Foto : https://pixabay.com/photos/handshake-hands-laptop-monitor-3382503/

Bagi kamu karyawan penuh waktu kini juga bisa mendapatkan uang tambahan melalui beberapa bisnis online. Di masa pandemi ini, menjalankan bisnis sampingan ternyata sangat menjanjikan, apalagi jika konsisten menjalankannya. Dan berikut beberapa bisnis online yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran.

Bisnis online yang bisa dilakukan pekerja kantoran

========================

1. Bisnis online shop

Saat ini menjalankan bisnis online memang menjadi tren di tengah masyarakat. Tidak heran, apabila banyak pusat perbelanjaan mulai menutup toko offline mereka.

Berjualan melalui online shop membuat banyak pelaku usaha menyuguhkan berbagai macam barang unik dan menarik disertai harga promo besar-besaran.

Baca Juga : Baru Sebentar Sudah Laris, Ini Dia 11 Tips Dari Saya Jualan di Shopee! Dicoba Aja Dulu

Melihat banyaknya peminat untuk membeli berbagai kebutuhan secara online, tentu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak sekali ide bisnis yang bisa dijual secara online.

Beberapa contoh ide bisnis yang bisa dijual secara online yaitu pakaian anak, kue, atau aneka makanan dan minuman.

2. Berjualan makanan online untuk sarapan

Umumnya, banyak pekerja yang lebih sering membeli sarapan di luar daripada memasak di rumah. Alasannya tentu karena keterbatasan waktu, dan hal ini bisa menjadi peluang usaha yang tepat untuk kamu.

Kamu bisa mencoba untuk menjual aneka makanan sarapan secara online. Selain pelanggan baru, tidak menutup kemungkinan rekan kerja di kantor juga berminat membelinya.

Baca Juga : Pemasaran Tradisional Tak Lagi Efektif! 4 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Jika Bisnis Tidak Segera di Onlinekan

Jadi, tak ada salahnya untuk memiliki target pemasaran dari usaha ini yaitu rekan kerja di kantormu sendiri.

Selain melalui online, kamu juga bisa membuka pemesanan sarapan satu hari sebelumnya atau sistem pre-order. Lalu, kamu dapat membeli atau memasak makanan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

3 . Bisnis membuat blog

Menulis tidak lagi menjadi sekadar hobi, tetapi juga bisa menghasilkan uang. Di era teknologi seperti sekarang ini membuat blog bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Baca Juga : 

Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

Pengalaman Menulis 1 Artikel Dibayar 100 Dollar, Mau Coba?

Nantinya, blog ini bisa diisi dengan konten-konten artikel hasil dari tulisan milikmu. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai menulis dengan menceritakan hobi hingga hal-hal yang berkaitan tentang pekerjaan atau sesuatu yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Pastikan juga konten yang kamu buat cukup berkualitas agar dapat menjaring banyak pengunjung situs website.

Modal untuk membuat blog sendiri terbilang cukup murah karena dimulai dari harga ratusan ribu. Kamu bisa membaca selengkapnya tentang cara buat blog mudah di sini.

Kalau ingin membeli domain murah, kamu bisa cek disini domain murah gratis SSL

4. Bisnis jualan pulsa dan kuota internet secara online

Semakin banyaknya pengguna ponsel pintar yang terkoneksi dengan Internet ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk kamu jalankan.

Seperti yang kita tahu, agar kamu bisa mengakses internet dengan cepat tentu akan membutuhkan pulsa atau kuota.

Hal ini tentunya bisa jadi peluang ide bisnis sampingan untuk karyawan. Kamu tidak butuh banyak peralatan untuk menjalankan bisnis ini, tetapi cukup deposit pulsa ke operator agar nantinya bisa dijual kembali ke pelanggan.

5. Bisnis jual foto hasil karya sendiri di internet

Bagi kamu yang menyukai fotografi ide usaha satu ini sangat cocok untuk dilakukan. Bahkan tidak hanya untuk pekerja kantoran, tetapi para mahasiswa dengan hobi fotografi juga dapat melakukannya.

Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, membuat kamu bisa mendapatkan banyak penghasilan dengan cara menjual foto-foto tersebut secara online. Beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto adalah Shutterstock dan Istockphoto.

Selain terpercaya, situs tersebut dapat memberikan bayaran dalam bentuk mata uang dolar. Tentu saja penghasilan kamu akan jauh lebih besar ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang naik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu tidak bisa mendapatkan uang secara instan dari bisnis ini, ya. Pasti akan ada waktu menunggu agar situs bisa melakukan verifikasi terhadap foto milikmu. Setelah sudah dinyatakan memenuhi syarat, baru foto milikmu bisa ditampilkan dan dibeli.

6. Bisnis desain grafis

Selanjutnya, bagi kamu yang memiliki keahlian desain grafis bisa mencoba untuk menawarkan jasa pembuatan kartu nama, mug, kaos, dan poster.

Dalam melakukan bisnis desain grafis ini kamu hanya membutuhkan satu unit laptop atau komputer serta aplikasi tertentu.

Baca Juga : Belajar Desain Grafis dan SEO Bareng Dumet School

Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis melalui sosial media sebagai sarana promosi dan pemasaran. Selain itu, ada juga website yang menyediakan pasar desain online seperti sribu.com.

Tak lupa, terkait dengan harga desain kamu juga harus jelas dan rinci. Jangan sampai orang atau pelanggan menganggap murah produk desain milikmu, ya.

7. Bisnis jasa digital advertising

Semakin banyaknya orang yang minat akan jasa digital advertising, tentu membuat peluang bisnis semakin menjanjikan. Saat ini iklan digital dinilai lebih murah dan mampu menghasilkan keuntungan besar.

Selain itu, kinerja bisnis digital advertising ini juga akan lebih baik apabila kamu bekerja sama dengan data scientist, desainer grafis, dan copywriter.

8. Bisnis pesan makanan delivery

Terakhir, kamu bisa mencoba bisnis pesan makanan delivery. Dalam menjalankan bisnis ini kamu tidak perlu menyewa tempat karena hanya melayani pesan antar saja.

Apabila ingin pemasarannya lebih luas, kamu bisa mendaftarkan usaha di layanan Go Food atau Grab Food. Bagi kamu yang sibuk bekerja di hari biasa, bisa melakukan sistem pre-order dan pesanan makanan diantar di hari weekend atau libur.

Baca Juga : Resep Tumis Cumi Cabe Ijo Ekstra Pedas yang Menggugah Selera

Itulah beberapa bisnis online yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran. Melalui bisnis sampingan ini, tentu kamu mampu mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika dilakukan secara serius dan konsisten.

 

Bagikan biar yang lain tahu