Hai teman, apa yang kalian rasakan jika mengalami kejadian seperti di bawah ini : 

Seorang pemilik studio foto digital mengeluhkan bahwasanya ia baru saja mengalami nasib apes setelah ada karyawannya yang resign dengan membawa rahasia bisnisnya.

Rahasia tersebut berupa kumpulan trik dan tips manipulasi foto digital yang membuat proses editing foto menjadi lebih cepat namun hasilnya lebih baik.

Yang lebih naas lagi adalah karena ia tidak menyadari bahwa ternyata karyawan tersebut adalah orang suruhan dari studio foto lain yang diutus untuk mempelajari trik rahasia miliknya dengan menjadi karyawannya.

Setelah rahasia didapat dan berhasil resign, karywan tersebut pun kembali bekerja di tempat kerja sebelumnya. Sang pemiliki pun bingung, langkah apa yang musti ia lakukan untuk melindungi karya atau rahasia dagang miliknya?

Cerita bersumber dari keluhan pembaca hukumonline.com via techijau.com.

Dari cerita di atas, saya sebagai pebisnis kecil tentu saja tak terima jika data rahasia di laptop saya diambil orang. Apalagi jika dipakai untuk menyaingi usaha saya yang cuma penjual benang.

Dalam laptop saya ada banyak foto-foto menarik untuk jualan yang tidak mudah membuatnya. Tidak asal jepret gitu lalu upload. Ada tekhnik tersendiri yang saya dipelajari cukup lama agar hasilnya bagus. Belum lagi kameranya, kan belinya pakai uang bukan pakai daun.

Selain itu saya juga harus melakukan editing grafis untuk banner jualan. Dan itu tidak mudah, Ferguso. Untuk melakukannya saya musti belajar bertahun-tahun. Apalagi belajar otodidak itu memusingkan.

Proses pembuatan banner grafis menggunakan software grafis yang saya pelajari secara otodidak dalam waktu yang cukup lama.

Banner grafis ini ternyata begitu mempengaruhi jualan saya. Setelah perpaduan foto menarik dan editing grafis saya lakukan, jualan saya langsung melonjak naik di berbagai e-commerce. Mengetahui hal itu saya pun merasa takjub.

Ini salah satu foto jualan yang saya ambil dengan perjuangan. Tidak masalah saya publish karena masih banyak yang lainnya. Ini hanya sebagai pelengkap artikel. Pada slide kedua adalah ecommerce tempat saya jualan dan cukup laris. Geser.

Selain foto, di laptop saya juga ada video-video untuk promosi jualan di youtube. Dan membuat video itu tidak mudah. Butuh effort yang besar agar hasilnya bagus. Apalagi dulu saya membuatnya dalam kondisi sakit berkepanjangan. Pas lagi syuting rasanya seperti mau ambruk gitu karena badan lemas. 

Oleh karenanya saya tak mau jika video mentah saya dalam laptop yang saya buat berhari-hari itu di ambil orang gara-gara laptop kena virus. Apalagi saya hanya reseller yang mengambil untuk tidak seberapa. Makannya saya kudu punya laptop bisnis yang punya segudang fitur pengamanan seperti seri ASUS ExpertBook misalnya.

Ini adalah salah satu video jualan saya yang sudah di upload yang mendatangkan banyak pembeli. Tidak masalah saya upload karena sebagai pelengkap artikel.

Dan ternyata bukan hanya bisnis kecil saja lho guys yang beresiko demikian. Bisnis besar sekelas Tesla, perusahaan ternama yang memproduksi mobil listrik, pun pernah jadi korbannya. Pasalnya pihak Tesla menuntut mantan karyawannya yang bernama Martin Tripp karena diduga membocorkan beberapa gigabyte data rahasia perusahaan secara ilegal.

Pemberitaan mengenai pembobolan data rahasia perusahaan Tesla oleh mantan karywannya.

