Hai semua, terutama penggemar mobile gaming……

Apakah kalian sering merasa kesal saat main game karena performa smartphone yang tidak mendukung?

Apakah kalian sedang mencari smartphone yang mampu menaklukan game-game populer dan belum pernah dimainkan sebelumnya?

Dan yang terpenting, apakah kalian menginginkan smartphone dengan performa melebihi ekspektasi diluar dugaan. Namun kualitas yang diberikan jauh lebih baik ketimbang harganya?

Jika, iya, maka Anda berada di halaman yang tepat. Teruslah membaca.

Jadi nih ya kemarin saya baru saja menonton video tester 10 game menggunakan Asus ROG Phone 3 dari channel youtube Main Lagi di URL https://youtu.be/zbQy4jroIbc

ROG Phone 3 Support Ratusan Game Mobile

Dari 10 game terpopuler yang diuji, 9 diantaranya berjalan mulus bahkan sampai 144 FPS (frame per second) atau frame per detik. 

FYI : 

FPS adalah gambar yang ditampilkan secara bergantian disetiap detiknya dan sangat bergantung pada CPU dan GPU. Misalnya jika game berjalan pada 90 FPS, maka setiap detiknya gambar ditampilkan sebanyak 90 kali. Semakin tinggi FPS, semakin mulus sebuah game dimainkan. Sebaliknya, semakin rendah FPS, maka tampilan akan terlihat lambat dan bahkan patah-patah.

Dan untuk standar FPS yang baik untuk game, berapa sih?

Menurut sumber yang saya baca di https://www.nosimporoa.net/2017/08/berapa-standar-fps-bermain-game-anak.html, 30 FPS itu sudah tergolong bagus. Sementara yang dianjurkan yaitu 45 FPS. Jika 60 FPS itu sudah masuk kategori mulus. Apalagi 144 FPS.

Perbedaan tingkat hz pada Asus ROG Phone 3

Oke deh kalau begitu. Apa saja game yang berhasil ditaklukan dengan mudah oleh Asus ROG Phone 3 (selanjutnya akan disebut ROG Phone 3)? Ini dia.

1. Real Racing 3 berjalan sangat mulus di 144 FPS.
2. Call of Duty Mobile berjalan mulus di 60 FPS
3. Black Dessert Mobile berjalan mulus 44-45 FPS.
4. Mobile Legend berjalan mulus di 60-61 FPS.
5. PES 2020 berjalan mulus di 60-61 FPS
6. Honkai Impact 3 mb berjalan mulus di 59-60 FPS
7. Asphalt 9 Legend berjalan mulus dan solid di 60 FPS
8. Genshin Impact berjalan di awal 60an FPS namun turun sampai 15 FPS dan kemudian rata-rata berjalan di 45-an FPS.
9. Death Cells yang merupakan game berbayar, berjalan dengan sangat baik di 68 FPS
10. PUBG Mobile berjalan sangat mulus di 90-91 FPS

Nah, dari 10 game yang diuji, 9 diantaranya berjalan baik bahkan sangat mulus di ROG Phone 3. Setelah disimpulkan oleh sang youtuber, beliau mengatakan bahwa kualitas yang diberikan ROG Phone 3 jauh diatas harganya. Karena hampir semua game dengan settingan tertinggi bisa dijalankan sesuai ekpekstasi. Dari sini, pastinya kalian sudah yakin kalau ROG Phone 3 adalah smartphone pilihan para ultimate winner disetiap pertandingan.

Untuk diketahui, ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone gaming pertama di Indonesia dan sudah dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, yang merupakan prosesor paling tangguh saat ini dan masuk dalam kategori Snapdragon Ellite Gaming. Smartphone yang dirancang khusus untuk hardcore gaming ini, dibekali beragam fitur gaming ekslusif yang tidak bisa dijumpai di smartphone lainnya.

Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform

“Mari sambut kedatangan smartphone gaming paling powerful di dunia. Dengan segudang peningkatan dari generasi sebelumnya, ROG Phone 3 dipastikan akan menjadi perangkat andalan para hardcore mobile gamer di Indonesia sebagai senjata utama dalam setiap pertempuran,” ungkap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Hanya ada dua jenis smartphone gaming di dunia, ROG Phone, dan smartphone lainnya,” lanjut Jimmy menambahkan.

