Duerr…… rasa hati ini begitu menggelegar saat tahu hari itu adalah pertama kalinya dapat uang dari blog. Waktu pengumuman itu, saya lagi di bus untuk mudik lebaran. Saat masih di kerjaan, saya memang mengikuti lomba blog yang saya kerjakan lewat warnet yang jauh banget disana, dengan curi-curi waktu tidur dan memanfaatkan waktu istirahat kerja. Mana ke warnetnya jalan kaki pula. Karena penasaran, saya cek artikelnya. Lah ko ada teman kasih komentar selamat. Rasanya itu lho, ambyar banget.

Bagi saya saat itu, menang lomba blog seperti kemustahilan. Karena berkali-kali ikut tapi belum menang juga. Namun karena saya terus berusaha, akhirnya menang juga. Rasanya seperti menang undian semilyar huhuhu #lebay.

Saya sampai senyum-senyum terharu karena saking bungahnya hati kala itu. Sesuatu yang seperti mustahil, bisa saya dapatkan setelah berjuang keras. Hingga akhirnya, saya jadi ketagihan untuk ikut lomba blog lainnya. Dan sudah terbiasa kalah.

Ya, lomba blog adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang saya lakukan hingga saat ini. Karena tentunya ada banyak cara lain dengan memanfaatkan blog untuk menghasilkan pendapatan.

Nah, pada kali ini, saya ingin sedikit sharing langkah-langkah cara mendapatkan penghasilan lewat (blog) sesuai pengalaman pribadi.

1. Membuat blog

Pertama-tama, tentu kalian harus memiliki blog dulu dong ya. Gampang banget ko. Dan saya yakin kalau kalian sudah punya akun gmail masing-masing sebagai syarat untuk membuat blognya. Gak perlu bayar ko karena platform blog yang gratis pun ada dan banyak. Seperti medium, wix, blogspot, wordpress, kompasiana, dsb. Namun sesuai pengalaman pribadi, kita pakai blogspot saja ya. Untuk langkah-langkahnya bisa lihat pada gambar dibawah ini.

2. Konsisten menulis artikel organik berkualitas agar brand tertarik dengan blog kita

Setelah blog jadi, langkah berikutnya adalah proses ngeblog yang sebenarnya. Yaitu menulis artikel organik berkualitas. Brand atau pemilik produk senang dengan blog yang kebanyakan artikelnya organik (konten murni), bukan tulisan iklan. Karena layaknya audiens pada umumnya, tentu orang kurang tertarik bahkan malas dengan sebuah media yang isinya iklan. Misal saat kita nonton TV, tentu bikin sebel dong jika isinya iklan terus. Nah, begitu juga blog. Jika blogmu banyak berisi artikel organik berkualitas, tentu pengunjung akan tertarik membaca artikelmu. Tidak perlu paham seo. Karena bakal ada pembaca masing-masing untuk setiap tulisan. Percayalah. Tulisan bermanfaat semisal seperti tips atau review, tentu bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencarinya. Buat artikelmu sebaik mungkin agar semakin banyak brand tertarik bekerjasama dengan blogmu.

3. Ubah domain blogmu ke TLD

Setelah blogmu jadi, saatnya ubah ke TLD tau Top Level Domain. TLD yang dimaksud yaitu dengan ekstensi .com, .net, .id, my.id, .xyz, dan sebagainya. Karena blog yang masih menggunakan subdomain bawaan seperti .blospot.com atau .wordpress.com, pemilik brand kurang atau bahkan tidak tertarik karena kesannya kurang proffesional dan berpengaruh di mesin pencari.

4. Gabung dengan komunitas blogger dan bangun networking

Ya, semakin banyak teman semakin banyak rejeki. Dengan bergabung dan menjalin kontak dengan sesama blogger, kita bisa saling bertukar pikiran, ide, tips, pengalaman, blogwalking, bahkan bagi-bagi kerjaan. Kalian bisa melakukannya lewat media sosial atau bahkan lewat chat WA. Intinya, semakin banyak networking kita, semakin banyak pengalaman yang kita dapat.

Oiya, komunitas blogger juga banyak tersebar di facebook, instagram, twitter, dll. Klik saja “blogger” di kolom pencarian. Karena di situ ada banyak sekali grup blogger dan kalian bisa saling bertutur sapa dan terhubung satu sama lain. Bahkan ada juga grup facebook yang khusus berbagi kerjaan untuk blogger.

5. Buat portofoliomu

Agar brand tertarik dengan blogmu, kamu bisa membuat portofolio dan pasang di blog. Baik itu lewat artikel langsung ataupun lewat desain banner (media kit). Untuk konten portofolionya, kamu bisa tuliskan mengenai keahlianmu, baik hard skill atau soft skill, prestasi yang pernah diraih (misal menang lomba blog atau seo), performa blog, pengalaman kerja, dan sebagainya. Semakin berbobot portofliomu, semakin menarik di mata brand. Tapi jangan lupa update setiap 6 bulan sekali sesuai perkembangan dan potensi blog serta skillmu. Untuk saya sendiri pun sudah melakukannya. Ini contoh punya saya.

Contoh portofolio dalam media kit

Prestasi Amir Mahmud Kang Amir

.Tapi saya gak bisa desain grafis, gimana ?

