Sebagai warga Kebumen, tentu saja sangat tertarik berkunjung ke wisata kebumen terbaru dengan nuansa Eropa yang baru-baru ini di buka, yaitu Gading Paradise Kebumen. Sebenarnya tempat wisata ini sudah ada sejak lama. Dulu, tempat ini populer karena kolam renangnya.

Nah, semenjak Mei 2020 lalu tempat ini mulai terkenal karena ide konsep barunya yang bernuansa Eropa tersebut, terutama replika menara Eiffel Parisnya. Tempat wisata di pejagoan kebumen seluas 15 hektar ini memiliki banyak sekali daya tarik yang sangat menarik.

Wisata ini cocok untuk keluarga karena kolam renangnya. Juga untuk muda-mudi karena banyak spot foto menarik dan estetiknya. Kalau kalian ketik kata kunci di “gading paradise kebumen instagram” di google akan banyak sekali muncul foto menariknya.

Gading Paradise Kebumen ini sangat terawat dan bersih. Pegawainya selalu rutin membersihkan sehingga nuansanya jadi lebih menarik. Dan ini dia ulasan tentang pengalaman saya berkunjung ke Gading Paradise Kebumen.

1. Harga tiket masuk, lokasi, dan jam buka

harga-tiket-masuk-gading-paradise-kebumen

Tiket masuk Gading Paradise Kebumen hanya Rp 20.000,- per orang dan balita di bawah 3 tahun gratis. Dokpri

Harga tiket Gading Paradise Kebumen yaitu Rp 20.000,- per orang dan bisa menikmati semua wahana. Kecuali yang memang ada tambahan biaya, seperti meeting room atau fitness. Untuk anak-anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya.

Untuk alamat gading paradise kebumen sendiri ia berada di Kecamatan Pejagoan dan lewat jalan utara. Kalau dari Barat, setelah ketemu gapura, jalan terus mengikuti jalur angkot Kebumen – Gombong, dan berhenti di perempatan tepat lokasi Gading Paradise Kebumen.

Baca Juga : Bukit Pentulu Indah Memang Beneran Indah! Penasaran? Datengin Aja Dulu

FYI, jalan di Kebumen itu ada dua. Yaitu jalur utara untuk jalur domestik yang tidak dilewati bus antar provinsi (hanya angkot kecil atau colt). Dan jalur selatan untuk jalur provinsi dan dilewati bus besar antar provinsi.

Bagi mereka yang belum pernah ke Kebumen wajib tahu hal ini agar tidak salah jalan nantinya. Karena saya pernah lihat orang dari luar Kebumen kebingungan cari angkutan umum.

Dan saya sendiri juga pernah juga kesasar, padahal saya asli sini. Untuk jam bukanya sendiri, ia buka dari Senin sampai Minggu dari pukul 08.00 sampai 17.00.

2. Spot Foto di Gading Paradise Kebumen

Di sini ada banyak sekali spot foto. Dan saya katakan sekali lagi, lingkungan di sini bersih karena petugas selalu membersihkannya setiap saat.

Tanaman-tanaman juga tertata rapih yang membuat suasana jadi semakin menarik. Sehingga hasil fotonya jadi lebih menarik. Untuk spot fotonya sendiri di antaranya seperti :

A. Replika Kupu-kupu

Gading-Paradise-Kebumen-Instagram

Di bagian depan dekat kolam renang utama, terdapat replika kupu-kupu biru yang bisa kalian jadikan untuk berfoto. Untuk background terbaik, kalian bisa ambil objek kolam renangnya.

B. Menara Eiffel

Menara Eiffle ini merupakan spot foto paling populer. Karena dari jalan raya, menara ini terlihat menjulang dan membuat penasaran orang yang lewat.

Menara Eiffle bertuliskan “PARIS” ini dibuat dari bahan kayu (kalau gak salah) dan bisa jadi objek foto dari berbagai sudut. Untuk foto terbaik, kalian juga naik ke atas replika perahu yang berada di atas kolam.

C. Kincir Angin

Kincir angin ala Belanda ini juga menjadi spot favorit foto para pengunjung. Karena lokasinya di tengah, maka saat terbaik untuk berswa foto adalah saat sedang iyup (tidak panas) sehingga hasilnya lebih menarik. Misal saat pagi atau sore hari.

Baca Juga : Waduk Jembangan, Wisata Alam dengan Restoran Terapung Terhits di Kebumen

D. Deretan rumah ala Eropa

Di sini juga ada rumah ala Eropa dengan bangunan bertingkat dan beraneka warna. Di bagian tepi kolamnya juga terdapat tiang-tiang lampu yang membuat suasana semakin estetik. Kalian bisa berfoto di deretan rumah ini karena background yang cukup menarik.

Oiya, di bagian selatannya dekat meeting room, terdapat area rerumputan yang sepertinya akan dibuat semacam hamparan bunga-bungaan.

E. Rumah Hobbit

Wisata-Terbaru-di-Kebumen-Gading-Paradise-Kebumen

Di sini banyak sekali rumah hobbit yang bertingkat. Rumah hobbit ini seperti yang ada di film lord of the ring dengan lubang bulat sebagai pintunya. Dan jumlah rumah hobbit ini ada banyak. Di bagian atas rumah hobbit juga ditanami rumput seperti rumah hobbit beneran.

F. Replika tanaman melengkung dari dekat ruang meeting

Di dekat ruang meeting, ada replika tanaman yang mengarah ke menara Eiffel dan kalian bisa mengambil spot fotonya. Sangat menarik pokoknya. Ini contohnya.