Rahasia tersebut berupa puluhan foto dan video mengenai system manufaktur perusahaan. Tesla juga menduga jika Tripp membuat kode komputer yang dapat bekerja mengekspor data perusahaan ke orang luar. Tindakan tersebut sangat merugikan.

Selain tesla, perusahaan besar lain yang pernah jadi korban yaitu Google. Dan tersangkanya juga mantan karyawannya yang bernama Anthony Levandowski.

Atas perbuatannya ia dijatuhi hukuman 18 bulan penjara dengan tuduhan pencuriaan rahasia dagang mobil otonom milik google. Data rahasia seperti jadwal pengembangan dan desain produk ia transfer ke laptopya sebelum ia cabut dari google. Total data yang ia ambil sebanyak 14 ribu file. Wah, berarti ini kasusnya seperti studio digital tadi ya?

Mantan Insinyur Google mengambil data mobil otonom tanpa izin.

Nah, bisnis besar sekelas Tesla dan Google saja bisa kena, apalagi punya saya yang cuma penjual benang. Maka dari itu saya kudu laptop bisnis agar bisnis kecil saya semakin aman terkendali.

Perlu perlu diketahui nih guys bahwasanya laptop bisnis dan laptop consumer itu beda lho. Laptop bisnis itu memang dirancang untuk bisnis. Sedangkan laptop consumer ditujukan untuk penggunaan sehari-hari seperti untuk siswa sekolah, mahasiswa, pengguna rumahan, dsb. Perbedaan paling menonjol yaitu dari segi fungsi dan desain. Laptop bisnis lebih unggul.

Perangkat Khusus Bisnis ASUS ExpertBook B9400-min

Berdasarkan pengalaman saya mempelajari laptop bisnis dari ASUS, berikut keunggulan laptop bisnis yang bisa dibilang tidak ada atau mungkin jarang ada di laptop consumer.

Pada laptop bisnis seringkali dilengkapi fitur keamanan super ketat. Misal seperti fitur login wajah dan finger print yang membuatnya hanya bisa diakses oleh satu orang yaitu pemiliknya.

Kemudian ada USB Port Control yang melindungi laptop dengan password saat ada USB ditancapkan. Lalu ada juga fitur TPM yang membuat laptop sangat sulit ditembus malware atau virus.

Untuk seri tertentu, bodinya juga sangat ringan, tipis, tapi sangat kokoh dan telah melewati uji militer. Seperti uji jatuh dari ketinggian atau uji ketindihan benda sampai 30kg.

Bahkan ada beberapa type yang keyboarnya pun tahan ketumpahan cairan sampai 66cc. Contoh seperti ExpertBook P2451, ExpertBook B9400, dan ExpertBook B9450. Hal itu membuat kita tak khawatir jika terjadi kejadian tak terduga seperti ketumpahan kopi atau air minum saat bekerja.

Untuk layar ia juga lebih nyaman di mata seperti disematkannya fitur anti glare. Untuk penyimpanan, kebanyakan laptop bisis mendukung SSD yang dapat membaca data lebih cepat.

Lalu ada juga yang layarnya bisa diputar 360 derajat agar mudah menatap layar dari berbagai arah seperti pada ASUS ZenBook Flip S UX (371). Baterai laptop bisnis juga awet seharian dan mengisinya juga lebih cepat. Kemudian ada tekhnologi pendigin mesin agar mesin tetap adem.

Keyboard laptop bisnis seperti kebanyakan milik ASUS ExpertBook juga bisa nyala dalam gelap loh guys. Keypadnya juga bisa muncullin angka. Pokoknya ada banyak banget deh kelebihan laptop bisnis ketimbang laptop consumer.

Jadi semisal kalian seorang pebisnis, laptop bisnis adalah pilihan tepat.

