Berhasil masuk kampus negeri adalah dambaan semua orang, terutama yang baru lulus SMA atau SMK. Kuliah di kampus negeri ada rasa gengsi tersendiri. Misal kalau ditanya

“Kamu kuliah dimana?”

“Di Universitas Indonesia” (gapapa ya sebut merk)

“Wuih, ajegile, kampus negeri, bakal jadi orang hebat nih”

Ada rasa bangga tersendiri kalau kita bisa masuk kampus negeri. Karena tes masuknya itu sulit banget. Entah itu lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur prestasi seperti Mas Muhammad Nur Ardi Handayat karena aplly sertifikat prestasi lomba blog, ataupun jalur mandiri.

Orang tua kita juga tentu bangga jika anaknya bisa masuk PTN. Bisa lebih gengsi gitu sama tetangga. #Eh.

Dan yang terpenting untuk soal karir atau pekerjaan, kampus negeri memiliki ikatan alumni yang tentu saja ini bermanfaat untuk karir kedepannya. Misal suatu perusahaan memiliki seorang HRD dari kampus negeri A. Maka pada tahun tersebut akan banyak pegawainya berasal dari kampus A. Dan saat HRD berganti ke kampus negeri B, maka pegawai barunya pun didominasi oleh alumni dari kampus B.

Terkadang ini bukan karena faktor penilaian atau seleksi. Tapi karena memang informasi penyeleksiannya hanya disebarkan ke adik tingkat kelasnya saja. Inilah yang disebut dengan “nepotisme legal”.

Baca Juga : Mau Kuliah Ke Luar Negeri? Belajar Bahasa Inggris Lewat Kursus jadi Lebih Mudah dan Terfokus

Maka dari itu, kuliah di kampus negeri memang impian banget. Dan bersama ini saya ingin berbagi kisah mereka yang sukses masuk kampus negeri setelah belajar di ruangguru.

1. Christina Damayanti. Hanya tamat SD, bekerja jadi babby sitter, namun akhirnya masuk kampus negeri setelah belajar di ruangguru

Christina Damayanti adalah perempuan muda asal Pemalang Jawa Tengah. Karena faktor ekonomi, ia hanya menamatkan pendidikan sampai SD saja. Setelah itu ia merantau ke kota untuk bekerja menjadi baby sister atau pengasuh bayi. Setelah 5 tahun berhenti sekolah, ia memutuskan untuk daftar ujian penyetaraan sembari bekerja. 

Baca Juga : Manfaat Kuliah Sambil Bekerja Ini Bikin Kamu Diincar Perusahaan Besar

Tadinya ia pikir sekolah hanya untuk mendapatkan ijazah. Tapi semakin kesini ia sadar bahwa pendidikan amatlah penting dan menjadi suatu kebutuhan. Saat belajar paket C, ia begitu merasakan banget bagaimana belajar mandiri.

Karena kebanyakan sumber, cara belajarnya juga jadi tidak efektif. Namun setelah belajar di ruangguru, cara belajarnya jadi lebih efektif. Kurikulumnya juga sangat lengkap. Jadi semua materi ada di sana. Selain itu, ia juga bisa mengerjakan banyak soal di aplikasi ruangguru.

Ia jadi tidak kesulitan mencari soal-soal yang berkaitan dengan materi yang ia pelajari. Apalagi video animasinya membuatnya ia lebih mudah dalam belajar. Konsep animasinya juga membuat belajar jadi tidak membosankan. Dengan ruangguru, ia juga jadi bisa belajar kapan saja dimana saja. Sehingga ia bisa nyambi kerja.

Akhirnya pada Maret 2019 ia berhasil lulus dari paket C dan kemudian mengikuti SBMPTN di salah satu kampus negeri di Jakarta dan diterima di jurusan jurnalistik. Ia sendiri memiliki cita-cita menjadi seorang jurnalis. Hmmm, enggak kebayang kan, kalau kita memang mau berusaha, semua pasti ada jalan.

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

2. Rani. Anak seorang juru parkir yang berhasil masuk PTN di Malang setelah belajar di ruangguru 

Rani adalah siswa SMA di salah satu sekolah negeri di Malang. Ayah Rani hanyalah seorang juru parkir, dan Ibunya seorang buruh cuci dan punya usaha kecil-kecilan. Menurun Rani, yang paling penting itu bisa membanggakan orang tua. Karena katanya, kalau kita dari kalangan bawah, kayak dianggap rendah gitu.

