Game edukasi anak lengkap – Anak cerdas terlahir dari orang tua yang cerdas. Begitulah kata pepatah yang sering terdengar.

Ya, mengenai hal ini, saya seringkali melihat postingan instagram mengenai seorang ibu muda yang terlihat begitu pintar dalam mendidik anak-anaknya melalui sebuah mainan edukatif.

Mainan edukatif bukan hanya menghibur anak saja, tapi juga mendidik dan membantu tumbuh kembang anak. Karena usia anak-anak adalah usia emas dimana daya ingatnya masih sangat kuat dan perlu distimulasi.

Beberapa manfaat mainan edukatif yaitu karena bisa menstimulasi perkembangan otak anak, membantu berpikir fokus, melatih kecerdasan sosial dan emosional, dan sebagainya.

Baca Juga : Membantu Orang Tua Mengatasi Speech Delay Pada Anak Bersama Dini.id

game-edukasi-anak-lengkap

Dan tentu saja, mainan edukatif juga bukan hanya dalam bentuk fisik saja. Karena saat ini ada banyak game edukatif digital baik di smartphone atau laptop yang bisa dimainkan anak.

Namun harus ada pengawasan orang tua dalam penggunaan gawainya agar lebih terkontrol. Berikut 16 game edukasi anak lengkap tanpa dowload atau daftar karena hanya tinggal pakai saja di browser, dan game pun bisa langsung dimainkan.

 

1. Feed Math

game-edukasi-untuk-anak-Feed-math

Baca Juga : Kenali Risiko dan Manfaat dari Mainan Squishy untuk Anak!

Feed math adalah game hitung matematika dalam karakter seorang anak yang akan memakan nasi atau sushi. Game ini berfungsi melatih kecepatan anak dalam berhitung dan dapat menunjang nilai matematikanya di sekolah.

Yang pemain lakukan hanyalah menambahkan antara angka satu dengan yang lainnya, yang jumlahnya bisa terlihat di baju sang anak. Misal jika jumlah penambahan hasilnya 8, maka yang kita klik yaitu 1 dan 7.

Jika hasilnya benar, maka akan berlanjut ke penambahan selanjutnya. Saat ini saya masih baru berhasil mengumpulkan skor point 1000+.Dan semakin naik level, jumlah penambahannya semakin meningkat.

2. Pond Life

 game-edukasi-untuk-anak-pond-life

Pond life adalah game yang mengajarkan anak tentang dasar-dasar ekologi. Yaitu ilmu yang mempelajari interaksi antar mahluk hidup dengan linkungannya.

Anak-anak di sini dapat belajar bagaimana seekor hewan hidup dalam sebuah kolam, rantai makanannya, cara hidupnya, dan sebagainya.

Anak-anak akan tahu bahwasannya makanan seekor katak adalah hewan terbang seperti nyamuk. Atau burung bangau yang memakan ikan.

Untuk memainkan game ini, pengguna akan dipandu oleh Olive. Karakter binatang dalam game tersebut. Saat game dimulai, pengguna bisa menambahkan elemen seperti batu, tumbuhan, cacing, ikan, dan sebagainya.

Klik ikon buku dan klik kembali untuk menutupnya, setelah itu geser elemen tadi ke arah kolam. Maka Olive akan menjelaskan tentang hal-hal yang dilakukan hewan atau elemen tersebut.

Kumpulkan elemen atau hewan sebanyak mungkin sampai mendapatkan kehidupan ekologi dalam sebuah kolam.

game-edukasi-untuk-anak-backyard-life

Selain Pond Life, ada juga game serupa yaitu Backyard Life. Jika Pond Life ada didalam air, maka Backyard Life ada di luar ruangan. Hewan-hewan pendukung yaitu seperti lebah, belalang, cacing, dll.

3. Kids Maestro

 game-edukasi-untuk-anak-kid-maestro

Yaitu sebuah permainan yang akan mengajarkan anak bermain musik dengan mengenal tangga nada berupa do-re-mi-fa-so-la-si-do. Mengenal tangga nada ini penting karena ini merupakan nada dasar dari sebuah lagu.