Seperti di atas saya tuliskan, pakai artikel saja tidak masalah. Atau pakai editing gratis seperti canva juga bisa karena tinggal pakai saja.

Setelah semua langkah di atas dilakukan, teruslah isi blogmu dengan konten berkualitas. Ingat ya, konten nomor satu. Orang akan betah jika blogmu kontennya bagus. Nanti klien akan datang sendiri.

Saya sudah banyak nulis artikel organik, tapi klien belum datang juga. Bagaimana ?

Coba belajar lagi tentang dunia blog. Semisal spam itu apa? DA PA itu apa? Google Anaytics itu apa? Dan sebagainya. Karena ngeblog beda dengan menulis buku. Ada algoritma tersendiri di dunia blogger. Caranya bisa dengan banyak membaca artikel terkait atau cuap-cuap dengan blogger lain agar bisa saling belajar. Nanti jika blogmu bagus, maka klien akan berdatangan.

Tapi selain cara diatas, tentu ada banyak opsi lain mencari penghasilan di blog. Misal dengan jualan produk, affiliasi, atau pun lewat jalan ninja yaitu situs influencer. Situs influencer di sini ada banyak lho. Kalau yang paling sering saya ikuti yaitu vira dot id, sosiago, rajabacklink, jawalink, digimart, revu, dan banyak lagi yang lainnya.

Di situ kalian bisa menemukan job nulis karena ada banyak banget list job di sana. Semakin bagus blog kita, brand akan semakin tertarik dengan blog kita.

Seperti saya tuliskan di atas, saya ini suka ikut lomba blog. Hadiahnya lumayan banget kalau menang. Kamu juga bisa mencobanya lho. Ada banyak banget lomba blog yang diadakan setiap bulannya. Btw saya juga punya tips menang lomba blog lho. Bahkan kumpulan tips menang lomba blog dari 30 seleb blogger pun ada.

Pengalaman saya mendapatkan penghasilan lewat blog

Hingga saat ini, saya sudah fokus ngeblog selama kuran lebih 5 tahun. Cara saya mendapatkan penghasilan dari blog pun seperti yang sudah ditulis di atas. Yaitu dengan membuat artikel berkualitas dan mengubah blog ke TLD, berkomunitas, hingga klien pun menghubungi kita untuk kerjasama. Baik itu via email, media sosial, atau chat langsung.

Baca Juga : Terbukti Menghasilkan! Ini 4 Cara Saya Mendapatkan Uang dari Internet Saat Pandemi Corona. Mau Coba Yang Mana?

Cuma sayangnya blog saya lebih sering keisi iklan. Tulisan organiknya masih jarang. Alasannya karena saya bukan hanya ngeblog, tapi ada kerjaan lain yang musti dikerjakan. Tapi itulah tantangannya. Jika kita sering mengisi konten original atau organik, maka pengunjung akan senang berkunjung ke blog kita.

Selain dari kerjasama brand, saya juga sering ikut situs influencer. Paling sering saya dapat yaitu dari vira dan sosiago, kemudian rajabacklink. Eh btw paling sering ya dari kenalan. Karena networking dalam dunia blogging itu penting.

Nah, bica soal blog, agar kamu bisa mendapatkan pengalaman ngeblog yang lebih powerfull lagi, kamu bisa menggunakan blog wordpress.org. Blog ini memang mengeluarkan biaya lebih selain domain TLD, yaitu hosting. Hosting ini adalah space untuk menaruh file-filemu. Jika diibaratkan, hosting adalah etalase tempat menaruh barang-barang, dan domain TLD sebagai alamat blogmu.

Ada banyak keunggulan jika kamu menggunakan blog hosting. Karena dari segi tampilan dan seo, blog hosting sangat unggul. Ya soalnya saya sudah mencobanya sih.

Ada banyak plugin yang bisa kita pakai untuk blog hosting ini untuk mendukung tampilan atau performa blog. Dijamin blogmu akan cepat melejit dengan blog hosting ini.

Untuk hostingnya, kamu bisa mendapatkanya di niagaoster. Kenapa niagahoster ?

Pertama karena sewa hosting di sini terjangkau. Seorang rekan blogger yang saat ini masih menggunakan niagahoster pun mengaku senang karena sewa hostingnya ramah kantong. Ya masa satu tahun cuma Rp. 637.500 dan gratis domain. Performa hostingnya juga kencang dan minim down. Sehingga blogmu dijamin akan online terus 24 jam 7 hari 365 hari. Tulisan saya tentang niagahoster juga bisa dilihat disini.

Seorang rekan blogger lain, dulu juga migrasi ke niagahoster. Kalau saya tebak, ia suka karena sewanya terjangkau dan tidak sampai satu juta pertahunnya. Bahkan saat ia migrasi, ia dapet diskon juga. Dan sejak lama pun saya sudah mengidamkan niagahoster untuk hosting blogku.

Akhirnya, itulah step by step mencari penghasilan lewat internet, dalam hal ini blog. Untuk pemula, mungkin agak sedikit perlu kerja keras. Namun seiring performa blog terus naik, kamu akan merasakan sendiri hasilnya. Terlebih jika sudah mencoba blog hosting, performa blogmu akan cepat melesat naik.