Saat masuk kelas 11, ia masuk ke kelas yang anak-anaknya pinter-pinter dan hampir semuanya bersiap untuk masuk PTN. Makannya banyak teman-temannya ikut les konvensional dengan biaya 6 juta pertahun. Namun karena ortunya belum mampu, ia pun mengurungkan niatnya. Hingga akhirnya ia menemukan ruangguru.

Sebelumnya ia masih enggak berani kalau ia mau belajar di ruangguru. Dan akhirnya ia mengutarakan keinginannya pada sang ibu dan ia bilang sang Ibu akan bekerja keras untuknya. Setelah dicoba, dia ngerasa paham gitu dengan metode pembelajarannya. Apalagi ada animasi-animasinya gitu.

“Guru-gurunya itu bikin aku paham banget, gitu. Caranya mereka ngasih tau pelajarinya bikin aku ngerti banget dan bantu banget”

Rani mengatakan kalau ia suka banget dengan tutor Kak Iis karena bikin ia paham banget memahami materi. Dan akhirnya ia bisa ningkatin nilai hingga 40% terbaik di sekolahnya. Dan saat ngerjain soal di SBMPTN, ada soal yang diajarkan di ruangguru. Dan akhirnya ia bisa masuk salah satu kampus negeri di Malang jurusan biologi. Keren kan?

3. Fika Yulinar.  Anak panti asuhan sekaligus anak seorang pengamen asal Tangerang yang berhasil masuk PTN setelah belajar di ruangguru 

Yuli adalah anak perempuan asal Ciputat, Tangerang Selatan. Ayah Yuli adalah seorang pengamen. Yuli juga seorang anak panti asuhan sejak kelas 5 SD. Alasan ia tinggal di panti adalah karena jika ia tinggal di rumah bersama Bapaknya, maka ia tidak bisa bersekolah.

Dan akhirnya Yuli bersedia tinggal di panti karena ingin bersekolah. Mimpinya adalah ia ingin membahagiakan orang tuanya untuk hidup dengan layak.

Mengenai cerita Yuli tentang keinginannya masuk perguruan tinggi negeri itu pas masih MTs. Tapi Yuli enggak tahu gimana cara masuk SMA Negeri? Menurutnya, untuk masuk PTN itu harus sekolah di SMA Negeri. Namun akhirnya ia hanya bisa masuk SMK swasta.

Dari situ Yuli bertekad untuk bisa kuliah di Universitas Negeri. Karena menurutnya orang-orang dari PTN itu orang-orang hebat. Ia ingin jadi orang-orang sukses yang bisa meraih pendidikan setingi tingginya.

Baca Juga : Dari Akreditasi A hingga Indahnya Kota – Berikut 12 Alasan Kuliah di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Menurutnya hambatan ia untuk bisa masuk PTN itu banyak banget. Salah satunya dari sekolahnya sendiri yang enggak ada sosialisasi buat masuk SBNMPTN, SNMPTN, apalagi SMK yang dari mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN saja itu sudah beda sama mata pelajaran sekolah. Dan dari lingkungan sendiri, mereka juga tidak terlalu mendukung Yuli untuk masuk PTN.

Malah mereka bilang “ngapain sih belajar-belajar mulu, nanti juga malah masuk swasta” oleh teman-teman sendiri.

Kemudian ia juga terkendala soal waktu. Yang mana Yuli sendiri punya tanggung jawab sebagai Kakak asuh panti. Seperti mengurus adik-adik panti, memasak, dan hal lainnya. Sehingga terkadang waktu untuk belajar itu jadi berkurang. Jadi ia kayak ngerasa down banget.

Sudah lingkungan tidak mendukung, banyak tugas dan tanggung jawab juga. Sehingga membuatnya ia sampai 2 bulan tidak belajar SBMPTN. Saking kayak ngerasa capek, kayak enggak ada motivasi gitu.

Dan akhirnya ia melihat teman-teman pejuang SBMPTN yang belajarnya sampai subuh. Mulai saat itu ia mulai bertekad bahwa untuk meraih cita-cita butuh perjuangan yang begitu keras dan ia percaya bisa meraihnya.

Awalnya ia melihat iklan ruangguru di TV. Tapi Yuli saat itu enggak ada uang. Sehingga ia nyaranin temannya untuk langganan ruangguru. Dan kemudian ia bareng temannya belajar pakai ruangguru.

Dan akhirnya ia mendowload di gawainya sendiri aplikasi ruangguru karena enggak enak belajar dari ruangguru di gawainya teman. Dan ternyata ia dapat diskon 50% dan ia seneng banget karena hanya bayar 282 ribu.

