyalakan dengan powerbank. Misalnya kipas angin kecil atau lampu emergency yang memiliki sambungan USB. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat saat listrik padam.

Beberapa alat lain yang menggunakan kabel USB sebagai sumber daya juga dapat dinyalakan dengan powerbank. Misalnya kulkas mini, speaker bluetooth, air humidifier kecil, dan sebagainya. Saat ini banyak sekali alat-alat yang berguna bagi rumah tangga yang memakai kabel USB untuk sambungan daya. Alat-alat ini dapat Anda gunakan dengan sumber daya powerbank. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi saat mengalami pemadaman listrik di rumah. Powerbank dapat menjadi penyelamat Anda. 

Baca Juga 

Smart TV Coocaa UB5500 & UB7500 – Menonton TV Tak Pernah Seseru Ini

Itulah beberapa keuntungan jika Anda memiliki powerbank. Powerbank juga dapat Anda temukan dengan mudah dan memiliki berbagai variasi kapasitas, model, dan harga. Anda dapat memilih powerbank yang sesuai dengan kebutuhan, selera, dan budget Anda.