Pandemi ini membawa berkah tersendiri bagi saya. Di saat banyak usaha gulung tikar karena orang-orang dilarang keluar ruman, saya dan mungkin banyak orang lainnya justru mendapat peluang tersendiri untuk membuka sebuah usaha. Ya ! Saat pandemi ini yang mana membuka usaha terlihat seperti mustahil, justru beberapa orang malah menemukan ide bisnisnya. Entah itu usaha kecil, menengah, atau skala besar.

Potensi suksesnya sebuah bisnis, kalau saya tebak, lebih didominasi oleh anak muda yang merupakan generasi melek digital. Tidak heran jika saat ini ada banyak sekali konten kreator atau bahkan pebisnis dan usianya masih sangat muda. Bahkan usia remaja atau usia sekolah dan sudah mampu berpenghasilan besar.

Teruntuk mengenai usaha saya, jadi beberapa bulan lalu saya menemukan jalan usaha saya yaitu jualan online. Dari jualan online ini, saya bisa mendapatkan pemasukan setiap harinya. Sebelumnya saya adalah seorang blogger. Namun pendapatan menjadi sangat menurun karena efek pandemi. Karena pandemi, agency jadi jarang kirim email. Orang-orang yang biasanya mengontak saya untuk kerjasama pun semakin berkurang. Kalaupun ada, pembayaran begitu berkurang baik jumlah ataupun waktu pencairannya. Padahal kehidupan terus berjalan dan saya punya tanggungan menafkahi seorang istri.

Nah, untuk produk jualan online ini yaitu tali atau tambang layang-layang, yang sebelumnya saya hanya menjualnya online didepan rumah. Kebetulan rumah saya dipinggir jalan. Namun tentu saja, jualan versi tradisional atau konvensional tentu hanya menjangkau daerah sekitar saja. Untuk harga pun hanya bisa ambil untung sesuai kemampuan daya beli masyarakat saja. Kalau saya bilang sih, hanya bisa dapat sedikit.

Produk jualan online kenur tali layangan sendaren Amir Mahmud

Produk jualan online saya berupa kenur layangan. Dokpri

Baca Juga

Hingga kemudian saya iseng jual online. Saya tak menyangka jika ternyata jualan online saya menjadi sangat laris. Hampir setiap hari saya bisa kirim. Bahkan pernah dalam 1 hari terjual hingga 40+ item dengan keuntungan yang lumayan. Tentu saja ini luar biasa bagi saya yang baru saja memulai.

Maka dari itu, mendigitalkan usaha atau bisnis kita yang masih konvensional dan tradisional pun sangat penting agar prospek bisnis menjadi semakin luas. Karena sekarang hampir semuanya sudah online. Bekerja, belajar, belanja, bepergian, hampir semua lini kehidupan sudah online. Karena gaya hidup digital memang sudah sangat relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Dan untuk para pebisnis, ini yang bisa terjadi jika usaha dan bisnis Anda tidak segera go digital.

1. Jumlah pendapatkan bisa berkurang

Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Sebelum dijual online, saya hanya mendapat untung yang cukup sedikit karena daya beli masyarakat di daerah saya yang pedesaan tentu berbeda dengan di perkotaan. Di rumah, saya hanya mengambil untung beberapa ribu saja. Sedangkan jika online, saya bisa dapat lebih dari itu. Karena memang itulah salah satu keuntungan bisnis online. Kita bisa menyetarakan daya beli nasional bahkan internasional. Nominal 50 ribu di kota besar nilainya bisa sama dengan 5 ribu pedesaan.

Selain itu, jumlah pengguna internet indonesia yang sangat banyak juga merupakan target market tersendiri bagi produk saya. Terlebih karena saya sudah memiliki profile yang cukup untuk dalam sebuah fanspage.

2. Kalah saing dengan pebisnis lainnya

Bisnis yang belum online, tentu bisa kalah dengan mereka yang sudah online. Nah, saya akan sedikit cerita mengenai hal ini. Seringkali saat saya jalan ke pasar di blok baju-baju gitu, jarang sekali saya mendapati seseorang membeli baju. Kalaupun ada, paling cuma ada 1 atau 2 orang saja. Bahkan Ibu saya pernah bercerita, ada sebuah toko baju, dalam 1 hari dan berhari-hari, jarang sekali ada yang beli dan sepi sekali. Dan bahkan pernah tak ada yang beli 1 pun dalam sehari.

Tapi, saya sangat heran sekali melihat lapak baju online di ecommerce yang penjualannya luar biasa. Satu toko sudah menjual puluhan ribu item. Itu untuk satu produk. Bagaimana dengan produk lainnya karena satu lapak toko online biasanya memiliki banyak produk hingga ratusan. Bahkan saya pernah tahu bahwa sebuah toko online dalam 1 hari bisa closing hingga 200 transaksi. Jadi, kapan bisnismu akan di onlinekan?

3. Potensi gulung tikar

Saat ini semua orang punya smartphone. Ya ! Saya bisa bilang begitu karena smartphone adalah benda wajib yang harus dimiliki setiap orang agar dapat terus terhubung satu dengan yang lainnya. Tak terkecuali untuk hal lainnya, seperti belanja online misalnya. Jika orang bisa beli dengan mudah secara online tanpa harus capek-capek keluar, ngapain harus mau? Apalagi kalau diluar hujan, becek, gak ada ojek, wkwkwkkw.

Untuk benda yang sepele sekalipun, misal seperti kebutuhan dapur seperti pisau, talenan, panci, alat masak lainnya, saya sendiri aja belinya online sambil tiduran. Dan bahkan lapak tersebut sudah menjual ratusan item. Pertanyaannya, bagaiamana dengan bisnis mereka yang masih konvensional ? Dan seringkali saya lihat kalau lagi di pasar, yang beli barang sejenis jarang dan tak seramai di lapak online.

4. Jangkauan pemasaran terbatas hanya pada lingkungan sekitar

Kalau saya yang jualan di rumah, yang beli hanya orang-orang sekitar saja. Jadi jangkauanya kecil sekali. Tapi semenjak saya menjual online, pembeli bisa saya jangkau lebih luas. Bukan hanya seluruh Pulau Jawa, bahkan sampai Sumatera dan Kalimantan.

Menariknya lagi, karena semakin hari pengunjung semakin banyak, aliasnya rating pun semakin bertambah dan potensi penjualan pun semakin meningkat. Ya! Saya tidak sedang membual ya. Saya berkata benar dari pengalaman yang saat ini saya alami.

Untuk mendukung aktivitas sekarang yang beralih online dan digital, modalnya hanya butuh internet. Ga perlu toko, sangat hemat dengan kemungkinan untung lebih besar, bisa dilakukan dimana saja.

Urusan internet saya sudah lama pakai provider 3 Indonesia. Bisa dibilang, sangat menunjang keseharian saya selama ini. Mungkin bisa juga nih membantu teman-teman. Kenapa saya bilang bisa menunjang? 3 Indonesia bukan hanya punya produk perdana dan isi ulang, tapi juga punya ekosistem lengkap yang dinamakan DUNIA TRI, ekosistem yang khusus diciptakan untuk mendorong dan mendukung kita semua di dunia digital. Urusan sinyal udah lebih luas dan kuat juga, 4.5G Pro, beda banget dengan 3 yang dulu, apalagi sudah menjangkau ke daerah saya.

Provider Tri pas sekali untuk para pebisnis dan pemilik usaha yang saat ini masih menerapkan konsep konvensional, agar cepat berkembang dan tak kalah saing.

Saya jelaskan ya rangkaian produk dari Dunia Tri tersebut:

1. Puas tanpa batas dengan AlwaysOn

Kalau belum tahu, 3 Indonesia punya perdana dan isi ulang AlwaysOn yang mana masa aktif panjang jadi tidak perlu khawatir kuota hangus.

2. Kuota Unlimited Internetan 24 jam mulai 1.000

Ga ada yang lebih menguntungkan dari ini, kalau lagi kepepet ga ada duit chatting atau dagang online bisa isi ulang mulai 1.000 saja.

3. Ekosistem Gaming H3RO

Ini terbaik untuk para pecinta mobile game, sampai mereka ada hub nya sendiri di h3ro.tri.co.di cek aja lengkapnya

5. Aplikasi bima+ untuk keseruan hidup digital

Nah aplikasi ini wajib punya kalau pakai 3, karena banyak promo disitu, aplikasi yang sangat memudahkan kita membeli kebutuhan digital.

6. Buka peluang usaha lewat Bima Agent

Ini juga salah satu favorit saya pakai 3, soalnya bisa jadi reseller jual pulsa dan kuota dengan jadi Bima Agent, dari rumah juga bisa jualan, lumayan menambah pemasukan.

7. Paket KeepOn untuk hiburan

Selain dagang online, kadang saya butuh hiburan juga, paket KeepOn ini super lengkap, langganan aplikasi hiburan seperti VIU, KLIKFILM, Amazon Prime Video sudah sepaket sama kuotanya.

8. Poin BonsTri

Ini keuntungan lainnya, tiap isi ulang dapet poin BonsTri yang bisa ditukar dengan diskon dan voucher. Saya ga bohong kan kalau memang 3 sangat menunjang kebutuhan digital dan menguntungkan.

Untuk detailnya bisa cek di laman ini https://tri.co.id/DuniaTri

Selama ini saya sangat terbantu dengan ekosistem dari Dunia Tri ini, ini sangat pas dengan bisnis saya tentunya, dengan Dunia Tri saya jadi lebih, lebih dibantu, lebih bisa eksplor dunia digital gak hanya terbatas konvensional, peluang usaha juga lebih terbuka.

Jadi jika disimpulkan, digital marketing saat ini sangat berpengaruh dalam dunia usaha atau bisnis. Pun juga dengan pekerjaan saya. Dari jualan online ini, saya bisa gajian kapan saja tanpa menunggu akhir bulan. Dan tentu saja, semakin banyak strategi marketing yang saya lakukan, potensi penjualan pun semakin besar. Maka dari itu, segera digitalkan usaha Anda agar ke-4 resiko diatas tidak akan Anda alami. Waktunya tinggalkan dunia lama, dan masuki dunia digital dengan Dunia Tri. #DuniaTriKekuatanKu #JaringanLuasdanKuat