Catholic University Australia. Src : ICAN Education

Belajar tanpa arah itu enggak efektif. Apalagi untuk hal besar seperti kuliah di luar negeri. Sekeras-kerasnya belajar, akan lebih cepat memahami jika dengan tutor. Tutor berpengalaman pastinya seperti di ICAN English.

Sejak Oktober 2020 hingga sekarang saya berhasil konsisten belajar bahasa Inggris. Saya begitu semangat mempelajarinya karena dulu pernah putus belajar di tengah jalan. Salah satu mimpi saya dari kemampuan bahasa Inggris ini yaitu karena saya ingin kuliah di jurusan bisnis digital dan mengembangkan dunia perbloggingan.

Dengan menguasai bahasa Inggris, saya bisa memahami banyak hal. Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak hal yang dalam penjelasannya menggunakan bahasa Inggris. Terutama dalam perkuliahan.

Namun sayangnya saya masih belajar tanpa arah alias otodidak. Saya ingin sekali ikut kursus namun masih menabung. Saya yakin dengan belajar lewat kursus, saya bisa belajar lebih sistematis dan terarah karena saya bisa mengetahui level kemampuan bahasa Inggris saya.

Dari banyak sumber yang saya baca, ada 6 level kemampuan bahasa Inggris. Yaitu A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced,  C2 Proficient. Berikut penjelasannya. 

Saat ini pembelajaran yang saya lakukan baru lewat aplikasi. Sebelumnya saya juga sudah belajar lewat youtube, menerjemahkan artikel, belajar lewat lagu, menghapal kosakata, membaca kamus, dll.

Saat ini saya juga sedang belajar grammar karena tidak tahu apakah grammar harus didahulukan atau belakangan? Intinya belajar otodidak itu tidak terstruktur dan membingungkan.

Nah, bagi kalian yang akan kuliah ke luar negeri yang pastinya saat belajar menggunakan Bahasa Inggris, belajar lewat kursus sangat dianjurkan. Karena dalam kursus bahasa Inggris yang memang ditujukan untuk persiapan kuliah di luar negeri (University Preparation Course) diajarkan ketrampilan khusus untuk menunjang keberhasilan saat belajar. 

Misal seperti diajarkannya penggunaan bahasa formal yang memang agak sedikit berbeda dengan bahasa Inggris sehari-hari. Dan itu penting dipelajari.

belajar bahasa inggris untuk kuliah di luar negeri

Tanpa pengetahuan Bahasa Inggris yang baik, mahasiswa akan sulit menerima materi atau berkomunikasi dengan dosen atau orang-orang sekitar. Belajar bahasa Inggris memang tidak harus lewat kursus. Karena sekarang banyak tutorial di internet sebagai media belajar. Namun dalam konteks ini, belajar lewat tutornya langsung adalah pillihan tepat karena lebih terfokus.

Dengan belajar langsung, siswa akan lebih leluasa dan lebih mudah memahami materi. Misal ada yang kurang paham maka bisa langsung tanya langsung ke tutornya. Ada 2 alasan mengapa harus kursus Bahasa Inggris khusus ini sebagai persiapan kuliah di negeri.

1. Dibekali berbagai macam ketrampilan dalam berbahasa

Sebelum program perkuliahan di negara tujuan dimulai, siswa juga dibekali berbagai macam ketrampilan terkait penggunaan bahasa agar dapat menyesuaikan dengan lingkungan kampus. Misalnya seperti :

Essay writting. Adalah program dimana siwa diajarkan bagaimana menulis essay yang baik dan benar dengan menggunakan bahasa Inggris yang akurat dan tata bahasa yang baik.

Seminar preparation. Di sini, siswa akan diajarkan bagaimana agar mereka bisa ikut aktif dalam seminar. Baik yang diadakan oleh kampus ataupun publik.

Researching. Di sini siswa akan diajarkan bagaimana membuat dan menjalankan riset. Riset ini nantinya juga akan sangat membantu mereka saat menulis tugas akhir.