Berkenalan dengan ASUS ExpertBook B9400

Untuk mendukung perkembangan bisnis, ASUS meluncurkan ExpertBook B9400 yang memang ditujukan untuk pebisnis. Laptop yang merupakan seri lanjutan dari versi sebelumnya yaitu ExpertBook B9450, kini tampil dengan bobot yang ringan dan kokoh namun standar militer AS. Kemudian ia juga dibekali berbagai fitur pengamanan canggih seperti TPM dan IR-Camera. Untuk performa yang tangguh, Ia juga dibekali prosesor Core™ i7 vPro® generasi ke-11.

ASUS ExpertBook B9400 adalah perangkat komputasi yang dirancang khusus untuk bisnis

Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan bahwa ASUS ExpertBook B9400 adalah laptop yang dirancang untuk bisnis karena telah dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan membuat kegiatan bisnis lebih produktif tanpa gangguan.

Dan…… berikut adalah 8 fitur tangguh ASUS ExpertBook B9400 dari kacamata saya sebagai penjual benang layangan yang mampu berikan segudang keuntungan untuk usaha kecil saya.

1. Banyak fitur keamanan kelas enterprise membuat data penting saya aman tersimpan dalam laptop

ASUS ExpertBook B9400 punya fitur sensor jarak yang kalau pemiliknya mendekat, ia akan membuka layar. Dan kalau menjauh, maka ia akan mengunci. Fitur tersebut bernama AdaptiveLock yang terdapat dalam IR Camera.

Fitur pengenalan wajah pada ASUS ExpertBook B9400 membuat laptop ini sangat aman dari pengguna tak diizinkan.

Buat saya ini penting banget karena tak ada yang bisa mengkses laptop selain saya sendiri. Dengan fitur ini, saya bisa membuka laptop dengan sangat cepat dan bahkan tak perlu mengangkat jari. Hanya mendekat ke layar saja, maka ia akan membuka. Keren banget kan? Sepertinya baru kali ini saya lihat fitur sekeren ini. Beberapa fitur perlindungan lain juga masih ada lho. Di antaranya :

Webcam Shield. Fitur yang terdapat pada webcamera ini dapat membuka dan menutup webcamera itu sendiri dan berfungsi mencegah orang lain memata-matai kegiatan kita di depan layar melalui virus yang menyerang.

Memangnya ada virus yang menyerang webcamera? Ada lho. Dan ini berbahaya karena bisa membuka privasi seseorang. Dengan fitur ini, saya yang sering ganti baju saat laptop menyala, pasti akan merasa aman. #Eh.

File Shredder. Adalah fitur untuk menghapus file hingga tidak dapat dikembalikan lagi. Buat saya yang seringkali servis laptop, ini penting banget untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada yang iseng pengin buka file yang sudah terhapus laptop saya.

IR Camera. Adalah fitur login dengan kamera inframerah melalui pengenalan wajah seperti di atas saya terangkan.

Trusted Platform Module (TPM). Adalah system keamanan berbasis hardware yang berfungsi menghalangi peretas jahat agar tidak bisa mengakses komputer tujuan melalui sebuah chip yang menyimpan kunci enkripsi yang dibuat otomatis. Kunci enkripsinya pun dibuat secara acak sehingga menyulitkan peretas membajak sebuah komputer.

Fitur ini akan menjaga laptop saya yang berisi banyak data dan file jualan dari serangan malware dan virus. Ah jadi nyaman banget pokoknya kalau punya ASUS ExpertBook B9400. Pakai laptop ini jadi enggak perlu beli antivirus premium. 

HDD & BIOS Booting User Password Protection. Adalah fitur untuk mengunci hardisk dan SSD dengan password. Jadi semisal laptop saya sedang direparasi, bisa mencegah orang membuka HDD atau SSD di laptop saya. Karena terkadang saya kepikiran tentang itu saat laptop lagi diservis.

Finger Print. Adalah fitur untuk membuat password dengan sidik jari. Sidik jari tiap orang kan beda-beda ya. Jadi akan sangat aman jika saya punya laptop ini karena cuma saya yang bisa buka.

