Kirim barang pakai TIKI dari Kebumen ke Jakarta cuma 12 ribu per kg, di saat yang lain rata-rata 20 – 30 ribu per kg-nya, bahkan lebih. Namun sampainya tepat dan cepat. 

Sebagai pejuang lomba blog, saya tuh seneng banget saat menang lomba. Rasanya berbunga-bunga sekali. Waktu itu pernah dapat smartphone keren. Dan saya pun tak sabar ingin segera terima barang itu.

Karena tak sabar, saya meminta pihak ekspedisi agar barang tidak dikirim kerumah karena saya yang akan mengambilnya sendiri.

Tapi yang bikin saya agak kecewa adalah, kenapa begitu barang sampai di agennya, mereka tidak mengabari saya, hingga membuat saya menuggu-nunggu sampai semingguan.

Lalu datanglah saya ke sana dan menanyakannya. Dan ternyata barang sudah sampai. Saya pun bergumam “kenapa saya tidak dikabari kalau barang sudah sampai?”

Yang bikin saya”gemes” adalah karena paketan saya itu tertumpuk dibagian bawah paketan lainnya. Saya agak ngeri ngelihatnya.

“duh, paketanku tertumpuk gitu, bagaimana kalau layarnya pecah?”

Apalagi paket tersebut tidak dipacking kayu dan cuma dibalut pembungkus kertas tipis doang.

Berbekal pengalaman tersebut, saya merasa agak kecewa. Saya jadi memikirkan agen pengiriman lain yang sudah biasa saya pakai, yaitu TIKI. Saya lebih suka TIKI karena ongkirnya jauh lebih terjangkau tapi puas dalam pelayanan.

Ya masa sih ongkir dari Kebumen ke Jakarta cuma 12 ribu 3 hari sampai, disaat yang lain lebih mahal sekitar 20 ribuan, bahkan ada yang sampai 60 ribu.

Kalau tidak percaya, silahkan bandingkan sendiri. Buka salah satu website cek ongkir, dan bandingkan. TIKI jauh lebih terjangkau. 

Oiya, selain blogger, saya juga seller online. Semenjak pandemi di pertengahan 2020 lalu, saya mulai aktif jualan online sampai sekarang dan cukup laku.

Barang yang saya jual yaitu benang layang-layang dan aksesoris lainnya. Ya, saya hobi sekali main layangan hingga mengantarkanku jadi seller online gini.

Benang layangan

Banyak pelanggan saya memilih TIKI karena ongkirnya lebih terjangkau dan cepat sampai.

Pernah suatu kali saya mengirimkan barang lewat jasa ekspedisi lain. Setelah saya cari—cari, ternyata lokasinya jauh sekali di kota. Dan saya pun muter-muter tidak karuan dan membuat waktu saya banyak terbuang.

Apalagi kondisi saya kala itu lagi kurang sehat. Menguras tenaga sekali. Aku sempat khawatir kalau badanku drop kacapean.

Akhirnya ekspedisi tersebut saya nonaktifkan di lapak saya karena belum menguntungkan bagi saya.

Karena alasan tersebut, saya lebih memilih TIKI untuk urusan belanja dan jualan online.

Hingga saat ini jumlah pelanggan saya yang pakai TIKI sudah tak terhitung jumlahya.

Tapi sayang banget saya enggak sempat mengabadikan foto resinya karena terlanjur terbuang, hiks hiks.

O iya, kemarin saya juga baru saja kulakan benang layangan di e-commerce yang bermitra dengan TiKi (foto benangnya yang di atas tadi).

Dan ongkirnya sangat terjangkau, padahal paketan barangnya ukurannya besar, 5 kilogram lebih.