3. Wahana permainan

Di Gading Paradise Kebumen, ada beberapa wahana permainan yang bisa kalian coba dan sayang untuk dilewatkan. Di antaranya seperti

a. Kolam renang

Kolam renang di sini ada dua. Yaitu yang bagian depan (utama) dimana ukurannya cukup lebar dengan kedalamanya sekitar satu meter (gambar diatas tadi). Mereka orang dewasa bisa berenang di sini. 

Baca Juga : Pantai Menganti Kebumen Kini Semakin Menarik! Ini Berbagai Spot Foto Kerennya

Kemudian kolam kedua yaitu kolam untuk anak-anak dengan kedalam hanya sekitar setengah meteran. Anak-anak yang mungkin masih terlalu kecil bisa berenang di sini, namun perlu didampingi orang tua agar lebih aman.

 kolam-renang-Gading-Paradise-Kebumen

Di sini juga terdapat ember tumpah yang bila air sudah penuh maka akan tumpah. Selain itu di sini juga terdapat perosotan seluncuran untuk anak-anak yang tidak terlalu tinggi seperti di Owabong Purbalingga.

Gading Paradise ini memang wisata keluarga. Banyak sekali pengunjung yang dengan membawa sanak keluarga mereka. Kemarin saya datang pas hari rabu sih. Sepertinya saat week end akan sangat ramai.

Oiya, di sini juga ada penyewaan alat renang seperti ban pelampung dengan berbagai ukuran. Ruang ganti di sini tentu ada.

b. Sepeda air dan perahu kano

Di sini ada juga penyewaan perahu dengan tariff Rp 25.000 per 15 menit mengitari sungai buatan yang berisi banyak sekali ikan mas. Cara menjalankannya dengan mengayuh seperti sepeda ontel.

Pengguna juga dianjurkan memakai pelampung agar lebih aman.Selain perahu air , ada juga sampan kano dengan dayungnya, dengan tariff Rp 20.000,- per 15 menit.

Gading-Paradise-Kebumen

c. Gym

Selain itu, di sini juga gym atau fitness. Tempatnya ada di bagian depan dengan view menghadap kolam.

4. Fasilitas lain

a. Kafe-kafe kecil

Untuk menemani bersantai, pengunjung juga bisa pesan makanan di kafe-kafe kecil. Setelah puas berenang, pengunjung bisa memesan nikmatnya mie rebus agar sensasinya lebih terasa. Untuk kafe yang ada didekat spot foto, menu yang tersedia, kemarin saya lihat ada menu hotdog dan menu kekinian lainnya.

b. Sekolah berkuda

Kemarin pas saya berkunjung, sedang dibangun lapangan kuda dengan alas pasir. Kalau tidak salah sih akan dibangun sekolah berkuda.

c. Wahana permainan anak

Selain kolam renang, di sini juga ada ayunan dan beberapa mainan lainnya agar anak makin betah berkunjung di sini. Lalu ada juga gazebo untuk sekedar duduk-duduk.

d. Meeting room

Kedepan di sini akan dibangun meeting room yang letaknya dibagian selatan dekat sekolah berkuda. Di depan meeting room ini terdapat semacam canopy buatan yang dihiasi daun buatan dan sangat estetik untuk berfoto. Karena viwenya menghadap menara Eiffel.

e. Guest house

Di sini juga terdapat guest house atau penginapan untuk tamu yang hendak menginap. Cocok bagi pengunjung yang datang dari jauh dan hendak menginap. Namun kamu juga bisa coba rekomendasi 5 Hotel di Kebumen ini jika tak ingin menginap di sini.

f. Mushola dan toilet

Dan tentu saja di sini ada mushola dan toilet. Musholanya ada dua buah dan cukup besar dan disediakan lengkap alat sholatnya.

5. Tips sebelum berkunjung

Nah, ada hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum berkunjung. Karena tempatnya sangat menarik, jadi jangan sampai nyesel ya gara-gara gak ada persiapan.

a. Datang di waktu pagi hari atau sore hari agar tak panas

Sebaiknya datang lebih pagi karena masih sepi. Sehingga saat berfoto-foto jadi lebih leluasa karena gak banyak orang berlalu-lalang. Selain belum panas tentunya. Untuk kolam renangnya juga belum ramai pastinya.

Kemudian jika tak bisa datang pagi, datang di sore hari sekitar pukul 15.00 juga tak terlalu panas. Sehingga suasananya jadi lebih nyaman.

b. Gunakan outfit terbaikmu agar tak nyesel

Kemarin saya ke sini malah bajuku gak sesuai. Jadinya fotonya kurang menarik. Jadi sebelum ke sini, gunakan outfit terbaikmu agar hasil fotonya lebih aesthetic.

c. Chas handphone dulu

Agar tak kehabisa baterai, chas hanphonemu terlebih dahulu agar tak kehabisan baterai. Namun tenang saja karena di dalam rumah hobbit terdapat banyak colokkan untuk charger smartphone. Buat yang punya kamera boleh banget tuh.

d. Bawa baju renang dan alat mandi

Jika akan berenang, jangan lupa bawa baju renang karena tidak ada penyewaan baju renang atau yang jual baju renang. Dan juga sekalian mandi dengan sabun/shampo yang kalian bawa.

Nah, sebentar lagi kita akan menghadapi musim liburan akhir tahun. Hari natal jatuh hari sabtu, dan tahun baru 1 Januari 2022 jatuh pada hari minggu. Aliasnya bakal banyak yang cuti kerja dan pengunjung yang datang.

Persiapkan dirimu sebaik mungkin agar pengalaman berkunjung ke wisata Gading Paradise Kebumen jadi lebih menyenangkan.

Bagikan biar yang lain tahu