USB Port Control. Adalah fitur untuk mencegah seseorang mencolokkan USB karena harus meminta password. Ini juga fitur yang membuat saya merasa aman saat laptop sedang di servis atau dipinjam orang. 

Intel vPro. Kalau menurut Mas Rifan saat saya mengikuti webinar tentang keamanan data bareng IIDNxASUS pada bulan Desember 2020 lalu, Intel vPro adalah fitur yang dapat mencegah upaya-upaya jahat masuk ke laptop.

Berbagai fitur pengamanan pada Laptop Bisnis ASUS ExpertBoook B9400

Nah, dengan keamanan kelas perusaahan tersebut, tentu saya merasa sangat aman menjaga data dalam laptop saya. Bahkan fitur seperti TPM bisa berfungsi seperti antivirus super premium tanpa harus membeli antivirus lainnya.  Tentu ini bermanfaat buat saya yang belum mampu berlangganan antivirus premium yang menurut saya sangat powerfull. 

2. Bodi ringan dan kokoh membuatnya mudah dibawa kemanapun tanpa takut ada kejadian tak terduga

Oiya Guys, selain jualan saya juga seorang blogger yang senang nulis dan menggambar. Saya juga suka bikin video youtube dan ke depan bercita-cita jadi youtuber.

Namun masalahnya saya jadi sering bekerja di luar karena di tempat saya sering banget mati lampu. Kalau mati lampu bisa seminggu dua kali dari pagi sampai sore. Dan itu menunda pekerjaan saya. 

Bobot yang ringan cuma 880 gram dari ASUS ExpertBook B9400 tentu akan memudahkan saya bekerja di luar. Meminimalisir rasa enggan membawa laptop karena barang bawaan sudah berat.

Ia juga memiliki ketebalan cuma 14,9mm. Lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. Jadi dibawa kemana-mana lebih enteng aja gitu pakai satu tangan. Ini beda banget lho dengan laptop kelas consumer yang biasanya bobotnya 1,3kg – 1,7 kg walaupun layarnya sama-sama 14 inch.

Laptop Bisnis ASUS ExpertBoook B9400 yang ringan namun kokoh 

Walaupun ringan banget tapi ia sangat kuat lho guys. Untuk bodinya saja ia dibuat dari bahan Magnesium Allumunium Alloy. Untuk diketahui nih ya bahwa jenis bahan metal ini memiliki masa jenis yang lebih ringan dibanding Magnesium Alloy jenis lainnya. Bahkan ia memiliki masa jenis yang lebih ringan hingga 50% dari Alumunium (AI).

Oiya, adanya fitur spill resistant juga membuat saya tak perlu khawatir jika ada kejadian tak terduga seperti ketumpahan cairan seperti kopi atau air pada keyboardnya. Pasalnya karena ia dapat menahan tumpahan cairan hingga 60 cc tanpa membahayakan. Soalnya laptop saya dulu pernah kecipratan air dan dua tombolnya enggak berfungsi. Kalau pakai ExpertBook B9400 ini pasti tak khawatir hal itu terjadi.

Fitur spill resistant membuat keybaord ASUS ExpertBook B9400 tahan terhadap tumpahan cairan.

Dan yang pasti agar saya semakin tak khawatir, ASUS ExpertBoook B9400 ini sudah melewati 21 uji militer US MIL-STD 810H. Misal untuk testing buka tutupnya saja ia sudah teruji 50 ribu kali buka tutup. Untuk testing tancap-lepas port-nya seperti pada USB, ia sudah melewati 5 ribu kali pengujian. Ini bermanfaat banget buat saya karena biasanya saya sering banget tancap-lepas USB saat akan mentransafer file dari USB atau memori kamera.

Berbagai uji militer ASUS ExpertBook B9400 membuat laptop ini begitu kuat dan tangguh menghadapai kejadian fisik tak terduga.

