Zaman sekarang ini bisa dibilang semua serba online. Dari yang remeh temeh hingga yang serius, semua dionlinekan untuk berpromosi. Bahkan di tempat saya pun, belanja sayur sudah bisa online via website. Karena hampir semua orang mengakses internet, maka keberadaan website sangat penting. Jika orang berpikir cara membuat website itu sulit, sebenarnya tidak juga sih karena pasti ada tim customer service terkait yang siap membantu.

Nah, beberapa bulan yang lalu saya baru saja membuat website. Dan ternyata cukup mudah buat saya walaupun ada sedikit kendala. Untuk diketahui pula, saat ini membuat website tidak perlu paham coding seperti CSS, HTML, PHP, atau Javascript. Karena sudah bisa pakai CMS atau content management system yang tinggal pakai. Seperti wordpress misalnya.

Namun jika kalian paham coding, paling tidak HTML, bahkan CSS, itu sudah modal yang sangat cukup untuk membuat custom tampilan website lebih menarik. Dan tanpa panjang lebar, ini pengalamanku cara membuat website untuk pemula.

1. Riset kata kunci yang sesuai topik website

Riset-kata-kunci-dengan-ubbersuggest

Sebelum memutuskan membuat website, saya sudah memikirkan jauh-jauh hari kata kunci apa yang sesuai dengan topik websiteku nantinya. Kata kunci ini memiliki banyak pencarian di internet dengan persaingan yang masih layak. Dan kadang persaingan malah rendah.

Dengan membidik kata kunci tertarget, maka kita sudah menang satu poin dari nama website kita. Penamaan website yang mengandung kata kunci ini juga meningkatkan personal branding juga lho. Contoh : kata kunci “ternak ikan lele” menjadi domain www.ternakikanlele.com.

Untuk tools riset, di internet ada banyak. Seperti ubbersuggest, wordtracker, ahrefs, dan lain sebagainya. Kalian bisa coba salah satunya untuk mencari kata kunci terbaik. Jika perlu gunakan fitur premiumnya untuk hasil terbaik.

2. Pilih Hosting dan Domain

Sewa-hosting-dan-domain

Setelah kata kunci tertarget didapat, selanjutnya kita bisa mendaftar domain dan dan hostingnya. Ada banyak sekali provider hosting yang bisa kalian pilih. Saran saya, pilihlah yang kredibilitasnya bagus dan ambil paket termurahnya dulu jika baru pertama kali mencoba.

Jika terdapat promo, jangan gagal fokus dengan harga murah di awal. Karena perpanjangannya biasanya mahal. Fokuslah pada harga perpanjangan setelah promo atau diskon karena itu harga sebenarnya. Dengan begitu Anda tidak merasa terbebani dengan biaya langganan di tahun-tahun berikutnya.

Untuk servernya, kalian bisa pilih apakah di Indonesia atau luar negeri? Jika blog/ website kalian target pengunjungnya dari luar negeri, server dengan lokasi di USA (United States of America) bisa jadi pilihan. Atau server Singapura juga bagus karena masih dekat dengan Indonesia. Tapi jika pengunjung dari Indonesia, lokasi server di Indonesia adalah pilihan terbaik.

3. Install CMS wordrpress

wordpress

Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay

Di point ketiga ini, kalian bisa menentukan platform apa yang akan kalian pakai? Jika kalian ingin membuat website biasa seperti blog, company profile, website perusahaan, kalian bisa install CMS wordpress seperti biasa. Jika kesulitan melakukannya, kontak saja CS-nya yang pastinya siap membantu.

Namun jika kalian ingin membuat website seperti toko online, kalian perlu install plugin seperti woocomerce atau opencart atau yang lainnya yang memang diperuntukkan untuk toko online.

4. Install template website

template-wordpress

Template wordpress bawaan

Setelah wordpress terinstall, langkah selanjutnya yaitu menginstall template website. Biasanya penyedia hosting menyediakan banyak koleksi template yang bisa kalian coba dan pilih sesuai keinginan.

Template wordpress sangat beragam sesuai peruntukkannya. Baik itu model landing page, magazine, newspaper, dan sebagainya. Yang gratis banyak, yang premium juga banyak.