Kemudian ia selalu mengikuti try out dari ruangguru. Sehingga ia jadi terbiasa dengan soal-soal SBMPTN. Setiap soalnya juga selalu ada pembahasan berupa materi berupa tulisan dan juga video yang membuatnya jadi semakin paham.

Ia paling suka dengan dengan pembelajaran via animasi karena konsepnya jelas banget dan durasinya tak terlalu lama. Master tachernya juga gak bikin ngebosenin. Akhirnya ia lolos SBMPTN jurusan manajemen di salah satu PTN di Jakarta. Menurut Yuli, suatu mimpi itu harus diperjuangkan. 100% kesuksesan itu berasal dari 1% jenius dan 99% kerja keras.

4. Ikhbal Fadhillah. Anak petani di sebuah desa yang berhasil masuk PTN di Yogyakarta dengan beasiswa full setelah belajar di ruangguru

Ikhbal adalah seorang anak petani yang bersekolah di sebuah SMA dekat ia tinggal. Sebenarnya ia ingin bersekolah di SMA favorit di kotanya, namun karena keterbatasan biaya, ia pun hanya bisa bersyukur di sekolah biasa.

Kegiatan sehari-harinya yaitu sekolah, memasak, dan membantu orang tua karena ia sudah ditinggalkan Ibunya sejak ia kecil menjadi TKI di Malaysia. Ikhbal sendiri lebih memilih memadatkan hari-harinya dengan belajar demi menggapai mimpi.

Selain itu ia juga mengajar les dan bimbingan belajar gratis bagis anak-anak di tempatnya saat hari libur. Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk mengubah mindset anak-anak di tempatnya lewat bahasa. Ya, ia mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak ditempatnya.

Mengenai pelajaran di sekolah, ia merasa terpukul karena materi yang diajarkan di sekolah sulit dimengerti. Saat itu orang tuanya tidak bisa membiayai bimbingan belajar yang sangat sangat mahal, sehingga ia mencari alternatif dan akhirnya menemukan aplikasi ruangguru yang diluncurkan sejak ia kelas 10.

Dan ternyata ia mendapatkan promo yang cukup besar dan bilang ke ayahnya untuk bisa membelikannya. Dan ternyata aplikasi ruangguru adalah penyemangatnya untuk terus belajar. Akhirnya berkat ruangguru, ia bisa meraih juara umum tiap semester di sekolah. Selain itu ia juga bisa menjadi peraih nilai UN tertinggi di sekolahnya.

Kemudian ia pun mempersiapkan diri untuk SBMPTN dan lolos di sebuah perguruan tinggi di kota Malang, dan juga lolos ujian tertulis di PTN di Jogjakarta. Dari motivasi-motivasi itulah, akhirnya ia bisa meraih beasiswa full dan ia memilih PTN di Jogjakarta. Dan kabar baiknya ibunya di Malaysia akan segera pulang.

Ia mengatakan kalau ia ingin menjadi seorang diplomat, tapi dalam bidang pertanian. Ia mengatakan jika pertanian seperti jantung hatinya. Karena ia lahir di kota pertanian yang terkenal dengan padinya, namun terkikis dengan adanya industri-industri pabrik. Namun hal itulah yang memotivasinya menjadi diplomat agar pertanian dan perindustrian bisa bergabung. Dan satu bulan kemudian tim ruangguru mengunjungi Ikhbal di kampusnya yang merupakan top University in Indonesia.

Baca Juga : Apa Sih yang di Pelajari di Jurusan Tekhnologi Pangan dan Prospek Kerjanya?

Ia mengatakan bahwa ada banyak sekali fasilitas dari ruangguru. Misal seperti pembelajaran via animasi yang disediakan dan master teacher, Kak Dimas, yang selalu support pada para pejuang SBM ataupun soal-soal ujian hingga membuatnya bisa meraih mimpinya.

Ngomongin ruangguru, fiturnya memang banyak banget. Aplikasi belajar online terbaik ini telah banyak membantu alumni menggapai impiannya. Tercatat 69% pengguna ruangguru berhasil masuk PTN atau Perguruan Tinggi Negeri.

Dan yang paling menarik adalah karena program paket ruangbelajar PAT + SBMPTN 2020/2021 ini hanya dikenakan biaya Rp 280.000 saja. Sehingga sangat terjangkau bagi para siswa kurang mampu, dan telah terbukti membantu banyak alumni menggapai mimpinya.