1 kilogramnya cuma 10 ribu dan 3 hari sampai. Tanggal 7 pukul 5 sore dikirim, tanggal 9 pukul 3 sore sampai. Lokasi penjual benang layangan ini masih satu kota dengan saya (Kebumen), cuma beda kecamatan.

tracking resi pembelian benang-min

Tracking resi pembelian benang

Waktu itu yang nerima barang bukan saya melainkan keponakan. Karena kebetulan saya sedang keluar rumah.

Sebelumnya saya ditelfon oleh kurirnya untuk menanyakan ancer-ancer rumah saya. Nah, setelah barang di terima keponakan, kurirnya telfon lagi.

“Halo Mas, barangnya saya titipkan di tetangga ya, namanya Yunita”

“Oh iya Mas, itu keponakan saya, terima kasih Mas”

Paket TIKI

Saya pun lega, karena dengan menelpon balik, ia memastikan bahwa barang sudah dikirmkan dan saya bisa tahu siapa yang menerimanya.

Ya, itu salah satu komitmen TIKI pada pelanggannya dengan memastikan bahwa barang sudah diterima dengan baik.

Setelah kulakan benang, saya belanja lagi. Kali ini saya beli voucher belanja di e-commerce yang bermitra dengan TIKI dan lokasi penjualnya di Kudus, Jawa Tengah.

Hari kamis tanggal 12 jam 7 malam barang dikirim. Sampai di rumah hari minggu tanggal 15 sekitar jam setengah 12 siang. Sekitar 3 harian dan tepat waktu banget.

tracking pembelian voucher

Tracking pembelian voucher

Oiya, tanggal 15 itu hari minggu lho, tapi tetap ngirim juga. Padahal setahu saya kalau di agen pengiriman lain, hari minggu itu libur dan tak masuk hari pengiriman. Tapi TIKI tetep jalan.

Packingnya juga rapi pakai plastik khusus. Ya, kalau kita kirim di TIKI, dari dulu selalu ada plastik khsususnya.

PAKAI TIKI YUK

Eh bentar, tapi ko untuk tarif pengiriman yang masih satu kota (Kebumen-Kebumen), tarifnya hampir sama dengan yang dari Kebumen – Jakarta yang cuma 12 ribu, cuma beda 2 ribu saja?

Ya, saya pikir itu memang sudah aturan dan perhitungan matang mengenai untung rugi perusahaan.

Secara logika, enggak mungkin kan kirim sesama kota tarifnya cuma 2 ribu atau 5 ribu? Enggak dapat untung dong TIKI-nya kalau gitu.

Untuk pengalaman lain menggunakan TIKI, beberapa hari yang lalu, saya juga baru saja mengirimkan barang ke Semarang dengan ukuran besar dengan berat 2 kilogram. Dan tarifnya cukup terjangkau.

Paket seberat 2 kilogram itu dikenakan tarif 24 ribu atau 12 ribu per kilogramnya dengan durasi pengiriman 3 hari.

Saya kirimnya hari sabtu tanggal 14 Agustus 2021 kemarin jam 2 siang. Dan hari senin siang tanggal 16 jam 1 siang sudah sampai.

Lebih cepat dari perkiraan.

Dan memang benar, hari minggu (tanggal 15-nya) TIKI tetap jalan alias enggak libur.

Paket tiki regular tujuan Semarang sampai dengan cepat

Selain beberapa cerita diatas, saya juga masih punya cerita menarik dari TIKI .

Jadi dulu saya pernah jual smartphone yang saya dapat dari menang lomba (bukan smartphone yang tadi saya ceritakan ya).

Nah, saat tiba di agen TIKI, petugasnya bilang kalau untuk barang yang nilainya besar dan beresiko seperti smartphone, harus dipacking kuat dari sananya dengan konsekuensi biaya ongkir jadi tambah 1 kg, dan harus diasuransikan.

Kemudian oleh pihak TIKI, smartphone saya pun dipacking kayu. 

Oleh karenanya, pembeli jadi kagum deh dan kasih bintang 5. Dia bilang kalau packingnya sangat kuat.

