Sebagai warga yang tinggal dekat alun-alun karanganyar Kebumen, tentunya saya sering banget berkunjung ke sini. Biasanya saya datang di sore hari saat hari sudah terang. Karena di saat itu pula banyak orang yang berkunjung.

Berkunjung ke sini memang mengasyikan. Alasannya karena pemandangannya yang indah dikarenakan penataan yang rapi. Banyak pohon-pohon rindang mengelilingi ruang publik ini, yang membuat suasanya makin nyaman untuk sekedar duduk bersantai bersama teman atau orang tercinta.

Alun-alun ini juga luas, bahkan lebih luas dari alun-alun Kebumen kota. Di sekeliling tempat ini juga banyak sekolah berdiri. Jadi tidak heran jika banyak anak-anak memilih sekolah di sini karena suasananya.

Lampu temaram alun-alun Karanganyar di sore hari yang syahdu. Dokpri.

Bahkan dulu saat sepeda motor masih jarang, banyak anak sekolah yang ngekost di sekitar sekolah. Sekarang sepertinya jarang karena bisa laju pakai motor. Dan yang sekolah di sini juga agak jauh-jauh rumahnya.

Beberapa sekolah yang berdiri seperti yaitu SMP N 1 Karanganyar, SMP N 2 Karanganyar, SMP N 3 Karanganyar, SMP Muhammadiyah Karanganyar, SMP Taman Dewasa Karanganyar, SMK Taman Siswa Karanganyar, SMK Pelita Karanganyar, SDN 1 Karanganyar, TK Indria Karangnayar, SMK Bina Karya 1 Karanganyar, dan di sebelah selatan sebrang jalan ada SMKN 1 Karanganyar dan SMK Komputer Karanganyar. Kemudian di sebelah timur ada SMA Negeri 1 Karanganyar, SDIT Karangnyar, SMK Bina Karya 2 Karanganyar, dan juga SD luar biasa.

Ada 16 sekolah yang berdiri di sekitarnya. Jadi kalau pas upacara seperti peringatan kemerdekaan 17 Agustus, lapangan akan penuh sesak oleh siswa-siswi yang dari banyak sekolah tersebut.

Kalau pagi dan siang hari, ramainya anak-anak berangkat sekolah pun jadi pemandangan unik tersendiri. Selain moment unik tersebut, ternyata ada 5 hal seru yang bisa dilakukan di alun- alun Karanganyar Kebumen. Berikut penjelasannya.

 

1. Duduk-duduk santai di bawah pohon yang rindang

Duduk-duduk di sekitar alun-alun jadi piknik asik tersendiri. Gesee untuk gambar lainnya. Dokpri.

Hal paling mengasyikkan di alun-alun karanganyar yaitu duduk-duduk santai di bawah pohon. Aktivitas ini memang mengasyikkan karena di sekeliling alun-alun lantainya dibuat permanen, banyak pohon-pohon rindang yang membuatnya adem, petugas kebersihan yang selau membersihkan tiap paginya, dan juga penataan taman terutama lampu atau tempat duduk yang estetik, yang membuat pemandangan lebih indah dan sejuk.

Baca Juga : Pantai Menganti Kebumen Kini Semakin Menarik! Ini Berbagai Spot Foto Kerennya

Tapi yang teramat di sayangkan yaitu banyak orang terutama anak-anak muda yang suka buang sampah sembarangan. Padahal ada tempat sampah di sekitarnya. Biasanya mereka datang bawa makanan atau minuman, setelah itu ditinggalkan begitu saja tanpa peduli. Dan pastinya kalau mereka berfoto, gak mungkin backgorundnya sampah yang mereka buang.

Kemudian untuk spot paling menarik untuk bersantai yaitu yang ada di sebelah timur karena tak ada pedagang yang jualan di atas mimbarnya. Sehingga pemandangan jadi lebih menarik. Apalagi kalau di pagi hari karena terlihat begitu bersih setelah disapu oleh petugasnya.

2. Jogging di pagi hari

pemanasan-sebelum-olahraga

Olahraga di pagi hari jadi rutinitas  warga sekitar alun-alun karanganyar. Dokpri

Kalau pagi hari terutama hari minggu, banyak orang-orang datang untuk berolahraga. Dari anak balita sampai yang tua datang ke sini.

Di sini pengunjung bisa berlari mengitari track jogging yang memang sudah tersedia. Atau bisa juga mengitari track mimbar yang mengelilinginya. Atau bisa juga turun ke aspal.

