Halo guys, di akhir libur lebaran 2023 kemarin saya berkunjung ke wisata alam wadasmalang yang berada di Desa Semali, Gombong, Kebumen. Sebenarnya keinginan untuk berkunjung ke sini sudah lama, namun baru kali ini kesampaian. Dan ternyata pesonanya melebihi ekspektasi saya, aliasnya keren pakai banget euy.

Lokasinya juga mudah banget dijangkau. Dari jalan raya utama Gombong, ambil arah ke Benteng Vanderwijk dan jalan lurus terus ke utara, nanti akan sampai ke taman pinggir sungai ini. Jalurnya pun sudah mulus dan mudah dilalui kendaraan roda 4, dan gak terlalu nanjak.

Letaknya persis berada di sebelah kanan jalan utama, yang banyak pohon pinusnya. Dan yang bikin saya kagum adalah, karena tempatnya bersih. Gak terlihat sampah berserakan. Petugas kebersihannya pada gercep semua, selalu nyapu sana-sini. Ya soalnya paling males kalau berwisata, tapi sampah berserakan dimana-mana.

Dan setiap tangganya sudah dicor, sehingga tidak becek. Wisata alam Wadasmalang ini letaknya persih di tepi sungai yang menjadi bendungan. Sehingga menimbulkan suara seperti suara air terjun yang membuat suasana semakin nyaman.

Baca Juga

Ya soalnya, rerimbunan pohon pinus yang mengelilingi wisata, ditambah deburan air, akan menjadi terapi relaksasi pengunjung. Cocok banget buat healing melepas stress dan lelah dari rutinitas kerja sehari-hari. Karena suara air kan juga sebagai terapi relaksasi. Yakin, ini bagus banget.

Di area wisata juga banyak dibangun saung-saung mini menghadap sungai. Yang tak kalah menarik adalah karena ada halaman luas dengan rerumputan hijau, dan terdapat dua ayunan untuk bersantai menghadap sungan, hmmmm……dijamin kamu bakal betah berlama-lama di sini.

Moment paling asyik berkunjung adalah saat sore hari, mulai jam 2 siang atau sekalian pagi jam 6 karena masih teduh. Tapi biarpun datang saat matahari terik, suasana akan tetap adem tentrem karena rindangnya pohon bikin kita betah berlama-lama di sini.

Oh ya, di sini kita juga bisa memesan makanan dan dan diantarkan langsung oleh pelayannya. Harganya murah meriah banget. Ada bakso, mendoan, tahu masak, lotek, es teh, es jeruk, dan banyak yang lainnya. Tinggal panggil saja pelayannya, dan kita bisa menikmatinya di saung-saung ini.

Nah, buat yang bawa anak-anak, di sini banyak wahana permainan anak-anak seperti mandi bola atau kolam renang, namun ada tiket masuknya lagi. Dijamin anak-anak akan suka karena suasananya yang menarik. Untuk tiketnya sendiri cuma 5 ribu saja dan parkir 2 ribu, murah banget euy. Layak banget buat dikunjungin deh kalau lagi ke Kebumen. Lokasinya mudah dijangkau pula.

Setelah berkunjung ke sini, saya pun punya rencana untuk kembali berkunjung untuk melepas penat. Karena dekat rumah dan tempatnya menarik. Dari pasar Gombong tinggal ke timur sedikit terus ke jalan ke utara. Sampai deh.

Kemarin pas kesini, malamnya habis hujan. Jadinya taman yang deket ayunan agak basah. Kalau lagi gak hujan dua hari saja, suasananya makin sejuk dan tanahnya lebih gereh ( gak becek dan gak kering banget). Dan akan lebih seru kalau bisa ngecamp di sini. Kemping malam-malam di taman dekat sungai, tentu sangat menarik.

Kalau mau leluasa berofoto, datang lebih pagi karena masih jarang pengunjung. Kalau sudah siangan dikit saja, pengunjung sudah pada datang. Kebanyakan keluarga membawa anak-anaknya. Biarpun wisata ini lebih ke wisata keluarga, tapi tempatnya bagus dan spot fotonya banyak dan bagus.

Nah, itu saja pengalaman saya berkunjung. Terima kasih.

Bagikan biar yang lain tahu