Petugasnya pun bilang kalau packing kayu itu wajib untuk barang beresiko seperti smartphone.

Makannya punyaku dipacking kayu juga. Jadi, kalau kalian mau kirim smartphone, tinggal bawa saja. Nanti akan dipacking kayu oleh TIKI.

Ini tentu memudahkan orang yang kada kesulitan cari kayu buat bungkus. Misal ibu rumah tangga atau orang yang tinggal di kota.

Nah, selain packing kayu, TIKI juga menyediakan packing kardus, bubble wrap, dan juga amplop.

Packing aman dan kuat seperti ini tuh penting banget.

Dulu keponakan saya pernah terima barang dari ayahnya pakai ekspedisi lain, dan sampai rumah layar pecah. Kasihan banget aku ngelihatnya.

Yang membuatku lebih suka dengan TIKI adalah, selain karena tarifnya terjangkau dan cepat sampainya, ia juga sudah menjadi pelopor jasa pengiriman.

Sebelum marak jualan online, TIKI sudah ada duluan. Setiap keingat pengiriman, pasti TIKI yang pertama kali terbesit di benak saya.

Berbagai kemudahan ditawarkan TIKI agar urusan mengirim dan menerima barang jadi lebih mudah dan nyaman.

Mengenai layanan TIKI, Ada banyak layanan yang bisa kamu manfaatkan. Berikut di antaranya :

Jenis dan layanan paket TIKI

1. TIKI SameDay Service. Yaitu layanan dimana barang akan sampai hari itu juga. Layanan ini cocok banget untuk paket yang tak bisa tahan lama, seperti makanan basah yang baru dimasak, roti-rotian, dan lain sebagainya.

Oiya, saat ini lagi ada promo SDS sampai di hari yang sama cuma 25 ribu saja. Periode s/d 25 November 2021. Bukan hanya pulau Jawa, tapi lintas pula juga melayani.

Poster dari IG @tiki_id

2. TIKI ONS. Yaitu layanan dimana jika kita mengirim hari ini maka esok akan tiba. ONS sendiri kepanjangan dari One Neight Service dan termasuk kategori pengiriman kilat.

3. TIKI TDS atau Two Day Services. Yaitu layanan dimana barang akan sampai dalam 2 hari.

4. Regular services (REG). Yaitu tarif pengiriman yang kemarin saya pakai. Tidak terlalu mahal, juga tidak terlalu murah. Estimasinya sekitar 3-4 hari sampai. Paket ini paling sering digunakan masyarakat. 

5. TIKI ECO. Yaitu layanan dengan tarif terjangkau. Durasi pengiriman antara 4-5 hari.

6. trc (trucking service). Yaitu layanan dengan pengiriman menggunakan truk dan berat minimalnya 10kg. Karena ada berat minimal, maka ongkirnya jadi lebih murah.

Layanan ini cocok sekali untuk saya untuk yang sering kulakan benang dengan jumlah banyak sampai puluhan kilogram.

Buat kalian yang akan belanja barang ukuran besar seperti sepeda, mesin cuci, kulkas, kompor gas, atupun paket besar lainnya, bisa coba layanan ini.

7. int atau international service. Yaitu layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan biaya kirim yang terjangkau.

Nah, selain layanan pengiriman di atas, ternyata TiKi juga punya banyak layanan lainnya lagi lho dan tak kalah menarik dan semakin memudahkan. Baik untuk pembeli atau atau penjual. Diantaranya :

1. Putar (jemput dan antar). Yaitu layanan dimana kurir akan mengambil paketan kita dan mengirim ke alamat tujuan dengan durasi maksimal pengiriman 3 jam.

Kemarin saya sempat menghubungi layanan ini di nomor WA 08981500125, tapi miminnya bilang belum bisa karena baru berlaku di Jakarta saja.

Layanan ini cocok banget buat kamu yang di Jakarta dan mau kirim secepat kilat, seperti makanan basah, dokumen, dan sebagainya. 