Selain SoC yang powerfull, ROG Phone 3 juga dibekali baterai 6.000 mAh yang awet dan tahan lama, dan juga system pendinginan bernama Game Cool 3 agar suhu dan performa tetap terjaga.

ASUS ROG Phone 3

Layar amoled 6.59 inch dengan refrezh rate 144 hz dan touch latency 25 ms, serta response time 1ms-nya, adalah senjata andalah para gamer untuk memenangkan setiap pertandingan. Tingkat reproduksi warna yang akurat berkat fitur Delta E<1, tidak hanya membuat gamer dapat bereaksi secara cepat dan akurat, tapi juga membuat pengalaman gaming lebih imersif.

Kemudian fitur HDR10+ dan 10-bit displaynya juga membuat ROG Phone 3 ini bukan hanya menjadi yang terbaik untuk gaming, tapi juga terbaik untuk menonton tayangan multimedia saat ini. Oiya, fitur Air Trigger 3 terbarunya juga dilengkapi motion sensor agar kontrol lebih intuitif saat game berlangsung. Untuk desainnya juga dioptimalkan dalam mode landscape yang sesuai dengan mobile gaming saat ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fitur-fitur tangguh ROG Phone 3 ini.

1. Performa tangguh berkat prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform

Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Seperti di awal saya tuliskan, ASUS ROG Phone 3 telah tertanam prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang diklaim sebagai prosesor tercepat di dunia dan masuk dalam kategori Snapdragon Ellite Gaming. Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Mampu merender grafis 10% lebih cepat dan kinerja CPU lebih cepat hingga 3.1 Ghz dari versi sebelumnya berkat CPU Qualcomm Kyro 585 dan GPU Adreno 650.

2. Dibekali jaringan 5G yang mampu mengunduh dengan kecepatan 7,5 Gbps dan unggah 3 Gbps. Walaupun di Indonesia belum aktif, tapi koneksi akan menjadi lebih cepat dengan ROG Phone 3 ini.

3. Dibekali bluetooth versi terbaru 5.2, berkat tekhnologi fastConnect 6900 dari Qualcomm dengan jangkauan 96kHz. Fitur ini cocok buat Anda yang sering bermain game dengan earphone TWS.

4. Dilengkapi Quick Charge AI untuk memantau kinerja baterai agar dapat dipakai lebih lama.

5. Tertanam Wi-Fi 6E untuk kecepatan yang jauh lebih cepat dengan koneksi latensi rendah, agar permainan dengan koneksi Wi-Fi menjadi lebih baik dan stabil.

Nah, untuk RAM-nya sendiri, tersedia dari 8 GB hingga 12 GB. Sedangkan untuk memori internal dari 128 GB hingga 256 GB. Dengan kapasitas tersebut, sangat memungkinkan melibas banyak game berat sekalipun.

 2. Tampilan layar yang memukau dan mendukung 144 hz. 

Stunning 144 hz ROG Phone 3

ROG Phone 3 dibekali layar amoled 6,59 inch dan mendukung 144 hz. Artinya, setiap detiknya gambar akan diperbarui sebanyak 144 kali (refresh rate), sehingga tampilan terlihat nyata dan menakjubkan. 

FYI : 

Refresh rate adalah kemampuan (kecepatan) output layar dalam memperbarui tampilan di setiap detiknya. 

Kemudian fitur HDR10+ dan 10-bit display juga akan membuat tampilan menjadi lebih detail dan warna yang akurat. Lalu respons time 1ms-nya juga akan membuat aksi sang gamer dapat ditampilkan dengan cepat pada layar. 

Ada lagi, fitur touch latency yang hanya 25ms, menjadikannya lebih kencang dari versi sebelumnya. Touch latency yang rendah akan membuat system dapat mengenali input dengan lebih cepat dan berpengaruh pada performa game secara menyeluruh.

