Foto : pixabay.com/Pexels

Pepatah mengatakan “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”, yang artinya, hanya karena kesalahan kecil yang begitu sepele, seluruh persoalan menjadi kacau dan berantakan.

Ungkapan ini kiranya pas di sematkan pada keponakan saya yang bernama Rina yang saat ini masih duduk di kelas 5 SD. Beberapa waktu yang lalu ia pulang cepat dari sekolah di antarkan gurunya karena mengeluh lemas dan sakit didalam kelas. Sebelum berangkat, Nisa sempat dibilangin oleh Ibunya untuk sarapan.

Bukan hanya itu, karena seringkali meninggalkan sarapan pagi, ia juga hampir saja tidak bisa mengikuti kegiatan study tour di sekolahnya. Dramatis sekali waktu itu. Jadi, di hari sabtu ia sakit, sementara di hari rabu depannya ia harus mengikuti study tour.

Dan jika ia tidak mengikutinya, maka uang yang sudah di bayarkan akan hangus, padahal jumlahnya lumayan banyak. Sangat di sayangkan sekali memang. Namun beruntunglah karena akhirnya ia sembuh dihari keberangkatanya dan bisa mengikuti study tour sekolahnya. Dan semua itu berawal hanya gara-gara hal sepele, yaitu malas sarapan pagi. 

Nah, selain bahaya seperti yang Rina alami, bahaya lain yang bisa di timbulkan jika seseorang malas sarapan pagi itu ternyata ada banyak sekali. Berikut adalah 8 resiko jika kita sering melupakan sarapan pagi :

[1] Kegemukan

Kegemukan memang bukan penyakit, tapi ternyata kegemukan cukup membuat risih hidup seseorang dan bahkan bisa menyebabkan penyakit. Mau kemana mana terasa berat. Ini bisa saya rasakan saat beberapa waktu lalu berat badan saya naik beberapa kilogram.

Perut bergelambir penuh dengan lemak. Nah, bagi Anda yang sedang diet, melupakan sarapan tidak akan menjadi solusi menurunkan berat badan, tapi justru malah akan menaikan berat badan.

Baca Juga : 8 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Wajib Dilakukan 

Menurut sebuah studi dari American Journal of Epidemology pada 2003 lalu menyebutkan, bahwa jika seseorang melupakan sarapan pagi, maka cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan orang yang rutin sarapan setiap paginya.

Studi lain yang di terbitkan dalam diabetes care juga menemukan, bahwa lebih dari 3000 pria dan wanita yang rutin sarapan pagi, ternyata menurunkan resiko obesitas atau kegemukan dan juga tekanan darah tinggi.

Salah satu resiko malas sarapan adalah kegemukan

[2] Penyakit maag

Orang yang memiliki riwayat penyakit maag atau lambung, sebaiknya jangan menunda atau meninggalkan sarapan pagi. Karena seperti yang kita tahu, penyakit maag justru bisa menjadi lebih serius jika sering membiarkan perut kosong, terutama sarapan pagi. Bisa bisa lambung bocor karena terlalu sering mengosongkan perut.

Baca Juga : Pengalaman Sembuh dari Asam Lambung dengan Obat Alami Asam Lambung Selama 8 Bulan

Malas sarapan beresiko sakit maag atau lambung

[3] Diabetes

Sering melewatkan sarapan pagi ternyata beresiko terkena diabetes. Menurut sebuah studi yang di publikasikan dalam American Journal of Cinical Nutrition menyatakan, bahwa ketika seseorang melewatkan sarapan, maka resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat sebesar 20% karena kadar kolesterol dan tingkat sensitive insulin yang buruk.

Malas sarapan juga bisa beresiko diabetes

[4] Konsentrasi menurun atau susah berpfikir

Menurut penelitian yang di laporkan dalam Journal of Adolescent Health, para peniliti yang melakukan penelitian terhadap remaja usia 13-20 tahun, mendapatkan hasil bahwa mereka yang rutin sarapan pagi, memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik.

Malas sarapan bisa membuat Anda sulit konsentrasi

Juga berdasarkan laporan Centers for Disease Control diketahui, anak anak sekolah yang tidak sarapan pagi, kemampuan mereka dalam memecahkan masalah mengalami penurunan. Sementara mereka yang rutin sarapan pagi, memiliki nilai tinggi dalam skor tes standar, lebih tepat waktu masuk sekolah, dan juga jarang absen. Sampai di poin ini, berarti memang benar jika sarapan pagi itu sangat penting, kawan.