Sedangkan untuk uji ketahanan panel, ia kuat menahan 30 kg beban berat. Jadi semisal laptop saya tak sengaja tertindih suatu benda, ia akan aman-aman saja. Asal enggak sengaja ditindihin beban melebihi kapasitas karena laptop ini tidak dibuat untuk itu.

Nah, untuk uji keyboardnya nih ya selain tahan cairan, ia berhasil melewati testing 10 ribu kali penekanan. Sedangkan untuk uji kejut atau guncangan ia tahan guncangan keras di setiap arah dengan kecepatan 150 G/2,5ms. Jadi semisal saya lagi ada di bus dan tergoncang-goncang, laptop ini akan aman-aman saja.

Ini sangat bermanfaat buat saya. Soalnya dulu pernah bawa laptop dalam bus. Begitu sampai tujuan, laptop saya buka dan layarnya jadi kayak eror gitu karena di bus tergoncang-goncang banget dan terkegencet-gencet gitu.

Oiya, Ia juga sudah berhasil melewati tes jatuh dari ketinggian 120 cm dalam keadaan hidup nih guys. Jadi tak perlu khawatir jika ia terjatuh tak sengaja.

Nah, dari semua pengujian tersebut, saya tidak akan pernah khawatir jika semisal ada kejadian tak terduga seperti kesiram air, jatuh, tergencet, atau tertindih. Mantap jiwa pokoknya.

3. Performa gesit dan responsif membuat pekerjaanku lebih cepat selesai

ASUS ExpertBook B9400 sudah dibekali prosesor terbaru yang responsif yaitu Intel® Core™ vPro® Generasi ke-11. Prosesor tersebut juga mendukung intel EVO yang membuat laptop ini baterainya lebih awet dengan performa yang responsif.

Untuk grafisnya ia menggunakan Iris Xᵉ Graphics untuk kinerja untuk kinerja grafis yang lebih cepat dan responsif. Untuk penyimpanannya ia menggunakan RAM LPDDR4X dengan kapasitas 16GB dan NVMe PCIe 3.0 x4 dengan kapasitas 2TB, yang lebih unggul dari versi sebelumnya. Berikut perbandingannya. 

Dengan spesifikasi tersebut, mengedit konten grafis, merender video jualan, pun jadi lebih cepat dan hasilnya lebih bagus. Apalagi ia juga mendukung SSD yang membuat proses baca tulis data jadi lebih cepat.

Dengan SSD, membuka software seperti photoshop dan inkscape seperti yang saya lakukan pun jadi lebih cepat. SSD juga membuat laptop lebih senyap dan enggak berisik gitu. Suara berisik itu bikin gagal fokus dan mengganggu pekerjaan. 

Bentuk fisiknya yang tipis juga membuat laptop jadi lebih mudah dibawa kemana saja dan tak mengambil banyak ruang dalam tas. Apalagi RAM-nya yang 16GB tentu akan membuat kinerja laptop jadi lebih ngebut.

Spesifikasi utama ASUS ExpertBook B9400

Dari spesifikasi di atas, saya yang setiap hari bekerja dengan puluhan tab dan beberapa software sekaligus, tentu enggak masalah banget kalau pakai ExpertBook B9400 ini. Soalnya laptop saya sekarang sering ngelag dan bahkan menutup sendiri saat tak kuat melakukan itu semua. Terutama jika gambar di inkscape terlalu banyak dan menumpuk. 

Kemudian berkat performa grafisnya, gambar yang ditampilkan juga lebih tajam. Sehingga hasil konten grafis berupa banner jualan yang saya buat jadi lebih bagus. Apalagi dengan RAM-nya yang besar dan SSD-nya, tentu membuka aplikasi atau software jadi sangat cepat.