Respon sentuhnya juga sangat sensitif dengan fitur touch-sampling rate 270 Hz. Artinya, layar dapat merekam input sentuhan sebanyak 270 kali per detik untuk memastikan bahwa layar mencatat setiap sentuhan dan slide yang dilakukan, dapat direspon dengan tepat sesuai keinginan pengguna.

Kemudian fitur Delta E yang kurang dari 1, yang bukan hanya menjadikan warna menjadi sangat akurat, tapi memberikan pengalaman gaming lebih imersif. Dan untuk mengurangi efek mata lelah, smartphone ini juga sudah tersertifikasi TÜV Rheinland untuk pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced.

3. Tertanam baterai 6000 mAh untuk dapat bertahan hingga puncak pertandingan

Baterai 6000 mAh ROG Phone 3

Pasti bikin kesel kan, saat seru-serunya main bareng, malah baterai habis. Tapi tidak perlu khawatir karena Asus ROG Phone 3 telah tertanam baterai 6000 mAh, sehingga lebih kuat menghadapi pertempuran dalam durasi panjang sekalipun.

Smartphone ini juga sudah dibekali fitur AI Quick Charge yang berfungsi memantau kinerja baterai. Kemudian power saving technologinya juga dapat membatasi penggunaan aplikasi yang tidak aktif serta mampu meghemat hingga 67% lebih banyak.

Lalu ada juga fitur hibernasi eksklusif yang secara signifikan dapat memperpanjang waktu antara pengisian daya dan juga meningkatkan masa pakai baterai. Intinya, Asus ROG Phone 3 selalu mengoptimalkan dirinya untuk mendapatkan efisiensi daya terbaik, seperti apapun penggunaannya.

4. System pendingin Game Cool 3 untuk menjaga suhu mesin

Game Cool 3 Asus ROG Phone 3

Mesin cepat panas adalah problem yang banyak di alami para gamer dan berpotensi pada melambatnya permainan. Namun tidak dengan ROG Phone 3 yang sudah dibekali system pendinginan berupa Game Cool 3 menggunakan ruang uap 3D yang canggih dan heat sink dengan ukuran besar, yang ditempatkan secara tepat di ROG Phone 3.

System pendingin ini sangat efektif mengilangkan hawa panas mesin selama operasi kecepatan penuh melalui ventilasi yang dibuat khusus. Dengan system pendinginan yang komprehensif ini, memungkinkan Asus ROG Phone 3 dapat dengan mudah bertahan hingga kinerja puncak selama sesi permainan berat, dan menghilangkan pelambatan agar Anda tetap unggul hingga puncak pertandingan. Bukan hanya itu, ada juga aksesorinya yaitu AeroActive Cooler 3 yang berfungsi menurunkan suhu hingga 4 derajat celcius

Pendingin Eksternal ROG Phone 3

Di bagian belakangnya juga terdapat penyangga untuk menopang smartphone agar aktifitas menonton menjadi lebih baik. Dengan begitu, Asus ROG phone 3 tetap dapat mempertahankan suhu mesin walau dalam pemakaian yang lama sekalipun.

AeroActive Cooler 3 ini juga dibutuhkan untuk mengaktifkan X Mode jika ingin sampai ke level 3, untuk unlock potensi tertingginya. Jadi ada tingkatan X Mode. Dari level 1-3. Tanpa perangkat tambahan ini, X Mode cuma sampai level 2 saja.

5. Beragam fitur yang dirancang khusus untuk gaming 

Asus ROG Phone 3 Dibangun khusus untuk gaming

Buat kamu para hardcore dan penggila game, Asus ROG Phone 3 sengaja dibuat khusus untuk gaming. Tidak heran jika desain bodinya pun dioptimalkan dalam bentuk landscape dan terlihat gaming abis. Beberapa fitur menarik yang dibuat khusus pada smartphone ini diantaranya :

1. Dual Speaker

Untuk Anda yang memedulikan aspek suara saat bermain game, tentu ini menjadi ini hal wajib. Iya enggak?

Kabar baiknya, ROG Phone 3 telah dibekali fitur dual speaker setereo menghadap ke depan. Sehingga suara yang dikeluarkan menjadi lebih hidup dan realistis. Iya, jadi menghadap ke gamernya ya. Bukan ke samping seperti pada umumnya. Menarik sekali, bukan?