2. Aplikasi TIKI . Tentu saja TIKI punya mobile apps yang bisa di download di playstore, app store dan app gallery.

Di sini kamu bisa cek ongkir, cek resi, cek lokasi agen terdekat, pesan layanan PUTAR, cek kode pos, ataupun bermain games, dsb.

Aplikasi TIKI-min

3. Sales Counter 24 Jam. TIKI memanjakan para pelanggannya dengan layanan 24 jam untuk kamu yang ingin mengirimkan barang. Kamu cuma perlu mendatangi sales counter saja yang ada di kotamu.

4. Jempol atau jemput online gratis. Yaitu layanan dimana pelanggan bisa meminta kurir untuk mengambil paket kita berapapun beratnya, dimanapun lokasi kita.

JEMPOL TIKI

Pembayaran dilakukan dengan kurirnya langsung. Layanan berbasis aplikasi di app TIKI ini sangat memudahkan pelanggan terutama seller seperti saya yang kadang tak bisa keluar rumah karena suatu alasan.

5. Notifikasi email. Jika kamu mengirim barang lewat dan kamu sudah mendaftar jadi membernya, maka kamu akan mendapatkan email notifikasi pengiriman.

Kemarin pas saya kirim paket, saya juga dapet email notifikasinya. Ini penampakannya.

Email pengiriman dari TIKI

6. COD atau Cash on Delivery. Yaitu layanan dimana kamu bisa belanja online dengan beberapa ecomerce tertentu dan bayarnya saat bertemu kurirnya. Memudahkan banget pokoknya.

7. Layanan packing di tempat. Ini seperti saya jelaskan di awal. Jika semisal kamu akan kirim paket seperti smartphone, kamu tak perlu repot packing dirumah.

Serahkan saja ke pihak TiKi dan biarkan dipacking aman dan kuat dengan kayu. Seperti pengalaman saya dulu.

8. Asuransi. Melalui asuransi, maka paketanmu akan aman. Asuransi di TiKi juga nilainya kecil ko, cuma 0,2%. Jika semisal harga barang senilai 1 juta, maka asuransinya cuma 2 ribu aja.

Dengan asuransi, jika semisal paket rusak, maka pihak TIKI akan mengganti sebesar harga barang. Dulu pas kirim smarpthone, saya juga pakai asuransi. Kalau tidak salah dulu cuma bayar 7 ribuan saja.

9. SMS Resi. Yaitu fitur dimana pengirim atau penerima akan mendapatkan pemberitahuan dalam bentuk SMS saat barang akan dikirimkan. SMS pemberitahuan juga akan terikirim ke hp pengirim saat barang sudah diterima.

10. Pick up Delivery. Yaitu layanan penjemputan barang menggunakan minibus van sehingga paketanmu akan dijamin aman. Minibus van ini bentuknya besar. Jadi jika paketmu ukuran besar dan terbilang ringkih, jadinya lebih aman.

11. Sobat TiKi. Ini adalah layanan berbasis aplikasi. Di menu sobat TIKI pada aplikasi TIKI seperti gambar di atas, saya bisa melihat history pengiriman dan baru dapat 1 poin.

Jika poin saya sudah sampai minimal 65 poin, maka saya bisa menukarnya dengan berbagai macam voucher seperti LinkAja, OVO, DANA, dan banyak lagi yang lainnya.

Seandainya dari dulu saya sudah daftar jadi member TIKI, pasti poin saya sudah banyak.

12. Realtime Tracking. Yaitu layanan dimana kita bisa menghubungi customer servicenya dengan cepat jika semisal lagi habis kuota untuk cek resi atau tracking pengiriman, ataupun hal lainnya.

Misal nih ya, kemarin saya coba telfon ke nomornya di 1500 125 dan pilih tombol 3. Kemudian dengan cepat saya dihubungkan dengan CS-nya yang ramah dan siap melayani.