 [5] Untuk para cewek, menstruasi jadi gak lancar

Menurut hasil survey yang di laporkan dalam jurnal Appetite pada bulan Agustus 2010 mendapatkan, mahasiswi yang rutin tidak sarapan, memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur di banding mereka yang sarapan secara teratur.

Selain itu, terdapat pula gangguan menstruasi lainya, yaitu seperti rasa sakit yang berlebihan, serta darah yang keluar saat menstruasi jadi tidak lancar. Jadi buat para cewek, nggak usah heran jika hal ini terjadi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena hal sepele, yaitu mengabaikan sarapan.

Menstruasi juga bisa tidak lancar karena mengabaikan sarapan

[6] Suasana hati sedang kacau bisa menjadi kacau balau dan galau jika mengabaikan sarapan

Hai teman, galau itu gak enak, mau makan gak enak, tidur pun gak enak, ngapain aja gak enak. Perasaan gak karuan dan ruwet pokonya. Dan pastinya kalian pernah merasakanya. Saya gak percaya jika hidup kalian mulus seperti aspal hotmix tanpa ada hambatan, iya kan ? hehehe

Nah, jika kalian gak mau galau, jangan lupakan sarapan pagi ya ? Dan mungkin bagi kalian yang sedang galau (semoga tidak) tapi malah melupakan sarapan pagi, maka suasana hati bisa tambah galau. Makanya, sarapan pagi jangan di lupakan ya ? karena sarapan pagi itu pembangkit semangat.

Yang lagi galau tambah galau kalau malas sarapan

Karena seperti dilansir dari doktersehat.com, berdasarkan sebuah survey, sebanyak 26 persen orang memiliki suasana hati yang lebih baik karena rutin sarapan pagi. Perubahan suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah rendah, yang merupakan efek samping dari mengabaikan makan berkepanjangan.

[7] Resiko terkena penyakit jantung

Loh, masa sampe segitunya sih ? bisa dong, namanya juga pola hidup gak sehat. Oiya, untuk diketahui, sebuah studi yang di lakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan, bahwa melewatkan sarapan bisa berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Karena pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan fungsi orang tubuh.

Baca Juga : 10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Rasa lapar yang berlebihan menjelang siang hari, dapat membuat seseorang kalap mata dan kemudian memakan makanan berlemak tinggi dalam jumlah banyak. Pola makan seperti ini dapat menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan hal itu merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Wah, padahal cuma gara gara gak sarapan bisa jadi begini yah.

Penyakit jantung juga merupakan salah satu resiko malas sarapan

[8] Cepat lelah dan kurang bersemangat melakukan aktifitas harian

Untuk resiko yang satu ini sepertinya semua orang sudah tahu, bahwa jika seseorang sering melupakan sarapan, maka tubuh akan lemas karena kekurangan energi, terutama untuk para pekerja berat yang membutuhkan tenaga lebih. Konsentrasi juga bisa menjadi kurang fokus karena tidak sarapan.

Menurut penelitian yang di lakukan oleh National Institute of Health membuktikan, melewatkan sarapan dapat beresiko menderita hypoglycemia atau gula darah rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala pusing, lemas, sakit kepala, dan juga detak jantung jadi lebih cepat dan berdebar debar.

Sudah jadi hal umum, karena malas sarapan jadi cepat lelah

Nah, itulah 8 bahaya yang mengancam kita semua jika kita sering mengabaikan sarapan. Dan beberapa waktu lalu, saya juga sempat berkonsultasi dengan dokter dalam sebuah website kesehatan.

Sang Dokter menjawab bahwa jika seseorang melupakan atau sering mengabaikan sarapan pagi, maka kinerja tubuh menjadi kurang baik. Berbagai gangguan seperti tubuh lemas, susah konsentrasi, resiko terkena sakit maag, dan bahkan diet pun jadi kurang lancar karena sering melupakan sarapan pagi.

Dari pembahasan diatas, kita jadi tahu bahwa sarapan pagi itu sangat penting. Kelihatanya sih memang sepele, namun bisa berakibat fatal jika sering di lupakan, seperti yang diatas saya tuliskan.

Sumber referensi artikel

1] www.hipwee.com/tips/7-kreasi-sereal-untuk-sarapan-sehat-kenyang-praktis-dan-nggak-bikin-badan-bengkak/
2] www.hipwee.com/tips/suka-merapel-sarapan-sama-makan-siang-hati-hati-8-bahaya-ini-mengintaimu/
3] www.mymilk.com/milkeveryday/manfaat-susu/manfaat-minum-susu-di-pagi-hari
4] www.dokterbabe.com/konsultasi/bahaya-tidak-sarapan-pagi-secara-terus-menerus/

Bagikan biar yang lain tahu