Beberapa waktu lalu saya menonton video tentang pengalaman para youtuber Indonesia yang berhasil mendapatkan penghasilan lebih besar berkali-kali lipat karena video mereka yang berbahasa Inggris. Dan mereka pun kaget akan hal itu setelah membandingkan dengan videonya yang berbahasa Indonesia. Hal itu dikarenakan klik iklan luar negeri nilainya hingga puluhan kali lipat dibanding Indonesia. Jika di Indonesia satu kliknya hanya bernilai ribuan, maka untuk luar negeri bisa sampai puluhan bahkan ratusan ribu.

Pada gambar di atas, bisa kalian lihat sendiri betapa mahalnya adsense luar negeri. Untuk 1 juta tayangan video Indonesia, hanya dapat 4 juta. Sedangkan 1 juta tayangan video target luar negeri dapat 55 juta. Screenshoot video channel youtube isljahaha.

Menggirukan sekali, bukan? By the way, mengapa bisa begitu? Tentu saja karena Indonesia adalah negara berkembang dimana ekonomi dan nilai mata uangnya masih terbilang rendah dibanding negara lain, terutama Amerika. Nilai tukar rupiah terhadap dollar ($) Amerika berada di Angka 14 ribuan.

Orang luar negeri mampu membelanjakan uangnya lebih banyak untuk satu klik iklan. Sementara orang Indonesia belum. Makannya, nilai kliknya jauh lebih besar. Dari channel youtube dengan target luar negeri, ada salah satu youtuber dari channel Level Up Vios bisa menghasilkan Rp 145 ribu hanya dengan 300 tayangan saja untuk satu videonya yang berbahasa Inggris.

Penghasilan senilai 145 ribu hanya dari 300 kali tayang video target luar negeri. Screenshoot video channel youtube Level up Vios. 

Bayangkan coba, 300 tayangan dapat upah segitu banyaknya? Sedangkan untuk video youtube Indonesia dari channel yang sama, estimasi pendapatannya untuk 600 tayangan hanya 1.300 rupiah saja. Kecil sekali ya dibandingkan channel target luar negeri.

Hanya mendapatkan 1.300 rupiah dari 600 tayangan video berbahasa Indonesia. Screenshoot video channel youtube Level up Vios

Perlu diketahui juga nih ya, orang luar negeri biarpun menontonnya hanya sedikit, tapi melakukan klik iklannya lebih banyak ketimbang orang Indonesia. Makannya, biarpun video hanya tayang sedikit, tapi penghasilan bisa jauh lebih besar ketimbang video berbahasa Indonesia dengan jumlah tayang yang lebih banyak. Untuk alasan inilah mengapa kita yang akan terjun ke dunia youtube atau yang sudah bergabung namun penghasilan belum juga sesuai keinginan, kemampuan Bahasa Inggris akan membuat pendapatan semakin meningkat.

Contoh lain tentang pengalaman ini adalah dari youtuber dari channel Fatih A, youtuber yang pernah pernah mendapatkan penghasilan dengan angka $25,19 atau sekitar 350 ribuan untuk 3000 tayangan videonya yang berbahasa Inggris. Gede banget kan?

Mendapatkan penghasilan $25 atau sekitar 350 ribu hanya dari 3000 tayangan video youtube berbahasa Inggris. Screenshoot video channel youtube Fatih A.

Untuk video lain miliknya dengan konten origami yang berbahasa inggris, hanya dengan 2000 view saja, ia juga mendapatkan penghasilan yang cukup besar yaitu $15,74. Itu dari satu video. Bagaimana jika jumlah videonya ada ratusan? Tentu penghasilan akan lebih banyak lagi.

Mendapatkan penghasilan $15 hanya dari 2000 tayangan video target luar negeri. Screenshoot video channel youtube Fatih A.

Kemudian setelah dibandingkan videonya yang berbahasa Indonesia, dari 25.000 tayangan yang ada, ia hanya mendapatkan penghasilan sebanyak $16 saja. Jauh sekali kan ya perbandingannya? Lebih mahal video berbahasa Inggris ketimbang Bahasa Indonesia.

Hanya mendapat $16 dari 25.000 tayangan video berbahasa Indonesia

Dari sini kita tahu bahwa betapa besarnya upah jika konten youtube kita berbahasa Inggris. Oiya, untuk diketahui, nilai CPM atau cost per click dari iklan luar negeri itu sangat besar. CPM adalah jumlah yang akan dibayarkan kepada youtuber untuk setiap iklan yang tayang 1000 kali. Untuk negara tertinggi seperti pada tabel di bawah yaitu Cambodia, nilai CPM na sebesar $28. Sedangkan Indonesia hanya berada di angka $1,70.

