10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Anda. Seorang pakar kesehatan, dokter Zaidul Akbar, pada channel youtubenya yaitu Jurus Rimpang Sehat, saat menjawab pertanyaan tentang kesehatan dari seorang audiens atau pemirsanya yang bertanya, apa sih rahasia orang Cina, Jepang, Korea, Hongkong, yang hobinya makan mie dan jumlahnya tidak tanggung-tanggung, tapi selalu sehat ?

Kemudian dokter menjawab bahwa orang-orang di Negara tersebut hobinya jalan kaki. Jadi walaupun mie instan seperti yang kita tahu memang tidak sehat, tapi karena selalu dibakar oleh aktivaitas jalan kaki, maka resiko akan satu penyakit pun menurun.

Menurut penuturan sang dokter, kalau di Hongkong dan lagi ada di MRT, kalian bisa liat betapa banyakanya orang jalan Kaki. Bahkan dokter Zaidul Akbar pun pernah menghitung langkah jalan kaki saat berada di Negara tersebut. Dalam sehari, Beliau bisa sampai 14.000 ribu langkah. Bayangkan coba. Beda sekali kan dengan di Negara kita. Mau jalan ke warung 10 meter aja naik motor.

Dan memang begitulah keadaannya. Saya sendiri yang saat ini lebih suka jalan kaki karena alasan kesehatan, sering ditanyai “ko jalan kaki, ko jalan kaki, ko jalan kaki, ko jalan kaki?” Ya karena saya sadar bahwa jalan kaki itu sehat. Jalan kaki dapat membakar lemak sehingga tidak mudah gemuk.

Untuk saya sendiri, saat hari jadwalnya olahraga, palingan saya hanya jalan 5000 langkah setiap hari. Kalau tidak sedang berolahraga, saya hanya jalan mungkin sekitar 3000 langkah bahkan kurang. Namun saya coba imbangi dengan aktivias lain yang menguras keringat. 

Baca juga :

Kemudian karena saya sering kurang jalan kaki, saya menghindari makan mie instan karena itu adalah makanan beracun jika konsisten dan istiqomah mengkonsumsinya.

Berkaitan dengan hal tersebut, disini saya ingin menuliskan manfaat kesehatan berjalan kaki, dikutip dari situs kesehatan terpercaya doktersehat dot kom.

1. Memperbaiki postur tubuh

Jalan kaki akan membuat postur tubuhmu lebih sehat. Saat berjalan kaki, otot pada paha dan kempol akan terlatih sehingga menjadi lebih kuat. Otot perut pun demikian. Begitu juga dengan tangan dan punggung.

Dulu saat saya masih bekerja sebagai kuli, karena selalu mondar-mandir baik sambil membawa beban atau tidak, ukuran perut menjadi lebih melesap dan lebih kempes. Tidak pernah mengalami yang namanya perut gendut pokonya pas waktu itu. Berjalan kaki juga dapat terhindar dari postur tubuh yang bungkuk.

2. Menigkatkan tenaga

Setiap 2-3 kali dalam seminggu, saya sering berolahraga. Sebelum jogging, biasanya saya jalan kaki dulu mengitari jogging track sebanyak 1-3 kali. Setelah olahraga, badan memang terasa lebih fit. Buat tidur juga jadi lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan aktivitas jalan kaki dapat memompa darah dengan lancar ke seluruh tubuh dan memberi asupan oksigen lebih banyak

3. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan lebih, jalan kaki adalah cara termudah menurunkan berat badan. Karena jalan kaki mampu memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin. Hormon insulin ini bekerja dengan memperbaiki metabolism karbohidrat, protein, dan juga lemak dan dapat mengurangi jumlah lemak pada tubuh seseorang.

4. Meningkatkan kinerja otak

Seringkali setelah berolahraga, saya merasakan kinerja otak lebih fresh dan lebih enak buat mikir. Mungkin karena oksigen dapat disebarluaskan dengan lancar karena olahraga, dalam hal ini jogging ataupun jalan kaki.

5. Mengurangi gejala varises

Jalan kaki memang memiliki banyak manfaat. Jalan kaki 30 menit saja dalam sehari akan membuat tubuhmu lebih sehat dan dapat terhindar dari penyakit varises.

Varises adalah kondisi dimana pembuluh darah vena mengalami pembengakakan dan pelebaran dan umumnya terjadi pada kaki. Wujud dari varises ini yaitu pembuluh vena berwarna seperti simpul atau ungu tua. Penyebab varises sendiri misalnya selain karena pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar kaki, juga karena bertambahnya usia, obesitas, dan kehamilan. Sumber : halodoc.com

6. Jalan kaki menjaga sistem kekebala tubuh

Jalan kaki dapat membuat tubuh lebih sehat. Ya, dan itu memang benar. Seringkali setelah berolahraga, badan terasa lebih sehat dan lebih seger. Otak pun lebih fresh dan buat mikir lebih enak. Badan juga tidak kaku. Beda sekali dengan konndisi saat jarang olahraga, karena tubuh terasa kaku.

7. Menjaga fungsi otak

Jalan kaki dapat menjaga fungsi otak hingga usia tua. Hal itu dikarenakan aliran darah ke otak berjalan lancar dengan berjalan kaki.

8. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang keropos yang umumnya disebabkan karena kurangnya asupan kalsium. Sayangnya sebagian besar orang Indonesia kurang dalam asupan kalsium seperti susu, contohnya. Tapi tak usah khawatir, karena jalan kaki juga dapat mencegah timbulnya osteoporosis.

9. Menjaga kesehatan sitem pencernaan

Berjalan kaki dapat menjaga sitem pencernaan seseorang. Ini penting dilakukan, secara masih banyak orang yang hanya bediam diri setelah makan makanan berat. Hal itu memicu terganggunya sitem perncernaan. Berjalan kaki usai makan juga dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil.

10. Membuat perasaan jadi lebih baik

Banyak sumber yang mengatakan bahwa olahraga termasuk jalan kaki dapat membuat suasana hati lebih senang dan bahagia. Tak terkecuali jalan kaki. Hal itu dikarenakan aktivitas jalan kaki akan melepaskan hormone endorfrin yang dapat membuat hati lebih riang dan mengurangi kecemasan.

Nah, itulah 10 manfaat jalan kaki yang bisa didapat. Jalan kaki tidak harus di jogging track atau menyengajakan berolahraga. Karena jalan kaki bisa dilakukan kapanpun dimanapun.

Agar mendapat target harian jumlah jalan kaki, kalian bisa gunakan smartwatch untuk menghitung berapa jumlah langkah kalian setiap harinya dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali.

Sumber referensi artikel
11 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan https://doktersehat.com/manfaat-jalan-kaki/
Demensia – https://www.alodokter.com/demensia

 

Bagikan biar yang lain tahu