Halo guys, beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Pantai Silumut Kebumen yang berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, Kebumen, Jawa Tengah.

Kunjungan saya ke sana saat itu bersama saudara dan membawa anak-anak. Pantainya agak ramai karena waktu itu hari minggu. Kalau libur panjang seperti libur sekolah atau habis lebaran biasanya ramai banget.

Kebetulan rumah ortu saya agak dekat pantai, hanya sekitar 30 menitan. Kalau lagi main ke rumah ortu, biasanya saya sering main ke pantai. Bahkan saya pernah sepedaan ke pantai. Seru banget soalnya.

Selain Pantai Silumut, beberapa pantai terdekatnya seperti pantai Sikembar, Pantai Bopong, Pantai Criwik, Pantai Suwuk, Pantai Pandan Kuning, Pantai Karangbolong, Pantai Menganti, dan semua sudah pernah saya kunjungi.

Tiket masuk ke sananya kemarin gratis. Dulu pas masuk juga masih gratis. Cuma bayar parkir saja Rp 5.000,- (lima ribu rupiah).

Yang bikin saya dan orang-orang senang berkunjung adalah karena gratis cuma bayar parkir saja. Kalau di pantai Suwuk, Pantai Menganti, Pantai Pandan Kuning, Sagara View Karangbolong yang viewnya cantik banget dari ketinggian, kudu bayar tiket masuk. Tapi di sini enggak.

Pantai Sikembar juga gratis dan cukup ramai dan saya sering ke sini. Asiknya berkunjung ke pantai Silumut dan Sikembar selain gratis adalah karena tempatnya juga menarik.

Misalnya karena di tepi pantai banyak pohon-pohon pinus rindang yang membuatnya teduh. Banyak tempat duduk dan saung-saungnya juga buat duduk-duduk sambil menikmati makanan yang dijual di warung-warung.

Baca Juga : 12 Pantai di Kebumen Terhits 2023, 8-nya Pernah Saya Kunjungi

Kulinernya seperti tempe mendoan atau pecel. Kadang kalau lagi musim yutuk, sejenis hewan udang, banyak dijual oleh pedagang.

Nah, kemarin pas saya berkunjung kebetulan lagi musim yutuk. Dan saya pun mencarinya, asyik banget pas lagi cari yutuknya.

cari-yutuk-di-pantai-silumut-kebumen

Lagi cari yutuk pakai cangkul garpu. Ada cukup banyak yutuk karena lagi musimnya.

Jadi pas ombak datang, pasirnya kita keruk pakai tangan dan banyak yutuk di dalamnya. Saya ikutan cari karena melihat pemancing yang sedang cari yutuk.

Kebanyakan yutuknya lagi ganti kulit, jadi cangkangnya gembur. Saya dapat agak banyak. Saya juga sempat pinjam pacul milik pemancing juga. Seru banget pokoknya cari yutuk.

Sementara bocil-bocilnya pada main pasir dan mobil-mobilan miliknya. Selain saya juga ada beberapa orang yang cari yutuk. Seru banget pokoknya.

Sampai rumah yutuk ini saya bersihkan dan goreng. Rasanya seperti kepiting dan cukup enak. Namun beberapa orang pada gak doyan karena aromanya. Katanya mblengeri.

Kalau makan agak banyak bisa bikin pusing kepala. Kalau saya sih enak-enak saja.

yutuk

Yutuk goreng. Buat yang doyan ini enak, rasanya seperti udang. 

Kunjungan saya ke pantai Lumut atau pantai Silumut ini kayaknya sudah ketiga kalinya, sudah lupa soalnya karena sering ke pantai. Pantai di sini berjejeran. Dari timur ke barat urutannya sbb :

Pantai Pandan Kuning ( dulunya pantai Petanahan ) – Pantai Silumut – Pantai Bopong – Pantai Sikembar – Pantai Criwik – Pantai Suwuk – Pantai Karangbolong – Sagara View.

Buat yang mau berkunjung, boleh dicoba tuh satu persatu. Seru banget. Paling asyik itu kalau berkunjung pas hari kerja karena sepi banget, gak kotor juga. Banyak pedagang yang jual makanan, cuma kalau hari kerja hanya ada beberapa pedagang.

Kalau di Pantai Sikembar ada sewa mobil ATV yang kecil itu. Tapi di sini gak ada sih kemarin. Paling sewa kuda saja.

Kamar mandi atau mushola juga tersedia. Saung-saung juga banyak buat bersantai. Suasananya juga cukup nyaman karena di bawah pepohonan yang teduh dan rindang.

Baca Juga : 3 Hotel Dekat Pantai Menganti Kebumen, Tarif Mulai 100 Ribuan

Kalau mau ke sini, saran saya adalah jangan main air karena ombaknya cukup besar. Pantai selatan memang ombaknya cukup besar dan bahaya. Sering ada orang meninggal terbawa arus. Biasanya pas musim liburan seperti sehabis lebaran.

Ke sini juga asyik kalau bawa layangan karena anginnya gede. Kemarin bawa layangan rakitan, eh malah rangkanya hilang di jalan. Ya sudah deh, gak jadi nerbangin. Cuma kemarin ada yang nerbangin juga.

layangan-di-pantai-silumut-kebumen

Suasana pantai silumut Kebumen dengan layang-layang parasut yang sedang terbang. 

Kalau mau menginap, penginapan paling dekat itu di dekat pantai Suwuk, ada hotel baru buka di sana.

Tips sebelum berkunjung adalah, kalau lagi di jalan raya kudu hati-hati. Karena jalan utamanya rawan kecelakaan. Jalurnya halus dan lurus. Kendaraan kalau melaju kencang itu seperti gak kelihatan.

Kelihatannya saja masih jauh, tapi tiba-tiba sudah nongol saja. Banyak kecelakaan terjadi, kalau kata penduduk setempat sih kebanyakan nenek-nenek.

Kemarin pas saya berkunjung, ada mobil bawa hebel bertabrakan dengan sedan dan remuk. Kasihan banget ngeliatnya. Posisinya pas dekat pintu masuk Pantai Lumut.

Kemudian awasi anak-anak dan jangan bolehin main air, karena memang dilarang oleh petugas. Ombaknya gede banget soalnya. Biasanya yang suka main air itu anak-anak remaja yang labil banget memang .

Oke guys itu dia pengalaman saya berkunjung ke pantai Lumut atau pantai Silumut di kecamatan Puring, Kebumen. Jangan lupa berdoa dan persiapan matang kalau mau berkunjung. Terima kasih.                                                                                                                                                         

Bagikan biar yang lain tahu