Tahun 2020 adalah tahun yang amat menyedihkan bagi masyarakat di seluruh dunia. Tahun dengan angka cantik yang mungkin menurut anggapan orang akan menjadi tahun yang indah penuh suka cita, justru malah sebaliknya. Bukan itu saja. Saat awal tahun baru 1 Januari 2020 saja, bencana banjir di Jakarta yang begitu hebat juga cukup menyisakan duka mendalam. 3 Bulan kemudian disusul merebaknya virus corona pada Maret 2020. Tidak heran jika banyak yang bilang bilang tahun 2020 adalah tahun penuh kenangan pahit.

Virus yang awal mulanya hanya menulari 3 orang di kota Depok ini, kini sudah merambah ke 228 negara di dunia. Untuk Indonesia sendiri, kini hampir 1 juta kasus positif dengan data per 11 Januari 2020 yaitu positif 836718 orang. Sembuh 688739 orang. Dan meninggal sebanyak 24343 orang.

Saya sendiri sempat merasakan ketakutan saat awal virus ini muncul yang membuat sakit asam lambung saya tak kunjung reda. Bahkan saya sempat merasa tidak enak dengan teman, saudara, kerabat, saat berkunjung ke rumah karena mereka baru saja pulang dari perantauan.

Terlebih semenjak orang-orang di kota saya mulai terjangkit. Kondisi sempat mencekam saat banyak ruang publik seperti alun-alun atau sekolah di tutup dan sangat sepi. Sepi seperti kota mati. Mereka yang nekat keluar dan kena razia pun diberi peringatan.

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Gejalannya seperti sesak napas, demam di atas 38 derajat celcius, dan batuk-batuk. Nah, agar kita tidak tertular, berikut 7 tips mencegah virus corona yang bisa kita lakukan.

1. Cuci tangan dengan sabun dengan benar setelah bepergian

Mencuci tangan dengan sabun dengan cara yang benar setelah bepergian penting dilakukan agar tangan bersih bebas kuman dan virus penyebab virus corona. Kita tidak tahu saat diluar sudah memegag apa saja. Bisa jadi gagang pintu, tombol lift, tempat duduk di kendaraan umum, dan lain sebagainya, sebelumnya telah digunakan oleh penderita covid-19. Maka dari itu cuci tangan penting dilakukan untuk mencegah penularan.

Cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik secara menyeluruh hingga ke punggung tangan dan sela-sela jari akan membunuh kuman penyebab virus corona. Selain cuci tangan, bisa juga dengan membawa handsanitizer agar untuk melindungi diri dari tertularnya virus.

Baca Juga : Asset Performance Management: Distribusi Vaksin Jauh Lebih Mudah

2. Menggunakan masker atau face shield saat bepergian

Masker akan melindungi kita dari polusi dan tentu saja mencegah penularan virus. Memang sih makser ini tidak sepenuhnya menangkal virus. Tapi dengan masker, dapat meminimalkan risiko tertular virus tersebut. Jika perlu, gunakan face shield atau pelindung wajah seperti yang sering kita lihat. Perlindungan ganda ini akan membuat kita lebih aman dari risiko penyebaran virus tersebut.

3. Jaga jarak dengan penderita covid-19

Saat menjumpai atau mengetahui ada seseorang yang positif terinfeksi, hendaknya kita jaga jarak terlebih dahulu agar virus tidak tertular ke tubuh kita. Kita juga dianjurkan jangan bepergian dahulu terutama di lingkungan sekitar korban karena kita tidak tahu, korban sudah melakukan interaksi dengan siapa saja dan dimana saja? Tapi jika misal merasa ragu apakah kita benar-benar tertular atau tidak, bisa lakukan swab test di fasilitas kesehatan terdekat.

4. Menjaga daya tubuh agar tak mudah terserang penyakit

Saat-saat genting seperti ini, hendaknya janganlah kita sakit. Saat sakit, tentu ada perasaan khawatir saat akan berkunjung ke rumah sakit. Terlebih jika rumah sakit tersebut terdapat pasien positif corona. Soalnya dulu saya juga begitu saat sakit asam lambung disertai sakit gigi yang teramat sangat. Bukan hanya sekali, tapi ada 6 kali lebih berkunjung ke rumah sakit. Beruntunglah karena sampai sekarang saya sehat walafiat. Nah, agar tubuh tetap sehat, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga : Dari Istirahat Cukup Hingga Minum Suplemen, Berikut 9 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

a. Istirahat cukup. Jangan pernah menganggap sepele dengan hal ini. Istirahat yang kurang akan membuat bada kita loyo, mata sayup dan panas, dan untuk berpikir pun jadi sulit. Akibatnya jadi mudah terserang penyakit. Dianjurkan untuk tidur 7-8 jam sehari agar tubuh mendapatkan haknya istirahat. Dengan begitu, badan akan terasa sehat dan otak pun segar dan mudah untuk berpikir.

b. Makan makanan bergizi. Makanan yang bergizi akan membuat tubuh kita sehat dan bugar. Sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Makanan sehat tidak harus mahal. Asalkan sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna, itu sudah cukup.

c. Cukup minum air putih. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Peredaran darah akan lancar jika kebutuhan air dalam tubuh tercukupi. Konsumsi 8 gelas air putih per hari akan membuat tubuh kita sehat dan bugar dan terhindar dari dehidrasi.

d. Olahraga. Jangan abaikan pentingnya olahraga. Gerak tubuh yang dihasilkan dari olahraga akan membuat tubuh kita rileks dan otot lemas. Peredaran darah pun akan semakin lancar jika kita sering olahraga. Olahraga juga membuat tidur malam lebih nyenyak. Olahraga walaupun hanya sekedar jalan kaki pun akan berkontribusi pada kesehatan tubuh. 10 manfaat jalan kaki bisa baca di sini.

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Alat alat Olahraga

5. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Saat pandemi seperti ini, menjaga kesehatan harus dilakukan sebaik mungkin. Termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih akan membuat rumah semakin nyaman ditinggali. Lantai yang bersih, taman yang bersih, dapur dan kamar mandi yang bersih, atau ventilasi udara yang baik akan mempermudah sirkulasi udara dan cahaya matahari mudah masuk ke dalam rumah.

6. Jangan bepergian dahulu jika memang tidak mendesak atau sedang sakit

Jika memang tidak dalam keadaan mendesak dan butuh, baiknya jangan bepergian dahulu. Terlebih jika kita sedang sakit. Tunggulah sampai benar-benar sehat. Tapi tentu saja lihat kondisi sekitar. Jika semisal lingkungan kita terdapat kasus positif covid-19, baik dirumah dulu saja demi kesehatan kita bersama.

7. Konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh

Agar tubuh tetap terjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya, bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen. Namun perlu diketahui pula. Suplemen di sini berfungsi sebagai penunjang kesehatan. Bukan sebagai pengganti makanan atau pengganti obat-obatan dalam menecgah suatu penyakit. Jadi Anda tetap perlu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh tetap sehat. Atau bisa juga konsumsi madu karena madu dapat membuat tubuh lebih sehat dan berenergi. Bahkan untuk orang sakit sekalipun. Baik itu madu merah atau madu hitam pahit yang salah satu fungsinya mengatasi asam lambung.

Akhirnya, di saat-saat genting seperti ini, kesehatan menjadi sangat diprioritaskan. Banyak orang berlomba-lomba untuk sehat agar tak sampai terkena virus berbahaya ini. Dan beberapa tips di atas barangkali bermanfaat untuk dipraktikkan agat tubuh selalu sehat sampai kapanpun.