4. Layarnya yang nyaman membuat mata saya tetap nyaman walau dipakai lama

Saya akan merasa sangat beruntung sekali jika memiliki ExpertBook B9400 ini. Ya secara ia punya layar anti-glare yang nyaman di mata dan tidak cepat membuat mata saya lelah walau kadang bekerja dari pagi hingga malam.

Oiya, desain layarnya juga keren karena perbandingan bodi ke layar mencapai 94%. Bezel layar yang 4 mm juga membuat layar laptop terlihat lebih lebar dan premium. Kemudian fitur Panel Self Refresh (PSR)-nya juga menyumbang konsumsi daya rendah. Enggak heran jika baterainya kuat sampai 20 jam.

Layar anti glare ASUS ExpertBook B9400 yang nyaman di mata.

Apa untungnya buat saya? Tentu saja banyak. Berkat fitur Anti glare-nya, mata saya lebih nyaman karena setiap bekerja menatap layar. Layar 14 inch-nya juga membuat konten dalam layar dapat terlihat lebih luas. Kemudian berkat fitur panel Self Refresh pada layarnya, membuat baterai laptop jadi lebih awet. Membuat saya lebih nyaman bekerja di luar tanpa khawatir kehabisan baterai.

5. Enggak takut mati lampu berkat keyboard backlitnya

Laptop bisnis memang beda. ASUS ExpertBook B9400 ini sudah dibekali keyboard backlit yang bisa menyala dalam gelap. Jadi enggak masalah banget biarpun rumah saya mati lampu dari pagi sampai malam, saya tetap bisa bekerja mengedit video atau membuat banner jualan. Ya soalnya kalau mati lampu, saya pasti kerja di luar mencari sumber daya listrik. 

Apalagi dengan fitur NumPad LED-nya yang mana kita bisa input angkat lewat touchpadnya. Cocok banget buat mereka yang selalu berkutat dengan angka karena proses input jadi lebih cepat. Nah, walaupun NumPad berisi angka, tapi tetep bisa berfungsi ganda sebagai touchpad loh guys.

Keyboard Backlit dan NumPad ExpertBoook B9400.

Untuk mengaktifkan NumPad ini hanya dengan mengetuk ikon di pojok kanan panel. Atau ketuk ikon di sebelah kiri atas panel untuk mengatur kecerahan NumPad. Lalu ada juga tombol fungsi dari F1-F12 yang dapat digunakan seperti menangkap layar, mengaktifkan webcamera, atau mengakses aplikasi MyASUS.

Yah, walaupun saya jarang bekerja dengan angka, tentu pekerjaan mengetik juga pasti mengetikkan angka. Maka fitur ini akan memudahkan saya. Karena saya sering mengedit gambar, tombol fungsinya juga sangat membantu saya seperti ambil screenshoot yang pasti saya lakukan setiap hari. 

6. Baterai awet dengan pengisian cepat membuatku tak khawatir saat harus bekerja di luar

Saat ini laptop saya kudu dicas karena sudah enggak normal lagi baterainya. Jadi kemana-mana harus bawa charger. Tentu ini bikin saya enggak produktif jika semisal charger ketinggalan. Karena saya sering mengalaminya. Pas sudah di WiFi corner, eh malah charger ketinggalan. Pulang lagi deh.

Nah, beruntung banget jika saya punya ASUS ExpertBook B9400 karena baterainya awet banget sampai 20 jam euy….. Jadi enggak perlu ngecas bolak balik deh. Proses render atau upload video juga tak perlu khawatir karena rumah sering mati lampu seharian. Ya secara kan laptop ini tahan seharian dari pagi sampai sore.

Baterai ASUS ExpertBook B9400 dibekali tekhnologi pengisian cepat.

Yang lebih keren lagi nih guys karena ngecasnya juga cepet banget lho. Ya masa cuma 39 menit saja bisa terisi 60%. Berarti cukup sejam-an sudah penuh dong. Misal nih ya saya mau ngecas pukul 7 pagi dan pukul 8 penuh. Lalu saya pergi keluar untuk bekerja dan bisa dipakai bekerja sampai pukul 8 malam masih tersisa juga.