Oiya, kualitas suara dari smartphone ini juga diklaim menjadi yang terbaik dari semua smatphone yang ada, berkat adanya fitur audio Dirac dan Game Mode yang memungkinkan sang gamer mengetahui keberadaan musuh dari arah suara itu muncul. Untuk kualitas suaranya juga mengalami peningkatan dari versi sebelumnya karena suara bassnya yang lebih nendang.

Dual Speaker ROG Phone 3

2. RGB Lighting

Ya. Kamu akan mendapati logo RGB Rog Phone 3 yang selalu berubah-ubah warna. Tentu ini sangat menarik dan memberikan kesan tersendiri saat bermain game.

RGB Lighting ROG Phone 3

3. Filter Suara

ROG Phone 3 dibekali fitur noise-canceling quad-mic array system untuk menghasilkan keluaran suara dengan kualitas terbaik saat bermain game. Fitur ini dapat meredam kebisingan suara dari luar dan mengoptimalkan kualitas ucapan serta menyaring noise di latar belakang untuk dapat menghasilkan keluaran suara yang jernih sebening kristal. Jadi misalkan ada suara berisik atau bising dari luar, akan menjadi jernih dengan ROG Phone 3 ini.

Filter Suara ROG Phone 3

4. Charger Samping

Agar bermain game menjadi lebih maksimal tanpa terganggu kabel, colokan charger pada ROG Phone diletakan disamping, selain yang utama. Jadi ada 2 port charger. Sehingga tangan kanan dan kiri dapat bekerja maksimal menjalankan game hingga mencapai kemenangan.

Charger samping ROG Phone 3

5. Empat Antena Sinyal

Agar koneksi internet selalu lancar saat bermain game (online), terdapat 4 titik antena untuk menangkap sinyal. Dengan begitu, smartpohe dapat menangkap sinyal terbaik dari berbagai arah dimanapun posisi kalian berada.

4-Antena Sinyal-ROG-Phone-3

6. Game Genie

Agar bermain game menjadi lebih lancar, disertakan juga fitur khusus yaitu Game Genie. Di sini Anda melakukan beragam setting seperti blokir notifikasi, menonaktifkan panggilan masuk, optimasi performa gaming, merecord layar saat permainan, mengunci kecerahan layar, cek temperatur, buka aplikasi lain dalam floating window, dll. Melalui fitur ini, kita juga melakukan settingan agar performa baterai lebih hemat.

Game-Genie-ROG-Phone-3

7. ROG Connect

Yaitu fitur bawaan dari ROG Phone 3 untuk bisa terhubung dengan pasukan Anda.

ROG Connect ROG Phone 3

6. Air Trigger 3 untuk pengalaman gaming yang lebih baik

Air Trigger 3 ROG Phone 3

Buat kalian penggila gaming, pasti tidak akan menyangka dengan fitur ini. Ya, saya berani katakan bahwa ROG Phone 3 berhasil diciptakan mencapai hal yang mustahil.

Jika kalian pernah bermain game dengan joystick yang terdapat tombol fisik sepert L1 L2 atau R1 R2, fungsi tersebut sudah ada di ROG Phone 3 dengan nama Air Trigger 3, yang bisa di atur sesuai keinginan. Kalau pada video youtube dhiarcom yang saya tonton untuk game PUBG mobile, L1 bisa buat nembak, L2 buat lari, R1 untuk lompat, dan R2 untuk ngeker.

Fitur ini terletak di bagian tepi body smartphone yang jika ditekan akan menyala. Dibanding versi sebelumnya, Air Trigger 3 ini jauh lebih baik dan lebih responsif. Gerakannya mendukung dual partition button, tap, swipe, slide, continuous trigger, dan finger resting.

7. Fitur X Mode

X Mode ROG Phone 3

X Mode adalah fitur dimana Anda dapat menyesuaikan berbagai parameter untuk mendapatkan performa tertinggi smartphone. Saat diaktifkan, akan terjadi transisi dari warna sinar putih menjadi merah membentuk seperti huruf X yang cukup keren. Dengan fitur ini, gamer bisa melakukan berbagai macam settingan. Seperti percepatan koneksi dan jaringan, memantau performa CPU dan GPU, dsb.

