Hai teman, beberapa waktu lalu saya baru saja menulis artikel tentang seorang blogger yaitu Muhammad Nur Ardi Handayat yang baru saja diterima di kampus negeri Universitas Diponegoro, Semarang, setelah apply 6 sertifikat lomba blognya. Artikel bisa baca di sini.

Sebagai sesama pejuang lomba, saya pun ikut bangga mengetahuinya. Enggak nyangka banget kalau lomba blog bisa sebermanfaat itu. Apalagi saya ada beberapa sertifikat kejuaraan lomba blog juga di rumah, dan saya pun ada niatan melanjutkan pendidikan juga di masa depan walaupun telat umur. Barangkali bisa dimanfaatkan juga untuk meringankan biaya semester, misalnya.

Mengikuti lomba blog ada banyak sekali manfaatnya. Saya yang mungkin sudah 250 kali lebih ikutan dan sering kalahnya ini, pun bisa merasakan beragam manfaat mengikuti lomba blog. Diantaranya seperti :

Baca Juga : Suka Duka 6 Tahun Jadi Pejuang Lomba Blog

1. Mendapat penghargaan dan kebanggan tersendiri

Saya hanya seorang freelancer lepas, tidak bekerja pada suatu perusahaan atau terikat dengan siapapun, tapi punya sertifikat penghargaan. Tentu seneng banget dong rasanya, berbunga-bunga aja gitu. Apalagi jika lomba itu adalah lomba bergengsi setingkat pemerintahan atau perusahaan besar, pasti ada kebanggaan tersendiri bisa memilikinya.

Pemenang-Lomba-Menulis-Blog-Wisata-Banjarnegara-2016

Penghargaan saat menjadi pemenang lomba blog Banjarnegara.

Misal seperti sertifikat yang pernah saya dapat dari lomba blog Kabupaten Banjarnegara tingkat nasional dimana saya dapat juara 2, bikin hati berbunga-bunga. Pas lagi naik di podium bersama dua teman lain dan berjabat tangan dengan bupati setempat, itu pengalaman pertama yang cukup…….yah, …..jadi seneng aja, dan ada kebanggan tersendiri aja.

2. Melatih kemampuan menulis secara mendalam

Kalau kita ikut lomba blog, revisi penulisan itu bisa sampai puluhan kali. Bahkan saya pernah sampai 60 kali lebih kalau tidak salah. Pokoke revisi dan revisi terus sebelum publish. Melalui proses ini, kita jadi belajar membuat kalimat yang efektif itu kayak gimana sih?

Lomba Blog dapat melatih kemampuan menulis secara mendalam

Lomba Blog dapat melatih kemampuan menulis secara mendalam

Belajar menggabungkan satu kata dengan kata lain, membuang kalimat kurang efektif menjadi kalimat berbobot dan seterusnya, membuat kita terlatih untuk menulis artikel berkualitas. Kalian yang pernah ikut lomba, pasti bisa membedakan effort antara menulis biasa dengan menulis lomba. Kalau menulis biasa sepertinya tidak lebih dari menulis lomba, iya kan?

3. Belajar membuat ide kreatif

Dalam sebuah lomba, sebuah ide begitu menentukan posisi pemenang. Ide yang menarik yang dibalut dalam tulisan yang ciamik, tentu dapat memikat hati juri untuk memilihmu sebagai pemenang. Dalam lomba blog, kalau saya sendiri, hal yang cukup menyita waktu adalah mencari ide atau sudut pandang tulisan, istilahnya POV atau point of view.

Misalkan jika tema artikel seputar pusat pembelajaran bahasa inggris, maka sepertinya akan lebih menarik jika ditulis dari kacamata seorang pekerja pariwisata, jasa perhotelan, dan sebagainya. Untuk bisa seperti itu, kita harus bekerja keras mencari ide agar bisa menang. Melalui lomba, kita akan berlatih dan bekerja keras mencari ide yang kreatif dan menarik.

4. Memaksa belajar desain grafis hingga animasi 

Siapa yang di sini sudah lama ngelomba, tapi masih belum berniat belajar edit gambar? Hmmm, sepertinya kudu segera updgrade skill nih. Ya soalnya, lomba zaman sekarang itu udah kelewat batas canggihnya. Mereka bukan cuma jago desain grafis atau editing foto, tapi sampai animasi dan web design. Bahkan sampai bikin landing page gitu. Bahkan tools premium seperti plugin wordpress layer slider pun dibelinya demi sebuah konten lomba.