7. Konektivitas yang mendukung pekerjaan saya dalam di berbagai tempat

Walaupun bodinya ringan dan ringkas, tapi tidak mengurangi jumlah port-nya loh guys karena ia punya 6 jenis port. Yaitu 2 x Thunderbolt™ 4 USB-C®, 1x HDMI, 1x RJ45 via micro HDMI, 1x USB 3.2 Gen 2, dan 1x Kensington Lock biar enggak dicuri orang.

Konektivitas ASUS ExpertBoook B9400. Klik untuk memperbesar.

Berkat dua buah USB Thunderbolt™ 4 USB-C®-nya, saya bisa mentransfer file video yang jumlahnya kadang sampai 6GB dengan kecepatan 40Gbps. Untuk versi sebelumnya juga diklaim sama yaitu 40Gbps, namun versi 4 ini lebih stabil. Cepet banget kan guys?

Nah, kalau saya kurang puas, masih ada USB 3.2 Gen 2 yang kecepatan transfernya mencapai 10Gbps. Kalau untuk HDMI, saya bisa menampilkannya ke layar besar. Misal monitor gitu buat nonton video lebih puas.

Port HDMI untuk terhubung ke monitor pada ASUS ExpertBoook B9400.

Saya juga tak perlu khawatir mengenai aksesoris yang menggunakan Thunderbolt™ 3 atau USB-C. Karena Thunderbolt™ 4 juga kompatibel dengan port Thunderbolt™ 3 atau USB-C.

Kalau untuk Kensington Lock, ini adalah port pengunci. Jadi nanti ada kabel buat nyambungin ke laptopnya dan diikatkan ke meja atau tiang gitu biar laptop tidak diambil orang. Ini tentu bermanfaat buat saya karena saya kadang bekerja di luar.

Selain itu ia juga mendukung WiFi 6 yang mana kecepatannya 3x lebih cepat dari WiFi 5. Jangkauannya juga lebih jauh mencapai 300 meter untuk streaming FHD dengan lancar.

Untuk saya ini cocok banget karena kebetulan rumah saya dengan WiFi corner terdekat berjarak sekitar 300 meter. Jadi enggak perlu bepergian karena WiFi sudah nyangkut dari rumah.

Untuk bluetoothnya sendiri juga sudah versi 5.0. Membuatnya lebih cepat saat mengirim file baik gambar atau video. Ini juga sangat saya butuhkan. Secara kalau saya ngirim file via bluetooth di laptop saya, butuh waktu agak lama. Apalagi kalau sizenya besar. 

8. Fitur pendukung bisnis memudahkanku mengontrol pekerjaan bahkan dari luar sekalipun

Ini adalah fitur pendukung bisnis yang akan membuat saya makin produktif walau sedang di luar. File transfer untuk berbagi foto atau video baik dari laptop ke smartphone atau sebaliknya, dengan lebih mudah.

URL Transfers untuk berbagi URL artikel atau video. Fitur telepon untuk menelpon lewat laptop. Remote File Acces untuk mengakses file kerja dari jauh. Misal laptop di rumah dan saya sedang di luar rumah. 

Kalau untuk Mirror bisa untuk mengoperasikan smartphone lewat laptop. Terakhir ada screen extender untuk menampilkan suatu gambar atau file ke perangkat berbeda hanya dengan menggesernya ke arah perangkat tersebut.

Aplikasi Link to MyAsus pada ASUS ExpertBoook B9400 untuk mempermudah kegiatan bisnis.

Dengan fitur ini, saya bisa berbagi link jualan di ecommerce atau video cara penggunaan benang di youtube kepada calon pembeli dengan lebih mudah.

Kemudian fitur telponnya juga bermanfaat banget. Ya soalnya terkadang ada calon pembeli yang menelpon saya terkait jualan benang saya. Dengan fitur ini, saya jadi enggak perlu buka hp karena bisa lewat laptop. Selengkapnya lihat video di bawah. 