8. Aksesoris lengkap untuk pengalaman gaming paling imersif

Aksesori Asus ROG Phone 3

Ada banyak aksesoris pelengkap game untuk ROG Phone 3. Aksesori gaming ini akan membuat pengalaman gaming Anda menjadi lebih seru berkali-kali lipat dan mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Selain pendingin eksternal yang sudah saya sebutkan pada point 4, yang lain juga masih banyak. Di antaranya :

 

1. Neon Case & ROG Lighting Armor Case

Neon Case

Yaitu casing yang mencerminkan tampilan baru yang keren, namun tetap melindungi ponsel saat menggunakan aksesori seperti AeroActive Cooler 3 atau TwinView DOck 3.

ROG Lighting Armor Case

Yaitu casing pelindung dengan ukuran lebih besar yang bukan hanya melindungi, tapi memberikan visual yang keren dan terlihat gahar karena dapat menyala pada tulisan ROG-nya.

Casing ROG Phone 3

2. TwinView Dock 3

Yaitu layar tambahan dengan ukuran 6.50 ichi, amoled 144 hz, Full HD+, dan baterai 5000 mAh. Nah, uniknya, ROG Phone 3 juga bisa menggunakan TwinView Dock 2, jadi gak harus pakai TwinView Dok 3. Perbedaannya cuma di refresh rate saja. Kalau yang versi 2 itu 122 Hz, dan yang versi 3 itu 144 Hz. Oiya, aksesoris ini juga dilengkapi kipas di bawahnya untuk mendinginkan mesin.

TwinView Dock 3 ROG Phone 3

3. ROG Clip

Jika Anda punya DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia, maka bisa dipasangkan dengan dengan ROG Clip ini dan tempatkan smartphonennya pada dudukan yang ada untuk pengalaman bermain game seperti game konsol.

ROG Clip

4. Kunai 3 Gamepad

Walaupun ROG Phone 3 sudah dibekali fitur Air Trigger 3, namun penggunaan kontroller fisik akan membuat aktivitas gaming lebih baik lagi. Maka dari itu, ROG Phone 3 menghadirkan Kunai 3 Gamepad. Desainnya juga kokoh dan fleksibel, serta sudah mendukung fitur key mapping melalui fitur game genie, dan kompatibel dengan berbagai macam game yang dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate pada ROG Phone 3 ini.

Kunai 3 GamePad ini bisa dipasang dalam 3 mode. Yaitu handled mode yang dipasang pada sisi kanan kiri layar.

Kunai 3 GamePad ROG Phone 3

 

Kemudian Mobility mode dengan stick game yang terpisah. Dan All-in-One Mode dengan menggabungkan kedua buah stick game menjadi satu. Dengan kontroler fisik ini, bermain game menjadi lebih berkesan dan seru.

Kunai 3 GamePad ROG Phone 3

5. Mobile Desktop Dock

Fitur ini nantinya dapat menampilkan game ke layar monitor dari ROG Phone 3 Anda. Sambungkan ke layar monitor, mouse, dan keyboard 4K UHD eksternal saat ROG Phone 3 dipakai untuk layar tambahan. Kemudian sambungkan ke LAN gigabit berkabel, lalu gunakan output S/PDIF buat menggerakkan system suara surround saluran 5.1 Anda.

Mobile Desktop Dock ROG Phone 3

6. Glass Screen Protector

Adalah layar pelindung layar untuk melindungi layar smartphone dari goresan, dan sudah dilengkapi fitur anti bakteri. Wah sampai segitunya ya Asus ini.

Pelindung Layar ROG Phone 3

7. Waist Pack dan Crossbody Pack

Adalah tas untuk menempatkan ROG Phone 3 dan aksesorinya. Karena ASUS mengerti bahwa gaming merupakan gaya hidup buat para gamer yang suka bepergian atau keluar rumah.

