Salah satu cara meraup keuntungan secara pasif adalah dengan menjadi investor bisnis. Cukup dengan mengucurkan modal, kita bisa memetik profit sesuai perjanjian tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

Tak perlu bersusah payah menggeluti usaha, kita akan mendapat bagi hasil sesuai porsi investasi. Namun, ada potensi kecurangan yang berimbas pada kerugian jika kita sekadar berinvestasi tapi tidak paham akuntansi.

Ada sebuah video Youtube Shorts yang belakangan ini marak tentang investor yang dirugikan. Semuanya akibat main percaya pada laporan keuangan termasuk proyeksi usaha yang disajikan oleh pemilik usaha.

Semua terlihat menjanjikan di atas kertas padahal data itu penuh rekayasa. Di sinilah perlunya jasa tugas akuntansi untuk membantu kita menimbang peluang bisnis tertentu sehingga terhindar dari penipuan.

Mengapa akuntansi penting

Selama ini orang cenderung berpikir bahwa usaha hanya bertumpu pada modal besar. Faktanya, accounting atau akuntansi sangat krusial dalam bisnis sebagai pijakan penting bagi manajemen dan proses pengambilan keputusan. Bisnis bisa berkembang atau terpuruk bisa akibat akuntansi yang tidak rapi.

Pertama, akuntansi mengemas informasi keuangan kepada sejumlah stakeholders dalam bentuk yang terstruktur dan terstandarisasi sehingga investor, kreditur, pegawai, dan bahkan pejabat pemerintah dapat mengaksesnya secara terperinci dan transparan.

Baca Juga : Pentingnya Sistem ERP dan Kegunaan Fiturnya Dalam Efisiensi Bisnis

Transparansi adalah fungsi lain akuntansi dalam usaha. Laporan yang disajikan dalam bentuk neraca keuangan, laporan laba rugi, dan arus menunjukkan bahwa suatu perusahaan atau bisnis memiliki transparansi dalam kinerja keuangan dan posisi sesungguhnya.

Investor bisa menilai apakah kinerja sebuah perusahaan cukup bagus berdasarkan informasi keuangan yang akurat tersebut.

Selain itu, akuntansi juga berperan membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan dan penganggaran secara riil lewat target-target finansial dan perkiraan bisnis masa depan. Dengan begini tak ada penggelembungan data yang berpotensi menghancurkan praktik usaha yang sebenarnya.

Manfaat lain akuntansi adalah membantu usaha agar sesuai dengan tuntutan perundangan dan kepatuhan hukum.

Ada misalnya kasus di mana investor dibohongi oleh pemilik usaha karena ada utang pajak yang tidak dilaporkan secara terbuka. Walhasil, modal investor yang telah digelontorkan ternyata habis hanya untuk melunasi utang pajak tersebut alih-alih untuk pengembangan usaha.

Publik dunia pernah gempar oleh kasus Lehman Brothers di Amerika. Boleh dibilang ini adalah salah satu kasus penipuan akuntansi terbesar karena dilakukan oleh penyedia layanan keuangan berskala global dengan menyembunyikan pinjaman lebih dari $50 miliar yang disamarkan sebagai penjualan. Mengerikan bukan?

Jadi, akuntansi memang sangat krusial dalam monitoring dan kontrol perusahaan. Sistem akuntansi yang andal dapat membantu mencegah terjadinya penipuan dan eror.

Dengan demikian, aset-aset penting perusahaan akan terlindungi dan integritas data keuangan tetap terjaga. Hal ini kian mendesak jika perusahaan akan dimerger sehingga bisa ditentukan nilai bisnis atau akuisisi berdasarkan catatan keuangan yang akurat.

Image : pexels.com

Kasus lain yang tak kalah heboh adalah skandal Enron tahun 2001 di mana utang besar disembunyikan dari neraca yang menyebabkan hilangnya $74 miliar bagi pemegang saham. Ribuan karyawan pun kehilangan pekerjaan dan investor kalang kabut akibat rekening pensiun yang kacau.