Saya sendiri pun mau tak mau jadi belajar editing gambar karena yang lain pada upgrade skill terus, kalau tidak, maka saya bisa ketinggalan jauh sob. Gak perlu software kelas atas kayak adobe, yang biasa aja kayak canva, gimp inkscape yang gratisan, asal dimaksimalin hasilnya juga luar biasa. Kalau saya sendiri pernah belajar photoshop, after effect sampai 18 bulan, demi sebuah lomba.  Kalau kebanyakan teman sih pada pakai canva karena mudah.

Bisa desain grafis karena tuntutan lomba blog

Bisa desain grafis karena tuntutan lomba blog. Ini saya pakai inkscape karena ringan dan gratis, namun tak kalah dengan software berbayar.

5. Menambah traffic atau pengunjung blog

Kalau kita ikut lomba blog, artikel kita banyak dilihat orang, minimal juri atau peserta lomba lainnya. Mereka yang suka lomba, biasanya di ketarain tuh blognya “oh dia kan suka lomba, cek ah blognya, pasti keren artikelnya”. Dengan begitu akan menambah traffic blog kita. Terlebih jika sudah beberapa kali menang dan kita sering membagikannya di media social, dalam sekejap pengunjung pun berdatangan. Ditambah jika kita tergabung dalam grup blogger seperti di facebook misalnya, pasti kesempatan artikel kita untuk diklik semakin besar setelah kita share artikel.

Traffic pun akan kembali naik jika kita berhasil menang. Mereka yang ingin lihat tulisan kita sebagai pemenang seperti apa, pasti bakal baca deh. Itu yang selama ini saya lakukan, dan pastinya dilakukan oleh blogger lainnya.

6. Menambah wawasan

Lomba blog berhasil membuat saya begitu banyak mempelajari hal-hal baru yang belum saya ketahui sebelumnya. Contoh seperti lomba blog wisata Belitung atau wisata Aceh yang pernah saya ikuti, atau lomba blog tentang perumahan yang cukup baru bagi saya, tapi saya terpaksa mempelajarinya. Nah, dengan ikut lomba blog, saya “dipaksa” untuk memahami materinya, agar bisa menghasilkan tulisan yang berbobbot.
Hingga saat ini, sudah banyak sekali lomba blog yang saya ikuti dengan tema berbeda-beda. Hal itu tentu saja membuat saya jadi tahu yang belum saya ketahui sebelumnya, aliasnya bisa menambah wawasan karena banyak belajar hal baru.

perpustakaan

Image by Pexels from Pixabay

7. Melatih kerja keras dan rasa sabar

Dalam lomba blog, yang ikutan akan sangat banyak hingga ratusan, bahkan pernah ada yang sampai 900 peserta. Hal itu membuat kita harus mengeluarkan ekstra kerja keras agar bisa menang. Apalagi jika itu lomba blog bergengsi, pastinya yang ikut para mastah yang punya konten full power.

Baca Juga :
>> Berbagi 22 Tips Menang Lomba Blog Ala Kang Amir Setelah 200 Kali Lebih Ikutan
>> 30 Blogger Terbaik Berbagi Tips Menang Lomba Blog

Nah, saat kita belum berhasil menang, kita harus bisa legowo, nerima kekalahan, jika ternyata konten pesaing ternyata lebih bagus dari kita. Kalau saya sendiri, saat kalah emang ada sedikit rasa kecewa. Ya bagaimana tidak, udah nulis berhari-hari tapi kalah. Udah nulis sampai sebulan, tapi kalah. Sebulan bro, berpuluh-puluh hari dan hasilnya nihil. Hal ini membuat kita untuk melatih rasa sabar, bahwa dalam kompetisi selalu ada kalah dan menang.

8. Membangun relasi pertemanan baik online ataupun offline

Dari lomba blog saya bisa bertemu dengan banyak teman blogger sesama pejuang lomba. Saya pernah bertemu Nodi Harahap, Mas Rudi atau Isnaini Komarudin, Mas Faisol, Mas Rusdiana, dan Mas Joe Candra yang pernah mampir ke Kebumen pas lagi kondangan, dan ada beberapa lagi yang lainnya.

