Hai guys, awal Februari 2024 lalu saya berkunjung ke Pantai Karangbolong yang kebetulan lokasinya dekat dengan rumah, sekitar 20 menitan naik sepeda motor.

Kalau dari arah utara (Gombong), maka melewati jalan Karangbolong. Setelah ketemu pertigaan Suwuk yang bertuliskan Geopark di tengah jalan, lalu belok kanan dengan jalan menanjak namun sudah mulus dan bisa dilewati mobil dengan lancar.

Walaupun pegunungan tapi jalan mulus karena jalur ini merupakan jalur utama ke Pantai Menganti yang terkenal dengan Raja Ampatnya Kebumen, dan juga pantai eksotis lainnya seperti Sagara View Karangbolong atau Pantai Surumanis.

Kemaren pas berkunjung saya sendirian karena iseng gak ngapa-ngapain di rumah. Akhirnya cus deh ke sini. Tiket masuknya nol rupiah alias gratis ya. Bahkan kemarin pas tahun baru pun tidak ada tiket masuk, cuma parkir saja 5000 rupiah.

Kalau hari biasa parkir cuma 3000 rupiah saja. Tapi kemarin karena saya datang pagi, gak ada tukang parkir, jadinya gak bayar deh wkwkwk, #Eh.

Kenapa dinamakan Karang Bolong?

Ya karena karangnya bolong atau berlubang dan bisa dilewati manusia. Saya sendiri kemarin melewati lorongnya dan tembus ke pinggiran dekat pantai Suwuk.

Iya betul, wisata Karangbolong Kebumen ini berjejeran dengan Pantai Suwuk di sebelah timurnya, dan di sebelah baratnya ada Sagara View Karangbolong yang merupakan wisata bukit pantai dari ketinggian.

Seperti apa kondisi Pantai Karang Bolong saat ini?

Kemarin pas waktu kesana, jalannya memang sudah mulus dan gak bikin khawatir deh. Dan suasana pantainya menurutku lumayan. Namun akan lebih bagus lagi kalau berkunjungnya saat musim kemarau.

Kenapa?

Karena pantai lebih bersih, ya walaupun masih ada sampah dikit. Biasa sih karena orang Indonesia memang suka buang sampah sembarangan. Tapi kalau musim kemarau mendingan. Apalagi dibagian karang yang bolong itu, saat musim kemarau, sampah hampir gak terlihat.

Namun saat musim hujan, sampah dari ujung sungai turun ke laut dan pantai jadi kotor, ranting bambu banyak banget. Sampah plastik juga. Namun tentu saja banyak tempat bersantai karena pelatarannya luas.

Saat terbaik ke sini adalah pas musim kemarau di hari kerja karena sepi dan gak banyak sampah terlihat.

Spot foto yang menarik di mana?

Di dekat lubang karang bolongnya, atau dekat tulisan “KARANGBOLONG” dengan view cantiknya. Di tembusan karang bolongnya juga bagus. Yang penting asal pinter-pinter cari angel foto saja. Ini foto-fotonya di IG saya.

Fasilitas apa saja di Pantai Karang Bolong?

Di sini parkiran luas banget dan bisa menampung banyak mobil. Kalau motor ada tempat parkirnya baik yang di luar atau yang di dalam. Kamar mandi dan mushola, toilet, juga ada. Tempat makan tentu saja banyak. Tinggal pilih.

Kemaren jajan cilok kuah pedas dan ouh, nikmat banget. Tapi rumah-rumah warung warung saung juga banyak.

Oleh-oleh dari Pantai Karangbolong apa saja?

Beberapa oleh-oleh khas Karang Bolong yaitu seperti pakaian pantai, baju, celana, aksesoris, dsb. Untuk makanan, di sini banyak yang jual yutuk goreng atau undur-undur goreng.

Hewan ini sejenis udang yang hidup dipasir. Kalau ada ombak datang, dia langsung nyungsep di pasir takut ketahuan manusia.

Dulu pernah cari yutuk di Pantai Suwuk dan dapat banyak. Nyarinya pakai sekop biar gampang.

Di Pantai Karang Bolong, yutuk goreng ini dijual 20.000 rupiah untuk 250 gram. Hmmm mahal juga ya. Mungkin ini pas lagi musim liburan.

Baca Juga : 3 Hotel Terdekat Pantai Menganti Kebumen! Tarif Mulai 100 Ribuan

Dulu pas di pantai suwuk ada yang jual 5000 untuk satu plastik kecil. Rasanya enak mirip udang, tapi kalau kebanyakan bikin pusing.

Selain yutuk, ada juga peyek udang, harganya 10.000 isi 4 buah kalau gak salah. Tapi masih enak jajan cilok kuah pedasnya sih, gurihnya mantap.

Penginapan di Pantai Karang Bolong dimana?

Untuk penginapan, di dekat Pantai Suwuknya ada Hotel Mulya Indah by OYO. Jadi harus jalan ke arah timur dulu dan lokasinya pinggir jalan. Hotelnya baru sih.

Kalau menginap di sini, pengunjung bisa main-main ke pantainya karena belakang hotel itu pantai.

Nah guys, itu dia pengalaman saya berkunjung ke Pantai Karang Bolong Kebumen, semoga bermanfaat ya.

Bagikan biar yang lain tahu