Jika blog kalian tentang berita, template magazine atau newspaper bisa jadi pilihan karena user interfacenya bisa menampilkan banyak judul artikel. Sehingga potensi klik tayangnya lebih besar.

Namun jika website kalian berupa toko online, maka kalian harus mengistal template toko online. Bukan template blog pada umumnya.

5. Tentukan target audiens di google console

penargetan-internasional

Menentukan target audiens itu penting. Jika semisal targetnya Indonesia, kita tidak perlu melakukan apa-apa karena pastinya secara default, settingan website kita sudah tertuju ke Negara Indonesia.

Namun jika target website kita adalah luar negeri, misal Amerika Serikat atau Negara-negara di Eropa, maka perlu di setting di google console dengan memilih penargetan internasional, lalu pilih Negara yang dituju.

Dengan begitu halaman yang muncul akan dominan dari Negara yang dituju. Jenis website ini biasanya mereka yang akan berburu adsense luar negeri. Lihat gambar di atas.

6. Promosikan website

 promosi-di-media-sosial

Promosi di media sosial 

Setelah website jadi, saatnya dipromosikan. Jika websitemu hanya berupa blog biasa yang isinya artikel. Maka membuat artikel menarik dan bermanfaat secara rutin dan konsisten adalah pilihan tepat.

Baca Juga : 12+ Cara Agar Blog Dilirik Banyak Brand [Untuk Orang Awam]

Namun dalam dunia website, ada istilah SEO (search engine optimization). Yaitu sebuah tekhnik agar website memiliki pengunjung melimpah dan menempati uturan teratas google. Dalam SEO ini, ada dua tekhnik yang bisa dilakukan, yaitu SEO on page dan SEO off page.

seo-blog

Gambar oleh Diggity Marketing dari Pixabay

SEO on page

SEO on page adalah tekhnik optimasi yang dilakukan dari website/blog itu sendiri. SEO on page itu penting dilakukan agar artikel memiliki banyak pengunjung. Beberapa unsur SEO on page di antaranya :

1. Penggunaan kata kunci yang tepat lewat riset kata kunci

Riset kata kunci penting dilakukan untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari. Untuk melakukannya, kita bisa memanfaatkan tools seperti ubbersuggest atau wordtracker seperti di atas saya tuliskan.

Kata kunci terbaik adalah yang paling banyak dicari, namun pesaingnya sedikit atau skor persaingannya sedikit. Dengan begitu, konten kita berpotensi besar masuk dalam top google.

2. Judul artikel dengan heading 1 dan mengandung kata kunci

Judul artikel yang mengadung kata kunci ini sifatnya seperti wajib. Jika judul sesuai dengan kata kunci, maka potensi muncul di pencarian lebih besar. Gunakan judul yang menarik dengan maksimal 70 karakter.

3. Penempatan kata kunci dalam gambar

Kata kunci dalam gambar (alt) juga penting untuk mendukung SEO. Jika pengunjung menelusuri dalam mode gambar, potensi muncul di halaman teratas akan lebih besar.

4. Gunakan heading dengan benar mulai dari H1-H2-H3

Mesin perayap google akan menelusuri artikel atau konten kita dengan baik jika kita struktur artikel tepat. Mulai dari heading 1 untuk judul, hingga sub heading 3 untuk sub judul. Begitulah yang beberapa kali saya baca di internet.

5. Manfaatkan template SEO friendly dan mobile friendly

Template SEO friendly itu penting. Terutama yang mendukung mobile friendly. Template SEO friendly biasanya lebih cepat diload di smartphone (terlebih yang menggunakan AMP). Kemudian user interfacenya mampu menampilkan beberapa pilihan artikel sehingga rasio klik tayang lebih besar, adanya fitur related post, tombol sharing sosmed, dsb.

6. Sisipkan internal link

Internal link bermanfaat untuk mengarahkan pengunjung ke artikel lainnya. Dengan begitu pembaca bisa tahu artikel bermanfaat lainnya, sehingga jumlah kunjungan pun bertambah. Baca pembahasan terkait internal link di sini.