Daftar negara beserta nilai cpm iklan youtube. Screenshoot video channel youtube Handoko TV

Bagaimana, menggiurkan sekali bukan bemain youtube channel luar negeri? Dan itu bisa dengan mudah kita lakukan jika kita bisa berbahasa Inggris. 

Memangnya, mengapa sih harus youtube?

Seperti kita ketahui bersama, youtube begitu menarik dimata semua orang. Saat ditanya mengapa seseorang lebih suka nonton youtube, mereka akan mengatakan bahwa youtube lebih seru dan menghibur dibanding media sosial lainnya. Alasan orang lebih suka youtube juga ada pada pada infografis di bawah ini.

Dari infografis di atas, kita bisa tahu bahwa youtube begitu menarik dari berbagai hal, terutama jika dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Teruntuk mencari penghasilan, dengan sedikit trik cerdas yaitu menggunakan pengantar dalam Bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar. Kalau di Indonesia dengan 1 juta tayangan hanya dapat 4 juta. Kalau pakai Bahasa Inggris atau target luar negeri, bisa sampai 55 juta. Perbedaanya 51 juta sendiri huhuhu. Masih ragu Belajar Bahasa Inggris? Terlepas untuk mendukung chanell youtube atau bukan, kemampun ini sangatlah penting di masa perkembangan yang sangat pesat ini. 

Kita hidup di negara berkembang dimana ekonomi belum sebaik seperti di negara-negara maju. Mata uang lebih rendah dan kehidupan masyarakatnya belum bisa dibilang terlalu makmur dan sejahtera. Bisa kita lihat sendiri betapa banyak tetangga dan orang-orang sekitar kita yang hanya hidup pas-pasan. Maka dari itu, perkembangan tekhnologi akan sangat bijak jika kita menerapkan pola hidup cerdas agar dua atau tiga pulau terlampaui dalam sekali dayung. Bekerja cerdas akan membuat kita bisa lebih menikmati hidup dan agar tak terlalu ngoyo dalam mencari rezeki. Bekerja cerdas memungkinkan kita bisa lebih banyak santai tapi uang terus mengalir. Percaya enggak? Kalau aku sih percaya hihi. 

Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita bisa menyetarai kehidupan mereka yang tinggal di negara-negara maju. Dengan menguasai Bahasa Inggris, ibaratnya seorang karyawan di Indonesia bisa menyetarakan gaji mereka dengan gaji seorang karyawan di negara maju, sehingga hidupnya lebih sejahtera.

Lister, paltform belajar bahasa inggris online yang direkomendasikan banyak orang

Lister adalah online stop learning platform yang akan membantu Anda dalam menguasai Bahasa asing secara online, dalam hal ini yaitu Bahasa Inggris. Di Lister, Anda bisa belajar kapanpun dan dimanapun dengan menyesuaikan kemampuan level bahasa Anda saat itu. Anda akan melalui tahap pre test dulu sebelum menentukan kelas apa yang cocok sesuai dengan kemampuan bahasa kalian saat itu.

Di Lister ini pembelajaran dilakukan melalui video conference layaknya webinar. Sehingga menjadi lebih interaktif dan lebih mengena antara guru dan murid. Inilah yang dinamakan kelas online. Melalui proses tatap muka langsung ini, para siswa akan mendapatkan materi ajar sesuai kelas yang diambil. Gambaran kelas online ini  sebagai berikut :

1. Peserta melakukan pendaftaran dan mengisi sebuah form. Setelah itu akan diminta untuk mengerjakan placement test untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrisnya untuk kemudian mendapatkan kelas yang sesuai dengan kemampuannya. Jadi, siswa nantinya akan belajar sesuai dengan level kemampuan bahasa yang ia pahami saat itu.

2. Pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui sebuah video conference melalui sebuah aplikasi zoom premium, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif. Pastikan peralatan mendukung agar proses belajar mengajar berjalan lancar.

3. Terdapat banyak materi pembelajaran dengan kualitas tinggi yang bisa diakses selamanya oleh oleh siswa via aplikasi.

4. Kelas online yang berlangsung juga direkam dalam system, sehingga dapat direview kembali jika dirasa kurang paham.

5. Tim konsultasn IT Lister siap sedia dalam 24 jam sehari, sehingga dapat menyelesaikan masalah yang tak terduga.

Beberapa alasan mengapa lister menjadi rekomendasi belajar bahasa inggris online adalah sebagai berikut.

1. Bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Belajar bahasa asing online di lister bisa dilakukan kapanpun dimanapun melalui sebuah aplikasi video conference seperti zoom. Sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Yang paling menarik yaitu karena jadwal belajar juga sangat fleksibel.