Saya coba tanya paket saya yang sedang dikirim ke Semarang. Dan ternyata sedang diantar ke rumah tujuan oleh kurirnya.

Beberapa waktu setelahnya, paket sampai. Ini adalah cara tercepat saat kuota habis dan hanya ada pulsa

Realtime Tracking-min

Ini screenshoot waktu saya memanfaatkan fitur realtime tracking.

13. Tanda Tangan Digital. Yaitu fitur dimana penerima akan diminta tanda tangan saat barang sudah diterima. Bukti tanda tangan ini akan ditunjukkan ke pengirim yang melakukan pengiriman paket.

14. Layanan Drive Thru. Dikutip dari Money.Kompas.com pada 17/03/2021, TIKI sudah memiliki layanan Drive Thru.

Yaitu sebuah gerai dimana pelanggan bisa mengirim barang tanpa turun dari kendaaraan baik sepeda motor atau mobil.

Seperti orang lagi bayar tol gitu lho yang ada loketnya.

Nantinya pengirim bisa menyerahkan barang ke loket diantara 5 loket yang ada di Jln. TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Selain di TB Simatupang, sebelumnya juga sudah ada di TiKi Duren Tiga dan TiKi Pemuda. Layanan ini amat bermanfaat karena pelanggan bisa tetap jaga jarak saat mengirimkan barang.

Drive thru Duren Tiga Jakarta

Drive thru Duren Tiga. Foto : https://photo.sindonews.com

15. TIKI bisa kirim ikan hias. Oh ya teman, TIKI bisa kirim ikan hias juga lho. Pengirimannya menggunakan special cargo yang membutuhkan penanganan khusus.

Buat kamu yang punya bisnis ikan hias, bisa banget pakai special cargo dari TIKI.

TIKI bisa kirim ikan hias

Infografis : Blog TIKI 

Wah, ada banyak banget ya layanan TIKI yang membuat jual beli online makin aman dan nyaman.

Eh tapi tunggu dulu, selain fitur di atas, ada satu fitur yang memudahkan para seller online . Yaitu SERLOK. Ini bukan share location di google maps ya.

SERLOK (Seller Online Booking) adalah inovasi baru dari TIKI yang dikhususkan untuk para seller online guna mendukung UKM dan UMKM Indonesia agar terus bertumbuh, terutama di masa pandemi.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya seperti :

1. Seller harus memiliki toko online minimal di facebook atau instagram (toko online non e-commerce). Baik perorangan atau berbadan hukum.

2. Satu identitas diri hanya bisa mendaftar satu akun.

3. Tidak ada minimal jumlah pengiriman setiap harinya karena satu paket tetap bisa.

4. Melengkapi dan mengisi form yang disediakan.

Selain itu, seller yang terdaftar juga akan mendapatkan berbagai keuntungan. Seperti diskon ongkos kirim sebesar 18%, gratis pick up harian, fleksibilitas pembayaran pada H+2 melalui virtual account, sampai kepada rewards.

Seller juga akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan usahanya masing-masing. Seperti pelatihan branding, marketing, dan sebagainya.

Buat yang punya website, SERLOK bisa juga diintegrasikan dengan website. Sehingga proses pengiriman dapat sepenuhnya dilakukan di website tersebut, sehingga lebih memudahkan.

Oiya, karena pandemi belum selesai, maka TIKI pun melakukan langkah terbaiknya agar jual beli online makin aman dan nyaman.

Dulu saya pernah takut saat menerima belanjaan online saat awal-awal pandemi ini. Tapi sekarang tidak lagi.

TIKI sendiri selalu menerapkan protokol kesehatan agar jual beli online makin aman dan nyaman.

Sebelum memulai bekerja, karyawan TIKI selalu membersihkan tangan dengan handsanitizer, menggunakan masker, dan sarung tangan.