Saat anak sudah mengenali nada ini, maka ia bisa dengan mudah memencet dan mengetahui nada mana yang akan ditekan saat memainkan alat musik. Seperti pianika atau suling.

Kemudian di sini juga terdapat kumpulan lagu untuk melatih kemampuan anak. Semakin sering berlatih, kemampuan mengetahui tangga nada pun akan semakin mahir.

Beberapa lagu popular diantaranya seperti Happy Bhirtday, Do Re Mi, Jingle Bell, dll. Game ini cocok untuk anak usia TK sampai SD guna meningkatkan daya ingat. Terlebih di sekolah dasar sering ada mata pelajaran musik menggunakan pianika. 

4. Music Shop

game-edukasi-untuk-anak-music-shop

Music Shop adalah permainan untuk menguji ketertarikan minat dan bakat anak pada alat musik. Di sini ditampilkan berbagai permainan alat musik seperti gitar, piano, saksofon, drum, terompet, dan banyak lagi yang lainnya.

Anak dapat memilih karakter melalui bagan diatasnya. Beberapa karakter yang mewakili Daniel sebagai pemain utamanya, diantaranya seperti tiger family, owl, dan karakter lucu lainnya.

Untuk memainkannya, anak bisa menarik alat musik ke arah karakter dengan jenis bunyi sesuai alat musiknya. Selain itu, di pojok kiri atas juga terdapat speaker yang jika diklik akan berbunyi terus menerus dan klik kembali untuk menstopnya.

Sembari mendengarkan bunyi speaker, anak bisa memainkan alat musik lainnya dan memilih-milih alat musik mana yang sekiranya menarik untuknya. Sehingga paduan kedua atau lebih alat musik akan menghasilkan suara yang lebih indah.

5. Learn With the Smurfs

Music Shop adalah permainan untuk menguji ketertarikan minat dan bakat anak pada alat musik. Di sini ditampilkan berbagai permainan alat musik seperti gitar, piano, saksofon, drum, terompet, dan banyak lagi yang lainnya.

Anak dapat memilih karakter melalui bagan diatasnya. Beberapa karakter yang mewakili Daniel sebagai pemain utamanya, diantaranya seperti tiger family, owl, dan karakter lucu lainnya.

Untuk memainkannya, anak bisa menarik alat musik ke arah karakter dengan jenis bunyi sesuai alat musiknya. Selain itu, di pojok kiri atas juga terdapat speaker yang jika diklik akan berbunyi terus menerus.

Sembari mendengarkan bunyi speaker, anak bisa memainkan alat musik lainnya dan memilih-milih alat musik mana yang sekiranya menarik untuknya. Sehingga paduan kedua atau lebih alat music akan menghasilkan suara yang lebih indah.

6. Multiplication Roulete

game-edukasi-untuk-anak-Multiplication-Roulete

Multiplication Roulete adalah sebuah game perkalian yang akan melatih kemampuan anak berhitung perkalian dari angka 1 – 10.

Cara melakukannya sangat mudah karena pengguna hanya perlu mengklik dua roda berputar supaya berhenti, sehingga akan dihasilkan angka untuk dikalikan.

Jumlahkan kedua angka dengan benar dalam waktu yang telah ditentukan. Setelah selesai, klik tombol SPIN untuk melakukannya lagi. Game ini cocok untuk anak SD kelas 1 sampai 6 yang sedang intensnya belajar berhitung.

7. Math Signs Game

game-edukasi-untuk-anak-Math-Signs-Game

Adalah game matematika dimana tugasnya adalah memilih apakah angka yang tertera di papan tulis, dihasilkan dari pengurangan, penjumlahan, pembagian, atau perkalian?

Setiap satu pertanyaan memiliki waktu tersendiri, sehingga anak akan belajar berpikir cepat. Jumlah perhitunganya pun tidak sampai 100, sehingga masih mudah dilakukan oleh anak-anak. Game ini cocok untuk anak kelas 1 sampai kelas 6 SD.

