Setelah sebelumnya saya berkunjung ke Bukit Pentulu Indah Karangsambung, beberapa waktu yang lalu saya berkunjung Pantai Surumanis Kebumen. Lokasi tepatnya berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Pantai Surumanis menawarkan keindahan yang tak kalah menarik dengan beberapa Pantai di sekitarnya. Seperti Pantai Watubale, Pantai Lampon, Bukit Hud, Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong, dan juga Pantai Menganti. Dimana semua Pantai tersebut lokasinya masih berjejeran.

Pantai Surumanis Kebumen 3-min

Nah, pada kesempatan kali ini saya mengunjungi Pantai Surumanis yang menawarkan keindahan pantai dari ketinggian. Suasananya sangat sejuk dan adem ayem. Terlebih jika kita berkunjung pagi buta atau sore menjelang magrib karena dapat mengabadikan sunset atau matahari tenggelam.

Untuk menuju kesini, dari kota Kebumen bisa jalan ke arah barat menuju Gombong. Lalu jalan ke arah selatan melewati satu jalur yaitu jalan Karangbolong. Sesampai di Pantai Suwuk, kita jalan ke arah barat sampai bertemu Pantai Karangbolong, Pantai Watubale, Bukit Hud, dan sampailah ke Pantai Surumanis.

Baca Juga : Pengalaman Berkunjung ke 8 Tempat Wisata di Kebumen – Panduan Akurat untuk Anda yang akan Berwisata ke Kebumen

Jalan menuju ke sini cukup berkelok-kelok dan naik turun. Jadi buat kalian yang berangkat naik motor, pastikan kondisi motor oke agar tidak tekor saat nanjak. Bensin juga terisi cukup agar tak kehabisan bensin di jalan. Karena kalau kehabisan dan harus nuntun motor naik turun bisa gempor duluan deh.

Di sepanjang jalan banyak rumah atau warung karena ini jalur ramai para pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir jika butuh sesuatu. Nah, kalau kalian sudah masuk ke lokasi pantai, jalan akan naik turun lagi dan kali ini lebih nanjak. Namun pemandangan indah berupa pantai dan bukit-buktinya begitu memanjakan mata kalian.

Setelah sampai pintu gerbang, tiket masuk yang dikenakan juga cukup terjangkau hanya 11 ribu per orang sudah termasuk parkir. Dari loketnya kalian masih jalan lagi naik turun dengan pemandangan yang menarik. Sesampai di lokasi, banyak terdapat bangunan seperti tempat parkir ataupun warung-warung yang berada di ketinggian. Pemandangannya benar-benar keren banget. Saya pun tak sabar ingin segera turun untuk menikmati keindahannya.

Di sana terdapat beberapa spot foto menarik. Seperti rumah panggung, jembatan setengah melingkar, ada juga saung kecil untuk bersantai, kemudian yang paling menarik adalah gazebo yang lantainya sudah di keramik dan mengarak ke pantai. Ah pokoknya santai banget.

Kita juga bisa turun ke bawah lagi namun sepertinya tidak ada akses menuju pantainya karena ini letaknya di perbukitan. Oiya, tracking jalan di sini juga sudah di cor sehingga tidak becek dan mudah dilewati. Sayang banget karena kemarin pas kesini lagi sepi karena efek pandemi. Jadi sepi banget. Bahkan tidak ada warung atau penjual makanan sama sekali. Kalau untuk mushola atau toilet pun ada di sini. Kemarin kebanyakan mereka yang datang yaitu muda-mudi yang lagi pacaran mungkin.

Buat yang mau ke sini sebaiknya jangan membawa anak-anak karena banyak spot foto letaknya di tebing dan tidak ada pembatasnya. Aliasnya ini bukan wisata keluarga ya.

Wisata Pantai Surumanis Kebumen ini sama seperti Pantai Watubale karena konsepnya sama. Cuma masih bagusan Watubale karena karena ada spot area wisata pantainya dan areanya lebih luas. Jadi bisa bermain air dan pasir di sini. Warung-warung juga lebih banyak di Pantai Watubale. Tapi itu 2017 lalu saat saya berkunjung ke sana. Sekarang entah seperti apa.

Setelah dari Pantai Surumanis, kalian bisa ke Pantai Watubale atau Pantai lainnya karena sepanjang jalur selatan ini banyak wisata Pantai. Terutama Pantai Menganti yang merupakan favorit nomor 1 di Kebumen. Dan terakhir, perjalanan saya ke Pantai Surumanis juga saya buat video di bawah ini. Terima kasih 