Buat kamu yang lagi Belajar Bahasa Inggris Otodidak, saya sarankan untuk belajar di videonya Mr. Jems karena pembasannya begitu mudah dimengerti.

==========

Hai teman, belajar sesuatu secara otodidak memang seringkali memusingkan dan membingungkan. Karena kita tidak tahu apa yang musti dilakukan saat belajar. Harus mulai darimana, belajarnya dimana, dan sebagainya. Akhirnya banyak orang dilanda kebingungan dan akhirnya bluncat sana bluncat sini.

Saya sendiri pun mengalaminya. Saat memutuskan fokus belajar Bahasa Inggris akhir 2020 lalu, saya belajar di youtube dengan menonton banyak video. Dan akhirnya tidak tahu harus bagaimana selanjutnya?

Hingga pada akhirnya saya menemukan channel youtube Mr.Jems. Saya merasa sangat beruntung sekali. Apalagi karena kebetulan sekali, saya menonton video Mr. Jems pada video pertamanya yang membahas tenses dasar.

Baca Juga :

Mau Kuliah Ke Luar Negeri? Belajar Bahasa Inggris Lewat Kursus jadi Lebih Mudah dan Terfokus

Review LingoAce Indonesia: Kursus Mandarin untuk Anak

Channel youtube Mr. Jems ini sudah terkonsep sedemikian rupa, sehingga ini menjadi sebuah pembelajaran yang terurut dan terstruktur. Saya juga tidak bingung mulainya darimana. Ibarat kita lagi sekolah, kita sudah ada gurunya yang menjadwal apa saja yang harus dilakukan.

Di sesi pertama, terdapat playslist yang berjumlah 31 video yang terurut dari awal hingga akhir yang ditandai dengan warna biru. Sesi pertama ini memang untuk level paling dasar dan membahas tenses paling dasar.

Di sesi kedua, playlist berwarna hijau dengan tingkat kesulitan menengah. Dan di sesi ketiga ada playlist berwarna biru dengan tingkat kesulitan yang agak naik dikit. Tapi tidak sulit sih karena pembelajarannya mudah dipahami.

Kesan pertama setelah menonton videonya, saya langsung paham yang diajarkan. Bahkan di kolom komentar pun banyak sekali yang bilang kalau pembahasannya sangat mudah dipahami. Saya sendiri sudah nonton banyak video lain, tapi channel Mr. Jems paling mudah dipahami.

Begitu menonton video pertamanya, saya langsung paham. Ini videonya.

Dan seperti kita ketahui kalau tenses itu ada 16. Di channel Mr.Jems, dijelaskan yang 12 dulu, kemudian sisanya yang 4.

Yang unik dari pembahasannya adalah, karena beliau tidak mementingkan nama tensesnya dulu, tapi cara kerja dan konsep tensesnya.

Setelah ke-12 tenses saya tonton, saya bisa dengan mudah memahami pola dan konsep dari ke-12 tenses tersebut. Sekaligus paham apa nama tesensenya.

Maksudnya, saya tak perlu menghapal nama tensesnya karena nama itu tidak penting, tapi paham konsep dan penggunaanya. Kalau kalian bingung, coba langsung saja deh tonton videonya.

Di sesi pertama belajar, dalam satu bulan saya bisa memahami pembahasan 10 video. 97% saya paham materinya. Untuk memahami 31 video, saya menghabiskan waktu sekitar 3 bulan.

Belajar bahasa Inggris grammar

Saya sendiri belajar dengan mencatatnya di buku seperti di atas agar bisa dibaca kembali.

Baca Juga : Mau Jadi Youtuber? Pelajari Bahasa Inggris Karena Adsense Luar Negeri Nilainya Gede Banget

Untuk sesi kedua, materi akan semakin dalam, namun juga mudah dipahami. Tidak seperti materi di video lain yang menurutku sulit dipahami. Di sini tidak.

Untuk sesi kedua ini, dalam satu bulan saya bisa paham 5 video dan kesemuanya paham 95% lah. Karena memang mudah banget dipahami.

Setiap hari, saya menyempatkan untuk belajar 1 jam setiap pagi. Dan dalam 2 tahun kedepan, saya harap sudah selesai semua materinya.

Oiya, Mr. Jems juga ada buku panduannya dalam bentuk ebook dengan harga 100 ribu saja yang berisi 250an halaman. Buku tersebut berisi soal latihan dan materi lainnya yang layak kamu coba.

Saya harap kalian membelinya. Selain sebagai bentuk terima kasih karena panduan belajar bahasa inggris otodidak yang sangat mudah dipahami, juga agar semakin banyak video yang ia buat.

Karena channel Mr. Jems, saya mulai bisa menulis dalam bahasa Inggris dan mulai bisa mendengarkan ucapan orang bule. Kosakata pun sudah banyak saya hapal. Cuma saya masih bingung cara mengartikannya walaupun dalam sebuah kalimat, saya hampir semua paham arti kosakatanya.

Setiap hari saya selalu penasaran dan tidak pernah bosan untuk belajar bahasa Inggris otodidak berkat channel youtube Mr.Jems. Karena sangat mudah dipahami. Yang bilang begini mungkin ada ribuan orang di kolom komentar videonya.

Kedepan saya setelah selesai belajar di sini, saya ingin belajar di salah satu platform belajar online yang katanya 3 bulan sudah lancar bahasa inggris.

Selain itu saya juga berniat belajar percakapan karena target saya yaitu lancar berbicara. Intinya saya akan terus belajar sampai bisa.

Anak balita di US saja bisa, maka aku yang tua gak bisa, wkwk. Oke deh, jadi itu ya, kalau kalian mau belajar Bahasa Inggris, saya rekomendasikan untuk belajar di channel youtube Mr. Jems karena mudah banget dipahami.

Bagikan biar yang lain tahu