Nah, selain progam pembelajaran masuk kampus, fitur-fitur lainnya yang terdapat di paket ruangbelajar juga banyak, diantaranya seperti :

1] Ruangguru Adventure : adalah fitur dimana pengguna bisa belajar melalui karakter unik seperti avatar yang bisa dibikin sendiri. Sehingga belajar lebih seru seperti main game.

Di sini kamu bisa menggunakan karakter seperti chicken atau dragon. Seru banget pokoknya. Semakin rajin belajar, semakin banyak hadiah yang bisa kamu kumpulkan. Selain itu kamu juga bisa melihat posisi peringkat kamu dari seluruh pengguna ruangguru di Indonesia.

2] Asah Otak : Fitur asah otak adalah fitur untuk mengetes pemahaman kamu melalui berbagai macam soal. Setelah selesai, kamu akan dapat video rekomendasi untuk materi yang masih perlu kamu asah. Sehingga proses pembelajaran jadi lebih terarah dan kamu jadi tahu dimana kekurangan yang masih perlu ditingkatkan kembali.

3] Dafa Lulu animasi SD : Dafa lulu animasi adalah metode pembelajaran untuk kamu yang masih SD. Metode pembelajaran ini sangat menyenangkan menggunakan karakter animasi Dafa dan Lulu. Sehingga membuat materi jadi lebih mudah dipahami.

4] Bank Soal : Untuk menguji kemampuan belajarmu, ruangguru tentu menyediakan latihan soal. Ada ratusan ribu soal di sini. Selain itu ada latihan bab Cek Kemampuan, dan kuis.

5] Laporan Belajar : Di ruangguru juga ada laporan penilaian loh. Kalau di sekolah namanya raport. Cara mengaksesnya pun mudah karena tinggal ketik “Rapor Anak” ke WA ruangguru di 081578200000, maka dengan segera akan dikasih link laporannya. Nilai A berarti sangat baik. B berarti Baik, dan seterusnya. Selain itu, tentu masih ada banyak fitur lainnya seperti – jadwal belajar, ruangguru PET, dsb.

Update

Di bulan Juli ini, ruangguru resmi rilis fitur baru. Di antaranya seperti

A. Adapto

Konsep dari fitur ini yaitu dengan mengambil manfaat dari hasil nilai kuis, yang nantinya dapat mengukur kemampuan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan begitu siswa dapat benar-benar memilih materi belajar sendiri denan tepat.

Rencana Belajar atau Playlist Belajar

Ini adalah fitur yang memiliki manfaat sebagai berikut :
1. Membuat siswa lebih disiplin saat belajar mengenai materi apa yang harus mereka pelajari setiap minggunya.

2. Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada siswa sesuai kebutuhannya dan sesuai timeline atau agenda di sekolah

3. Memberikan cara termudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti

Subtitle Video

Ini mungkin seperti subtitle dalam video youtube yang mana siswa akan lebih mudah mempelajari karena pengucapan tutor tertuang dalam tulisan. Sehingga lebih mudah dipahami dan dapat mencatat poin penting.

Fitur Pencarian

Adalah fitur untuk menemukan materi pembelajaran secara lebih cepat.

Pet Mission

Adalah fitur bagi siswa yang suka bermain game online agar mereka lebih semangat belajar.

Tes Minat Bakat

Fitur ini akan mengarahkan siswa untuk memperkirakan karier yang akan mereka capai nantinya. Tes ini nantinya akan mengukur kemampuan deduktif, artimatika, spasial, induktif, dan reasoning. Nantinya hasil dari tes adalah berupa jurusan-jurusan sesuai minat dan bakat yang siswa miliki.

Dan yang tak kalah penting adalah walaupun sulit akses internet, kamu juga tetap bisa belajar karena materi bisa belajar bisa didownload. Sehingga bisa dipelajari secara offline.

Akhirnya, di era modern ini semuanya serba mudah. Apalagi koneksi internet cepat sudah menjangkau ke seluruh pesolok tanah air. Sehingga memudahkan semua orang mengakses jutaan informasi di seluruh dunia. Tak terkecuali buat kamu yang sedang memimpikan masuk perguruan tinggi negeri, ruangguru adalah teman terbaik belajar untuk menggapai mimpi.

Sumber referensi artikel

1] Cerita Christina : https://youtu.be/G2j1Eb_awOc

2] Cerita Rani : https://youtu.be/QT7rVERXrds

1] Cerita Yuli : https://youtu.be/dCZi2MpRTLE

4] Cerita Ikhbal : https://youtu.be/xvciV8GiwX8