Sebagai pengguna laptop, saya merasa cukup beruntung karena dulu pas awal-awal laptop mulai ngadat, saya ketemu tempat service berpengalaman yang dimana setiap servicenya memuaskan.

Saat laptopku mulai eror, saya agak shock sih karena baru pertama kali. Setelah dicek, ternyata banyak kerusakan di dalamnya. Misal karena lama gak dipakai (sekitar sebulan) dari kondisi baru, layarnya timbulnya bercak-bercak putih dan kedap-kedip lalu semutan.

Kemudian keyboardnya juga error dan enggak bisa dipakai buat ngetik dan akhirnya ganti deh. Setelahnya hardisknya juga eror dan harus ganti baru. Waktu itu kena 400 ribu dan biaya pasang 50 ribu, jadi totalnya 450 ribu.

Setelah diganti, keyboard kena cipratan air dan dua tombolnya gak berfungsi. Kalau ada satu saja tombol alfabet gak berfungsi, pekerjaan bisa terhambat. Lalu ganti lagi deh. Aliasnya udah 2x kali.

Dan sekarang keyboardnya rusak lagi. Tombol panah kanan kepencet terus yang membuat tombol kursor lariiii………….. terus ke bawah. Sudah saya reset windowsnya, tapi setelah saya cek dengan keyboard tester, ternyata memang enggak berfungsi.

Itu untuk laptop saya yang merah.

Note : kalau kalian punya laptop atau komputer, baiknya di selalu dihidupkan agar tak terjadi kerusakan. Jangan didiamkan begitu saja.

Baca Juga : Begini Jadinya Jika Beragam Bisnis Mas Udin Didukung ASUS ExpertBook B5 Series

Sedangkan laptop saya yang hitam yang dari menang lomba blog juga pernah bermasalah. WiFi-nya pernah eror dan sekarang baterainya bocor. Kemarin tanya ke tukang servicenya katanya harus ganti baterai asli dan biaya 800rb. Tapi saya tarik lagi karena belum siap biaya.

Speakernya juga udah eror dan bunyi kresek-kresek. Maklum sih karena sudah tua juga umurnya, sejak 2016 lalu. Rencana sih saya pengen hibahkan salah satu laptop saya untuk keponakan yang mau masuk SMA agar sekolahnya makin pintar karena ia cukup berprestasi di sekolahnya.

Nah, bersama ini saya ingin berbagi tips memilih service laptop terdekat yang berkualitas agar laptop kita bisa kembali baik setelah reparasi. Berikut tipsnya :

1. Pilih yang sudah berpengalaman

Buat kita yang awam banget soal laptop dan tidak atau kurang tertarik dengan hal tekhnis (misal karena tidak ada niatan untuk coba bongkar sendiri laptop), baiknya carilah servis laptop yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Ini penting banget karena type orang-orang seperti ini biasanya senengnya cuma pakai barang, tapi enggan mengutak-atik saat ada kendala seperti kerusakan. Walaupun itu hanya kerusakan kecil.

Tukang service berpengalaman yang ahli akan mengerjakannya dengan baik dan benar serta minim kambuh lagi. Ia bisa tahu segala macam permasalahan dan memberikan solusi terbaik dengan laptop kita.

2. Pilih yang hati-hati dalam bekerja

Tukang servis laptop biasanya menerima banyak pesanan, sehingga banyak laptop numpuk di ruangan dan bisa berdempet-dempet. Karena berjejal, casing laptop ata bagian bodi lainnya bisa tergores. Kan sayang banget jika sampai terjadi, apalagi jika laptop kita laptop mahal.

Soalnya punyaku pernah tergores bagian casingnya pas lagi diservis. Ada tiga goresan dan saya amat menyayangkan karena laptop jadi enggak mulus lagi. Misal mau dijual kan juga pengaruh ke harga.

Maka dari itu, pilihlah tukang servis laptop yang hati-hati dalam bekerja agar kita tak menyesal nantinya.

Body laptop terbaret di bagian belakang

Body laptop terbaret di bagian belakang

3. Memiliki tempat usaha sendiri

Servis laptop yang memiliki tempat usaha sendiri lebih terpercaya daripada yang hanya tinggal rumahan. Karena ia lebih niat dan lebih berkomitmen dengan usahanya ketimbang yang rumahan.

Dengan adanya tempat usaha yang lebih jelas seperti ini, kita bisa datangi saat kita kita perlu. Misal untuk menanyakan sudah sejauh mana progress servisnya?

Berbeda dengan servis laptop yang tinggal rumahan, apalagi yang cuma perorangan pribadi dan tidak ada rekan kerjanya. Jangan sampai ia tak bisa dihubungi karena itu beresiko dengan laptop kita. Jangan sampai laptop itu tak kembali.

Namun bukan berarti konter besar dan ternama servisnya bagus. Karena testimoni yang berbicara.

4. Pilih yang transparan terhadap sparepart

Kita yang awam banget soal hal tekhis terutama laptop, poin ketiga ini penting diperhatikan. Misal saat laptop kita rusak dan butuh hanti hardisk, keterbukaan tekhnisi akan jenis sparepart yang dibutuhkan itu penting.