7. Manfaatkan plugin SEO jika menggunakan wordpress

Jika Anda pakai wordpress, plugin SEO sangat membantu. Plugin SEO bisa mendeteksi sebuah kata kunci apakah bagus atau tidak pada skor SEO-nya. Dan berbagai parameter pengaturan lainnya yang membuat skor SEO semakin maksimal

8. Permalink yang tepat

Permalink adalah permanen link dalam format domain.com/ini-contoh-permalink. Jika permalink menggunakan kata kunci tertarget, maka dapat mendukung SEO, selain yang sudah diterangkan diatas.

SEO off page

Kebalikannya dari SEO on page, SEO off page adalah tekhnik optimasi dari luar. Ini juga penting agar SEO on page makin maksimal performanya. Beberapa faktor pendukungnya diantaranya :

1. Sharing konten ke media sosial

Jika kamu memiliki media sosial, terlebih dengan pengikut yang lumayan, maka potensi klik tayang akan lebih besar untuk mendatangkan pengunjung. Misal artikel yang dibagikan di story instagram dengan follower 1 juta, paling tidak akan ada 10ribu tayangan artikel. Dan tentu saja itu sangat mendukung SEO.

Baca Juga : 22+ Cara Menjadi Blogger Yang Bisa Bikin Kamu Sukses & Kaya Raya

2. Bangun personal branding

Personal branding adalah tentang ciri khas kita, tentang persepsi orang mengenai kemampuan kita, keahlian kita, kharisma kita, citra diri kita, dsb. Jika personal branding kita kuat, maka dapat mendukung SEO website kita.

3. Membangun backlink untuk meningkatkan kredibilitas website

Backlink sangat penting dalam sebuah website. Rangking pencarian sebuah website juga ditentukan dari seberapa banyak backlink yang dimiliki. Semakin banyak backlink bagus masuk ke website, potensi di google (mesin pencari) pun semakin besar.

7. Gunakan Desty App

Nah, jika kalian enggan repot dengan langkah-langkah diatas, kalian bisa manfaatkan saja jasa pembuatan website yang banyak tersebar di internet. Misal seperti Desty App.

Desty App adalah landing page creator dimana Anda bisa membuat halaman link in bio kamu menjadi katalog jualan, berbagi link blog, atau link video youtube-mu.

Ini sangat menarik karena jika biasanya link in bio hanya dalam bentuk teks dan maksimal hanya berupa gambar background saja, maka di desty app bisa dalam bentuk gambar.

Buat yang punya jualan online, kalian bisa menampilkan gambar dalam link ini beserta harganya. Tentunya ini sangat strategis karena dapat mengarahkan pengunjung dari media sosial ke link jualanmu dengan cepat.

Misal dari instagram atau mungkin tiktok, maka pengunjung bisa langsung menuju link jualanmu dengan cepat. Dengan begitu potensi closing lebih besar. Desty app juga memiliki fitur analitik untuk melihat seperti apa perkembangan usahamu. Bebas biaya transaksi juga dan semua fiturnya gratis.

Desty-App

Tampilan Desty App di link bio

Fitur menarik seperti ganti background, ganti font, tonton video, dengarkan konten audio, berbagi konten media sosial, menampilkan menu PDF, juga bisa lewat desty app.

Kesimpulan

Memiliki website saat ini bisa dibilang mudah. Karena jika semisal kita tidak familiar, jasa pembuatan website pun banyak. Kita tinggal bayar saya dan biarkan pemilik jasa melakukannya untuk anda. Tidak perlu paham coding yang memusingkan. Bagi yang terbiasa dengan internet terutama versi dekstop, saya yakin bisa membuatnya.

Untuk pemilik bisnis, memiliki website sangat penting agar tak kalah saing dengan kompetitor. Untuk Desty App, menurutku sangat potensial karena basicly-nya untuk pengguna smartphone yang gemar menggunakan media sosial. Begitu produk ditayangkan di feed, maka pengunjung bisa mengunjungi link bio untuk mendapatkan produknya.

Selamat berkarya.

Bagikan biar yang lain tahu