Hai teman, berberapa waktu lalu pasca lebaran 2022 saya berkunjung ke waduk Sempor yang berlokasi di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kebumen, Jawa Tengah. Dari “kota” Gombong jalan ke utara sekitar 8 km.

Waduk yang lokasinya diapit perbukitan ini sekarang tempatnya semakin menarik dan eksotis saja. Berbeda dengan tahun lalu saat saya berkunjung.

Alasannya karena banyak dibangun fasilitas dan tempat untuk bersantai di tepi danau. Misalnya nih ya karena banyak saung-saung yang sangat asyik dijadikan tempat bersantai menikmati indahnya danau.

Tampak area utamanya bisa kalian lihat di video ini.

 

Saung-saung yang terbuat dari kayu dan bambu ini bisa dipakai kalau kita memesan makanan di sebuah warung, karena setiap warung punya saung-saung tersendiri.

Nah, Kemarin saat saya ke sini hari minggu pagi, banyak anak-anak muda sekitar yang datang untuk berolahraga, selain tentunya pengunjung dari luar yang sengaja datang untuk berwisata. Kalau hari-hari biasa sih tidak terlalu ramai.

Dan mungkin ini juga berlaku di Waduk Jembangan yang dulu juga pernah saya kunjungi.

Dan dari pengalaman saya dua kali berkunjung , ini 7 hal yang wajib kamu coba saat berkunjung di Waduk Sempor Gombong :

1. Berkeliling dengan perahu mengitari danau

Saat pertama kali berkunjung, saya mencoba naik perahu dengan track menglilingi danau dengan durasi sekitar 30 menitan. Dengan berkeliling danau, kamu bisa melihat indahnya sekitaran danau hingga ke ujung.

Di sekitaran danau ada banyak sekali pemancing. Ikan yang didapat yaitu ikan nila dan mujaer. Dulu saya pernah mancing di sini dan saat itu masih banyak ikan lohan. Entah kalau sekarang. Umpannya sendiri menggunakan lumut. 

Ini video pas lagi naik perahunya. 

Kemudian di bagian ujung danau, ada keramba ikan sebagai tempat memelihara ikan.

Untuk naik perahu ini, per orang dikenakan biaya Rp 15.000,-. Dan perahu baru akan berangkat setelah cukup penumpang. Kalau baru dua atau tiga orang, perahu belum mau berangkat.

Baca Juga : Bukit Pentulu Indah Memang Beneran Indah! Penasaran? Datengin Aja Dulu

Saran saya kalau mau naik, pilihlan bangku paling depan atau paling agar saat berfoto tidak terhalang penumpang lain.

2. Bermain perahu bebek ontel 

Di hari kedua berkunjung, saya mencoba naik bebek ontel. Track-nya sendiri yaitu berkeliling sekitar 20 meteran dengan waktu 20 menit, dengan tarif Rp 20.000,- per bebek dengan muatan dua orang.

Naik-perahu-bebek-di-waduk-sempor-gombong

Di sepeda bebek ini juga dilengkapi jaket pelampung untuk keamanan.

Bagi saya yang belum pernaik naik, perlu belajar dulu cara mengendalikannya menggunakan tuas seperti oper gigi pada mobil. Untuk belok ke kiri, maka tuas tarik kanan, begitu juga sebaliknya.

3. Bermain perahu kayak

Kayak adalah parahu kecil berbentuk lancip yang bisa muat satu atau dua penumpang. Untuk bisa melaju, di sini dilengkapi dayung. Lihat foto kayak di atas yang berwarna kuning.

Laju perahu kayak ini lebih cepat ketimbang bebek ontel karena ukurannya ini kecil dan dan ringan.

Kalau lihat penumpang lain sih, naik perahu kayak lebih seru karena bisa melaju ke berbagai sudut danau ketimbang naik bebek ontel.

Biayanya cuma Rp 25.000,- per orang dengan jangkauan dayung juga sama seperti naik bebek ontel.