8. Greater Less Same

 game-edukasi-untuk-anak-Greater-Less-Same

Berikutnya ada Greater Less Same. Ini adalah game yang mengajak anak untuk berpikir lebih cepat. Game ini cocok untuk anak-anak SMP yang sudah mulai matang dalam matematika.

Tugas utama dari game ini adalah membandingkan antara operasi angka satu dengan yang lainnya. Jika semisal angka pertama di sebelah kiri lebih besar, maka harus diberi tanda “>”. Jika lebih kecil maka “<”, dan tanda “=” jika sama.

9. Grocery Cashier

 game-edukasi-untuk-anak-Grocery-Cashier

Grocery Cashier adalah sebuah permainan yang juga membantu anak melatih berhitung dalam konsep membayar belanjaan dalam mata uang $ (dollar).

Pengguna diharapkan mampu menyelesaikan perhitungan apakah ada kembalian atau tidak, sebelum durasi per transaksi habis.

Yang perlu dipikirkan yaitu saat memilih nominal kembalian. Jika kembalian sebanyak $3,50, maka pengguna harus mengklik nominal $1 sebanyak 3 kali dan koin 50 cent. Kemudian jika tidak ada kembalian, bisa langsung klik “done”.

Nah, jika tidak memenuhi waktu, maka tidak akan mendapatkan poin. Poinya sendiri kemarin saya dapat 486 poin karena mungkin transaksi dilakukan lebih cepat.

Atau 0 jika transaksi kehabisan waktu. Saya sendiri masih belajar game ini sih karena seru juga dan menantang, hihi.

10. Multiplication Table

 game-edukasi-untuk-anak-Multiplication-Table

Multiplication Table adalah game perkalian dari level 1 sampai 10. Di game ini, pemain bisa melakukan penjumlahan dari perkalian.

Game ini sangat cocok untuk anak TK sampai sekolah dasar untuk mengasah kemampuan matematika anak. Yang perlu dilakukan hanyalah menggeser jumlah perkalian ke kolom kosong, sesuai nilai yang benar. Game ini sangat mudah dilakukan dan angka yang dimainkan pun masih kecil.

Dan akhirnya kita sampai di game edukasi anak lengkap yang ke sebelas. Masih kuat baca? Yuk lanjut.

Baca Juga : Menjadi Mama Millenial Cerdas & Update Bersama Popmama.com

11. Garfield Sentences

Garfield Sentences adalah game menyusun kalimat dalam bahasa inggris dengan benar. Selain menyusun kalimat, game dengan karakter seeokor kucing bernama Garfield ini juga mengajak pemain untuk mengeja kalimat dalam sebuah keyboard.

Jika jawabannya benar, maka seekor kucing akan kegirangan. Jika salah, maka dia akan kecewa. Game ini akan melatih kemampuan bahasa inggris anak dengan cara yang menyenangkan.

12. Bunnicula in Rescuing Harold

game-edukasi-untuk-anak-Bunnicula-in-Rescuing-Harold

Bunnicula in Rescuing Harold adalah game horror geometri yang diperankan oleh kelinci Dracula, dimana pemain harus memindahkan potongan ke are yang digariskan sesuai bentuknya. Game ini cukup menarik dan menantang.

Apalagi backsound horornya yang membuat permainan semakin seru. Semakin lama bermain, level akan terus naik. Game ini cocok untuk anak usia TK atau SD untuk mengasah ketrampilan mereka.

13. We Bare Bears Spot On Differences

 game-edukasi-untuk-anak-We-Bare-Bears-Spot-On-Differences

Adalah game mencari perbedaan antara dua gambar berbeda di kanan dan kiri yang diperankan oleh seekor beruang, yang didasarkan pada animasi luar biasa We Bare Bears.

Untuk memainkannya sangat mudah. Kita hanya perlu mencari perbedaan gambar dengan acuan gambar disebelah kiri, kemudian klik bagian yang beda atau bagian yang hilang pada gambar di sebelah kanan.

Tekan tombol HINT di sidebar untuk memunculkan bagian yang hilang jika kesulitan mencari perbedaan. Game ini seru sekali untuk dimainkan. Jumlah perbedaan akan terus bertambah jika level terus naik.

