Hai guys, di Kebumen selatan ada wisata terbaru yang lagi hits di tahun 2024 dan pengunjungnya cukup ramai, apalagi saat musim liburan. Nama wisatanya yaitu Sagara Karangbolong Kebumen.

Kebetulan liburan tahun baru 2024 kemarin saya berkunjung ke sana dan memang benar cukup ramai. Maksudnya ke pantai Karangbolongnya yang masih satu jalur dengan Pantai Surumanis dan Pantai Menganti yang cukup populer sebelum adanya Sagara ini. 

Akses lokasi sagara Kebumen ini kalau dari Gombong jalan terus ke arah selatan, lalu kalau ada belokan di pertigaan pantai Suwuk, ambil kanan mengikuti satu arah sampai menemukan plang menuju lokasi.

Tiket masuk puncak Sagara Karangbolong

Tiket masuk ke Sagara Karangbolong ini 20rb dan sudah termasuk tiket masuk ke pantai Karangbolong.

For your info ya, masuk ke Pantai Karangbolong itu gak bayar alias gratis, lha wong saya kesana 2x gak ada petugas karcisnya.

Cuma dimintai parkir saja 3 ribu pas hari biasa. Dan pas liburan tahun baru kemarin parkirnya 5 ribu.

Untuk jam buka sagara Kebumen ini yaitu dari Senin Jumat dari jam 6 – 7 malam sedangkan Sabtu Minggu dari jam 5 sampai jam 8 malam.

Apa bedanya Sagara Karangbolong dengan Pantai Karangbolong?

Mungkin ada yang bingung, apa bedanya Sagara Karangbolong dengan Pantai Karangbolong?

Jadi Sagara Karangbolong ini lokasinya ada di pantai Karangbolong ya, dan letak wisatanya ada di bukit pantainya.

Sagara Kebumen ini posisinya ada di sebelah barat, sedangkan Pantai Karangbolong ada di sebelah timur.

Pantai Karangbolong juga berjejeran dengan Pantai Suwuk yang ada di sebelah timurnya lagi, yang dipisahkan oleh kali Suwuk dengan jarak mungkin 30 meteran saja.

Tapi untuk menuju pantai Suwuk kudu muter sih keluar pantai. Tapi tenang, jalan menuju tempat ini sudah mulus banget dan jadi cepat sampainya. Btw udah sering sih lewat jalan ini.

Cara naik ke puncak Sagara Beach Kebumen ini Bagaimana?

Oh ya, saat kalian berkunjung, nanti bakal ada bus shuttle gratis yang akan mengantarkanmu dari parkiran bawah ke parkiran atas dekat mushola. Jaraknya sekitar 200 meteran.

Soalnya kalau mau naik sendiri pakai motor, jalannya cukup nanjak. Khawatirnya motornya gak kuat, apalagi buat yang boncengan.

Tapi kalau mau naik pakai kendaraan sendiri, jalannya sudah bagus sih dan mulus sih. Oh ya, kalian juga bisa nonton video ini supaya lebih paham seperti apa pemandangannya.

Pelataran dan tempat bersantai

Di Sagara Beach Kebumen ini ada banyak tempat-tempat menarik untuk bersantai. Tempat duduknya juga banyak dengan view menarik.

Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dan juga desa-desa sekitar dari ketinggian karena banyak tersedia tempat duduk.

Apa yang baru di Sagara Karangbolong Kebumen? 

Jadi di sini ada kayak jembatan kaca yang transparan gitu. Ini menarik untuk dicoba sih, buat yang berani aja. Dan pastinya kuat ya.

Spot fotonya bagaimana?

Di sini juga disediakan spot foto, namun berbayar ya, 3 buah spot foto untuk 10 menit dan akan ada pemandu yang membantu memotret.

Menurutku ini bagus sih karena biasanya kalau gak gini, pengunjung main nongkrong saja di spot foto terus dan entah kapan perginya, kayak dikuasai gitu.

Pengunjung lain yang mau berfoto jadi gak bisa. Saya sudah beberapa kali sih ngalamain gini, pada egois.

Namun selain spot foto khusus, ada kursi berputar di ketinggian yang cukup menarik untuk dicoba.

Siapkan gaya berfoto sebaik mungkin agar hasilnya memuaskan. Misalnya seperti di video di bawah ini. 

Oh ya, selain Sagara, ada 8 dari 12 pantai di Kebumen yang pernah saya kunjungi dengan view yang cukup menarik. 

Fasilitas di Sagara Karangbolong

Selain spot foto dan tempat-tempat duduk, di sini juga banyak tersedia warung atau tempat makan.

Seoarang pengunjung yang pernah ke sini mengatakan untuk menu nasi pecel 1 porsi, mendoan 2 buah, ketupat 1 buah, air mineral 2 botol, kacang rebus 1 bungkus, hanya menghabiskan 35rb saja.

Cukup terjangkau sih. Selain warung makan, di sini juga ada restoran dengan live musicnya dan juga kedai kopi.

Untuk fasilitas lain misalnya seperti wahana permainan anak, mushola yang cukup luas dan lebar, toilet, area parkir, ayunan, dan di sini juga bakal ada playground dan cinema 7D.

Kalau tahun baru kemarin ada konser musik sih dengan kembang api juga, seru banget pastinya.

Tempatnya kalau saya lihat sih bersih gak ada sampah, jadi menarik untuk dikunjungi.

Secara, paling menyebalkan itu kalau banyak sampah di tempat wisata, jadi gak menarik dan happynya berkurang.

Karena ini wisata bukit pantai, maka kontur jalannya menanjak melalui anak tangga, namun tangga ini cukup lebar dan sudah dicor ya, jadinya lebih mudah dilewati.

Btw di sini ada petilasan gitu ya, tapi gak tahu itu petilasan apa.

Dan dulu juga pernah ada bule ke sini dan sepertinya menginap sih di villanya.

Sagara Karangbolong di malam hari

Mungkin kalian penasaran seperti apa Sagara Beach Kebumen di malam hari? Tentu saja suasananya beda karena ini di bukit pantai. Dan saat malam tidak begitu dingin.

Dari bukit pantai kita bisa melihat lampu-lampu nelayan yang sedang melaut menangkap ikan yang membuat suasana cukup berkesan. Dan saat pagi pun lampu nelayan masih menyala.

Fasilitas penginapan Sagara Karangbolong 

Agar bisa menikmati pemandangan malam hari di Sagara Kebumen, disediakan juga fasilitas penginapan bernama Sagara Glamping. Bentuk bangunannya segitiga yang letaknya berada di pereng atau bukit.

Desain interior penginapan ini cukup estetik dengan aksen kayu. Ruangannya ada 2 tingkat dan kasurnya ada di bagian atas. Jadi saat tidur bisa melihat ke arah laut.

Saat malam hari ternyata suasananya tak begitu dingin, dan bisa melihat kerlap-kerlip lampu nelayan sambil rebahan di kasur. Ah, pasti sangat menyenangkan.

Di depan kasur juga ada balkon dengan kursi dan meja kecil untuk sekedar bersantai. Sambil rebahan pun asyik banget pastinya.

Tarif penginapan ini dari 400rb – 600rb per malam untuk 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Namun rule ini bisa berubah setiap waktu sesuai kebijakan pengelola.

Kalau di malam tahun baru kemarin tarifnya sih 750rb per malam.

Baca Juga : Hotel dekat Pantai Menganti Kebumen

Fasilitas yang tersedia seperti televisi yang sudah include netflix, meja makan, toilet duduk, water heater atau pemanas air, AC, sofa, air mineral, gula, teh. Gantungan bahu, handuk, keset,  dsb.

Saat malam hari, pengunjung bisa menikmati malam sambil melihat kelap-kelip perahu nelayan dan deburan ombak.

Namun sinyal di sini kurang peka ya, tapi bisa diakali dengan keluar penginapan ya. Suasana kamar pas malam hari juga keren dengan lampu-lampu yang menyala.

Nah, itu dia yang bisa pengunjung dapatkan saat berkunjung ke sagara kebumen Jawa Tengah. Banyak hal menarik bisa pengunjung dapatkan di sini.

Bagikan biar yang lain tahu