Baca Juga : Pantai Menganti Kebumen Kini Semakin Menarik! Ini Berbagai Spot Foto Kerennya

4. Berfoto dan menikmati keindahan danau di bendungan

Spot paling menarik untuk berfoto adalah bendungan yang lokasinya di sebelah selatan danau. Di sinilah banyak orang jogging dan menikmati keindahan danau.

Kemarin saat hari minggu, kendaraan dilarang masuk. Namun entah di hari lain. Hal itu membuat suasana jadi lebih sejuk.

waduk-sempor-gombong

Moment terbaik untuk berfoto adalah pagi atau sore hari saat matahari belum keluar karena enggak panas.

Dan jika melihat ke arah selatan, kamu bisa melihat keindahan “kota” Gombong dalam hijaunya pemandangan.

5. Menikmati khuliner khas Gombong, tempe mendoan, sambil menikmati keindahan danau

Berkunjung ke waduk sempor belum lengkap kalau belum menikmati kuliner khasnya, yaitu tempe mendoan yang ukurannya super besar.

Untuk menikmatinya, sebaiknya kita menunggu sampai saung milik warung ada yang kosong. Ya soalnya sensasinya lebih terasa.

Tempe mendoan ini disajikan dengan sambal kecap dan nasi lontong. Harganya sendiri cuma Rp 5.000,- saja. Makan satu buah dengan nasi lontongnya sudah cukup kenyang.

Lokasi saung-saungnya sendiri berada di dua titik, yaitu berada di sebelah utara dan selatan. Kedua tempatnya sangat menarik, tinggal pilih yang mana yang suka.

Baca Juga : Sate Ambal, Kuliner Khas Kebumen yang Tahan Lama Tanpa Pengawet

Namun saran saya, kalau memang sudah selesai bersantap, baiknya segera berkemas untuk gantian dengan pembeli lain. Jangan berlama-lama di situ mentang-mentang udah beli, apalagi sampai berjam-jam.

Cuma beli Rp 10.000,- pakainya 2 jam. Kas kasihan pemilik warungnya. Itu sama saja menghalangi rejeki pedagang yang punya saung dari mereka yang mau beli.

6. Mengajak anak di wahana permainan anak

Waduk Sempor adalah tempat wisata keluarga dimana kalian bisa membawa keluarga dan anak anak. Karena di sini ada wahana permainan mewarnai dan kereta putar. Untuk tarifnya kurang paham sih karena kemarin enggak nanya.

wahana-permainan-anak-di-waduk-sempor-gombong

Wahana permainan anak di waduk sempor Gombong

Fasilitas apa saja yang ada di waduk sempor?

Di dekat saung-saung sebelah utara, ada rumah pohon untuk berswa foto. Rumah pohon yang menjulang tinggi ini terbuat dari kayu jati. Hati-hati saat naik agar tidak terpeleset.

Selain itu di sini juga ada toilet, jadi enggak khawatir saat kebelet. Jangan lupa isi kotak kas untuk perawatan ya. Dan tentu saja mushola juga ada untuk beribadah.
Kemudian di sebelah barat terdapat sebuah penginapan yang bisa kalian sewa untuk bermalam.

Bagaimana dengan biaya masuk dan parkir?

Untuk biaya masuknya cukup terjangkau karena cuma Rp 6.500,- per orang. Untuk biaya parkirnya cuma Rp 3.000,- saja untuk sepeda motor di bagian utara. Untuk mobil kemarin enggak lihat sih, kayaknya cuma beda dikit.

 parkir-kendaraan-di-waduk-sempor-gombong

Oiya, kalau kita berkunjung ke daerah jembatan (bendungan), di sana ada parkir tersendiri, yaitu Rp 2.000,-.

Kemudian untuk daerah lokasi santai di bagian selatan bawah gunung, parkir sepertinya jua cuma Rp 2.000,- dimana semua wahana permainan.

Akhirnya, itulah pengalaman saya berkunjung ke waduk sempor Gombong, Kebumen yang semakin kesini semakin menarik. Selamat berlibur : )

Bagikan biar yang lain tahu