2. Beragam program pembelajaran. Ada banyak sekali jenis program bimbingan pembelajaran bahasa asing di Lister. Misalnya Bahasa Inggris Anak, Bahasa Inggris business, Bahasa Inggris akademik, belajar speaking English, test preparation program, bimbingan study abroad, Bahasa Inggris untuk profesi tertentu, menulis essay dalam Bahasa Inggris, hingga kursus bahasa asing lain seperti Bahasa Jerman, Rusia, Jepang, Turki, Spanyol, dll.

3. Konten pembelajaran di Lister memiliki standar tinggi kualitas internasional dan sudah terbukti membantu puluhan ribu siswa di seluruh Indonesia.

4. Beragam pilihan kelas. Siswa bisa memilih kelas online 1-on-1, kelas semi private, ataupun kelas grup, sesuai dengan tujuan belajar masing-masing.

5. Biaya terjangkau. Walaupun memiliki standar pembelajaran tinggi kualitas internasional, namun harganya cukup terjangkau.

6. Pengajar berpengalaman dari dalam dan luar negeri. Lister memiliki tenaga pengajar berupa tutor lokal dan native speaker yang telah tersertifikasi. Tutor lokal kebanyakan berasal dari mereka para alumni universitas luar negeri seperti para penerima beasiswa LPDP yang memiliki skor IELTS tinggi. Sedangakan native speaker adalah mereka asli orang bule yang sudah fasih berbahasa Inggris. Penyampaian materi ajar yang asik dan menyenangkan dari para tutor juga membuat aktivitias pembelajaran mudah dipahami.

7. Didukung komunitas. Lister tidak hanya menyediakan tempat belajar saja, tapi juga komunitas pendukung dan juga konsultasi belajar. Hal itu dilakukan karena sejak awal sebagai dedikasi bahwa Lister ingin membantu orang-orang mencapai impiannya.

8. Dibuktikan dengan testimoni. Ada begitu banyak alumni Lister yang berhasil menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris setelah belajar di sini. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, ataupun para pekerja.

For met this program is more than just ordinary online class! Lister offers supportive enivornment to learn English and it’s flexible schedule enables me able to learn everywhere. Lister has a fun learning method with freindly yet expert tutor. Lister makes me confidence to speak English.

Aisyah Nura Ramadhana

Mahasiswi Universitas Airlangga

I joined lister a month before talking IELTS and that was the decision i never regret. Lister gave a proper final touch my preparation. The english speaking environement helper me a lot boost up my confidence to communiation en english. So, if you’re looking for excellent quality course with an affordable price then you should definetely try lister.

Bachtiar Rivai Rozak

Pegawai Lembaga Negara

Living in eastern Indonesia made me it difficult for me to get the information about IELTS and Scholarship beside that, i also have difficulty sharing with other scholarship hunter in my neighborhood. Lister helped me to learn how to get score IELTS i need and also provide scholarship mentoring and motivated me in study abroad.

Ahmad Sobirin

Mahasiswa Universitas Musamus Merauke

Dari pembahasan di atas, tidak perlu ragu lagi bahwasanya lister adalah platform belajar bahasa asing online terpercaya karena sudah dibuktikan oleh banyak orang. Di lister, kita bisa menemukan berbagai macam program pembelajaran bahasa asing sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Entah itu untuk persiapan masuk kuliah, wawancara kerja, kemampuan berbicara atau speaking, dan banyak lagi yang lainnya. Lister telah mencover semuanya.

Nah, untuk Anda para youtuber atau yang akan terjun dalam dunia youtube, kemampuan berbahasa inggris sangat penting karena adsense youtube luar negeri luar biasa besar hingga puluhan kali lipat dibanding Indonesia. Tentu ini adalah angin segar karena termasuk jalan pintas dan cerdas meraih kebebasan finansial. Dengan youtube berbahasa inggris, target kita adalah orang luar negeri dengan nilai mata uangnya yang tinggi. Sehingga mendapatkan penghasilan lebih pun jadi lebih mudah. 

Jadi, masih ragukah belajar bahasa inggris dari sekarang? Coba Lister sekarang. Karena bekerja cerdas akan membuat kita lebih menikmati hidup. 

Sumber Referensi Artikel :
1] Isoljahaha : https://youtu.be/6EuJK6-LHFM
2] Level Up Vios : https://youtu.be/pi0F5hvi3r0
3] Fatih A : https://youtu.be/bvm0x_Ftlq4
4] Handoko TV : https://youtu.be/BDP-pn_jHl0