Akhirnya, ASUS ExpertBook B9400 cocok banget untuk saya karena bisa berikan segudang keuntungan untuk tingkatkan penjualan. Dan tentunya untuk Anda semua para pebisnis. 

Laptop bisnis memang beda banget dengan laptop consumer yang fiturnya memang standar penggunaan sehari-hari. Laptop bisnis punya fitur canggih tak terduga yang membuat bisnis kecil saya makin aman dan berkembang.

Dengan ASUS ExpertBook B9400, saya merasa aman banget dengan data penting seperti foto dan video promosi saya di laptop. Pokoknya enggak kuatir ada penyusup berkat fitur keamanan kelas enterprisenya. Terutama fitur TPM sama vPro-nya itu lho yang bisa menangkal upaya jahat masuk ke laptop. Tidak perlu beli antivirus karena ia sudah punya bawaannya.

Untuk mengatasi kejahatan social engineering, ada fitur USB Block untuk mencegak orang mengambil data lewat USB. Bodinya yang ringan dan kokoh juga membuat saya nyaman saat harus bekerja di luar.

Keyboarnya backlitnya juga membuat saya tetap bisa bekerja dalam gelap walau rumah saya sering mati lampu. Apalagi karena baterainya awet. Ya secara kalau mati lampu kan enggak bisa nge-charger.

Kejadian tak terduga seperti ketumpahan cairan juga tak khawatir karena keyboardnya tahan cairan hingga 60cc. Kalaupun terjatuh juga tak khawatir karena ia kan udah melewati uji jatuh dari ketinggian 120 cm dan berbagai uji militer lainnya.

Bodinya yang ringan cuma 880 gram dan tipis cuma 14,9mm juga mudah dibawa dan memasukkannya dalam tas untuk dibawa pergi bekerja di luar. Apalagi baterainya yang awet hingga 20 jam dan keyboard backlitnya yang bisa nyala dalam gelap tak perlu khawatir saat mati lampu atau lupa bawa charger. 

Ah pokoknya banyak banget deh keunggulan laptop bisnis ini. Kalau laptop consumer mungkin enggak seperti ini karena memang beda peruntukkannya.

Dan sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang akan sangat panjang jika dibahas semua. Intinya pemilihan laptop bisnis akan sangat tepat bagi seorang pebisnis. 

Nah, dari segudang fitur tangguhnya, ASUS ExpertBook B9400 seharga 31,9 juta ini mahal? Mahal mana dibanding sebuah ide bisnis yang potensi keuntungannya berkali-kali lipat dari harga laptop tersebut? 

Jangan sampai ide bisnismu diambil orang hanya karena sebuah laptop. Kalau menurut saya fitur yang ditawarkan sangat sepadan, bahkan melebihi harga yang ditawarkan.

Dan saya rasa semua pebisnis perlu memiliki ASUS ExpertBook B9400 karena segudang fitur pendukung bisnisnya. Apalagi untuk sebuah bisnis yang sedang beranjak naik. Memiliki laptop ini akan menjadikannya lebih untung dan lebih produktif. Berikut spesifikasi ASUS ExpertBook B9400. 

Sumber referensi artikel

https://techijau.com/kelebihan-asus-expertbook-b9/
https://www.cnbcindonesia.com/news/20180621153240-4-19924/tesla-tuntut-mantan-karyawan-atas-dugaan-pencurian-data
https://media.skyegrid.id/asus-luncurkan-expertbook-b9400-laptop-premium-untuk-pebisnis/
https://republika.co.id/berita/trendtek/internet/18/02/01/p3gqkm359-webcam-cara-peretas-merusak-privasi

https://oto.detik.com/berita/d-5122016/mantan-insinyur-google-curi-data-mobil-otonom

Bagikan biar yang lain tahu