 

Pelayanan tiki saat pandemi

Petugas sales counternya juga selalu menjaga jarak dengan pelanggan agar saling merasa aman dan nyaman.

Kurirnya pun akan selalu higienis saat pengantaran dengan selalu menggunakan handsanitizer, masker, dan sarung tangan.

Saat memberikan paket ke pelanggan, kurir pun selalu menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

Ruangan kerja dan paket pun sudah dilakukan penyemprotan. Semua itu dilakukan agar jual beli online makin aman dan nyaman.

Wah, ternyata ada banyak sekali ya layanan dari TIKI ini. Sebagai seller saya jadi semakin bersemangat untuk belanja dan jualan online pakai TIKI. Buat pembeli, menerima barang juga terasa lebih aman dan nyaman.

Namun berdasarkan pengalaman saya menggunakan TIKI, saya punya beberapa masukan yang saya yakin ini bermanfaat untuk perkembangan TIKI kedepannya.

1. Saya harap tiki bekerjasama dengan e-commerce seperti shopee dan lazada. Ya soalnya disana jualanku cukup laris. Semenjak jualan di kedua e-commerce tersebut, saya agak terheran, kenapa tidak ada epedisi TIKI? padahal udah lama jualan. Dan saat saya cek, ternyata memang belum bekerja sama.

2. Saya harap tiki menggunakan resi otomatis agar kita sebagai seller tak perlu input resi saat pengiriman. Ini penting mengingat orang sering kali lupa input resi setelah barang dikirim.

Bagaimana jika barang sudah dikirim, tapi lupa input resi, dan kemudian transaksi di ecommerce batal secara otomatis. Maka yang terjadi adalah barang hilang, dan seller tak dapat uang penjualan.

Dengan fitur resi otomatis, begitu barang dikirim di agen, maka status pengiriman akan otomatis berubah menjadi “terkirim” di akun seller tanpa perlu memasukkan resi.

3. Saya harap kedepan TiKi membuat fitur jemput barang atau pick-up, namun yang sudah terintegrasi dengan mitra e-commcerce seperti bukalapak dan tokopedia.

Tujuannya agar memudahkan orang yang tidak bisa pergi ke konter untuk kirim barang.

Bagi mereka yang tak bisa keluar karena mungkin sedang sakit atau alasan lainnya, fitur akan sangat membantu seller bisa tetap berjualan walaupun kondisi fisik tidak memungkinkan untuk pergi keluar naik kendaraan.

Misal seperti saya yang sering kelelahan karena sering sakit, fitur ini akan sangat membantu saya tetap bisa jualan, tanpa harus keluar rumah.

Nah, seandainya TiKi bisa memenuhi 3 hal di atas, tentu ini akan sangat memudahkan saya dan seller lainnya.

Akhirnya, itulah pengalaman saya jualan dan belanja online aman dan nyaman bersama TIKI.

Saya sudah sering banget pakai TIKI dan selama ini selalu aman sentosa. Apalagi karena ongkirnya yang sangat terjangkau, namun tepat waktu. Petugasnya juga begitu membantu saya.

Lokasinya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan pengalaman bertahun-bertahun dari TIKI, membuatnya lebih professional dalam menjalankan tugasnya.

Saya paling suka dengan fitur packing di tempat karena lebih cepat dan tak perlu repot cari kayu dan paku.

Kemudian bagi pengguna terdaftar, akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah.

Fitur jemput barangnya juga memudahkan seller yang tak bisa kemana-mana. Ini yang paling saya suka.

Bagi pembeli, mereka akan merasa aman dan nyaman karena paket sudah higienis sehingga dapat mencegah tertular virus corona.

================

Memilih jasa pengiriman memang tidak boleh sembarangan. Jika TIKI sudah memberikan banyak kemudahan, masih ragukah kamu pakai TIKI?

Sumber referensi

Blog TIKI
YouTube TIKI
Money Kompas
https://pressrelease.kontan.co.id