Belum lagi skandal akuntansi tahun 2002 yang menimpa perusahaan telko asal Amerika Serikat, yakni WorldCom. Dalam skandal ini, ada penggelembungan aset perusahaan hampir $11 miliar yang berdampak pada hilangnya dana investor sebesar $180 miliar.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa perusahaan besar tak menjamin kesuksesan jikalau tidak didukung dengan sistem pembukuan akuntansi yang transparan.

Perlunya Asistenakuntan untuk membangun kemajuan

Melihat penjelasan di atas, peran akuntansi dalam kesuksesan usaha tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dengan akuntansi, semua informasi keuangan bisa disajikan dan dikomunikasikan secara sistematis dan terstruktur sehingga bisa dianalisis sesuai kebutuhan, baik internal maupun eksternal.

Masalahnya, tidak semua pengusaha punya skill akuntansi yang memadai. Padahal akuntansi juga mendukung proses pengambilan keputusan yang efektif, membantu usaha agar sesuai dengan regulasi pemerintah, dan terutama turut membangun kepercayaan di antara pemangku kepentingan yang menjadi kunci sukses dan keberlanjutan bisnis.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada Asistenakuntan yang siap membantu kapan saja dan untuk urusan akuntansi apa saja sesuai kebutuhan kita.

Sebagai penyedia jasa tugas akuntansi terkemuka, Asistenakuntan dikelola oleh para Asisten Akuntan dengan jam terbang tinggi. Lebih dari 364 konsumen dari seluruh penjuru Indonesia yang telah puas dilayani sejak tahun 2023 merupakan bukti bahwa portal ini tepercaya dan andal dalam kinerja.

Dukungan tim yang terdiri dari 20 pakar akuntansi lulusan S2 dari fakultas ekonomi terkenal di Indonesia akan memberikan garansi nilai tinggi dalam setiap layanan yang diberikan.

Kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman mereka akan membantu siapa pun dalam menyelesaikan berbagai tugas akuntansi, mulai dari mahasiswa, individu, organisasi, dan bahkan perusahaan secara cepat dan tepat.

Asistenakuntan layak jadi partner kemajuan karena tugas yang kita berikan bisa diselesaikan hanya dalam waktu 1 x 24 jam, tentunya menyesuaikan konteks dan skema yang ditawarkan.

Bagaimana jika terdapat kesalahan? Tak perlu khawatir karena tim mereka siap memperbaikinya satu kali tanpa tambahan biaya lagi.

Mengenai harga, Asistenakuntan menawarkan jasa yang biayanya terjangkau. Kabar baiknya, kita bisa mendapatkan diskon hingga 20% jika bergabung sebagai member setia Asistenakuntan.

Pembayaran bisa dilakukan dengan praktis dan mudah, menggunakan platform atau mode pembayaran yang beragam. Sistem paylater pun bisa, sangat memudahkan bukan?

Layanan lengkap Asistenakuntan

Teman-teman punya tugas audit akuntansi atau butuh bantuan dalam akuntansi perusahaan? Inilah portal yang cocok karena berbagai layanan ada di sini.

Mulai dari penghitungan soal akuntansi menggunakan software Myob, soal akuntansi dengan software Accurate, soal akuntansi pakai software Zahir, hingga penghitungan pengeluaran perusahaan dan penghitungan dividen—semua tersedia tinggal pilih.

Karena ditawarkan secara online, maka layanan bisa dipesan dari mana saja tanpa memandang batas wilayah. Bukan Cuma Yogjakarta, Bali, Karawang, dan Denpasar, tapi kota-kota lain di seluruh Indonesia pun tercakup dalam layanan.

Jadi, masih ragu dan bingung kalau ada tugas akuntansi atau pembuatan laporan keuangan perusahaan? Segera hubungi Asistenakuntan untuk mendapatkan layanan lengkap dengan jaminan nilai tinggi A+ dan akurasi perhitungan akuntansi yang tinggi tanpa kompromi.

Jangan sampai tertipu oleh laporan keuangan yang menjanjikan padahal penuh manipulasi. Jangan biarkan uang hilang dalam godaan investasi padahal kita tak paham akuntansi.

Solusinya, gandeng pihak yang mengerti sehingga sebagai pemilik bisnis atau calon investor—kita tetap diuntungkan dan dijauhkan dari risiko penipuan. Asistenakuntan adalah mitra sukses untuk membangun kemajuan.

Bagikan biar yang lain tahu