Game ini cocok untuk mengasah kejelian dan kecerdasan anak dalam membedakan sesuatu. Semakin cepat menjawab, poin akan lebih besar.

Namun jika kalah, maka permainan dimulai dari awal. Jadi kudu jeli sekali agar permainan tak diulang.

14. We Bare Bears Chocolate Artist

game-edukasi-untuk-anak-We-Bare-Bears-Chocolate-Artist

We Bare Bears Chocolate Artist adalah game dalam sebuah yang masih diperankan oleh tokoh beruang diatas, dimana tugasnya yaitu membuatkan pesanan kopi cokelat dari para pelanggan.

Tugas seorang pemain adalah menggoreskan layar sesuai pesanan dalam bentuk vertical atau horizontal di layar seperti yang muncul di atas kepala pembeli.

Namun semakin naik level, bentuk akan semakin kompleks seperti M, V, S, simpul, dan sebagainya. Jika tak terlayani, maka pelanggan akan pergi begitu saja.

Di game ini diperlukan kecepatan dalam menggoreskan layar, baik dalam sentuhan layar atau gerakan mouse.

Ada keasikkan tersendiri dalam memainkan game ini melalui sebuah karakter beruang lucu tersebut, terutama saat melayani. Karena mereka akan bergerak dengan sangat cepat.

Game akan berlanjut jika Anda bisa mencapai level 3. Jika masih belum sampai level 3, maka pemain akan mengulang di level sebelumnya.

15. We Bare Bears Fun Raiser

game-edukasi-untuk-anak-We-Bare-Bears-Fun-Raiser

We Bare Bears Fun Raiser adalah game dengan karakter tiga beruang dimana mereka harus dilayani sesuai keinginannya. Saat mereka ingin makan, maka harus diambilkan makanan.

Misal mereka ingin roti, maka harus diambilkan roti. Jika salah ambil, maka mereka akan merengut.

Tugas Anda adalah melayani beruang sebaik mungkin sebelum waktu habis yang bisa terlihat di papan apel di pojok kiri atas.

Namun selain makan, mereka juga sedang melakukan sesuatu. Seperti main laptop atau nonton TV. Jadi Anda harus melayani dua permintaan dengan cepat.

Game ini mengandalkan kekuatan ingatan dan kecepatan respon karena jumlah beruang ada tiga dan permintaan mereka banyak. Game ini cocok untuk anak TK dan SD dimana ingatan mereka masih sangat kuat.

16. Ben 10 Omnicode

game-edukasi-untuk-anak-Ben-10-Omnicode

Ben 10 Omnicode adalah adalah game edukasi yang mengajarkan dasar-dasar pemrograman untuk anak kecil melalui gerakan seperti lompat (jump), jalan (walk), atau belok (turn). Game ini cocok untuk anak yang berniat belajar pengkodean atau programming.

Dalam setiap gerakkannya, ditampilkan kode apa yang harusnya digunakan. Misal gerakan lurus, maka kodenya ben.walk (1);. Jika lompat, maka kodenya ben.jump (1);

Untuk melakukannya, pemain harus menyesuaikan dengan jalurnya. Jika jalurnya harus melompat, maka pilih blok “jump” dengan menekan tombol plus di atas.

Jika jalurnya lurus, maka pilih “walk”. Klik run code untuk mulai melangkah. Untuk tampilan atas, bisa klik tombol mata.

Selain melatih kemampuan programming, game ini juga melatih kemampuan strategi anak dalam menjalankan misinya.

Nah, itu dia game edukasi anak lengkap yang bisa dimainkan oleh anak untuk hiburan sekaligus edukasi.

Game ini pun tidak perlu didownload atau mendaftar dan bisa lansung dimainkan lewat browser, sehingga tidak repot saat akan memainkannya. Pakai smartphone bisa, laptop, tablet juga bisa.

Yang perlu dilakukan hanyalah membuka browser, dan mainkan game tersebut. Oke, selamat bermain.