Selain sebagai blogger, sebenarnya saya punya produk handicraft dan saya ingin kembali berjualan lewat marketplace, salah satunya di Blibli.com karena produk ini lumayan laku di pasaran. Buktinya sudah banyak produk saya yang dibeli pelanggaan di seluruh Indonesia.

Ya, produk ini adalah produk untuk membuat rangka layang-layang. Berawal dari hobi bermain layang-layang, saya bisa membuat produk ini dan ternyata banyak juga peminatnya.

Produk ini adalah hasil pemikiran saya sendiri. Berangkat dari proses pembuatan mainan layang-layang yang memakan waktu lama, akhirnya saya kepikiran untuk membuat alat ini dan berhasil. Jika tanpa alat ini hanya bisa membuat 10 kerangka layangan, maka dengan alat ini bisa dapat 20 kerangka setiap harinya.

Ini lho alat yang saya kepengin jual di Blibli.com. Sederhana banget tapi banyak orang gak kepikiran bikin kayak gini. Dokpri

Dan ini video cara pakainya beserta prakteknya langsung untuk membuat layangannya. Panjang durasinya tapi lengkap banget. Saya maksudkan agar penonton semua paham dengan alat ini. Jadi mohon bersabar ya kalau videonya lama ūüôā

Alat ini terbuat dari per baja mobil yang dibentuk membentuk siku seperti esel pintu. Kemudian dikasih lubang dengan ukuran 3, 4, dan 5 mm sebagai tempat meraut bambunya. Harga alat ini yaitu 150 ribu rupiah.

Sebelumnya alat ini banyak laku di facebook karena saya membuat halaman fanspagenya. Dan seperti saya katakan di atas, karena saya jadi kepikiran juga untuk menjualnya lewat blibli.com. Karena setelah saya lihat, Blibli memiliki banyak kategori.

Dan setelah saya kepoin kategorinya, ternyata ada kategori galeri Indonesia juga di Blibli dan itu sesuai dengan produk saya. Ini unik karena kalau saya lihat, kategori ini belum saya temui di marketplace lain.

Untuk kategorinya sendiri ada 16 kategori yang bisa pilih. Jadi buat kalian yang memiliki produk, Blibli adalah marketplace yang cocok untuk memasarkan produk Anda. Dan berikut 16 kategori di Blibli.com.

Eh tapi sebelum lanjut, kalian bisa baca artikel keren lainnya untuk edukasi sebelum kalian jualan di Blibli.com

Baca juga

Dan berikut adalah 16 kategorinya.

1] Galeri Indonesia

Di galeri Indonesia ini terdapat berbagai macam produk karya anak bangsa. Produk handmade buatan tangan seperti miliki saya juga tentu banyak di sini. Produk yang menurut saya paling unik adalah kerajinan akar bambu. Jadi akar bambu yang kalau tidak salah ini adalah akar bambu petung, dibuat menyerupai bentuk binatang. Seperti hiasan yang dibuat bentuk burung, misalnya.

Kemudian ada juga angklung, tutup makanan, dsb. Ini menandakan peluang berjualan online bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan sebenarnya jika kita sedikit kreatif, kita juga bisa berwirausaha online.

2] Bliblimart

Di kategori ini, siapapun bisa berjualan. Karena kategori ini berisi kebutuhan sehari hari seperti yang ada di warung-warung itu. Misalkan kayak sabun cuci, odol, shampoo, produk kecantikan, susu, makanan, dan banyak yang lainnya. Dan yang terpenting karena produk ini pun mudah didapatkan karena kita bisa kulakan dimana saja. Jadi gak usah bingung mau jualan apa di Blibli.com.

3] Handphone dan Tablet

Nah, di kategori handphone dan tablet, kalian yang mungkin memiliki usaha seperti konter hp bisa juga berjualan di Blibli.com. Ada banyak banget merk yang bisa kamu jual. Dari mulai Oppo, Xiaomi, Asus, Samsung, Vivo, iPhone, Realme, dsb. Oiya, yang membedakan disini, karena di Blibli.com bisa tukar tambah gadget juga lho. Mau coba ?

4] Olahraga dan Aktivitas Luar ruang

Nah, buat kalian yang saat ini berniat atau memiliki usaha di bidang olahraga, di sini ada banyak kategori yang disediakan. Dari mulai perlengkapan untuk olahraga lari, olahraga air, golf, yoga & pilates, hiking dan camping, beladiri, skate, hiking & camping, sepakbola, fitness, badminton, bersepeda, basket, tennis, dsb.

5] Komputer dan Laptop

Nah, buat kalian yang mungkin memiliki usaha di bidang komputer semisal punya toko komputer, kalian bisa melebarkan karena di Blibli.com menyediakan kategori komputer dan laptop beserta aksesorisnya.

Untuk kategori komputer itu sendiri, ada seperti laptop, desktop, monitor. Kemudian untuk aksesorisnya, ada seperti hardisk, flashdisk, ssd, CD ROM, keyboard, scanner, proyektor, dsb.

6] Kamera

Kemudian buat kalian yang saat ini memiliki usaha atau ide jualan kamera, tidak ada salahnya jual di Blibli.com. Subkategori yang disediakan ada banyak. Untuk kamera digital meliputi kamera pocket atau kamera saku, kamera prosummer, kamera DSLR dan juga mirrorless. Untuk subkategori lainnya ada seperti kamera video, tas kamera, flash kamera, lensa kamera, baterai kamera, aksesoris kamera, dsb.