Tas ROG Phone 3

9. Triple Kamera

Kamera ASUS ROG Phone 3

Ya, walaupun ini smartphone gaming, namun kamera yang disematkan juga tak kalah keren karena ROG Phone 3 menyematkan triple kamera sekaligus. Pada kamera belakang terdapat kamera utama 64 MP (Sony IMX 686).

Kemudian kamera ultra wide angle 13 MP-nya yang mendukung foto panorama dengan sudut luas hingga 125 derajat. Dan juga kamera 5MP dengan sensor makronya untuk memotret objek close-up, namun tetap dapat mempertahankan ketajaman objek. Untuk kamera depannya, terdapat 24 MP untuk selfie berkualitas tinggi.

Kamera Asus ROG Phone 3 ini akan menghasilkan kualitas foto yang jauh lebih baik dalam pengaturan apapun.

Untuk Anda yang hobi videografi, kamera ROG Phone 3 juga mendukung perekaman 8K dengan 40 FPS. Atau 4K dengan 120 FPS. Menarik sekali, bukan ?

Kesimpulannya

Dari fitur-fitur ajaib di atas, tidak perlu diragukan lagi seperti apa kehebatan Asus ROG Phone 3. Dengan Prosesoer Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platformnya, banyak game terpopuler berhasil dilewati. Dengan layar 144 hz dan dual speaker setereonya, tampilan menjadi lebih nyata dan audio yang berkesan.

Kemudian baterai 6000 mAh-nya mampu bertanding dalam pertempuran panjang sekalipun. Dengan fitur charging port yang berada di bawah, tidak akan mengganggu gerak tangan saat menyentuh layar. Tak ketinggalan pula aksesorisnya yang kebanyakan merupakan kontroller fisik untuk pengalaman gaming yang lebih baik dan berkesan.

Jadi, untuk Anda para hardcore gaming atau yang penasaran dengan smartphone gaming berperforma mumpuni, ROG phone 3 adalah pilihan tepat. Dengan ROG Phone 3, saatnya jadi ultimate winner dalam setiap pertandingan. Berikut spesifikasi Asus ROG Phone 3.

Spesifikasi Asus ROG Phone 3 

Processor : 3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU : Qualcomm® Adreno™ 650

UI : Android™ 10 with ROG UI

Display : 6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified; Display : 6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified; 270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%; 1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage : LPDDR5/UFS3.1 – 8GB/128GB – 12GB/256GB

SD Storage : No SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor : Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera : 64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera : 13MP, 125˚ ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera : 5MP Macro, F2.0

Front Camera : 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,
27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording : 8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)Video Recording : 8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps3-axis electronic image stabilization for rear camerasTime Lapse (4K)Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)Take still photo while recording video

Speaker : Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD SoundSpeaker : Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output : Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality. GameFX audio system for improved in-game audio experience
New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone : Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology : WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6
2×2 MIMO, Bluetooth 5.1 & Wi-Fi Direct support

Navigation : GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),
BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards : Dual SIM dual standby
Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate : Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)
FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps
LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps
DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps
4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands : 5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface : Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge
Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC Support :  (Card mode support in power off)

OS : Android™ 10

Battery : 6.000mAh

Charger Output : 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions : 171mm, 78mm, 9.85mm

Weight : 240 grams

Price : Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

Sumber referensi selain yang sudah disebutkan di atas

Artikel 

1] Press release Asus ROG Phone 3

2] https://www.asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3

3] https://www.nosimporoa.net/2017/08/berapa-standar-fps-bermain-game-anak.html

4] https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200709161055-185-522852/spesifikasi-snapdragon-865-plus-cipset-khusus-gaming-5g

5] https://www.hitekno.com/gadget/2020/07/10/091500/cocok-untuk-hp-gaming-qualcomm-rilis-snapdragon-865-plus

6]https://nextren.grid.id/read/012257166/inilah-5-keunggulan-prosesor-snapdragon-865-yang-dipakai-rog-phone-3?page=all

Gambar 

Semua gambar dipijam dari Asus 

Video

1] JagatReview channel youtube (review aksesoris) : https://youtu.be/ygTUWOHkWec

2] Dhiar channel youtube (review ROG Phone 3) : https://youtu.be/mkeRnJatbJ0