Bertemu dengan sesama pehobi tentu saja menyenangkan dong. Bisa saling berbagi pengalaman tentang blog. Selain itu, kita juga pastinya punya wadah komunitas online, tempat berkumpul para blogger untuk saling berbagi atau silaturahmi. Jadi selain online, kita juga bisa kopdar offline.

9. Membangun link building

Saya pernah tiba-tiba DA (Domain Authority) blog saya naik setelah menang lomba blog domainesia. Dan ternyata saya nggak ngeh kalau artikel lomba saya di sematkan di website domainesia, yang tentu saja itu menyumbang naiknya DA blog saya. Karena pastinya website mereka bagus dengan DA tinggi.

CEK-DA-PA-DI-MOZ

DA adalah indikator MOZ mengenai seberapa bagus blog kita di mata search engine. Semakin tinggi skornya ( pointnya dari 1 – 100) semakin baik di mata search engine.  DA ini sering dijadikan parameter oleh agency saat mereka sedang menjaring blogger. Kalau DA blogmu tinggi, paling enggak 20 lah, akan sering keangkut job nulis blog. Nah, kalau kamu sering menang lomba blog, kesempatan mendapatkan backlink berkualitas pun lebih besar.

Bukan itu saja, saat blogwalking pun kita bisa melakukan link building. Caranya dengan memasukkan blog kita di kolom “website” blog yang akan dikomentari. Tapi perlu diperhatikan, jika blog tersebut memiliki spam score (blog yang dianggap spam oleh google) tinggi, baiknya jangan taruh link disana, karena bisa menaikkan spam score blog kita, dan berpotensi menurunkan DA kita juga.

10. Jadi sumber penghasilan tambahan

Lomba blog itu kalau kita lagi menang, rasanya berbunga-bunga. Bayangin aja kalau kita dapat barang-barang gratis, uang tunai, voucher belanja, handphone, laptop, powerbank, jalan-jalan, bagaimana gak seneng coba? Kesannya kayak barang gratisan gitu, eh tapi enggak sih, lha wong kita udah bayar dengan nulis berhari-hari memeras otak, dan hadiah sebagai bonus atau bayarannya.

Penghasilan tambahan

Image by Tumisu from Pixabay

11. Melatih mental untuk berani melakukan sesuatu

2018 lalu saya pernah melakukan peliputan lomba blog menulis dari Astra, yang mengharuskan saya untuk bertemu dengan seseorang dan mewawancarainya untuk membuat tulisan. Karena saya belum pernah, maka saya pun grogi dan deg-degan banget. Namun karena ini tuntutan, saya pun melakukannya dan ternyata bisa juga. Hal ini membuat saya jadi sedikit ada pengalaman mewawancarai orang.
Disini gambar saya saat wawancara di langgong sari

Wawancara dengan Mas Tofik, narasumber pemilik program kampung iklim langgong sari banyumas

Wawancara dengan Mas Tofik, narasumber pemilik program kampung iklim langgong sari banyumas

12. Dapat tawaran Job nulis

Kalau kita pernah atau sering menang lomba blog, potensi untuk mendapatkan tawaran job nulis juga pasti ada. Saya agak lupa sih pernah dapet apa enggak, tapi kayaknya pernah sih. Dan saya enggak tahu kalau job nulis yang masih sering saya dapet itu karena saya pernah menang lomba atau tidak, tapi mungkin iya sih. Ya soalnya artikel pemenang lomba itu kan emang yang terbaik, jadi enggak heran kalau akhirnya ada yang tertarik dengan blog kita dan mengajak kerjasama. Apalagi kalau kita sering menang lomba SEO.

Baca Juga : Berkali-Kali Dapat Job Nulis, Ini 5 Marketplace Backlink Yang Membayarku! Blogger Pemula Wajib Coba

Sebenernya ada banyak banget manfaat lomba blog lainnya selain 12 point di atas. Misal bisa menerbitkan buku seperti yang pernah dilakukan Mas Harris Maulana, dan yang lain pasti ada. Boleh tambahkan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.