Listening. Seperti namanya, program ini akan mengajarkan siswa mendengarkan dosen atau guru mereka saat mengajar. Sehingga mereka tidak kesulitan saat mendengarkan materi dari dosen atau guru.

Note taking. Di sini siswa akan diajarkan bagaimana mengambil intisari dari pembahasan dan poin-point penting yang disampaikan oleh dosen atau guru.

Academic reading. Di sini siswa akan diajarkan bagaimana mempelajari sebuah teks-teks ilmiah terkait materi perkuliahan.

Selain itu siswa juga dilatih bagaimana berdiskusi dengan teman sekelas, memberikan argumentasi dan pendapat, membuat laporan dan tulisan, memaparkan hasil riset, tentang suasana perkuliahan, dll.

Semua dilakukan agar siswa mampu bersaing pada pendidikan lanjutan untuk kampus-kampus berbahasa Inggris. Jadi, mengambil kursus bahasa Inggris khusus ini sangat dianjurkan agar persiapan semakin matang.

2. IELTS dan TOEFL bisa didapatkan lewat kursus bahasa Inggris

Untuk masuk universitas berbahasa Inggris, misal universitas di Inggris, calon siswa harus memiliki standari nilai IELTS dan TOEFL. Yaitu semacam sistem yang dibuat untuk melakukan sertifikasi terkait kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Di sini siswa akan di tes mengenai writting, speaking, listening, dan reading. Dan untuk mendapatkannya, bisa dilakukan lewat kursus bahasa Inggris karena tes dilakukan dengan penguji 1-on-1 secara tatap muka. Tanpa IELTS atau TOEFL, Anda mungkin tidak bisa kuliah di luar negeri. 

Dari 2 point di atas, sudah jelas bisa dipahami bahwa kursus bahasa Inggris untuk persiapan kuliah di luar negeri sangat penting karena memang terfokus mengajarkan banyak hal yang memang akan dilakukan di sana.

ICAN English dari ICAN Education Conslutant adalah lembaga kursus bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk Anda yang berniat kuliah di luar negeri. Di sini Anda bisa mengasah ketrampilan berbahasa Inggris Anda secara terfokus sebelum perkuliahan sesungguhnya dimulai.

ICAN English juga menyelenggarakan tes IELTS Class Preparation dan juga TOEFL Class Preparation. Selain itu ada juga General English dan Pearson Test of English (PTE).

Dalam proses pembalajarannya, ICAN English menggunakan standar internasional dengan kurikulum standar Cambridge University untuk IELTS. Sedangkan untuk TOEFL menggunakan penilaian dari ETS.

ICAN English juga melakukan tes rutin untuk menguji kemampuan siswanya agar hasil belajar lebih maksimal. Oiya, ia juga sudah berhasil membantu banyak siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bekal kuliah ke luar negeri.

Fasilitas pendukung dimana di semua kelas dilengkapi dengan AC, LCD, dan proyektor, memberikan kenyaman siswa saat belajar. Ditambah pengajar proffesional berpengalaman dan telah melalui serangkaian training serta kuliafikasi yang baik, juga membuat para siswa semakin mudah dalam belajar.

Untuk siswa yang tidak bisa keluar rumah, ICAN English menyelenggarakan Program Kursus Berbasis online agar tetap bisa belajar walau dari rumah.

Kantornya sendiri tersebar di banyak kota di Indonesia. Seperti di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Yogyakarta, Bekasi, Balikpapan, dan Samarinda.

Kuliah di luar negeri memang penuh tantangan. Jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin terutama dalam penguasaan bahasa Inggris. Dan seperti dikatakan di awal paragraf, sekeras-kerasnya belajar, akan lebih efektif jika ada tutornya langsung. Sehingga lebih terarah dan enggak bikin stress. Terlebih karena pembelajaran lebih terfokus ke hal-hal yang memang dibutuhkan dalam perkuliahan.