Hai guys, beberapa dari pria mungkin sudah mencoba sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat, namun belum berhasil karena minyak dan jerawat di wajah masih membandel.

Penyebab kulit berminyak dan berjerawat memang beragam. Oleh karenanya, wajah jadi terlihat mengkilap. Kalau diusap pakai tangan, minyak akan menempel.

Jerawat juga mengganggu penampilan, apalagi jika ukurannya besar dan menghitam.

Minyak pada wajah sebenarnya berfungsi menjaga agar kulit tidak kering. Namun jika produksinya berlebih, tentu akan mengganggu.

Penyebab Kulit Berminyak dan Berjerawat pada Pria

Kulit pria memang lebih berminyak karena kadar hormon testosteronnya lebih banyak dari wanita, dimana hormon ini sendiri dapat merangsang untuk memproduksi minyak berlebih.

Selain itu, umumnya pria juga bekerja lebih berat di luar ruangan yang memicu keringat dan minyak berlebih. Namun tentu saja ada faktor kulit lain, misal seperti :

Tinggal di negara tropis

Kita tinggal di negara yang tropis yang terdiri dari dua musim yaitu hujan dan kemarau.

Berbeda dengan mereka yang tinggal di negara yang lebih dingin seperti negara empat musim. Udara dingin lebih sedikit memproduksi minyak ketimbang yang beriklim tropis.

Metabolisme tubuh yang berbeda-beda

Metabolisme tubuh manusia itu berbeda-beda. Ada yang kulitnya cenderung berminyak dan juga cenderung kering.

Kulit berminyak berarti seseorang mudah mengeluarkan kelenjar sebum dan minyak. Yang akhirnya mengakibatkan bakteri berkembang lebih mudah dan terjadilah jerawat.

3. Faktor Makanan

infografis-penyebab-kulit-berminyak

Faktor makanan juga berpengaruh. Berikut beberapa jenis makanan ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

  • Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam memang gurih dan nikmat. Namun, garam mengandung natrium yang dapat menarik air pada tubuh, sehingga kulit jadi kering dan berakibat dehidrasi. Akhirnya kelenjar keringat diproduksi untuk melembabkan kulit agar tidak kering.

Baca Juga :6 Manfaat Toner Wajah Pria Agar Wajah Bersih dan Glowing

  • Tepung terigu

Makanan dari tepung terigu seperti roti, kue, gorengan, adalah makanan paling umum dimana tepung terigu mengandung indeks glikemik tinggi.

Ketika mengkonsumsinya, maka tubuh dapat memproduksi minyak berlebih penyebab jerawat dan komedo.

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food seperti pizza, burger, dan kentang goreng, juga menjadi pemicu minyak pada wajah.

Makanan cepat saji ini mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan tinggi garam, yang dapat memproduksi minyak dan sebum berlebih.

  • Makanan manis

Makanan manis mengandung tinggi gula dan indeks glikemik tinggi. Dan seperti dijelaskan di awal, makanan jenis ini dapat menyebabkan produksi minyak dan jerawat pada wajah.

  • Makanan berminyak seperti gorengan

Terkait poin ini, ini sudah saya buktikan sendiri sih. Dulu saya pernah kurangi banyak gorengan selama hampir 8 bulan, dan memang benar wajah jadi bersih tak berminyak.

Gorengan ini dapat meningkatkan jumlah lemak trans dalam tubuh dan membuat kulit mempropduksi minyak berlebihan. Bagaimana tidak, lha wong minyaknya yang dimakan.

Lemak trans ini akan mempengaruhi pori-pori kulit. Ketika makan banyak gorengan, maka pori-pori dapat terbuka lebar, untuk mengeluarkan produksi sebum berlebih.

  • Produk susu dan olahannya

Susu dan produk olahannya mengandung banyak protein, asam amino, triptofan, leucine, isoleucine, yang dapat meningkatkan kadar sebum meningkat penyebab minyak dan berjerawat.

  • Daging merah tinggi lemak

Daging merah dengan lemak tinggi seperti pada kuas bakso atau soto memang enak dan gurih. Tapi mengandung lemak jenuh tinggi, yang dapat memproduksi minyak berlebih.

Terkait daging tinggi lemak ini, respon tiap orang berbeda beda karena berbeda jenis kulitnya, dan mungkin perlu dibatasi konsumsinya untuk menghindari kulit berminyak dan berjerawat.

Cara mengontrol kulit berminyak berlebih pada pria

Mencegah kulit berminyak pada wajah perlu dilakukan agar dapat terkontrol dan tak timbul minyak dan jerawat. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya seperti :

1. Mencuci wajah 3x sehari karena minyak itu tidak evaporate dengan sendirinya. Sehingga harus dibantu agar kulit berada di PH yang normal.

2. Menghindari pemakaian mousturizer yang dapat memicu minyak muncul berlebihan. Misalnya saat berada di tempat yang panas.

3. Menggunakan facewash untuk kulit berminyak dan berjerawat. Penggunaan facewash untuk kulit berminyak dan berjerawat ini cukup penting untuk menjaga agar kulit tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

Sudah menjadi hal umum kalau skin care memang membantu wajah agar tetap bersih bebas jerawat.

Facewash Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat pada Pria

Kahf-Oil-and-Acne-Care-Face-Wash

Beberapa dari kita mungkin sudah tak asing dengan brand KAHF. Skin care yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

KAHF Face Wash Oil and Acne Care ini mengandung bahan seperti HydroBalance, Mediteranian Sage, dan French Cypress.  

Manfaat KAHF ini sudah dibuktikan oleh mas Wahyu di channel youtubenya. Di antaranya seperti :

1. Mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat baru, mengurangi kemerahan, dan juga iritasi.

2. Mengurangi kadar minyak wajah agar tak terlihat mengkilap dan kusam selama 12 jam.

3. Menjaga kelembaban alami kulit tanpa membuat kulit kering, dan membersihkan kulit sampai ke pori-pori.

Saat dioleskan, teksturnya cukup kental tapi lembut dan gak ada scrapnya. Wanginya lumayan enak dan sedikit wangi.

Cara pakainya pun mudah, basahi wajah dulu lalu tuangkan ke tangan dan gosok sampai berbusa. Setelah itu usapkan ke wajah dan bilas hingga bersih.

KAHF ini bisa dipakai 3x sehari, pagi, siang, atau sore hari atau setelah aktivitas berat.

Produk ini juga memiliki logo halal dan nomor BPOM serta dan sudah teruji di dermatologi. Jadi gak pakai ragu lagi.  

Kesimpulan

Wajah berminyak dan berjerawat seringkali menjadi masalah dan mengganggu penampilan. Namun ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Dari mulai membersihkan wajah 3x sehari, hingga pemakaian facewash untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk hasil lebih maksimal.

Sumber artikel didasarkan pada

  1. video penyebab kulit berminyak oleh dokter Azzam di link https://www.youtube.com/watch?v=Byu_LIEN2OA
  2. video Cara mengontrol kulit berminyak berlebih oleh Dr. Armansjah Dara SpKK, M.Kes di link https://www.youtube.com/watch?v=8wiUESixDTs
  3. Pemakaian KAHF oleh mas Wahyu di link https://www.youtube.com/watch?v=VvPUgvjpRiU
  4. Pengalaman pribadi
Bagikan biar yang lain tahu