Jerawat bisa menjadi sebuah tantangan ketika muncul di bagian tubuh mana pun. Munculnya jerawat adalah efek dari tubuh Anda yang menghasilkan sebum. Munculnya sebum yang berlebih ditambah dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, hal tersebut dapat menutup pori-pori kulit dan memerangkap bakteri.

Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah saja, jerawat bahkan dapat muncul di bagian tubuh Anda mana saja yang memiliki kelenjar penghasil minyak. Beberapa bagian tubuh yang sering muncul jerawat adalah punggung, dada, dan juga bahu.

Diketahui ada beberapa penyebab umum munculnya sebuah jerawat, misalnya faktor genetika dan obat-obatan yang dapat memunculkan jerawat sebagai efek samping. Ditambah dengan adalah faktor gen yang menurun dari generasi sebelumnya, jerawat dapat muncul hanya dengan pengonsumsian obat yang tidak biasa dikonsumsi sebelumnya.

Selain itu, perubahan hormon pada anak-anak usia remaja hingga dewasa sering didapatkan menjadi salah satu penyebab tersebat terbesar dari munculnya jerawat. Khusus untuk para wanita, munculnya jerawat bisa juga didapatkan dari perubahan siklus hormonal saat sedang hamil atau menstruasi.

Tidak lupa juga, jerawat di punggung kerap muncul pada punggung orang-orang yang rajin berolahraga. Selain itu, jika Anda menggunakan pakaian yang serba ketat, keringat akan terperangkap dan menyebabkan penumpukan.

Cara-Ampuh-Redakan-Jerawat-di-Punggung

Source: Pexels.com/@cottonbro

Meskipun Anda tidak bisa selalu mengontrol hal-hal yang di luar kendali Anda, seperti perubahan hormonal dan genetika. Namun, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk menurunkan kemungkinan tubuh Anda memproduksi dan membentuk jerawat, khususnya pada bagian punggung.

Ganti Sabun Mandi

Sabun mandi beraroma wangi yang sekarang digunakan mungkin dapat membuat Anda merasa mewah dan lebih menenangkan setelah digunakan. Namun, untuk Anda yang rentan terhadap jerawat disarankan untuk mencari sabun mandi yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti BHA untuk mengupas permukaan kulit yang mengandung sel-sel kulit mati, AHA untuk mencegah bintik-bintik akibat jerawat, dan asam laktat sebagai penghalus kulit.

Gunakan Baju Olahraga yang Longgar

Terbiasa menggunakan pakaian ketat saat berolahraga akan mengumpulkan kotoran dan keringat pada kulit. Untuk menghindari terperangkapnya keringat dan terserap ke dalam pori-pori, Anda disarankan untuk memakai baju berbahan kain katun agar kulit dapat bernapas lebih mudah dan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat pada punggung.

Baca Juga : 8 Gerakan Pemanasan Sebelum Berolahraga yang Wajib Dilakukan

Konsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu hal yang dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda adalah makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang tidak sehat akan memicu tubuh untuk memproduksi minyak dan sebum berlebih, memunculkan jerawat yang begitu banyak pada tubuh.

Terdapat beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dimasukkan dalam menu sehari-hari, mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan porsi karbohidrat yang tidak berlebihan. Dengan menetapkan makanan serta pola hidup yang sehat, semakin kecil juga kemungkinan jerawat untuk timbul.

Mandi Setelah Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang penting, sebab hal ini diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah Anda terserang virus atau penyakit. Namun, justru bakteri penyebab jerawat banyak tumbuh subur pada kulit yang berkeringat.

Baca Juga : 10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Oleh karena itu, penting untuk mandi sekitar 20-30 menit setelah berolahraga. Ingat untuk selalu berhati-hati dan membersihkan seluruh badan. Jangan sampai ada kondisioner dan sampo yang tersisa karena residu yang tertinggal akan menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Hindari Sinar Matahari yang Berlebihan

Sinar matahari memang sehat, tetapi terpapar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat memicu timbulnya bekas luka pada tubuh dan menggelapkan bekas jerawat yang ada. Jadi, jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya atau sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

Tidak hanya untuk memperbaiki luka jerawat saja, sunscreen akan membantu melindungi kulit Anda dari berbagai dampak negatif yang dapat disebabkan dari sinar matahari, seperti kulit terbakar dan kanker kulit.

Nah, sekiranya itulah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat. Untuk saya pribadi, beberapa bulan ini saya mengurangi konsumsi makanan berminyak seperti gorengan dan memperbanyak konsumsi sayur, alhasil jerawat banyak berkurang. Pola hidup sehat memang mendukung. Silahkan coba sendiri di rumah

Bagikan biar yang lain tahu