Bermain game adalah salah satu cara menyenangkan sembari mengasah ketrampilan otak. Banyak orang beranggapan bahwa bermain game dapat memberikan dampak buruk bagi siapa saja yang memainkannya.

Itu bisa terjadi jika memang dimainkan diluar batasan, serta jenis game yang dimainkan kurang tepat. Namun tentu saja jika bermain game dilakukan sesuai aturan, batasan, dan pemilihan jenis game yang tepat, justru akan memberikan dampak baik bagi pemainnya.

Misalnya game seperti teka-teki atau puzzle, dimana membuat sang pemain akan mengeluarkan taktik terbaiknya agar game bisa terselesaikan. Selain itu, bermain game juga dapat melatih konsentrasi seseorang. Tentu saja ini bermanfaat jika diterapkan dalam dunia nyata. Berikut adalah manfaat bermain game dalam infografis.

Manfaat-game-untuk-otak

Dari infografis di atas, kita bisa tahu bahwa game bermanfaat bagi kecerdasan otak. Nah, 5 game puzzle dari solitaire di bawah ini bisa kalian coba untuk melatih kecerdasan otak.

Yang menarik dari game asah otak ini adalah kita tinggal memainkannya saja, tanpa perlu mendaftar atau mendownload. Dan game ini bisa dimainkan baik di smartphone atau PC melalui sebuah browser.

1. Templok Game

emplok-game-asah-otak

Templok adalah sebuah game seperti tata batu bata yang dapat mengasah ketrampilan otak dan strategi. Game ini mirip dengan tetris yang ada di gimbot zaman dahulu. Namun jika pada tetris, bidak dapat diputar, di sini tidak. Adapun kita dapat memutarnya, namun hanya sekali. 

Baca Juga : 16 Game Edukasi Anak Lengkap Tanpa Download dan Daftar

Game ini begitu mengasah ketrampilan. Karena sebelum menaruh bidak dalam lapangan, kita harus benar-benar memikirkannya dengan benar, mana lokasi yang pas?

Deretan bidak akan menghilang dan pecah jika terisi penuh baik secara vertikal ataupun horizontal. Setiap pergeseran, kita juga akan mendapatkan poin. Fokus pada permainan ini adalah bagaimana agar baris terisi penuh baik secara vertikal ataupun horizontal.

2. Gems Stone Merging Logical Puzzle

Gems-Stone-Merging-Logical-Puzzle

Yaitu game dimana tugas kita adalah menyamakan angka-angka yang muncul di kotak. Angka 1 vs 1 hasilnya 2, angka 2 vs 2 hasilnya 3, angka 3 vs 3 hasilnya 4, angka 4 vs 4 hasilnya 5, dan seterusnya.

Aliasnya jika disamakan dengan cara menggeserkan ke segala arah dan menyatukannya, maka ia akan bertambah satu. Game ini cukup bikin penasaran karena perlu ketelitian dan kecepatan otak untuk berpikir, mana angka yang sama?

Semakin lama kita bermain, jumlah angka akan semakin besar dengan maksimal 30. Saya sendiri baru sampai 12 karena karena baru beberapa jam memainkannya.

Untuk angka yang diikat rantai, dia tidak bisa digeserkan. Jadi harus ditabrak atau ditumpuk agar ia pecah.

Semakin bertambahnya waktu, susunan angka akan naik terus perbaris. Makannya, harus cepat-cepat dipecahkan agar tidak menyentuh atap atau permainan akan berakhir.

Saat game berakhir, kalian bisa memainkannya dari level terakhir atau memulainya dari awal. Untuk setiap perpindahan, ia juga dikasih waktu melalui silider yang berjalan diatasnya.

3. Letter Scramble

Letter-Scramble-game-asah-otak

Letter Scramble adalah game yang cocok untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Dalam game ini, pemain bertugas mengisi 10 kotak kosong yang akan di isi kosakata dalam Bahasa Inggris.

Caranya tinggal klik huruf-huruf yang muncul yang bermuncullan di atasnya. Buat yang masih baru banget belajar Bahasa Inggris, saran saya adalah siapkan kamus untuk mencontek, hehe. Ya soalnya ini dalam English sob, jadi agak mikir sedikit.

Setelah kata tercukupi, klik submit. Jika muncul hasil “correct word” maka benar. Namun jika “invalid word” maka salah. Game ini akan menguji ketrampilanmu dalam menemukan kata dalam Bahasa Inggris.

4. Daily 1 to 25 Logic Puzzle

Daily-1-to-25-Logic-Puzzle-game-asah-otak

Game ini bikin saya cengengesan sendiri karena awalnya bingung cara mainnya gimana? Ternyata kita harus mengurutkan angka di papan mulai dari 1-25.

Namun cara jalannya, jika sebuah angka berada di kiri atau kanan, maka ia harus berjalan lurus horizontal. Jika ia berada di atas, maka ia jalan lurus vertikal. Sementara jika ia pojokkan, maka ia harus berjalan miring diagonal.

Penempatan angka harus membentuk garis sambung dan warna angka harus tetap putih. Jika putih maka sudah jalan sudah benar, jika merah maka salah jalan.

Angka tersebut juga harus berjejeran dengan angka sebelumnya, entah itu diatasnya, bawah, kanan, atau dikirinya. Game ini butuh strategi khusus agar peletakkan angka bisa pas. Karena jika tidak pas dan ada satu saja yang salah, maka harus diulang dari awal.

Bagi yang pertama kali main, mungkin mereka agak bingung, gimana cara mainnya? Dan ternyata game ini cukup mengasah otak dan seru sekali untuk dimainkan. Saya saja sampai beberapa kali memainkannya dan berhasil, yeayyy.

5. Daily Futoshiki

Daily-Futhoshiki

Yaitu game seperti sudoku dimana kita harus memilih angka-angka dalam kotak dengan urutan vertikal dan horizontal, namun harus berbeda urutannya. Tidak boleh sama.

Namun yang membedakan dengan game sudoku dengan game ini adalah, karena pada game Daily Futoshiki, kita harus bisa menaruh angka yang lebih “besar dari” angka setelahnya. Sehingga kita perlu berpikir lagi untuk menaruh angka yang tepat.

Di sini ada dua level yaitu easy dan hard. Dari mulai kotak 4×4 sampai 4×6. Game ini dapat melatih kita untuk berpikir teliti dan jeli dalam memecahkan game.

Bermain game adalah aktivitas menyenangkan sembari mengasah kecerdasan otak, asalkan sesuai aturan dan batasan-batasan yang ditentukan. Selain manfaat yang ada dalam infografis di atas, tentu masih ada banyak manfaat lainnya.

Bagi anak-anak, game akan mencerdaskan otak mereka yang sedalam masa pertumbuhan. Namun tentu saja jika dilakukan sesuai batasan-batasan. 5 game di atas adalah game yang cukup memacu kita untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah.

Kalian bisa memainkannya di PC atau smartphone kalian. Selain ke-5 game tersebut, masih ada banyak sekali game di solitaire ini. Bahkan untuk jenis puzzle pun sangat banyak. Silahkan download untuk memainkan game-game lainnya.