Misal merk hardisknya apa, harganya berapa, perinciannya bagaimana, dsb. Dulu pas saya servis laptop dan butuh ganti hardisk, tekhnisinya juga bilang kalau hardisknya harganya 400 ribu dan 50 ribu untuk jasa pasangnya.

Begitu juga pas pasang keyboard, terkhnisinya bilang kalau harganya 200 ribu sudah termasuk pasang. Aliasnya transparan dan tidak sembunyi-sembunyi.

Baca Juga : ASUS ExpertBook B9400 Mahal? Ini 8 Keunggulan Untuk Segudang Keuntungan Dariku Sang Penjual Benang Layangan

5. Memiliki alat yang lengkap

Teknhisi berpengalaman yang didukung alat yang lengkap akan mempercepat dan mempermudah pekerjaan untuk hasil terbaik. Biasanya ini ada di servis laptop ternama dan sudah banyak testimoni positifnya.

6. Pilih yang harganya cocok namun kualitas oke

Servis laptop seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misal untuk ganti LCD, saya pernah tanya ke tukang servisenya harganya 900 ribu. Atau untuk hardisk dan baterai seperti yang sudah saya ceritakan.

Kalau menurut saya dan teman yang sudah terbiasa dengan hal ini, jasa servis laptop itu menaruh tarif yang berbeda antara satu dengan lainnya. Misal karena kemarin saya pernah tanya, di konter A jasa ganti keyboard 200 ribu, tapi di konter B 250 ribu.

Di konter A, jasa ganti hardisk 800 ribu, di konter B cuma 600-700 ribu. Aliasnya harganya berbeda-beda. Jika di konter A ada yang murah, di konter B juga ada yang murah. Yang membedakan hanya hasil akhirnya saja dan setiap konter itu berbeda layanan pastinya.

7. Pilih yang komunikasinya baik

Saat akan servis laptop, biasanya saya akan tanya-tanya dulu dengan ownernya atau tekhnisinya, atau mbak-mbak pelayannya. Misal untuk kerusakan ini bagaimana dan butuh biaya berapa untuk perbaikan?

Selama ini sih saya komunikasinya baik dengan owner dan juga pelayannya. Enggak ada ketidakramahan atau hal yang tidak mengenakan gitu.

Saat ditanya progessnya sudah sampai mana pun juga menjawab apa adanya dengan baik. Konter seperti inilah yang patut kita gunakan jasanya.

8. Cari rekomendasi teman

Kalau kamu lagi cari teknisi laptop berpengalaman karena pernah kecewa dengan suatu jasa servis lain, kamu bisa cari tahu rekomendasi teman atau orang-orang di sekitar kita. Servis laptop yang bagus dimana sih?

Misal karena saya juga pernah mendapat rekomendasi tempat servis laptop dari seorang teman karena teman tersebut juga puas dengan cara kerjanya.

9. Cari di google maps dan cari tahu pengalaman konsumen

Ini adalah cara termudah. Saat kamu belum menemukan servis laptop terbaik di sekitarmu, bisa cari di google maps. Ketik saja servis laptop dan kemudian muncul banyak rekomendasi jasa servis laptop terbaik di sekitarmu.

Pilih yang ratingnya banyak dan bagus, terutama mengenai jasa reparasinya, bukan jasa jual belinya karena biasanya tukang servis juga menjual berbagai macam sparepart.

Kemarin saya coba cari tukang servis terdekat dan ratingnya banyak, tapi banyak sekali rating buruk karena pelayanan yang tidak memuaskan. Baik dari hasil servisan ataupun human erornya. Padahal itu toko besar dan ternama.

Jadi tidak menjamin jika toko besar berarti kualitasnya layanannya bagus. Karena hasil kerja lah yang utama.

pencarian service laptop terdekat lewat google maps

Pencarian service laptop terdekat lewat google maps

10. Nomor cantik juga menentukan kualitas

Di tempat servis yang pernah saya pakai, menggunakan nomor cantik yang mudah diingat. Menurut ownernya waktu saya berkunjung, nomor cantik digunakan untuk menggaet pengunjung. Dan sepertinya harganya cukup mahal.

Nomor cantik akan menunjukkan niat ownernya karena mudah sekali diingat sekelebatan atau sekilas saja saat orang lewat. Dan memang benar sih karena servisnya bagus.

11. Tanyakan garansi

Setiap kali servis laptop, saya selalu tanya garansinya. Dengan begitu kita bisa mengajukan komplain jika ternyata laptop kenapa-napa saat masih di periode garansi. Kalau di tempat saya sih biasanya seminggu. Namun di tempat lain ada juga yang sampai sebulan.

Nah, itu dia 10 tips memilih jasa service laptop terbaik agar untuk laptop kesayangan kita. Pastikan kita selalu mencari tips dan cara melakukan sesuatu jika belum pernah menggunakannya. Contohnya seperti jasa servis laptop ini. Jangan asal gabruk saja karena semua ada caranya. Semoga bermanfaat.

Bagikan biar yang lain tahu