7] Mainan dan Video Games

Sementara buat kalian yang memiliki usaha mainan anak-anak, kalian bisa juga menjualnya di Blibli.com. Jangan khawatir dengan jenis mainan yang kalian jual, karena di sini ada banyak kategori yang disediakan. Untuk subkategori action figure ada seperti ada seperti robot-robotan transformer, avenger iron man, topeng marvel, dsb.

Untuk peralatan seni & kerajinan, ada seperti peralatan mewarnai, pasir kinetik, dsb. Untuk subkategori lainnya yaitu seperti mainan edukasi, peralatan masak-masakan, dsb. Aliasnya banyak banget subkategorinya disini yang mungkin masuk ke salah satu produk yang kalian miliki.

8] Peralatan Elektronik

Untuk kalian yang memiliki usaha elektronik, di Blibli.com tentu ada. Subkategori yang disediakan yaitu seperti mesin cuci & pengering, pemanas air, microwave & oven, mesin kopi, pompa air, ac, kipas angin, dsb. Hampir semua peralatan elektronik ada sini.

9] Fashion Pria

Nah, buat kalian yang punya usaha baju atau mungkin berniat ingin usaha jualan baju, tentu disini ada banyak banget di sini subkategorinya. Untuk fashion pria aja ada banyak banget. Dari mulai pakaian pria, bawahan pria, tas pria, jam tangan pria, baju muslim pria, dsb.

10] Home Living

Untuk kategori home living atau perlengkapan rumah seperti perlengkapan dapur, perlengkapan tidur, perlengkapan kamar mandi, perkakas rumah tangga, bahkan mau jual rumah di sini pun ada kategorinya.

Jadi semisal kalian memiliki produk rumah tangga seperti sprei, selimut, tempat tidur anak, payung, bahan bangunan, jemuran baju, tempat sampah, gantungan baju, peralatan makan, bisa dijual di sini.

11] Fashion Wanita

Jika tadi ada fashion pria, fashion wanita pun ada dan tentu banyak subkategorinya. Seperti pakaian batik, sepatu wanita, perhiasan dan emas, baju muslim, jam tangan, pakaian ibu hamil, sepatu wanita, tas wanita, dan masih banyak lagi. Jadi semisal kamu punya produk seperti pakaian etnik, sepatu, tas, baju muslim, pakaian ibu hamil, Blibli menyediakan kategori ini.

12] Ibu dan Anak

Untuk kalian yang memiliki usaha offline atau memiliki produk terkait ibu dan anak, di Blibli.com menyediakan banyak subkatgeorinya. Apapun produkmu bisa dijual disini. Misal kamu punya usaha kreatif yang memproduksi baju anak, pakaian anak laki-laki ataupun perempuan, kaos kaki bayi, jaket bayi, pakaian renang bayi, sepatu anak, dan sebagainya, kalian bisa jual di sini.

13] Tiket dan Voucher

Buat kalian yang memiliki usaha di bidang travelling atau wisata, di sini ada kategori tiket dan voucher. Misalnya seperti tiket seminar, kursus, musik & event, voucher makan, voucher belanja, kalian bisa jual di Blibli.com

14] Kesehatan dan Kecantikan

Untuk para cewek yang passionnya di bidang tata rias, semisal punya produk kayak perawatan wajah, perawatan tubuh, make up, perawatan rambut, softlens, dan lainnya, bisa juga dijual di sini.

Jadi semisal kalian punya produk seperti pelembab wajah, alat riasan wajah, sabun mandi, shampoo, softlens, produk perawatan rambut pria, perawatan jerawat, dan lainnya, kalian bisa jual di sini. Ada banyak banget pokoknya dan tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Eh tadi ko ada produk perawatan pria ? Iya, buat kalian cowok yang mungkin punya produk perawatan wajah khusus pria, bisa jual juga di sini.

15] Otomotif

Jika usaha aksesoris otomotif atau bengkel kalian masih sepi karena baru buka, ataupun mau melebarkan sayap, kalian bisa jual produk kalian di sini. Kalau kalian punya usaha penjualan mobil, motor, aksesoris mobil, suku cadang motor, audio dan velg mobil, bahkan asuransi kendaraan juga ada di sini. Eh btw ko ada penjualan mobil ? Ya, emang ada ko di sini hehe.

16] Tour and Travel

Untuk kategori ini, misal kalian punya usaha rental mobil, penjualan tiket perjalanan, tiket hotel, tiket atraksi dan hiburan, paket tour, paket haji dan umroh, sampai kepada pembuatan dokumen perjalanan, bisa dijual di sini.

Wah banyak banget ya kategorinya ? Dan tentu saja itu tidak saya sebutkan semua karena akan panjang lebar dan banyak banget. Biar gak penasaran coba kepoin dah Blibli.com untuk lihat semua kategorinya buat nentuin dimana kategori produkmu.

Oiya, berjualan di Blibli.com banyak banget untungnya. Selain karena kategorinya banyak, fitur dan dukungannya juga sangat dedikatif. Buktinya karena Blibli selalu mengadakan pelatihan kepada para seller agar produknya semakin laris. Belum lagi fitur jualannya yang selalu di upgrade. Akhir kata, itulah 16 kategori produ di Blibli.com. Selamat berjualan.

Bagikan biar yang lain tahu