Bukan hanya hari minggu atau hari libur, setiap harinya selalu ada saja orang berolahraga, baik di pagi hari atau sore hari. Saya sendiri dulu sering banget olahraga di sini, sekarang jarang sih bahkan tidak pernah.

Alun-alun karanganyar memang jadi tempat favorit untuk berolahraga karena selain disediakan tempatnya, juga pemandangannya yang sejuk dan asri.

3. Menikmati berbagai macam kuliner di sekeliling alun-alun

Di sekeliling alun-alun ada banyak banget kuliner atau jajanan yang ditawarkan pedagang. Ada nasi goreng, sate, es buah, cilok, cimol, lutisan, karedok, ayam goreng crispy, batagor, es boba, cilor, bakwan malang, rujak, mie ayam, bakso, seblak, angkringan, nasi padang, es degan, dsb.

pedagang-di-alun-alun-karanganyar-kebumen

Pedagang di sekitaran alun-alun Karanganyar depan SMPN 1 Karanganyar. Dokpri. 

Selain kuliner, ada juga fashion atau pakaian, kacamata, distro, parfum, tukang buah, tukang cukur, dsb. Kalau lagi puasa, pengunjung banyak banget. Pedagang baru pun bermunculan. Jalanan sampai empet-empetan saking banyaknya pengunjung. 

Duduk-duduk santai sambil menikmati kuliner, uh nikmat banget. Dan kalau malam pun lumayan rame, apalagi hari minggu. Dan kalau lampu taman sudah nyala, suasana akan semakin syahdu sambil menikmati sego angkringan dan teh anget di sore hari.

alun-alun-karanganyar-kebumen-senja

Suasana senja sore hari di alun-alun karanganyar. Dokpri.

4. Event-event seperti pasar malam atau pertujunjukkan

Pasar Malam Karanganyar Kebumen

Pasar malam di tahun 2018 lalu. Dokpri. 

 Seringkali di tiap tahunnya di sini diadakan pasar malam. Kalau kemarin sih ngepasin di bulan puasa dan rame banget. Tapi sayangnya kemarin hujan, jadi enggak terlalu rame. Wahana permainan yang ditawarkan pun banyak. Seperti komedi putar, roda gila, bianglala atau kurungan manuk, perahu, ombak laut, dan sebagainya.

Selain pasar malam, juga pernah diadakan event lain. Kalau kemarin sih reog ponorogo dan penontonnya juga lumayan banyak. Artikel pasar malam alun-alun Karanganyar bisa kalian baca di sini.

5. Nonton bola

nonton-bola-di-alun-alun-karanganyar-kebumen

Nonton bola di sore hari atau minggu pagi jadi kesenangan tersendir buat para pecinta bola. Dokpri.

Buat para pecinta bola, di sini kalian bisa menonton pertandingan bola yang seringkali dilakukan oleh anak-anak PERSEKA (Persatuan Sepak Bola Karanganyar). Pemainnya sendiri yaitu anak-anak dan remaja. Biasanya mereka bermain saat sore hari atau minggu pagi saat sedang latihan. Tentunya ini tontonan gratis dan cukup menghibur, terutama bagi pecinta bola.

Wahana permainan anak di alun-alun Karanganyar Kebumen. Dokpri.

6. Wahana permain anak-anak di sebelah utara

Alun-alun karanganyar juga jadi tempat liburan asyik buat anak-anak. Misal karena di sini mereka bisa main beragam permainan. Seperti kerajaan balon dimana anak-anak bisa naik dan melompat-lompat atau perosotan.

Kemudian ada juga replika mobil-mobilan kecil dimana anak-anak bisa naik dan menyetirnya sendiri. Lalu ada juga mewarnai karakter di atas sebuah kardus putih yang nantinya hasilnya bisa dibawa pulang. Selain itu ada juga skutter dan kereta-keretaan.

Wahana permainan ini biasanya ramai di sore hari, walaupun biasanya sudah dari pagi digelar. Kalau hari libur seperti hari minggu, biasanya rame. Apalagi di sore hari.

Nah, itu dia hal menarik di yang bisa dilakukan di alun-alun Karanganyar Kebumen. Dulu sebelum dibangun tidak terlalu ramai. Namun semenjak dibangun dan penataan yang rapi, pengunjung ramai setiap harinya. Dan sekarang mulai diterapkan parkir kendaraan.

Untuk sepeda ontel cuma 500 rupiah saja, sepeda motor 1.000, dan mobil 2.000. Menurutku tidak masalah sih, yang penting pengelolaannya bagus. Terutama agar lingkungan makin bersih. Namun begitu bukan berarti bisa seenaknya, misal buang sampah sembarang.

SELESAI

Bagikan biar yang lain tahu