Halo guys, beberapa waktu lalu saya berkunjung wisata alam Waduk Jembangan di Kecamatan Ponconwarno Kebumen. Sebelumnya saya memang sudah berkunjung ke sini di 2019, namun kondisinya sekarang berbeda karena banyak pemugaran dan fasilitas baru yang ditampilkan.

Saat berkunjung kemarin, suasana cukup sepi dan hanya beberapa orang yang datang. Maklum karena bukan hari libur, jadi memang sepi. Tapi seru sih karena bisa lebih leuasa mengeksplor sektiar wisata.

Dinamakan waduk jembangan karena memang di desa Jembangan, sehingga dinamakan waduk Jembangan. Jalur menuju ke sini cukup mudah dan bisa ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Kebumen. Nah, apa saja hal menarik di waduk Jembangan ini, ini dia :

1. Wahana permainan air berupa perahu, kano, dan bebek air

waduk jembangan

Dua kali berkunjung waduk Jembangan, saya belum pernah sekalipun naik perahu ini. Kalau di waduk sempor Gombong saya pernah. Di sini ada wahana perahu besar yang baru akan berangkat setelah sekitar 15-20 orang terkumpul. Untuk tarifnya yaitu 20 ribu per orang dengan durasi mungkin sekitar 30 menitan.

Untuk perahu berbentuk apel atau angsa yang muat 2 orang ini, tarifnya 20 ribu untuk 30 menit dengan daya jangkau 2km. Sedangkan untuk perahu dayung atau cano, hanya muat satu orang dengan tarif juga 20 ribu per orang.

Nah, ada juga wahana baru yaitu banana boat dengan tarif 150-200 ribu per perahu dengan muatan 5 orang. Nantinya perahu berbentuk pisang ini akan ditarik oleh speed boat. Untuk durasi permainannya yaitu per jatuh ke air saat manuver dan maksimal 3 kali jatuh. Semakin lama bertahan untuk tidak jatuh ke air, permainan akan semakin lama. Jadi, kerjasama tim ini cukup diperlukan.

Baca Juga : Curug Sudimoro Sempor Kebumen, Ini Pengalamanku Berkunjung

2. Wahana taman bermain anak-anak di tepi danau

taman-bermain-anak-di-waduk-jembangan

Kemarin pas berkunjung ke sini, ada taman bermain anak-anak ditepi danau. Seperti kolam renang dengan icon bajak laut, jet roooler coster; yaitu kereta-keretaan yang melayangan melalui rel mengitari lintasan. Lalu ada juga mobil kecil roda empat yang bisa ditumpangi orang dewasa ataupunj anak-anak.

Untuk masuk taman bermain ini, tarifnya 5 ribu rupiah. Oh ya, di sini juga ada saung-saung untuk tempat duduk saat bersantai. Taman bermain ini juga cukup luas untuk anak-anak bermain dan berlarian kesana kemari.

Baca Juga : Pemandian Mata Air Langen Ujung Buayan Kebumen! Cetek, Jernih, Aman untuk Anak

3. Kebun binatang mini

Wahana paling menarik di waduk jembangan adalah kebun binatang mini. Di sebut mini karena memang kecil. Tapi biarpun kecil, koleksi binatangnya cukup banyak. Hanya saja tidak ada hewan besar seperti gajah atau jerapah.

Koleksi hewan yang paling menarik adalah burung yang jumlahnya cukup banyak dengan warna-warna yang menarik. Bahkan ada burung beo yang bisa menirukan suara kami.

Berikutnya ada cendrawasih dengan bulunya yang sangat indah. Namun sayangnya pas saya kesana, sayapnya sedang tidak mekar.

Koleksi hewan lainnya yaitu seperti buaya, kasuari, kera, kijang, domba, beruang, ular sanca, ikan besar, dan banyak lagi yang lainnya.

Yang saya suka dari kebun binatang mini ini adalah karena cukup bersih dan terawat, tempatnya sejuk dan tidak berbau. Binatangnya cukup sehat dan terawat. Untuk tiket masuknya yaitu 20 ribu per orang.

4. Restoran terapung

restoran-terapung-waduk-jembangan

Dok : @jembangan_view_resto_kebumen

Di sebelah barat waduk, ada restoran terapung yang menjadi tempat favorit pengunjung bersantai. Menariknya lagi yaitu karena ada spot selfie berbentuk hati di salah satu bagian sudutnya. Suasana akan semakin menarik jika datang di sore hari dengan lampu temaramnya yang membuat suasana makin syahdu.

Untuk menu makanannya pun beragam, seperti mie goreng, ayam goreng, kwetiaw, bebek bakar, ikan bakar, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Pantai Menganti Kebumen Kini Semakin Menarik! Ini Berbagai Spot Foto Kerennya

5. Cafe dan kolam renang yang baru dibuka

Selain restoran, di sini juga ada kafe. Cafe ini letaknya dekat pintu masuk dan menarik sekali untuk coba karena penataan yang estetik. Berbagai macam makanan dan minuman ada di sini. Pengunjung bisa menikmatinya di meja bulat di bawah payung. Selain itu ada lesehannya juga di sini dan ada panggungnya kalau saya lihat.

Nah, selain itu, pengunjung bisa juga berenang karena kolam renangnya memang menyatu dengan kafenya. Ornamen lampu hias yang menggantung di atasnya, semakin menambah indah suasana. Letaknya yang diketinggian, membuat pengunjung bisa melihat ke bawah ke arah danau.

6. Penginapan dengan bangunan yang estetik

penginapan-di-waduk-jembangan

Di waduk jembangan kini dibangun penginapan baru dengan aksen kayu yang menarik. Lokasinya di atas dan berjejeran atau menyatu dengan kolam renang dan kafenya. Letaknya yang diketinggian dan perbukitan, pengunjung bisa melihat ke bawah ke arah danau.

Penginapan di sini bukan hanya satu blok saja, tapi ada juga di blok lain yang dekat restoran terapung.

Oh ya, untukt tarif masuk ke waduk jembangan ini kemarin Cuma 5000 per orang dan sudah termasuk parkir.

Nah, itu dia pengalaman saya berkunjung ke obyek wisata alam waduk Jembangan di Kecamatan Poncowarno Kebumen. Ke depan akan semakin menarik karena kemarin pas datang lagi dipugar untuk dibangun armada perahu yang baru. Jadi nantinya jumlah perahu bisa bertambah dan pengunjung makin ramai.

Bagikan biar yang lain tahu
%d blogger menyukai ini: