Photo by Jp Valery on Unsplash

Terbukti, Ini 4 Caraku Agar Cepat Tidur Bagi Yang Susah Tidur

Hi guys, tahun 2021 lalu adalah tahun yang kelam bagiku karena sakit yang cukup lama. Yang membuat saya sulit tidur semalaman selama berbulan-bulan.

Jadi saya pernah mengalami sakit asam lambung yang akhirnya sembuh dengan obat alami asam lambung seperti kunyit atau pathi irut atau pathi garut. Dimana sakit ini membuat penderitanya sulit tidur.

Punya keluhan tidak bisa tidur nyenyak itu sangat menyiksa, kepala seperti dijedodin ke tembok dan terasa panas.  Obat yang diminum juga kadang membuat halusinasi.

Namun beruntunglah karena sekarang sudah sembuh dan bisa tidur normal kembali. Ok tanpa berlama-lama ini caraku agar cepat tidur malam bagi yang susah tidur.

1. Merapikan tempat tidur sampai serapi mungkin

Merapikan tempat tidur memang pengaruh sih. Karena saya sendiri jadi cepat tidur. Kalau dulu saya sih karena kasurnya empuk habis dijemur, spreinya bersih, lantainya bersih habis disapu.

Gak ada nyamuk, pakai wewangian atau aroma therapi, dimana kesemuanya itu membuat kamar terasa nyaman dan bisa tidur. Iya bener saya gak bohong. Padahal waktu itu saya lagi sulit tidur.

2. Tidak membuka hanphone menjelang tidur

Seringkali saat akan tidur tapi buka hp, jadi sulit tidur akhirnya. Maka saya pun tidak melakukannya. Paling tidak 1 jam sebelum tidur tidak mengakses hanpdhone atau laptop, karena bikin susah tidur.

Kalau buka hape, kepala jadi kayak kleyeng-kleyeng begitu sih, jadi kayak keinget-inget apa yang barusan ditonton yang membuat sulit tidur.

Baca Juga : Bekerjalah Sewajarnya – Terlalu Ngoyo Hanya Akan Membuatmu Menderita

3. Minum ramuan JSR

Terakhir yaitu karena saya minum ramuan JSR hasil nonton konten IG dokter Zaidul Akbar. Dan memang beneran. Ramuannya yaitu cuma wedang jahe, sereh plus daun pandan.

Jahe seukuran ruas jari orang dewasa digeprek, tambahkan satu helai serai, dan daun pandannya sebesar jari saja ya, jangan banyak-banyak nanti pengar rasanya.

Ketiga bahan tadi direbus dan dan tambahkan gula pasir. Buat yang kena asam lambung, bisa kasih gula aren karena gula aren bisa mengatasi asam lambung.

Yang paling kerasa sih pakai ramuan JSR tadi, begitu diminum rasanya langsung bless saja pas tidur. Seneng banget deh waktu itu pas langsung bisa tidur.

wedang-jahe-sereh-pandan

Wedang jahe sereh pandan untuk solusi sulit tidur

Kalau kata dokter Zaidul Akbar, yang bikin tenangnya itu karena daun pandannya karena punya zat sedati sebagai efek penenang. Namun jangan banyak-banyak ya biar gak terlalu aromanya. Tapi cuma nyrempet-nyrempet dikit bau gitu.

Btw ini pengalamanku sendiri ya, jadi efeknya mungkin berbeda di setiap orang. Dan baiknya sih jangan diminum berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Misalnya minum 3 hari sekali.

4. Olahraga

Buat yang sulit tidur, olahraga akan cukup membantu membuat tidur lebih mudah. Kalau olahraga, badan tuh rasanya jadi rileks kayak dipijitin, pegel ilang karena otot gak kaku dan aliran darah lancar.

Ini sudah saya buktikan sendiri sih, karena olahraga, tidur jadi nyenyak. Buat kamu yang sulit tidur di malam hari, kudu olahraga sih biar gampang tidur.

Betewe kadang sering tuh denger orang ngeluh badan pegel dan kaku, kayaknya olahraga bisa mengatasi badan pegel.

Baca Juga : 8 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Wajib Dilakukan

Badan pegel itu karena otot kaku dan aliran darah gak lancar, kalau menurutku sih gitu.

Trus olahraganya yang gimana?

Kalau saya sih karena dulu lagi sakit, saya uma aerobik peregangan menonton channelnya Body Fit Bagus di youtube. Aseli gampang banget di ikuti.

Biasanya saya pilih yang 30 menitan aja udah cukup, seminggu minimal 3x. Tapi kalau lagi rajin bisa 5-6x.

Terbukti banget sih bikin gampang tidur. Kalau yang gak mau kelamaan bisa yang 20 menitan sih. Saya aja sering yang 20 menitan karena lebih cepat dan gampang.

Seringnya saya olahraganya pagi, tapi kadang sore dan siang juga pernah. Jadi buat yang lagi cari cara agar tidur cepat bagi yang susah tidur, bisa dengan olahraga. Cuma ya itu, kadang orang malas melakukannya.

Kalau aku sih mending capek karena olahraga, daripada capek karena sakit, capek biayanya pula.

Nah, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat ya, terima kasih.

Bagikan biar yang lain tahu